Rabu, 02 November 2016

Cara Terbaru Untuk Mengetahui NISN siswa SD, SMP dan SMA/K

Sebelum anda mendapatkan informasi perihal bagaimana cara mengecek NISN, ada hal penting yang perlu anda ketahui, ternyata ada dua jenis NISN di kalangan dunia kependidikan, yang pertama adalah NISN yang diberikan kepada peserta didik yang bersekolah di bawah naungan Kemdikbud, misalnya SD, SMP dan SMA. Sementara yang kedua adalah NISN yang diberikan kepada peserta didik yang bersekolah di dalam lingkungan Kementrian Agama misalnya MI, MTs, dan MAN.  

Untuk kali ini kita tidak akan membahas keduanya, tetapi hanya akan bersama-sama membahas dan mempelajari bagaimana cara mengetahui NISN peserta didik Kemdikbud cukup dengan menyentuh layar telepon bergerak alias mobile phone atau melalui Perangkat komputer tanpa perlu capek-capek datang ke sekolah, jika hanya ingin mencari berapa nomor NISN.



Sebagaimana yang kita ketahui, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan nomor unik yang dimiliki oleh setiap peserta didik, yang berbeda satu dengan lainnya. Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. 

Bagi para pelajar baik itu SD, SMP dan Sekolah Menengah Atas, NISN ini sangat penting. Karena merupakan  nomor yang akan digunakan sejak SD hingga SMA. Apabila ada peserta didik yang belum  memiliki NISN sebaiknya segera menghubungi sekolah. 


Ok, sekarang langsung ke Tutorial bagaimana langkah untuk mengetahui NISN : 

1. Persiapkan nama lengkap siswa, tempat dan tanggal lahir. 
    misalnya : 
     nama : Basuki Harimurti Uno
     tempat tanggal lahir : Semarang, 4  November 2016


3. ketik kata kunci pada web browser : NISN Kemdikbud

      
Cara mengetahui NISN siswa SD, SMP dan SMA atau Kejuruan
Gambar 1. Kata Kunci NISN Kemdikbud

   Hasil pencariannya, klik sesuai tanda panah. 
    
Cara mengetahui NISN siswa SD
Gambar 2. Hasil pencarian


4. Pilih pencarian berdarkan nama, lengkapi formulir yang diminta dan klik "CARI

Cara mengetahui NISN Siswa SMP
Gambar 3. pencarian berdasarkan nama

    Hasilnya :


Cara mengetahui NISN siswa SMA
Gambar4.Hasil pencarian NISN

5. Selesai, anda bisa mencatat nomor tersebut.



EmoticonEmoticon