Kamis, 21 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Subtema 1 Halaman 3,8, 9,11,12, 14

Kunci jawaban dari soal-soal dalam buku tematik kelas 4 kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Keberagaman Budaya Bangsaku halaman 3. Peserta didik diminta menjawab beberapa soal yang berkaitan dengan bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.  






(1)Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan
keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan
pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun
terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

(2) Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik. 

(3) Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

(4) Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

(5) Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk
diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1? 
Paragraf ke-1 membicarakan tentang betapa senangnya / antusiasnya warga Kampung Babakan terhadap pawai tiap tahun yang selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Hampir semua warga Babakan akan menonton acara tersebut.

Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu.
Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Gagasan pokok:  Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku
gagasan pendukung: 
  1. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. 
  2. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. 
  3. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. 
  4. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. 
  5. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. 
  6. Budaya Maluku sangat unik dan menarik. 
Perhatikan diagram berikut ini!
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

Paragraf 3
Gagasan Pokok : Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda
Gagasan pendukung: 
  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. 
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Paragraf 4
Gagasan Pokok: Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
Gagasan pendukung: 
  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. 
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. 
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. 
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. 
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya
Paragraf 5
Gagasan Pokok: Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya
Gagasan Pendukung: 
  1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. 
  2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
  3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Gagasan Pendukung: 
Paragraf 3: 
  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. 
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Paragraf 4:
  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. 
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. 
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. 
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. 
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya
Paragraf 5: 
  1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. 
  2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
  3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.
Ayo Berlatih (halaman 8)
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

 NO     Nama siswa  Daerah Asal  Ciri Khas Daerah 
 1 Siti     Padang Rendang    
 2     Azis Madura Sate ayam, karapan sapi
 3 Joko Semarang Lumpia, bahasa jawa
 4 Endang     Bandung Peuyeum, bahasa sunda
 5 Umar Lampung Gajah, krupik kemplang
 6 Irma Surakarta Tari gambyong, Serabi

Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
Ya..sebagian besar dari kami merupakan suku Jawa. Kami berbicara dengan bahasa jawa dan menggunakan adat istiadat jawa. 
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!
Iya ciri khas suku jawa antara lain:
a. Memiliki bahasa yang khas yaitu bahasa jawa
b. Menggunakan adat istiadat jawa
c. terkenal dengan masakannya yang enak misalnya sate, lumpia, getuk, dan lain-lain.

Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
saling menghargai.

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. (Halaman 9)

Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!

 No Sikap Menghargai Keragaman
 1 Bermain bersama teman yang berlainan agama
 2 Saling tolong menolong teman yang berlainan suku
 3 Saling mencicipi masakan-masakan daerah lain
 4 Saling mencoba permainan daerah lain
 5 belajar kelompok dengan teman yang bersuku lain.


 No Sikap Tidak Menghargai Keragaman
 1 Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa
 2 Mengejek tradisi suku lain
 3 Menggangu teman ketika berdoa sesuai agamanya
 4 Menghina teman dari suku bangsa lain yang kulit/ rambutnya berbeda
 5 Membuang masakan khas teman yang bersuku bangsa lain.

Ayo Mengamati 

Halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal
alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat
musik tersebut!

 No Alat musik  Daerah Asal  Cara memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi
 1 Suling Jawa Barat Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
 2KolintangSulawesi UtaraCara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul. Itulah yang menghasilkan bunyi
 3 Gong Jawa Tengah Dipukul sehingga bergetar lalu menghasilkan bunyi
 4 Sasando Kalimantan Utara Dipetik dan menghasilkan suara
 5. Rebab Jawa Barat Dipetik dan menghasilkan suara

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi! (Halaman 12)
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

 Nama Benda Cara Menghasilkan Bunyi 
 Peluit Peluit ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
 Kaleng Dipukul, sehingga terjadi getaran pada kaleng tersebut, lalu menghasilkan bunyi
 Terompet Terompet ditekan..sehingga menimbulkan suara
BiolaBiola digesek sehingga terjadi getaran lalu menimbulkan bunyi
Gitar Senar GItar dipetik, sehingga gelombang yang dihasilkan oleh getaran senar gitar akan masuk ke dalam lubang pada gitar dan akan menghasilkan bunyi
 Terompet Terompet ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut
menghasilkan bunyi.


Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi? 

Sebagian besar berasal dari getaran yang ditimbulkan akibat gesekan, tiupan, petikan, pukulan atau tekanan.

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar. 
Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar?
Belum

Mengapa?
Karena tidak ada pengaturan bunyi/ nada dalam benda-benda tersebut

Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat
yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?
Memilih benda-benda yang bisa menghasilkan bunyi yang enak didengar.

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang
beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Mengatur waktu dan kecepatan ketika memukul benda-benda tersebut.

Selasa, 19 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 174, 176,178, 181, 183 185

Soal dan jawaban dalam buku Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 4 pembelajaran 5 dan 6 kelas 3 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Ayo Menulis (Halaman 174)
Tuliskan kata-kata yang baru kamu ketahui dari teks dialog. Temukan arti kata-kata tersebut
dalam kamus!
1. paku-pakuan : sekelompok tumbuhan yang memiliki sistem pembuluh sejati 
2.biji : isi buah (yang apabila ditanam dapat tumbuh)
3. spora:  satu atau beberapa sel (bisa haploid ataupun diploid) yang terbungkus oleh lapisan pelindung.

Buat kalimat dari kata-kata tersebut!
1. Tanaman paku-pakuan tumbuh di halaman rumah
2. Aku menanam biji semangka di halaman belakang rumah.
3. Tanaman paku-pakuan itu berkembang biak dengan spora.

Halaman 176
Perhatikan kembali teks dialog tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dengan spora!
Tuliskan kembali cara perkembangbiakan dengan spora menggunakan bahasamu sendiri. Tuliskan
dalam bentuk paragraf. Gunakan huruf kapital dan tanda baca dengan benar! 
Lani sedang membantu Ayah menyiram tanamam di depan rumah. Salah satu tanaman yang disiram adalah paku-pakuan. Tumbuhan ini berkembang biak dengan spora. Pada bagian belakang daun paku-pakuan terdapat bintik-bintik hitam yang sangat mudah diterbangkan oleh angin ke berbagai tempat. Di sanalah Paku-pakuan akan tumbuh dan berkembang.

Ayo Berlatih (Halaman 178)

Selesaikan latihan soal pembagian berikut ini!
a. 364 : 4 =  91
b. 444 : 4 = 111
c. 225 : 5 = 45
d. 335 : 5 = 67

Pembelajaran 6
Ayo menulis (Halaman 181)
1. Sebutkan contoh perkembangbiakan buatan.
mencangkok, okulasi, stek, menyambung.
2. Sebutkan salah satu kelebihan mencangkok tanaman
Tumbuhan hasil cangkokan lebih cepat berbuah ketimbang tumbuhan dari biji
3. Tanaman manakah yang lebih kuat jika ditanam dengan biji atau dicangkok?
Pohon mangga
4. Apa langkah selanjutnya setelah dahan yang
akan dicangkok dikupas bersih?
Tutup luka pada dahan dengan tanah subur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
Kemudian, bungkus tanah dengan sabut kelapa/ plastik lalu diikat dengan tali.
5. Berapa lama waktu dibutuhkan sebelum tanaman cangkok dipisahkan dari induknya?
Setelah tumbuh banyak akar kira-kira 1-2 bulan.


Halaman 183
Beri tanda kata-kata baru yang kamu temukan dari teks bacaan.
Carilah arti kata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kemudian, tuliskan pada tempat yang
sudah tersedia.
Buatlah kalimat dari kata-kata tersebut!
1. Dahan; Cabang batang pohon; bagian batang pohon yang tumbuh mencuat ke samping (beranting dan berdaun)
2. Sabut: kulit yang berserat pada buah kelapa, pinang, dan sebagainya
3. Akar: bagian tumbuhan yang biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penguat dan pengisap air serta zat makanan

1. Ayah memotong dahan pohon mangga karena sudah rapuh
2. Hari ini, kami membuat sapu dari sabut kelapa.
3. Meskipun asalnya dari akar, saya suka makan singkong.

Halaman 185
Pekerjaan apa saja yang biasa kamu lakukan untuk membantu orang tua?
1. .Menyiram bunga
2. .Menanam bunga
Siti melihat ibunya sedang menyiram tanaman. Menurutmu, yang harus dilakukan Siti adalah membantu menyiram bunga.

Ayah Edo sedang menebang pohon yang sudah tua. Menurutmu, yang harus dilakukan Edo adalah
Setelah selesai menebang, Edo sebaiknya membantu membuang pohon hasil tebangan tersebut

Lani sedang menangis kesakitan. Tangan Lani tertusuk duri bunga mawar. Menurutmu yang harus
dilakukan teman-teman Lani adalah.mengobati Lani dan memberitahu agar lebih berhati-hati ketika memegang bunga mawar.

Edo memiliki tanaman jambu yang ditanam dengan cara mencangkok. Pohon jambu Edo berbuah sebanyak 180 buah. Edo ingin menyimpan jambu tersebut di tiga tempat. Isi setiap tempat sama banyak. Berapa jambu yang ada pada setiap
tempat?
Selesaikan pertanyaan tersebut!
180 : 3 = 60
Selesaikan soal pembagian berikutnya!
224 : 4 = 56
315 : 5 = 63

Ayo Berlatih
Cobalah buat satu soal pembagian!
Mintalah temanmu untuk menjawabnya

Lani memiliki 200 bibit bunga mawar. Ia ingin memberikannya kepada Edo, Giri, Eka, Rina., masing-masing dengan jumlah yang sama. Berapakah jumlah yang diterima oleh masing-masing teman Lani tersebut?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 168, 169, 172

Soal dan jawaban dalam buku Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 4 pembelajaran 4 kelas 3 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



 Amatilah umbi dari tanaman-tanaman tersebut.
Tuliskan persamaan dan perbedaan yang terlihat.



NoPersamaanPerbedaan  
  Umbi BatangUmbi AkarUmbi Lapis
1.Terdapat di dalam tanahBerasal dari batang yang mengembangBerasal dari akar yang mengembangBerasal dari lapisan daun yang tersusun bertumpuk
2.Tempat menyimpan cadangan makananTumbuh tunas pada bagian umbi batangTumbuh tunas pada bagian umbi akarTumbuh tunas pada bagian pangkal daun
3.Dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakanMemiliki akar tunggangMemiliki akar serabutMemiliki akan serabut

Menurutmu mengapa bawang merah disebut umbi lapis?
Bawang merah disebut umbi lapis sebab memiliki tumpukan pangkal daun yang berlapis-lapis.

Pernahkah kamu melihat tahapan perkembangbiakan bawang merah? (Halaman 169)
Carilah informasi tentang tahapan perkembangbiakan bawang merah. Tuliskan informasi yang kamu peroleh pada tempat yang tersedia.
Tahapan perkembangan bawang merah 
1. Batang akan tumbuh dibawah tanah dan lapisan daun berdaging mempunyai cadangan makanan yang akan tumbuh berlapis lapis serta akan menumbuhkan serabut akar kebawah.
2. Diantara lapisan tersebut akan tumbuh mata tunas atau siung dan dapat membentuk individu baru, serta lapisan terluar akan kering atau disebut sisik untuk melindungi umbi didalamnya.



Halaman 172
Hari ini Siti dan teman-teman belajar memasak. Mereka membuat makanan dari bahan singkong
yaitu getuk. Mereka bekerja bersama-sama. Mereka membagi tugas dengan merata sehingga semua
pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bekerja sama juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-temanmu?
Tulislah pengalamanmu pada tempat di bawah
ini!
Ceritakan di depan teman-temanmu!
Saya pernah bekerja sama dengan teman-teman ketika mencoba membuat mainan rumah-rumahan dari stik es krim. Kami bertiga. Ada yang membuat pagar. Ada juga yang membuat atap rumah. Ada juga yang membuat dinding rumah.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 162, 165

Soal dan jawaban dalam buku Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 3 dan seterusnya halaman 162. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Amati gambar-gambar bunga di depan.  (Halaman 162)
Pilihlah salah satu bunga, lalu tuliskan ciri-ciri bunga tersebut!
Penjelasan meliputi bentuk, warna, dan ciri khas
lain yang bisa menggambarkan bunga tersebut.
Bunga Melati
Bunga melati berbentuk menyirip dan berhadapan.. Bunganya berwarna putih.  Mempunyai aroma khas dan wangi. Mempunyai tujuh mahkota yang berlapis lapis dan tidak mempunyai kelopak bunga.

Ayo Berlatih (Halaman 165)
Masih ingatkah kamu cara menyelesaikan soal pembagian?
Contoh:
Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil
panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani
akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masingmasing
memuat tangkai bunga sama banyak.
Proses di atas ditulis dalam bentuk pembagian
141 : 3 = ...
141 : 3 = .47 
Selesaikan soal di bawah ini sesuai contoh!
1. Siti memiliki 484 tangkai bunga anggrek. Siti ingin menyimpan dalam 4 buah vas bunga
dengan banyak tangkai bunya yang sama pada masing-masing vas. Berapa banyak tangkai
bunga anggrek pada setiap vas bunga?
484: 4 = 121

2.Pohon melati Lani berbunga sangat banyak. Lani memetik 224 bunga melati. Lalu, ia
menyimpannya dalam 4 buah tempat. Masing-masing tempat memuat bunga sama banyak.
Berapa banyak bunga melati pada setiap tempat?
224:4 =56

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 152,155, dan 159

Halo, apa kabar anak-anak kelas 3 SD? Saya harap kabar kalian selalu baik, selalu bersemangat dan bahagia. Pada tulisan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban soal-soal dalam buku Tema 1 subtema 4 dimulai dari halaman 152.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Cobalah menyelesaikan soal-soal berikut! (Halaman 152)
Kerjakan seperti contoh!
1. Sebuah perkebunan memberikan 126 bibit pohon mangga untuk Udin dan 5 orang temannya.
Pemilik perkebunan ingin memberikan bibit kepada 6 anak sama banyak. Berapa bibit pohon yang diterima oleh setiap anak?
126 : 6 = 21

2. Siti membagi 153 biji salak kepada tiga orang emannya. Setiap anak mendapat biji salak
sama banyak. Berapa banyak biji yang diterima setiap anak?
153 : 3 = 51

Pembelajaran 2
Ayo Menulis (Halaman 155)
Amati gambar berikut!
Gambar menunjukkan daur hidup tanaman semangka. Lengkapi bagan daur berikut dengan
gambar yang sesuai.





Tuliskan tahapan dalam daur hidup tanaman semangka menggunakan bahasamu sendiri!
Pertama, kita siapkan bibit semangka kemudian kita tebar di lubang di tanah yang telah disiapkan. Siram dengan air secukupnya. Beberapa hari kemudian, akan tumbuh tunas. Kemudian, daunnya mulai bertambah banyak. Setelah itu semangka akan mulai berbuah.

Halaman 159
Selain kerja sama, konsentrasi pemain juga sangat penting saat bermain lompat bambu. Jika tidak
berkonsentrasi, maka akan membahayakan seluruh pemain.
1. Apakah kamu bekerja sama dengan teman saat bermain lompat bambu?
Iya
2. Bagaimana cara kamu bekerja sama?
Menyamakan hitungan dengan teman yang memegang bambu kemudian berlatih
3. Apakah cara yang membuat kamu berhasil bermain lompat bambu?
Menghitung dengan seksama kapan harus lompat.
4. Apa yang membuatmu tidak berhasil dalam
bermain lompat bambu?
Gerakan terlalu cepat atau terlalu lambat

Senin, 18 Mei 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 Halaman 136,139, dan 140

Halo anak-anak SD Kelas 3, apa kabar kalian hari ini? saya harap kalian selalu sehat dan bahagia yaa. Baiklah, sekarang Bapak akan berbagi jawaban pembelajaran 6 subtema 3 tema 1 kelas 3 SD halaman 136, 139,140



Cobalah berlatih menyampaikan pesan! (Halaman 139)
Tuliskan saranmu jika teman atau tetanggamu melakukan hal berikut ini!

Kamu melihat seorang anak yang membuang sampah sembarangan. Saran yang akan kamu
sampaikan adalah 
Memberitahunya agar membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan penyakit dan bencana banjir.

Di sekitar depan rumah tetanggamu banyak sampah juga kaleng bekas berisi air hujan. Saran
yang akan kamu sampaikan adalah 
memberitahu dengan cara yang sangat sopan bahwa sampah tersebut bisa menjadi rumah nyamuk. Jika nyamuk menggigit, maka akan menyebabkan penyakit.


Ayo Berlatih (Halaman 140)
Banyak pasien dihitung dengan perkalian. 
Perhatikan perkalian 130 x 3 dengan cara bersusun
berikut ini.
1 3 0
_ 3 × pertama 2 × 0 = 0

berikutnya
1 3 0
_ 3 × kedua 3 × 3 = 9
9 0
terakhir
1 3 0
_ 3 × ketiga 3 × 1 = 3
3 9 0
Hasil perkalian adalah 390

Sebuah rumah sakit setiap hari dikunjungi 130 orang pasien. Dalam waktu 3 hari, berapa banyak
pasien yang mengunjungi rumah sakit?

130 
    3
----- x
390

Selesaikan soal-soal berikut ini!
1) 412
        3
 ------- x
   1236

2) 321
        4
 ------ x
   1284

3)  123
         2
   ------ x
       246

4) 222
        3
------- x
   666

Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 halaman 132, 133, dan 134

Halo anak-anak kelas 3 Sekolah Dasar, apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu baik yaa. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi jawaban dalam pembelajaran 5 subtema 3 tema 1 kelas 3 halaman 132, 133, dan seterusnya.

Ayo Menulis
Perhatikan kembali gambar daur hidup katak. Tuliskan penjelasanmu pada tempat yang sudah
disediakan. Manakah tahapan yang paling penting menurutmu? Apa alasannya?
Tahapan yang paling penting adalah telur. Selain bentuknya yang kecil, telur juga tidak dapat melakukan perlawanan, sangat mudah untuk dihancurkan atau dimangsa lawan. Oleh karena itu, jika telur terancam, maka perkembangan katak pun terancam.

Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui tentang daur hidup katak?
Iya, saya ingin mengetahui bagaimana cara katak menjaga telur-telurnya

Mintalah bantuan guru dan orang tuamu untuk menjawabnya.

Ayo Berdiskusi  (Halaman 133)
Hari ini kamu sudah belajar tentang pertumbuhan kupu-kupu dan katak. Ada orang yang berani untuk
menyentuh kedua hewan tersebut. Ada juga orang yang tidak berani seperti pada gambar berikut ini.



Tuliskan saranmu agar temanmu dapat saling menghargai akan perbedaan keberanian!
Saran saya agar sesama teman dapat saling menghargai akan perbedaan keberanian adalah dengan memberitahu kepada teman-teman, tidak semua orang memiliki pengalaman dan mental yang sama. Untuk itu jangan saling mengejek.

Tuliskan saran untuk temanmu agar lebih berani untuk memegang hewan tersebut!
Saya akan memberi contoh dengan memegang katak di depan teman tersebut, kemudian mengatakan bahwa katak bukan hewan yang berbahaya.

Ayo Berlatih (Halaman 134)
Penyu juga berkembang biak dengan cara bertelur. Penyu termasuk hewan yang dilindungi. Salah
satu cara melindunginya adalah dengan membuat penangkaran penyu.
Sebuah penangkaran penyu memiliki 7 bak penyimpanan anak penyu. Setiap bak berisi 130
ekor anak penyu. 
Berapa banyak anak penyu semuanya?
Bagaimana kamu menyelesaikan soal yang ada
pada cerita tersebut?

Kerjakan pada tempat yang tersedia berikut ini.

7 bak anak penyu X 130 ekor
7 x 130 = 130 x 7 
130 = 100 + 30

100 x 7 = 700
30 x 7 =   210
---------------------- +
                910

Buatlah soal cerita untuk soal berikut ini! Lalu hitunglah hasilnya!
300
    4
----- x

Siti memelihara ikan dalam empat buah kolam keci. Setiap kolam berisi 300 ekor ikan. Berapa jumlah semua ikan Siti?

300 x 4 = 1200

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Halaman 125, 128, dan 129

Halo anak-anak kelas 3 SD, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam buku kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 mulai dari halaman 125. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini, dengan seksama.


Gambar di atas menunjukkan daur hidup kupukupu. Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu
menetas menjadi ulat. Ulat memakan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua mahluk hidup memiliki daur hidup. Betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Ceritakan setiap tahapan daur hidup kupu-kupu menggunakan kalimatmu sendiri.
Tahap pertama telur
Telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas menjadi ulat.

Tahap kedua ulat.
Ulat akan makan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar.

Tahap ketiga kepompong.
Kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu.




Tuliskan dua pertanyaan berdasarkan gambar kupu-kupu di samping.
1. Bagaimana cara kupu-kupu tumbuh?
2. Apakah kamu menyukai warna kupu-kupu?


Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pengalamanmu saat menirukan gerak daur hidup
kupu-kupu. (Halaman 128)
1. Manakah gerakan yang paling senang kamu
tirukan?
Posisi badan berdiri dan tangan terbuka. Kemudian bergerak seperti gerak
kupu-kupu, berlari sambil melompat-lompat. 

2. Manakah gerakan yang paling mudah kamu
tirukan?
Posisi badan merangkak.(gerak ulat )

3. Manakah gerak yang paling sulit kamu tirukan?
Posisi tidur terlentang sambil mendekap kaki dan badan. (gerak telur)

Amati gerakan yang dilakukan temanmu. Tuliskan saran yang baik untuk perbaikan temanmu
sebagai bentuk menghargai teman.
Beberapa teman terlihat tidak bersungguh-sungguh 

Amati gerakan yang dilakukan temanmu. Tuliskan saran yang baik untuk perbaikan temanmu
sebagai bentuk menghargai teman. (Halaman 129)

Beberapa teman terlihat kesulitan tidur telentang sambil mendekap kaki dan badan. Saya menyarankan agar bersungguh-sungguh mendekap kaki dan badan.

Sabtu, 16 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Halaman 118

Halo Assalamualaikum anak-anak SD Kelas 3, masih semangat belajar, kan? Harus ya, kalian harus selalu bersemangat agar tercapai cita-citanya. Pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dalam pembelajaran 3  subtema 3 tema 1 kelas 3 Pertumbuhan Hewan. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Menulis (Halaman 118)
Ada berbagai macam jenis ikan.
Cobalah mencari tahu jenis-jenis ikan!
Apakah semua ikan memiliki ciri-ciri yang sama?
Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya pada teman atau guru.
Kamu juga dapat mencari informasi dari buku yang ada di perpustakaan.
Kamu dapat mengerjakan tugas ini dengan cara berkelompok atau mandiri.

 No     Nama/ Jenis Ikan  Ciri-ciri
 1 Iklan Lele             memiliki kumis, sirip dan ekor
 2     Ikan mas memiliki sisik, sirip dan ekor
 3 Ikan cupang memiliki sisik, sirip dan ekor
 4 Ikan  nila         memiliki sisik, sirip dan ekor
 5 Ikan gurameh memiliki sisik, sirip dan ekor



Kerjakan soal berikut sesuai contoh! (Halaman 121)
1. Udin memiliki 3 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 320 ekor. Berapa banyak ikan hias Udin semuanya?



Jawaban: 
Ember Udin : 3 ekor ikan hias
Setiap ember berisi: 320 ekor

3 x 320 = 320 x 3
320 = 300+20

300 x 3 = 900
20 x 3 =     60
--------------- +
              960


2. Sebuah toko ikan hias memiliki 7 akuarium. Setiap akuarium berisi 110 ekor ikan koki. Berapa
banyak ikan koki semuanya?


Jawaban:
7 akuarium x 110 ekor anak koki
7 x 110 = 110 x 7

110= 100+10

100 x 7 = 700
10 x 7 =     70
-------------- +
              770

3. Siti pergi ke peternakan ikan mas. Ia melihat ikan mas dalam 5 ember. Setiap ember berisi
300 ekor ikan mas. Berapa banyak ikan mas semuanya?



Jawaban: 
5 ember x 300 ekor ikan mas=
5 x 300 = 300 x 5

300 x 5 = 1500



Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam!
Minta temanmu menjawab pertanyaanmu!
Soal

1. Peternakan Arman menghasilkan 50 ikan dalam satu minggu. Berapa jumlah ikan Arman dalam waktu 4 minggu ?

2. Aldo membeli 5 buah akuarium. Setiap akuarium berisi 30 ekor ikan. Berapa jumlah ikan Aldo?

Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 SD Pertumbuhan Hewan Halaman 109, 110, 111, 114

Halo anak-anak kelas 3 SD, pada kesempatan kali ini, mari kita mengerjakan pembelajaran 2 subtema 3 tema 1 Kelas 3 SD halaman 109. Ada beberapa soal yang harus kalian kerjakan.

Agar lebih jelas dan cepat, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! (Halaman 109)
1. Mengapa Siti merasa senang?
Karena kucing peliharaan Siti melahirkan 5 anak kucing yang lucu.
2. Bagaimana cara kucing berkembang biak?
Melahirkan
3. Berapa banyak anak kucing milik Siti?
Lima anak kucing
4. Ada berapa jenis warna anak kucing?
Tiga jenis 
5. Apakah kamu suka memelihara kucing?
Iya
6. Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah?
Punya
7. Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing?
konsumsi makanan dan minuman

Ayo Berdiskusi (Halaman 110)
Perhatikan kembali teks bacaan tentang kucing peliharaan Siti. 
Diskusikan bersama temanmu! Mengapa anak kucing milik Siti memiliki warna yang berbeda dari
induknya?

Laporan Hasil Diskusi
Anak kucing Siti memiliki warna yang berbeda dari induknya, karena warna anak kucing dipengaruhi oleh warna induk jantan dan betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi
juga warna induk jantan, dan campuran keduanya.

Ayo Menulis (Halaman 111)

Kucing merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kucing ditumbuhi rambut. Kucing bernapas dengan paru-paru. 
Amati di sekitar sekolahmu.
Adakah hewan yang memiliki kesamaan ciri-ciri dengan kucing?

Tuliskan!
1. Anjing
2. Kelinci
3. Kuda
4. Sapi

Ayo Berdiskusi (114)
Kamu melihat temanmu mengalami kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
Akan memberitahu bagaimana caranya bermain, kemudian memberi contoh.

Kamu melihat salah satu temanmu mengejek teman lain yang mengalami kesulitan saat
melompat. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
Bicara baik-baik dengan dengan teman pengejek agar jangan mengejek teman lain. Saya minta teman pengejek tersebut agar lebih menghargai perbedaan keahlian saat bermain. Setelah itu menghibur teman yang diejek.

Misalkan temanmu yang belum dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Bagaimana cara yang baik
dalam menyampaikan saran kepadanya?
Memberi waktu kepada teman tersebut agar memperhatikan terlebih dahulu. Setelah cukup, saya persilakan dia untuk ikut bermain.