Soal dan jawaban dalam buku Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 4 pembelajaran 4 kelas 3 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
Amatilah umbi dari tanaman-tanaman tersebut.
Tuliskan persamaan dan perbedaan yang terlihat.
No | Persamaan | Perbedaan | ||
---|---|---|---|---|
Umbi Batang | Umbi Akar | Umbi Lapis | ||
1. | Terdapat di dalam tanah | Berasal dari batang yang mengembang | Berasal dari akar yang mengembang | Berasal dari lapisan daun yang tersusun bertumpuk |
2. | Tempat menyimpan cadangan makanan | Tumbuh tunas pada bagian umbi batang | Tumbuh tunas pada bagian umbi akar | Tumbuh tunas pada bagian pangkal daun |
3. | Dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan | Memiliki akar tunggang | Memiliki akar serabut | Memiliki akan serabut |
Menurutmu mengapa bawang merah disebut umbi lapis?
Bawang merah disebut umbi lapis sebab memiliki tumpukan pangkal daun yang berlapis-lapis.
Pernahkah kamu melihat tahapan perkembangbiakan bawang merah? (Halaman 169)
Carilah informasi tentang tahapan perkembangbiakan bawang merah. Tuliskan informasi yang kamu peroleh pada tempat yang tersedia.
Tahapan perkembangan bawang merah
1. Batang akan tumbuh dibawah tanah dan lapisan daun berdaging mempunyai cadangan makanan yang akan tumbuh berlapis lapis serta akan menumbuhkan serabut akar kebawah.
2. Diantara lapisan tersebut akan tumbuh mata tunas atau siung dan dapat membentuk individu baru, serta lapisan terluar akan kering atau disebut sisik untuk melindungi umbi didalamnya.
Halaman 172
Hari ini Siti dan teman-teman belajar memasak. Mereka membuat makanan dari bahan singkong
yaitu getuk. Mereka bekerja bersama-sama. Mereka membagi tugas dengan merata sehingga semua
pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Bekerja sama juga membuat pekerjaan terasa lebih ringan.
Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-temanmu?
Tulislah pengalamanmu pada tempat di bawah
ini!
Ceritakan di depan teman-temanmu!
Saya pernah bekerja sama dengan teman-teman ketika mencoba membuat mainan rumah-rumahan dari stik es krim. Kami bertiga. Ada yang membuat pagar. Ada juga yang membuat atap rumah. Ada juga yang membuat dinding rumah.