Thursday, May 21, 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Subtema 1 Halaman 3,8, 9,11,12, 14

Kunci jawaban dari soal-soal dalam buku tematik kelas 4 kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Keberagaman Budaya Bangsaku halaman 3. Peserta didik diminta menjawab beberapa soal yang berkaitan dengan bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.  






(1)Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan
keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan
pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun
terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

(2) Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik. 

(3) Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.

(4) Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

(5) Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk
diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.

Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!

Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1? 
Paragraf ke-1 membicarakan tentang betapa senangnya / antusiasnya warga Kampung Babakan terhadap pawai tiap tahun yang selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Hampir semua warga Babakan akan menonton acara tersebut.

Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu.
Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Gagasan pokok:  Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku
gagasan pendukung: 
  1. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. 
  2. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. 
  3. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. 
  4. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. 
  5. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. 
  6. Budaya Maluku sangat unik dan menarik. 
Perhatikan diagram berikut ini!
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.

Paragraf 3
Gagasan Pokok : Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda
Gagasan pendukung: 
  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. 
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Paragraf 4
Gagasan Pokok: Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
Gagasan pendukung: 
  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. 
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. 
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. 
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. 
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya
Paragraf 5
Gagasan Pokok: Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya
Gagasan Pendukung: 
  1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. 
  2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
  3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Gagasan Pendukung: 
Paragraf 3: 
  1. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya
  2. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. 
  3. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Paragraf 4:
  1. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. 
  2. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. 
  3. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. 
  4. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. 
  5. Unik bentuknya, unik pula bunyinya
Paragraf 5: 
  1. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. 
  2. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati.
  3. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan  mengagumkan.
Ayo Berlatih (halaman 8)
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

 NO     Nama siswa  Daerah Asal  Ciri Khas Daerah 
 1 Siti     Padang Rendang    
 2     Azis Madura Sate ayam, karapan sapi
 3 Joko Semarang Lumpia, bahasa jawa
 4 Endang     Bandung Peuyeum, bahasa sunda
 5 Umar Lampung Gajah, krupik kemplang
 6 Irma Surakarta Tari gambyong, Serabi

Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
Ya..sebagian besar dari kami merupakan suku Jawa. Kami berbicara dengan bahasa jawa dan menggunakan adat istiadat jawa. 
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!
Iya ciri khas suku jawa antara lain:
a. Memiliki bahasa yang khas yaitu bahasa jawa
b. Menggunakan adat istiadat jawa
c. terkenal dengan masakannya yang enak misalnya sate, lumpia, getuk, dan lain-lain.

Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
saling menghargai.

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. (Halaman 9)

Nah, sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada!

 No Sikap Menghargai Keragaman
 1 Bermain bersama teman yang berlainan agama
 2 Saling tolong menolong teman yang berlainan suku
 3 Saling mencicipi masakan-masakan daerah lain
 4 Saling mencoba permainan daerah lain
 5 belajar kelompok dengan teman yang bersuku lain.


 No Sikap Tidak Menghargai Keragaman
 1 Bermain hanya dengan teman yang satu suku bangsa
 2 Mengejek tradisi suku lain
 3 Menggangu teman ketika berdoa sesuai agamanya
 4 Menghina teman dari suku bangsa lain yang kulit/ rambutnya berbeda
 5 Membuang masakan khas teman yang bersuku bangsa lain.

Ayo Mengamati 

Halaman 11

Tulislah nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal
alat musik itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat
musik tersebut!

 No Alat musik  Daerah Asal  Cara memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi
 1 Suling Jawa Barat Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
 2KolintangSulawesi UtaraCara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul. Itulah yang menghasilkan bunyi
 3 Gong Jawa Tengah Dipukul sehingga bergetar lalu menghasilkan bunyi
 4 Sasando Kalimantan Utara Dipetik dan menghasilkan suara
 5. Rebab Jawa Barat Dipetik dan menghasilkan suara

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi! (Halaman 12)
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).

 Nama Benda Cara Menghasilkan Bunyi 
 Peluit Peluit ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
 Kaleng Dipukul, sehingga terjadi getaran pada kaleng tersebut, lalu menghasilkan bunyi
 Terompet Terompet ditekan..sehingga menimbulkan suara
BiolaBiola digesek sehingga terjadi getaran lalu menimbulkan bunyi
Gitar Senar GItar dipetik, sehingga gelombang yang dihasilkan oleh getaran senar gitar akan masuk ke dalam lubang pada gitar dan akan menghasilkan bunyi
 Terompet Terompet ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam peluit, getaran tersebut
menghasilkan bunyi.


Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi? 

Sebagian besar berasal dari getaran yang ditimbulkan akibat gesekan, tiupan, petikan, pukulan atau tekanan.

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar. 
Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar?
Belum

Mengapa?
Karena tidak ada pengaturan bunyi/ nada dalam benda-benda tersebut

Apa yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat
yang kalian mainkan menghasilkan bunyi?
Memilih benda-benda yang bisa menghasilkan bunyi yang enak didengar.

Bagaimana caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang
beragam itu menghasilkan bunyi yang enak didengar?
Mengatur waktu dan kecepatan ketika memukul benda-benda tersebut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon