Monday, September 14, 2020

Bacalah Teks Berikut, Terang yang Membawa Kemudahan

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 5 halaman 44. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Bacalah Teks Berikut

Terang yang membawa Kemudahan

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin
dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko-toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?

Sebelum ditemukan lampu pijar bertenaga listrik, dahulu manusia hanya menggunakan cahaya api atau sejenis lampu tempel berhahan bakar minyak. Peristiwa tersebut berlangsung cukup lama, hingga akhirnya ditemukan lampu pijar bertenaga listrik yang praktis dan lebih terang yang bisa digunakan untuk menerangi berbagai kegiatan pada malam hari.

2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?
Kegiatan manusia sehari-hari menjadi berubah. Jika sebelumnya, malam hari identik dengan kegelapan, kini malam hari dipenuhi lampu-lampu yang menerangi setiap sudut rumah, dan sudut jalan-jalan bahkan di desa-desa. Manusia bisa beraktivitas pada malam hari. Membaca buku, olahraga dan lain-lain.

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!
Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.

Tuliskan dalam tabel berikut!

Jawab:
1. Bisa belajar dengan tenang pada saat malam hari
2. Bisa berolahraga pada malam hari, misalnya badminton, tenis meja.
3. Bisa bekerja di kantor bahkan hingga larut malam
4. Bermanfaat untuk menerangi jalan
5. Bisa mengadakan rapat/pertemuan apda malam hari.

Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?


- Seterika Arang diganti menjadi seterika listrik
- Kompor minyak menjadi kompor gas
- Mesin ketik manual diganti menjadi perangkat komputer.






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon