Rabu, 05 Agustus 2020

Seandainya Kamu Sedang Bermain Bersama Mereka, Apa yang Harus Kamu Perhatikan

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Siswa Kelas 6 tema 2 Revisi 2018 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 28. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kerukunan dan persatuan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal

Ayo Berdiskusi 
Amati gambar berikut !



1. Seandainya kamu sedang bermain bersama mereka, apa yang harus kamu perhatikan terkait kerukunan dan persatuan?

Jawab :

Saya akan bermain dengan penuh kegembiraan bersama teman-teman sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku. Mungkin kami saling berbeda dalam hal suku, agama atau ras, namun kami tidak menjadikan perbedaan-perbedaan tersebut sebagai penghambat bagi kami untuk bermain bersama. Sebaliknya, perbedaan tersebut membuat kita semakin saling memahami orang lain.

2. Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan dan beri 3 contoh kegiatan dan perbedaan yang ada!

Sudah, contohnya:
1. Mengucapkan selamat hari raya kepada umat beragama lain
2. Berteman tanpa harus memilih berdasarkan Suku agama dan ras
3. Mengingatkan kepada teman beragama lain jika tiba saatnya beribadah.


Apa manfaat yang kamu peroleh dari nilai-nilai tersebut? Tulislah 3 manfaat  yang kamu rasakan!

1. Kita bisa saling memahami
2. Kerukunan akan terjaga
3. Kedamaian akan terwujud

Minggu, 02 Agustus 2020

Diskusikanlah Peta Pikiranmu dengan Teman di Kelompokmu! Kembangkan Informasi pada Peta Pikiran

Soal dan Jawaban dari tugas dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 27. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Diskusikanlah peta pikiranmu dengan teman di kelompokmu!
Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri.
Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu

Jawab:

Peristiwa yang digambarkan dalam peta pikiran berdasarkan teks adalah peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tanggal 9 Agustus 1945 tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Marsekal Terauchi ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Ketiga tokoh pergi menemui Panglima Besar Tentara Jepang adalah Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Pertemuan antara Tentara Jepang dan Pemerintah Indonesia dilaksanakan di Dalat, Saigon. Setelah pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri antara tokoh golongan tua dan golongan muda.

Berdasarkan Bacaan Tersebut, Tulislah Informasi Penting pada Peta Pikiran Berikut Halaman 27

Kunc jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 pembelajaran 4. Peserta didik diminta membuat peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Membaca
Persatuan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Segala perbedaan yang ada dikesampingkan untuk kepentingan bersama. Terkadang perbedaan yang dimiliki oleh suatu kelompok dapat memperkaya keputusan yang diambil.

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa peristiwa penting yang perlu kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.

Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Beberapa wilayah Jepang dijatuhi bom oleh tentara musuh. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan.

Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.

Berdasarkan bacaan tersebut, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!



Jawab:

Apa:
Peristiwa sebelum terjadi proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengapa:
Marsekal Terauchi ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Siapa:
 Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat , Marsekal Terauchi

Bagaimana:
Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. 

Kapan:
9 Agustus 1945

Di mana:
Dalat, Saigon

Ceritakan Pengalamanmu Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kelima Sila dari Sila Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtma 3 Pembelajaran 6 halaman 153. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 



Soal

Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai kelima sila dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.

Jawab : 

Cara saya menerapkan nilai-nilai kelima sila dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan cara berbuat baik, misalnya

a. Beribadah dengan benar
b. Patuh kepada orangtua
c. Sopan kepada sesama manusia
d. Tidak menghina atau mengejek orang lain
e. Rajin belajar.
f. Mematuhi aturan sekolah
g. Patuh aturan hukum yang berlaku

Evaluasi Bacalah Teks Berikut Harimau Sumatera Hampir Punah

Kunci jawaban dari pertanyaan Evaluasi dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 halaman 153. Peserta didik diminta menjawab beberapa soal tentang harimau Sumatera.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Evaluasi

1. Bacalah Teks Berikut Ini

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Harimau jantan dewasa memiliki tinggi hingga 60 cm. Ukuran panjang hewan ini dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm dan berat hingga 140 kg. Harimau betina memiliki panjang rata-rata 198 cm dan berat hingga 91 kg. Warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua.

2. Buatlah kesimpulan dari teks di atas. Gunakan kosakata baku.

Jawab :

2. Kesimpulan dari teks di atas

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat , berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Saat ini harimau Sumatera hanya berjumlah 400 ekor. Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Tingginya hingga 60 cm.

Buatlah kesimpulan dari teks di atas Daun Pandan yang Wangi

Kunci jawaban dari soal dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 pembelajaran 6 halaman 152. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kesimpulan teks Daun Pandan yang Wangi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 



Soal

Daun pandan yang Wangi 
Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua.

Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau.

Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

Buatlah kesimpulan dari teks di atas.

Jawab

Daun pandan banyak tumbuh di negara seperti Indonesia, Thailand dan Vietnam. Helainya berbentuk pita, tipis, licin dan berujung runcing serta berwarna hijau. Daun pandan sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewandi dan pemberi warna hijau pada masakan.

Kamu Sudah Bermain Rounders Bersama Temanmu. Hari ini Kamu Akan Bermain yang Sama

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 halaman 150. Peserta didik diminta menjawab soal tentang permainan rounders.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Berlatih
Kamu sudah bermain rounders bersama temanmu. Hari ini kamu akan bermain yang sama agar kamu lebih terampil.
Diskusikan lagi cara bermain rounders dengan teman dan gurumu sebelum bermain.

Jawab




Cara Bermain Rounders :

  1. Sebelum permainan di mulai terlebih dahulu di adakan semacam undian
  2. Masing-masing pemain atau regu mendapat dua kali giliran dalam melakukan pukulan dan menjaga lapangan
  3. Pemain tidak di perbolehkan berlari sebelah dalam tiang pembatas
  4. Penjaga lapangan segera melakukan pukulan pada saat berlari
  5. Seluruh anggota atau regu dapat keluar secara serentak bila seorang penjaga belum mencapai tiang keempat.

Gunakan Angka-Angka 4, 6, dan 5 Untuk Membuat Soal Cerita

Kunci jawaban pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 148. Peserta didik diminta menjawab soal tentang perhitungan angka 4, 6, dan 5.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Ayo Berlatih
Gunakan angka-angka 4, 6, dan 5 untuk membuat soal cerita. Soalmu harus memuat paling sedikit dua operasi hitung berbeda.

Jawab


Meli  mempunyai 5 keranjang buah apel. Masing-masing keranjang berisi 4 kilo apel.

Namun setelah diperiksa ternyata ada 6 kilo apel yang masih mentah. Berapa kilo kah rambutan Bu Meli yang matang?

Jawab :
5 x 4 - 6
= ( 5 x 4 ) – 6
= 20 – 6
= 14

Jawabannya adalah 14 kilo apel yang matang.

Contoh (2)

Edo mempunyai 5 keranjang buah jeruk. Masing-masing keranjang berisi 4 kilo jeruk.

Namun setelah diperiksa ternyata ada 6 kilo jeruk yang masih mentah. Berapa kilo kah jeruk Edo yang matang?

Jawab :
5 x 4 - 6
= ( 5 x 4 ) – 6
= 20 – 6
= 14

Jawabannya adalah 14 kilo jeruk yang matang.

Contoh (3)

Udin memiliki 4 pak buku tulis, masing-masing pak berisi 10 buah buku tulis. Kemarin Udin membeli lagi sebanyak 6 buah buku.

Dayu memberikan 5 buah buku kepada adiknya. Hitunglah sisa buku yang dimiliki Udin!

Jawab :
= (4 x 10) + 6 - 5
= 40 + 6 - 5
= 46 - 5
= 41

Tulislah Informasi Lengkap dari Kedua Negara ASEAN Tersebut

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 5 halaman 147. Peserta didik diminta menjawab soal tentang dua negara ASEAN.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Ayo Berlatih

Kamu sudah memiliki informasi tentang dua negara ASEAN dan mengumpulkan informasi tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politiknya. 

Ambillah seluruh informasi yang kamu miliki. Tulislah informasi lengkap dari kedua negara ASEAN tersebut meliputi kehidupan sosial budaya, ekonomi,dan politiknya.

Jawab;

Negara Indonesia:

A. Sosial Budaya
Keadaan sosial budaya negara Indonesia sangat menarik. Memiliki ribuan pulau membuat bangsa Indonesia memiliki berbagai suku dengan beragam kehidupan agama dan sosial budaya. Ada enam agama resmi di Indonesia dan berbagai macam tradisi turun temurun yang tetap dipelihara hingga sekarang. Misalnya tradisi mudik, tradisi sekaten di Jawa dan lain-lain. Bangsa Indonesia kental dengan sikap ramah tamahnya.

B. Ekonomi
Kehidupan ekonomi bangsa Indonesia ditopang oleh melimpahnya sumber daya alam yang tersebar di luasnya wilayah Indonesia. Pada sektor pertambangan, negara ini memiliki banyak bahan tambang yang diekspor ke berbagai negara di dunia misalnya timah, tembaga, besi, emas dan lain-lain. Pada sektor pertanian, negara Indonesia menghasilkan beras, jagung dan lain-lain.

C. Politik
Kondisi politik di Indonesia sangat demokratis. Pemilihan presiden dan pemilihan lainnya digelar secara demokratis setiap lima tahun sekali melalui pemilihan langsung. Kebebasan berbicara diatur sedemikian rupa namun tetap patuh pada hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Negara Thailand:

A. Sosial Budaya
Thailand memiliki budaya dan tradisi yang khas dan unik. Negara ini tidak pernah mengalami imperialisme bangsa Eropa.

B. Ekonomi
Penduduk Thailand bermata pencaharian sebagai petani, nelayan. Negara ini juga mengandalkan sektor pertambangan, pariwisata, kehutanan dan lain-lain.

C. Politik
Negara Thailand dipimpin seorang Raja.

Amatilah Soal Berikut! 9 + 3 × 6 - 4 = 23 Buatlah Soal Cerita

Kunci jawaban dari soal dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 4 halaman 144 Peserta didik diminta mengerjakan soal hitung.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal


Amatilah soal berikut!
9 + 3 × 6 - 4 = 23

Buatlah soal cerita dengan menggunakan operasi hitung di atas.

Jawab

Paman Edo baru saja membeli 9 ekor kelinci di pasar. Setelah itu, beliau membawa pulang kelinci tersebut ke rumah. Sebelumnya, paman Edo sudah memiliki 3 kandang kelinci di mana tiap-tiap kandang berisi 6 ekor kelinci. Paman Edo menganggap kelincinya sudah terlalu banyak, untuk itu ia memberikan 4 ekor kelinci kepada Beni.

Berapa jumlah kelinci yang masih dimiliki Paman Edo?