Saturday, July 20, 2019

Kegiatan 3: Membuat Ungkapan Meyakinkan Berdasarkan Etika, Emosi, dan Logika

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 2: Membuat Ungkapan Meyakinkan Berdasarkan Etika, Emosi dan Logika. Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 9 Bab 2 halaman 38. Peserta didik diminta untuk membuat beberapa kalimat atau ungkapan persuasif

Lebih jelas, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini



Soal:

Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon !

Etika:
Emosi:
Logika:

Jawab:

Etika: Masyarakat kita pada dasarnya mulai menyadari bahwa kearifan lokal yang kita miliki sangat mementingkan keselarasan kehidupan sesama penghuni alam semesta ini baik manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Simaklah bagaimana tradisi kita mengajarkan penghormatan kita terhadap pepohonan yang seringkali kita sebut melanggar akidah keagamaan. Padahal apabila kita niatkan semata-mata untuk menghargai alam, semua itu sah-sah saja. Memberikan sesaji di beberapa pohon besar, bukan karena kita ingin menyembah pohon tersebut, melainkan karena kita menyadari bahwa pepohonan yang berusia tua tersebut telah banyak memberikan manfaat berupa hawa sejuk, sumber mata air dan keindahan alam. Selaras dengan itu, agar semakin banyak manfaat, perbanyaklah menanam pohon.

Emosi: Kita juga menyadari bahwa akhir-akhir ini kita merasakan kualitas kehidupan dan keseimbangan alam kita mulai banyak berubah dibanding beberapa tahun silam. Kita sudah jarang mendengar suara burung-burung prenjak di pepohonan setiap pagi. Kita juga jarang mendengar suara semilir daun-daun yang bergerak ditiup angin. Kedamaian-kedamaian seperti itu perlahan-lahan mulai hilang dari kehidupan kita sehari-hari, padahal kita tinggal di desa. Menghadirkan kedamaian tersebut di sekitar kita, menjadi tugas wajib agar anak cucu kita kelak juga akan merasakan keseimbangan alam yang menghadirkan rasa damai dalam jiwa. Mengingat tumbuhnya pepohonan membutuhkan waktu bertahun-tahun, kita harus secepatnya melakukan penanaman pohon secara bersama-sama dan dalam jumlah yang besar sebagai warisan bagi anak cucu kita kelak.

Logika: Secara ilmiah, keberadaan tumbuhan di sekitar kita memberikan dampak bagi terciptanya keseimbangan alam. Keberadaan pepohonan yang tumbuh menghijau akan menghasilkan oksigen melimpah bagi umat manusia. Selain itu, akan banyak sekali hewan-hewan seperti burung yang akan hinggap dan membuat sarang di pepohonan. Semua itu akan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon