Jumat, 06 September 2019

Nilai Nilai Kehidupan Apa Saja yang Dapat Kamu Peroleh dari Penggalan Cerpen

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Bab 4 halaman 117. Peserta didik diminta mengerjakan soal berupa tugas yang masih berkisar tentang nilai-nilai kehidupan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!



Soal

Tugas

1. Nilai-nilai Kehidupan apa saja yang dapat kamu peroleh dari penggalan cerpen-cerpen di bawah ini? Jelaskan alasan-alasannya !

a. “Memesan tulisan di depan itu mahal!” akhirnya Salijan teringat lagi kepraktisannya dalam keuangan, harga papan, ongkos pencatatan tulisan – ah, sepuluh ribu sendiri habis ke situ! Tentulah suaminya tidak akan setuju. Jumlah itu besar, lebih baik ditambahkan ke tabungan guna mengurus sertifkat baru tanah yang masih mereka miliki. Demikian sukar, berbelit, dan mahal untuk mendapatkan surat-surat tersebut, kata Samijo. Dan katanya lagi semakin lama akan menjadi semakin mahal, pegawai di kantor-kantor pemerintah akan minta jasa lebih besar lagi. Jadi, pengeluaran yang bukan untuk makan, pakaian lebaran, dan kesehatan, harus dihindari …

b. “Tak bisa kurang sedikit?”
 “Tentu saja bisa, Mister. Dalam perdagangan, seperti Tuan maklum, harga bisa damai. Apalagi Mister pecinta benda seni!” Tammy tak mendengarkan lebih lanjut, dengan tangkas dia bangkit kemudian ke belakang. Dia menulis sepucuk surat untuk Tuan Wahyono, ahli keramik sebelah rumah. Dia suruh pelayannya cepat mengantarkan surat itu.  “Aku minta bantuan Tuan Wahyono untuk menilai harga teko ini.
Dia adalah ahli keramik Rumahnya di sebelah itu,” ujar Tammy setelah kembali di dekat tamunya.

c. Aku masih saja khawatir. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggu pikiranku. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka? Tidak. Kita tidak boleh terpengaruh oleh ramalan-ramalan. Kita
harus berdoa semoga ramalan itu tidak akan menimpa Lasuddin.  

Aku masih ingat, mereka menyebarkan ke seluruh kampung ramalan-ramalan itu. Benarkah akan terjadi seperti yang mereka katakana, bahwa semua keturunan kita akan musnah di ujung pisau sunat? Yakinkah kau akan itu? Kita berserah saja kepada-Nya. Doakanlah Lasuddin. Bukankah hal ini harus diikuti setiap pengikut Islam sejati?

Jawab :

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

Penggalan Cerpen:

a. Nilai ekonomi. Terdapat perhitungan perihal ekonomi yakni tentang untung rugi.
b. Nilai ekonomi. Terjadi tawar menawar yang merupakan salah satu kegiatan yang sering terjadi dalam perdagangan.
c. Nilai Budaya. Terdapat aktivitas yang berkaitan dengan budaya.

Artikel Terkait