Jumat, 21 Agustus 2020

Dayu Ingin Membuat Dua Gelas Teh Manis. Ia Merebus 0,5 Liter Air

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 pembelajaran 4 halaman 118. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Berlatih

Dayu Ingin Membuat Dua Gelas Teh Manis. Ia Merebus 0,5 liter Air. Dayu menyiapkan gelas dan memasukkan 1 sendok gula ke dalam masing-masing gelas. Dayu juga memasukkan teh. Setelah air mendidih dayu menuangkan 0,25 liter ke setiap masing-masing gelas. Gelas terisi 1/2 nya. Dayu mengaduk hingga gula larut dan warna teh agak pekat. Dayu menambahkan air dingin ke masing-masing gelas.

Temukan bilangan-bilangan dari cerita di atas.
- 0,5
- 1
- 0,25
- 1/2

Apa itu bilangan desimal?
Ketika pecahan 8 1 dapat diartikan “satu” dibagi “delapan” ditulis 1 : 8. Sehingga terdapat 1 dari 8 daerah “seperdelapan” arsirlah yang menunjukkan 1/8



Coba kamu hitung hasil dari 1 : 8
0,125

 Mengubah desimal ke pecahan.

Banyak bilangan di belakang koma menunjukkan pembagi.

0,25 bisa diartikan 25/100. Ubahlah 0,25 menjadi pecahan.

0,25 = 25/100 = 5/20 = 1/4

Apa yang bisa kamu simpulkan? Apa hubungan desimal dengan pecahan? 

Pecahan adalah uraian 10 dari desimal. Desimal adalah hasil bagi dari pembilang dan penyebut suatu pecahan.

Ubahlah bentuk berikut ke pecahan!

• 0,4

= 4/10 = 2/5

• 0, 25

1/4

• 0,75 

= 75/100 = 3/4


Ubahlah bentuk berikut ke desimal!

1/4

0,25

2/5

0,4

3/8  

0,375


Bandingkan nilai berikut

- 0,123  < 0,23

- 0,24 < 0,5

- 1/4  < 0,45

- 1/2 > 0,234

- 1/5  < 2/8 

Ayo Berlatih Ubahlah Pecahan Berikut ke Dalam Pecahan Campuran

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 pembelajaran 2 halaman 110. Peserta didik diharapkan bisa mengerjakan semua soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Berlatih

Ubahlah Pecahan berikut ke dalam pecahan campuran

1. 5/3

1 2/3

2. 7/4

1 3/4

3. 12/5

2 2/5

4. 37/5

7 2/ 5

Sekarang, bagaimana mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa? Diskusikan kembali dengan kelompokmu. 

Caranya dengan mengalikan penyebut dengan angkat utuh di depan pecahan, kemudian menambahkan hasilnya dengan pembilang.

Ubahlah pecahan 1 3/4 ke pecahan biasa.

7/4

Cobalah arsir yang menunjukkan 1 1/4

Apa kesimpulanmu?

untuk mengubah pecahan campuran dalam bentuk gambar, kita harus memperhatikan berapa jumlah penyebutnya lalu menentukan arsiran yang tepat.

 

 1. Apa hubungan antara pecahan biasa dan pecahan campuran?

 Pecahan campuran adalah pecahan biasa yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya.

2. Bagaimana mengubah pecahan biasa ke dalam pecahan campuran? 

Dengan pembagian pembilang dibagi penyebut.

3. Bagaimana mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa?

 Untuk mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dapat dilakukan dengan cara mengalikan bilangan bulat dengan penyebut pecahan lalu dijumlahkan dengan pembilang pecahan.

4. Cara mana yang menurutmu paling mudah untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran? 

Dengan mengalikan bilangan bulat dengan pembilang pecahan kemudian dijumlahkan dengan pembilang pecahan.

5. Cara mana yang menurutmu paling mudah untuk mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa? 

Dengan menggunakan pembagian pembilang dibagi penyebut.

Cobalah Gambar Pecahan Biasa yang Menunjukkan Pecahan Campuran

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 tema 2 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 108 dan seterusnya. Peserta didik diharapkan bisa mengerjakan semua soal dengan benar. Akan tetapi jika masih belum bisa, silakan diskusikan dengan orangtua atau siapa saja yang bisa. Akan tetapi, jika membutuhkan referensi, silakan buka kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Cobalah kamu ubah pecahan campuran 1 3/4  menjadi pecahan biasa.

7/4

Cobalah gambar pecahan biasa yang menunjukkan pecahan campuran.

6/4 = 1 + 2/4 


Cobalah kamu bagi antara pembilang dan penyebutnya.

6/4 = 1 2/4

Apa yang dapat kamu simpulkan untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran.

Ayo Mengamati, Sekarang Amatilah Lingkunganmu Tulislah Fakta yang Kamu Temui

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 Tema 2 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 105. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar dan tepat.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Mengamati

Sekarang, amatilah lingkunganmu. Tulislah fakta-fakta yang kamu temui mengenai kesadaran masyarakat dalam menghemat energi. Kamu bisa melakukan wawancara kepada ketua RT atau warga di lingkunganmu. Tulislah fakta-fakta yang kamu temukan pada tabel berikut.

Hal-hal yang dilakukan masyarakat.

1. Mematikan lampu saat siang hari.
2. Menyalakan TV padahal tidak ditonton
3. Di rumah, tidak menyalakan lampu secara berlebihan
4. Pemakaian air sudah cukup irit
5. Terlalu banyak lampu jalan
6. Lebih senang menggunakan sepeda atau jalan kaki jika bepergian jarak dekat


Dari fakta yang kamu temukan kelompokkan hal yang sudah baik dan hal yang belum baik.

Hal yang sudah baik:
- Pemakaian air sudah cukup irit
- Di rumah, tidak menyalakan lampu secara berlebihan
 - Lebih senang menggunakan sepeda atau jalan kaki jika bepergian jarak dekat

Hal yang belum baik:
- Menyalakan TV padahal tidak ditonton
- Terlalu banyak lampu jalan

1. Apa yang bisa kamu simpulkan. Apakah warga di sekitarmu sudah hemat energi. Jelaskan!
Sudah ada kesadaran untuk hemat energi.

2. Apa dampak dari tindakan yang dilakukan?
Energi bisa dihemat meskipun pada saat yang sama masih banyak orang-orang terutama di kota-kota yang melakukan pemborosan energi.
3. Tulislah saranmu
Gerakan hemat energi sudah semestinya dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Amati Pecahan-Pecahan Berikut (Halaman 108)



Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 2 Kelas 4 Halaman 102,103,104

 Kunci jawaban dari beberapa soal dalam buku Kelas 4 tema 2 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 102 dan seterusnya. Peserta didik diharapkan mampu mengerjakan semua soal dengan benar tanpa melihat kunci jawaban. Kunci jawaban hanya berfungsi untuk mencocokkan apakah jawaban sudah benar atau belum.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Berdiskusi

Bacalah teks berikut. Diskusikan dengan temanmu

Berdasarkan teks di atas analisis pertanyaan berikut.

1. Mengapa kita perlu menghemat energi?

Karena proses pembentukan energi minyak bumi membutuhkan waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun.

2. Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi?

Jika pergi dalam jarak dekat menggunakan sepeda atau jalan kaki.

3. Tuliskan tindakan-tindakan yang belum menunjukkan menghemat energi?

Menyalakan televisi dalam waktu yang sangat lama. Ibu pergi ke berbagai tempat dengan menggunakan sepeda motor.

4. Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita di atas?

Kita bisa mengetahui bahwa energi yang kita gunakan suatu saat akan habis. Untuk itu agar anak cucu kita kelak masih bisa menikmati energi, kita harus hemat energi.


Ya, selalu berhemat energi juga cara yang paling bijak untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Sebagai bagian dari masyarakat itu adalah kewajiban kita. 

Hal-hal apa saja yang sudah kamu dilakukan untuk menghemat energi? 

Apa yang sudah aku lakukan untuk menghemat energi:

1. Mengendarai sepeda untuk sekolah.

2. Menyalakan Televisi seperlunya

3. Mematikan lampu ketika tidur

4. Mencuci baju tidak dengan mesin cuci

5. Menggunakan handphone seperlunya

6. Menggunakan lampu hemat energi.


Buatlah Peta Pikiran Tentang Energi Alternatif dan Ceritakan Hasilnya Kepada Temanmu

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 tema 2 subtema 3 halaman 96 dan seterusnya. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Buatlah peta pikiran tentang energi alternatif dan ceritakan hasilnya kepada temanmu.


Tulislah pendapatmu tentang pemanfaatan tanaman jarak. Tulisanmu dapat memuat manfaat, kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan, dampak pemanfaatan yang berlebihan serta solusinya.

Minyak jarak memiliki banyak manfaat dalam kehidupan mansuia. Selain sebagai bahan bakar minyak jarak juga dapat dimanfaatkan untuk minyak rambut dan minyak pijat. Pemanfaatan minyak jarak selain berdampak positif tentunya juga akan memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi masyarakat. Misalnya apabila pemanfaatan tanaman jarak dilakukan secara besar-besaran juga akan mengancam kelestraian tanaman jarak tersebut. Untuk itu sebelum memanfaatkan minyak jarak sebaiknya pikirkan terlebih dahulu usaha-usaha pelestariannya

Ayo Berlatih Urutkan Pecahan Berikut dari yang Terkecil ke yang Terbesar

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 4 tema 2 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 88. Sebaiknya, peserta didik mengerjakan soal terlebih dahulu, kemudian jika memang merasa kesulitan, silakan diskusikan dengan kedua orangtua atau yang membimbing.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Ayo Berlatih

Urutkan Pecahan berikut dari yang terkecil hingga yang terbesar

a. 1/8,1/2,1/4 

1/8, 1/4, 1/2

b. 5/8,5/6,5,7

5/8, 5/7, 5/6

c. 2/4,1/4,3/4

1/4, 2/4, 3/4

d. 5/6, 1/6, 3/6 

1/6, 3/6, 5/6

e. 2/3, 2/2, 2/4

2/4, 2/3, 2/2

f. 1/5, 2/5, 0/5 

0/5, 1/5, 2/5

Urutkan pecahan berikut dari yang terbesar ke yang terkecil. 

a. 1/5, 5/8, 2/8

b. 2/3, 5/3, 1/3

c. 2/4, 1/4, 3/4

d. 5/6, 1/6, 3/6

e. 2/3, 2/2, 2/4

 

Kamu baru saja berlatih mengurutkan pecahan. Jika kamu memahami dengan baik

Kunci jawaban dari beberapa soal dalam buku Kelas 4 tema 2 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 86. Peserta didik diminta mengerjakan dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Kamu baru saja berlatih mengurutkan pecahan. Jika kamu memahami dengan baik cara membandingkan pecahan, maka kamu juga sekaligus akan dapat mengurutkannya. 

1. Mengurutkan pecahan dengan penyebut yang sama.

Urutkan pecahan 1/4, 2/4, dan 3/4

Arsirlah daerah yang menunjukkan pecahan 

2.Mengurutkan pecahan dengan penyebut berbeda

Urutkan pecahan 3/4, 2/3, dan 1/2

Cara 1: Menyamakan penyebut

Carilah pecahan yang senilai dengan pecahan-pecahan tersebut. Pecahan tersebut mempunyai penyebut yang sama.

3/4 = 6/8 = 9/12

2/3 = 4/6 =8/12

1/2 = 2/4 = 3/6, 4/8, 5/10, 6/12

Apakah pecahan-pecahan tersebut bisa dijadikan pecahan yang penyebutnya sama?

3/4 = 9/12

2/3 = 8/12

1/2= 6/12

Bagaimana urutan pecahan dari terkecil sampai terbesar ...

.1/2 < 2/3 < 3/4

Berdasarkan gambar yang kamu arsir, urutkan pecahan yang paling kecil ke besar.

1/2, 2/3, 3/4

Ayo Berdiskusi Ibu Aminah, Ibu Melani, dan Ibu Ratna Memasak Menggunakan Briket Batu Bara

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 Tema 2 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 85 dan seterusnya. Peserta didik diminta mengerjakan soal sebisa mungkin dengan dibimbing oleh orangtua masing-masing. Akan tetapi, jika memang sudah tidak bisa mengerjakan, boleh melihat kunci jawaban di bawah ini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal

Ayo Berdiskusi

Ibu Aminah, Ibu Melani, dan Ibu Ratna memasak menggunakan briket batu bara. Ibu Aminah  menggunakan 3/4 kg briket batu bara setiap hari. Ibu Melani menggunakan 1/2 kg dan Ibu Ratna  menggunakan 2/3 kg. 

Siapa yang menggunakan briket batu bara paling banyak?\
Ibu Aminah

Siapa yang menggunakan briket batu bara paling sedikit?

Ibu Melani 

Urutkan penggunakan briket batu bara tersebut dari yang terbesar hingga terkecil. Jelaskan alasanmu. 

Untuk mengurutkan pecahan harus disamakan dahulu penyebutnya. 3/4, 1/2, dan 2/3 dapat disamakan penyebutnya dengan bilangan 12 sehingga menjadi 9/12, 6/12, dan 8/12. Setelah itu baru bisa diurutkan dengan melihat pembilangnya sehingga urutan dari yang terbesar adalah 9/12, 8/12, dan 6/12 atau 3/4, 2/3, dan 1/2

Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 2 Tema 2 Kelas 4 Halaman 83,85

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 4 Tema 2 kurikulum 2013 halaman 83 dan seterusnya. Sebaiknya, peserta didik sudah mengerjakan soal, setelah itu baru melihat kunci jawaban karena kunci jawaban hanya bersifat referensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 

Soal

Ayo Mengamati

Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam. Batu bara adalah salah satunya. Apakah kamu tahu apa saja manfaat dari batu bara?
Perhatikan gambar berikut.


Buatlah pertanyaan tentang pemanfaatan batu bara pada gambar di atas dan tuliskan pada kolom berikut

1. Sedang apakah Ibu pada gambar di atas?
2. Apa saja manfaat batu bara?
3. Berasal dari apakah batu bara?
4. Bagaimana cara menggunakan batu bara?
5. Apakah biaya pemanfaatan batu bara cukup terjangkau?
Berdasarkan hasil analisismu, nyatakan apakah pernyataan 1, 2, dan 3, BENAR atau SALAH.(Halaman 84)

1. Batu bara termasuk sumber daya alam yang berlimpah dan mudah diperoleh. (SALAH)
Alasan: Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya.
2. Batu bara tidak mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.(SALAH)
Alasan: Batu bara mempunyai pengaruh karena digunakan dalam berbagai aktivitas manusia.
3. Kita harus menghemat penggunaan batu bara.(BENAR)
Alasan: Karena batu bara terbuat dari fosil. Proses pembentukan yang membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya membuat ketersediaan batu bara akan lama jika habis.