Rabu, 16 September 2020

Jelaskan Isi dari Iklan Obat Sakit Perut PSP

Kunci jawaban dari pertanyaan yang ada dalam buku Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 halaman 85 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Ayo Bermain Peran

Berikut adalah beberapa contoh iklan di televisi yang mempromosikan tentang obat untuk mengatasi sakit pada sistem pencernaan. Dalam kelompok-kelompok kecil, cobalah untuk memeragakan iklan-iklan tersebut.

Laki-laki 1 :    "Aduh!" (meringis sambil memegangi perutnya)

 Perempuan 1 :    "Makan yang tidak benar, membuat perut jadi tidak enak!"

 Laki-laki 2 :   "Tidak bawa PSP, ya?" (tersenyum sambil memegang obat PSP)

 Narator :    

"Untuk gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas, segera atasi dengan minum PSP dalam satu sachet pil-pil kecil alami. Atasi penyebab sakit perut hingga ke pelosok." 

Laki-laki 1 :  "Minta obatnya!" 

 Laki-laki 2 :    "Minta? Beli!" (sambil tertawa)

 Narator :    "Perut tidak enak, pilih yang benar! PSP."


Jelaskan isi dari iklan:

Iklan di atas  mempromosikan obat  untuk mengatasi sakit pada sistem pencernaan karena bakteti, makanan pedas, sam dan gas yang bernama obat PSP.

Dalam kelompok kecil, diskusikan keunggulan yang terdapat dalam produk iklan:

Keunggulan obat PSP antara lain:

1. Terbuat dari bahan alami

2. Tersedia dalam bentuk kecil-kecil.

3. Mampu mengobati hingga tuntas.

Pilihlah satu orang untuk tetap berada di tempat kelompok, sementara yang lain pergi mengunjungi kelompok-kelompok yang lain untuk mendiskusikan keunggulan produk iklan. Tuliskan hasil diskusi dari kelompok-kelompok yang dikunjungi. Setelah selesai, kembali ke kelompok masing-masing dan kemukakan hasil diskusi yang diperoleh.

Selasa, 15 September 2020

Baca Kembali Arti Hak dan Kewajiban yang Telah Kamu Pelajari pada Hari Sebelumnya. Diskusikan pertanyaan

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peseta didik diharapkan mampu mengerjakan secara benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya.

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:

1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!
a. Hak memiliki cita-cita
b. Hak melakukan ekspresimen
c. Hak menghasilkan penemuan
d. Hak menerima royalti dari hasil penciptaan mereka.

2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
Sudah..mereka semakin dikenal dan menerima royalti dari hasil penciptaan mereka.

3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
Hak tersebut berguna agar penghargaan dalam bentuk uang selalu diterima oleh mereka atau keluarga mereka.

4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka
dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

Ya mereka bertanggung jawab sehingga mampu menghasilkan penemuan. Contoh :: Thoma Alva Edison.

Apakah Teks Tersebut Termasuk ke Dalam Jenis Teks Eksplanasi Ilmiah? Berikan Alasannya

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 6 tema 3 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 55 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Roda, Pengubah Wajah Dunia

Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah. Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya. Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat

di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit. 

Soal

Apakah teks tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi ilmiah? Berikan alasannya!

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!

Paragraf 1: Topik Masalah

Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Paragraf 2: Deret Penjelas

Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM.

Paragraf 3: Deret Penjelas

Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet.
Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara.

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah.

Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.

Senin, 14 September 2020

Bacalah Teks Berikut, Terang yang Membawa Kemudahan

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 5 halaman 44. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Bacalah Teks Berikut

Terang yang membawa Kemudahan

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin
dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko-toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?

Sebelum ditemukan lampu pijar bertenaga listrik, dahulu manusia hanya menggunakan cahaya api atau sejenis lampu tempel berhahan bakar minyak. Peristiwa tersebut berlangsung cukup lama, hingga akhirnya ditemukan lampu pijar bertenaga listrik yang praktis dan lebih terang yang bisa digunakan untuk menerangi berbagai kegiatan pada malam hari.

2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?
Kegiatan manusia sehari-hari menjadi berubah. Jika sebelumnya, malam hari identik dengan kegelapan, kini malam hari dipenuhi lampu-lampu yang menerangi setiap sudut rumah, dan sudut jalan-jalan bahkan di desa-desa. Manusia bisa beraktivitas pada malam hari. Membaca buku, olahraga dan lain-lain.

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!
Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.

Tuliskan dalam tabel berikut!

Jawab:
1. Bisa belajar dengan tenang pada saat malam hari
2. Bisa berolahraga pada malam hari, misalnya badminton, tenis meja.
3. Bisa bekerja di kantor bahkan hingga larut malam
4. Bermanfaat untuk menerangi jalan
5. Bisa mengadakan rapat/pertemuan apda malam hari.

Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?


- Seterika Arang diganti menjadi seterika listrik
- Kompor minyak menjadi kompor gas
- Mesin ketik manual diganti menjadi perangkat komputer.






Minggu, 13 September 2020

Ayo Berdiskusi Tulislah Manfaat Lampu dalam Kehidupan Sehari-hari

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 subtema 1 pembelajaran 5 halaman 43. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Ayo Berdiskusi

 Tulislah Manfaat Lampu dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Menerangi ketika belajar

2. Menerangi jalanan

3. Menerangai ruang tamu

4. Hiasan saat acara perayaan

5. Mengatur lalu lintas.

Menurutmu, bagaimana kehidupan masyarakat sebelum ada bola lampu dan sesudah ada bola lampu?

Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

Sebelum ada bola lampu:

1. Pada malam hari penerangan hanya berasal dari lampu minya

2. Keadaan jalan gelap

 

Setelah ada bola lampu:

1. Hampir setiap sudut rumah selalu terang karena ada lampu listrik

2. Jalan sudah dilengkapi lampu penerang jalan.

Sabtu, 12 September 2020

Berdasarkan Teks di Atas, Diskusikan Pertanyaan Berikut. Apakah hak yang Didapatkan oleh Siti?

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 4 halaman 39 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan berikut.

1. Apakah hak yang didapatkan oleh Siti?

Mempergunakan lampu belajar untuk belajar

2. Apakah hak yang didapatkan oleh adik Siti?

mempergunakan lampu belajar untuk belajar

3. Apakah Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

Sudah

4. Apakah adik Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

Belum

5. Apa manfaatnya ketika kita menggunakan hak kita dengan tanggung jawab?

Kita akan mendapatkan keuntungan baik dalam berbagai bentuk, misalnya kenyamanan, keawetan, dan lain-lain.

Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!

Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?

 



Sandal
- Saya pakai setiap hari
- Membersihkan ketika kotor, menempatkan di tempat teduh.
- Sudah
- Sandal jadi awet

Sepatu 
- Saya pakai setiap hari
- membersihkan dan mencuci setiap minggu, memakai sewajarnya
- Sudah
- Sepatu jadi awet
Tas :
- Saya pakai ketika sekolah
- Membersihkan ketika kotor, tidak mengisi tas dengan beban berat atau benda-benda cair
- Sudah
- Tas jadi awet

Sepeda

- Saya pakai ke berbagai tempat
- Membersihkan, memompa ban jika kurang angin, mencuci, memberi pelumas
- Sudah
- Sepeda jadi awet

Baju 

- Saya pakai setiap hari, bergantian dengan berbagai baju lain
- Mencuci, mengenakan sewajarnya
- Sudah
- Baju jadi awet 

Apa yang dapat kamu simpulkan?

• Apakah kamu sudah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab? Sudah

• Apa manfaat ketika kamu bertanggung jawab terhadap barang-barang yang menjadi hakmu? Barang-barang saya akan awet sehingga manfaatnya bisa saya peroleh dalam waktu yang lama.

• Apakah kamu sudah bertanggung jawab atas hak yang sudah kamu dapatkan? Sudah

Jumat, 11 September 2020

Identifikasi Informasi pada Teks Eksplanasi di Atas. Tulislah Informasinya pada Grafik Berikut.

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 33 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Sebaiknya peserta didik berusaha mengerjakan sebisanya. Jika memang mengalami kesulitan silakan melihat kunci jawaban di bawah ini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal

Identifikasi Informasi pada Teks Eksplanasi di Atas. Tulislah informasinya pada grafik berikut.

Paragraf 1: Topik Masalah 
Apa yang dibahas pada teks di atas?
Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Siapakah Thomas Alva Edison?
Penemu bola lampu pijar yang lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847.
Paragraf 3: Deret Penjelas
Bagaimana Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar?
Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang sikap Thomas Alva Edison?
Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Di Pembelajaran Sebelumnya, Kamu Sudah Membaca Cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buk Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 26. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawahi ni

Soal

Ayo Berdiskusi

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan. Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:


Jawab :

Paragraf 1: Topik Masalah:

Penemu listrik adalah Michael Faraday

Paragraf 2: Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.

Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah.

Paragraf 3 :

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

Paragraf 4 : 

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kita bisa menggunakan untuk kebutuhan kita, namun harus dengan bijaksana

Kamis, 10 September 2020

Pada Gambar di Atas, Ada Bentuk yang Dibatasi oleh Kurva Lingkaran

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 14. Pertanyaannya cukup mudah, namun apabila mengalami kesulitan silakan bertanya pada orangtua masing-masing. Kunci jawaban di bawah ini hanya sebagai pelengkap.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Mencoba

Perhatikan kembali gambar rumah Edo berikut


Pada gambar di atas, ada bentuk yang dibatasi oleh kurva lingkaran. Umumnya, kita dapat menyebutnya sebagai bentuk lingkaran.

Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? ya

Coba kamu lingkari bentuk yang kamu temukan.



Apakah hasilmu dan temanmu sama? Mengapa?

Coba amati sekelilingmu! Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran?

Mengapa benda-benda tersebut berbentuk lingkaran?


Jawab : 
1. Piring 
Bentuknya lingkaran karena untuk kenyamanan manusia
jika bentuknya tidak lingkaran, tidak apa-apa.

2. Jam dinding
Bentuknya lingkaran agar jarum jam bisa berputar dengan baik
jika bentuknya bukan lingkaran, tidak masalah.

3. Roda sepeda
Bentuknya lingkaran agar roda bisa berputar dengan baik
Jika bentuknya bukan lingkaran, sepeda tidak akan bisa bergerak dengan baik

4. setir mobil
Bentuknya lingkaran agar sopir merasa nayaman
jika bentuknya bukan lingkaran, sopir tidak merasa nyaman

5. Tutup botol
Bentuknya lingkaran agar bisa menutup botol dengan sempurna
jika bentuknya bukan lingkaran, botol tidak tertutup dengan baik.

Sekarang, Carilah Contoh Hak Dalam Kehidupan Sehari-harimu!

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 halaman 13 Kurikulum 2013. Sebaiknya, peserta didik berusaha mengerjakan soal terlebih dahulu, baru setelah itu jika memang merasa kesulitan silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!


Jawab:

A. Hak Di Rumah :

1. Hak mendapat kasih sayang dari ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya.

2. Hak untuk menyampaikan pendapat

3. Hak untuk mempergunakan fasilitas di rumah

4. Hak untuk beribadah

5. Hak untuk menerima uang saku

6. Hak untuk makan dan minum


B. Hak di Sekolah

1. Hak untuk mendapat pelajaran

2. Hak untuk mendapat kesetaraan dalam pendidikan

3. Hak untuk berpendapat

4. Hak untuk mencalonkan diri menjadi ketua OSIS

5. Hak untuk menggunakan fasilitas sekolah

6. Hak untuk beribadah

7. Hak untuk merasa aman


C. Hak di Masyarakat

1. Hak untuk beribadah

2. Hak untuk menyampaikan pendapat

3. Hak untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa

4. Hak untuk menyelenggarakan hiburan

5. Hak untuk bekerja

6. Hak untuk memperoleh keadilan hukum

7. Hak untuk mendapatkan keamanan