Selasa, 21 Januari 2020

Tugas 2 Berlatihlah Menyusun Mosi Dengan Bertolak dari Tema-Tema berikut Ini

Kunci jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 bab 6 halaman 187 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang bagaimana menyusun mosi.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas 2
Berlatihlah menyusun mosi dengan bertolak dari tema-tema berikut ini !

Jawab : 

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

Tema: Acara talkshow di Televisi
Mosi: Acara talkshow di televisi merupakan acara yang cukup baik ditonton oleh masyarakat umum. Dengan menonton talkshow dengan berbagai tema, masyarakat akan mendapatkan ide dan pemikiran dari berbagai sumber. Ini bisa memperkaya pengetahuan seseorang tentang sesuatu hal.

Tema: Ujian Nasional
Mosi : Ujian Nasional pada dasarnya merupakan ujian untuk mengetahui hasil sekolah siswa. Sayangnya standar yang tinggi membuat dampak negatif bagi peserta didik maupun guru pengajar. Kedua kelompok tersebut sangat tertekan akibat UN. Oleh karena itu, pelaksanaan UN perlu dihentikan.

Tema: Membawa HP di Sekolah
Mosi: Teknologi berkembang pesat tanpa bisa dicegah. Melarang peserta didik membawa HP sama saja menghalangi mereka menerima kemajuan zaman. Bagaimanapun juga, dampak positif HP lebih banyak dibanding dampak negatif.

Tema :Budaya Baca
Mosi: Sepertinya budaya baca di Indonesia nyaris tidak membekas. Untuk itu budaya literasi perlu digalakkan dengan cara yang lebih cerdas, agar peserta didik bisa rajin membaca buku.

Senin, 20 Januari 2020

Tugas 2 Bacalah Penggalan Debat Berikut Ini Kemudian Kerjakan Soal Berikut ini

Kali ini kita akan membahas tugas dalam buku bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 185. Secara jelas, kalian diminta untuk membaca penggalan debat kemudian menjawab pertanyaan dalam tabel.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini


1. Tentukan mosi yang didebatkan.
Jawab
a. Mosi : Tawuran antarpelajar dipicu juga oleh faktor eksternal misalnya televisi, internet, dan teladan buruk para pemimpin bangsa.
b. Mosi: Bencana alam terjadi juga karena perubahan iklim global dan terutama akibat ulah manusia.
c.Mosi: Aksi brutal suporter bola disebabkan terutama oleh tuntutan kehidupan yang keras.
d. Mosi: Penyebab sakit adalah kuman, bukan perubahan cuaca.
e. Mosi: UNBK tidak seharusnya ditolak karena sangat berfaedah untuk menghemat kertas dan menghitung nilai dengan akurat.




2. Sebuah mosi merupakan pernyataan yang dapat ditolak atau diterima, bersifat kontroversial. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut ? Jelaskan pendapatmu.
Jawab:

Tidak setuju, mosi tidak harus kontroversial, bisa juga mosi tersebut perlu diperdebatkan hanya karena untuk menyamakan pendapat.

Tugas 1 Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Teks Debat

Artikel kali ini akan membahas tentang tugas 1 dalam buku bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 182 bab 6. Kalian, sebagai peserta didik harus menjawab tugas tersebut.

Apa yang tertulis di bawahi ni merupakan jawaban dari soal tersebut. Silakan disimak



Soal
Tugas 1

1. Sebutkan unsur-unsur dalam teks debat !
jawab: 
Unsur-unsur debat adalah:
a. mosi
b. tim afirmasi
c. tim oposisi
d. tim netral
e. penonton/ juri yang dipanggil
f. moderator
g. penulis

2. Sebutkan unsur-unsur manusia (siapa saja) yang terdapat dalam debat!
jawab:
a. tim afirmasi
b. tim oposisi
c. tim netral
d. penonton/ juri yang dipanggil
e. moderator
f. penulis

3. Jelaskan pesan masing-masing unsur manusia dalam debat.
jawab: 
Tim Afirmasi yaitu tim yang setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
Tim Oposisi yaitu tim yang tidak setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
Tim Netral yaitu tim yang tidak setuju dan tidak menentang mosi (permasalahan yang didebatkan). Tim ini bisa jadi menerima dan menolak sebagian dari mosi.
Penulis/ sekretaris yang berfungsi mencatat hasil debat.

4. Pada teks debat adi atas ada tim netral. Dalam kegiatan debat, seringkali tidak ada tim netral. bagaimana pendapatmu.
jawab:

Setelah menyaksikan beberapa acara debat di televisi,keberadaan tim netral memang fleksibel. Ia boleh saja ada, boleh saja tidak.

5. Debat pada dasarnya hampir sama dengan diskusi membutuhkan moderator dan sekretaris. Dalam teks di atas, tidak tampak adanya peran sekretaris. Menurut pendapatmu, apakah dalam debat dibutuhkan seorang sekretaris

jawab:

Moderator berfungsi sebagai pengatur debat. Sementara sekretaris berfungsi untuk mencatat jalannya debat. Untuk debat yang bersifat hiburan, sekretaris memang kurang diperlukan. Akan tetapi, untuk debat yang memang bertujuan untuk mencari keputusan, sekretaris sangat dibutuhkan, yaitu mencatat hasil debat.

Tugas 1 Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan yang Telah Kamu Susun Sebelumnya

Kunci jawaban dari tugas bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK / MA/ MAK Kurikulum 2013 halaman 178 bab 6 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang debat yang indah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu susun sebelumnya, Tuliskan jawabanmu pada kolom-kolom berikut ini. Tambahkan baris jika diperlukan.

(Tabel bisa kalian lihat dalam buku kalian masing-masing)

Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Mengapa teks tersebut tergolong debat?
Teks tersebut dimasukkan debat karena di adalamnya ada dua pihk yang saling menyampaikan pendapat dan memberikan arguen untuk mendukung pendapatnya tentang kedudukan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di era globalisasi.
2. Siapa pihak yang sedang berdebat?
Orang yang setuju dan orang yang tidak bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang lebih penting dari pada bahasa Indonesia pada era globalisasi.
3. Apa jabatan atau pekerjaan mereka?
Tidak ada penjelasan.
4. Siapa yang menjadi moderator debat?
Tidak ada penjelasan
5. Hal apa yang tengah diperdebatkan?
Pandangan bahwa bahasa Inggris sangat penting dalam era globalisasi.
6. Siapakah yang menjadi pihak pendukung (afirmasi) dan pihak penentang (oposisi)?
Tidak jelas.
7. Apakah kedua belah pihak mengemukakan alasan-alasan untuk mendukung pendapatnya masing-masing?
Betul. kedua belah pihak menyampaikan alasan –alasan untuk mendukung pendapatnya.
8. Apakah ada pihak yang menunjukkan data, informasi atau fakta lain yang mendukung pendapatnya?
Kedua belah pihak menyampaikan alasan –alasan untuk mendukung pendapatnya.
9. Di akhir debat, apakah mereka mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama, atau moderator hanya menyampaikan kesimpulan dari isi debat saja?
Tidak

Minggu, 19 Januari 2020

Setelah Kamu Membaca Teks Artikel dan Cuplikan Buku Ilmiah di Atas, Isilah Format Tabel di Bawah Ini

Soal dan jawaban dari tugas 1 kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 163 bab 5. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang unsur kebahasaan yang sudah ditentukan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kamu membaca teks artikel dan cuplikan buku ilmiah di atas, isilah format tabel di bawah ini ! kamu bisa mengerjakan di buku kerjamu!

(Format tabel bisa kalian lihat dalam buku kalian masing-masing)

Jawab

Silakan tonton video ini



atau perhatikan jawaban di bawah ini

1. Adverbia
Artikel:
- Harian Kompas dan Sinar Harapan kerap memuat cerita pendeknya.
- Memenangi lomba penulisan fiksi baginya sudah biasa.
- Sebagai penulis fiksi sudah banyak buku yang dihasilkannya.
- Tidak sulit untuk mengenalinya karena topi putih selalu bertengger di kepalanya.
- Semasa di SD, saya doyan sekali membaca.
-

Buku Ilmiah:
- Kami akan memperlihatkan tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar.
- Ini semua terjadi karena mereka belum mengenal Allah SWt dengan iman, hati dan pikiran.
- Kedua, dengan memperhatikan ayat-ayat Kauniyyah yang betrbentang luas di alam semesta ini, bahkan dalam diri kita sendiri.
-

2. Konjungsi
Artikel:
- Karena itu, ia selalu memakai topi.
- Meskipun demikian, ia tak pernah diikutkan main dram semasih kanak-kanak, juga ketika SMP.
- Semula, ayahnya mengharapkan Putu jadi dokter.
- Setelah selesai sekolah menengah atas, ia melanjutkan kuliahnya di Yogyakarta, kota seni dan budaya.
- Setelah kira-kira tujuh tahun tinggal di Yogyakarta, Putu pindah ke jakarta.
- Di samping itu, ia juga bekerja sebaai redaktur majalah ekspress (1969)
- Pada saat masih bekerja di majalah Tempo, ia mendapat beasiswa belajar Drama (Kabuki) di Jepang.
- Selain itu, ia juga telah berani tampil dalam karyanya sendiri yang berjudul Lautan Bernyanyi.

Buku Ilmiah:
- Namun, ketika kita berbicara tengan ayat-ayat kauniyyah maka sebagian besar dari kita lalai memikirkannya.
- Tidak hanya sifat fisik, tetapi juga sifat psikologis atau perilaku.
- Hingga sanggup membuat DNA begitu kecil dan canggih dalam tubuh manusia.

3. Kosakata
Artikel:
- Redaktur
- Dramawan:
- Stream Of Consciousness
- Teater
- Insting
-
Buku Ilmiah:
- Eksplisit
- Qauliyyah
- Kauniyyah
- Tajalli dzati
- DNA


Disclaimer: Jawaban dari blog ini merupakan jawaban dari tim kami, untuk lebih jelasnya silakan tanya kepada guru masing-masing.

Setelah Kamu Selesai Membaca Artikel di Atas, Temukanlah Fakta yang Terdapat Pada Kedua Artikel

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 155. Peserta didik diminta menemukan fakta dalam artikel yang sudah ditentukan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kamu selesai membaca artikel di atas, temukanlah fakta yang terdapat pada kedua artikel tersebut. Isilah pada format tabel di bawah ini. Kamu bisa mengerjakannya di buku kerjamu.

(Format tabel bisa kalian lihat dalam buku Bahasa Indonesia kelas 12 SMA kurikulum 2013 halaman 155)

Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini




atau baca tulisan di bawah ini

Fakta

Artikel 1 :
1. Jawa Barat memiliki banyak objek wisata, salah satunya adalah Pantai Pangandaran
2. Pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran di Desa Pananjung, Pantai Pangandaran, Ciamis, pernah dinobatkan oleh Asia Rooms sebagai pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat
3. Di Pantai Pangandaran ini masih ada nelayan yang berlayar untuk mencari ikan.
4. Pantai ini terkenal sebagai dermaga para nelayan sampai sekarang.
5. Selain itu terdapat bukit yang menjadi hutan di area Pantai Pangandaran.


Artikel 2:
1. Listrik merupakan salah satu energi yang bisa dikatakan menguasai hajat hidup orang banyak karena manfaatnya yang sangat penting.
2. Penemu listrik adalah Michael Faraday.
3. Berkat penemuannya ia kemudia dijuliki sebagai Bapak Listrik.
4. Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1971.
5. Terkenalnya nama Michael Faraday sebagai Bapak Listrik bermula ketika ia membuat sebuah eskperimennya yang pertama kali dengan menggunakan 7 uang logam yang kemudian ia tumpuk dengan 7 lembaran seng serta 6 lembar kertas yang dibasahi ari garam.
6. Pada tahun 1821, Christian Orsted memublikasikan sebuah jurnal mengenai fenomena elektromagnetisme.
7. Alat yang diciptakan Faraday bernama Homopolar motor.
8. Di bawah bimbingan Davy, Michael Faraday banyak membuat sebuah penemuan-penemuan baru yang berguna bagi manusia di bidang kelistrikan.
9. Michael faraday wafat pada tanggal 25 Agustur 1867.

Demikianlah, jawaban dari tugas Bahasa Indonesia. SIlakan tanyakan kepada guru kalian masing-masing untuk memastikan jawabannya.

Sabtu, 18 Januari 2020

Setelah kamu Membaca Teks Di Atas, Tulislah Mana yang Merupakan Paragraf Opini

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesai Kelas 12 SMA/ SMK /MA /MAK bab 5 halaman 150 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menentukan mana artikel yang termasuk paragraf opini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!

Soal



Setelah kamu membaca teks di atas, tulislah mana yang merupakan paragraf opini berdasarkan format tabel di bawah ini. Kamu bisa mengerjakannya di buku kerjamu.




Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan jawaban di bawah ini

Paragraf Opini Teks Pertama :

  1. Uji Coba ini memberikan akses bagi anak-anak berusia di bawha lima tahun untuk belajar bahasa asing lewat aplikasi, kata Birmingham. Senator Birmingham mengatakan minat untuk belajar bahasa Indonesia sebenarnya menurun di tingkat sekolah menengah atas di Australia, dalam beberapa tahun terakhir. (paragraf 3)

2. Senator Birmingham mengatakan, bila uji coba ini dianggap berhasil, aplikasi tersebut akan diberlakukan secara nasuional mulai tahun 2017. Ada juga rencana membuat apkikasi untuk pelajaran matematika dan sains.

3. ”Bila ada pertanda bahwa kita bisa memberikan dorongan kepada mereka sejak usia dini, itulah yang harus lebih banyak dilakukan,” kata Senator Birmingham.

4. Namun, pemerintah berharap, keadaan itu akan berubah.

5. Senator Birmingham mengatakan, bila uji coba lanjutan ini dianggap berhasil, aplikasi tersebut akan diberlakukan secara nasional mulai tahun 2017.

6. Ada juga rencana membuat aplikasi untuk pelajaran Matematika dan sains.

Paragraf Opini Teks kedua

1. Apakah mungkin ada kehidupan di angkasa luar?
2. Harapannya, hal itu juga bisa dilakukan di Mars. Jeruk zinnia ditamam dengan metode yang dibuat program. (teks 2)
3. Pihak Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengatakan, jeruk zinnia dipilih karena lebih sulit tumbuh ketimbang letucce.

Tugas 1 Pada Kegiatan Ini Akan Disajikan Gambar-Gambar yang Berkaitan dengan Isu

Kunci jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 145-146 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang disediakan tentang opini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1

Pada kegiatan ini akan disajikan gambar-gambar yang berkaitan dengan isu-isu yang terjadi di dalam masyarakat. Kamu diminta untuk mengungkapkan pendapat terkait dengan gambar tersebut. Namun, sebelum itu kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.
1. Perhatikan gambar yang tersaji berikut ini
2. Pilih salah satu gambar yang menurutmu mudah dan kamu mengetahui isu yang dimaksud gambar tersebut
3. Kaitkan gambar tersebut dengan pengetahuan yang telah kamu miliki.

Perhatikan gambar
(Silakan lihat gambar dalam buku Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/ SMK/ MA/MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 145 bab 5.)


Jawab: 

Silakan tonton video jawaban di bawah ini





atau perhatikan tulisan di bawah ini


Saya memilih gambar 2. Opini saya adalah sebagai berikut.

1. Sampah plastik yang terdiri dari sampah bungkus mi instan, bungkus makanan, dan sebagainya sangat susah diurai bahkan hingga bertahun-tahun.
2. Masyarakat kita masih belum terlalu peduli dengan budaya membuang sampah pada tempatnya, sebagian besar masih memilih membuang sampah di sungai
3. Lama kelamaan air sungai menjadi penuh dengan sampah yang dibuang masyarakat.
4. Jika sungai meluap karena aliran terssumbat sampah, kemungkinan terjadi banjir.

Tugas Setelah Menemukan Fakta dan Opini dalam Artikel yang Berjudul Memotret Kondisi Kesehatan di Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 143 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menemukan fakta dan opini dalam artikel berjudul memotret kondisi kesehatan di Indonesia.

Supaya lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal

Tugas
Setelah menemukan fakta dan opini dalam artikel berjudul Memotret Kondisi Kesehatan di Indonesia kamu diminta untuk membedakan antara fakta dan opini dengan mengisi kolom berikut ini!

Tabel/ kolom silakan lihat dalam buku Bahasa Indonesia kelas 12 halaman 143.

Jawab:

Silakan tonton dalam video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Paragraf 1
Fakta: Sehat merupakan hak asasi setiap warga negara yang diatur dalam konstitusi Indonesia
Opini: Tidak hanya sebagai hak, sehat menjadi kewajiban negara karena pada sejatinya komponen tersebut merupakan investasi yang penting bagi suatu bangsa. Rakyat yang sehat bukan hanya sehat fisik, melainkan juga sehat secara mentak, sehat dalam pergaulan sosial dan tak lepas dari aspek spiritual.

Paragraf 2
Fakta:  Keempat transisi tersebut adalah transisi demografi, epidemologi, gizi dan transisi perilaku.
Opini: Kini rakyat Indonesia mengalami empat transisi masalah kesehatan yang mmberikan dampak double burden alias beban ganda.

Paragraf 3.

Fakta: Sementara itu, masalah kesehatan klasik dari populasi penduduk yang bayi, balita, remaja dan ibu hamil tetap saja belum berkurang
Opini: Transisi demogradi ditandai dengan usia harapan hidup yang meningkat, berakibat penduduk usia lanjut bertambah dan menjadi tantangan tersendiri bagi sektor kesehatan karena meningkatnya kasus-kasus geriatri.

Paragraf 4.
Fakta: Transisi epidimiologi datang dengan dua kelompok kasus penyakit, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular seperti tuberkulosis, malaria, demam berdarah, diare cacingan, hepatitis virus dan HIV tetap eksis dari tahun ke tahun.

Opini: -

Paragraf 5
Fakta: Transisi ketiga terjadi pada sektor gizi. Di satu sisi kita berhadapan dengan kasus penduduk gizi lebih.

Opini: gaya hidup serba instan termasuk dalam memilih bahan pangan, dan kurang peduli pada aspek kesehatan, sementara sebagaian yang lain masih percaya mitos-mitos yang diwariskan berkaitan dengan sakit-sehatnya seseorang.

Kalimat Fakta dan Opini dalam Artikel Pak Raden dan Kisah Multikulturalisme

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 136 - 138. Peserta didik diminta menemukan fakta dan opini dalam artikel tersebut.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Sebelum membedakan fakta dan opini, kamu diminta untuk menemukan infomrasi dalam sebuah artikel opini terlebih dahulu. Berikut ini akan disajikan sebuah artikel dari surat kabr daring (online). Sbeleum mengerjakan latihan pada kegiatan ini, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Bacalah dengan cermat artikel berjudul Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik berikut ini.
2. Temukan dan tandai informasi yang kamu peroleh dari artikel berikut ini. Kemudian, tulislah pada kolom yang telah disediakan (kerjakan di buku tugasmu)

(Silakan lihat tabel pada buku kalian masing-masing, bahasa Indonesia kurikulum 2013 halaman 138.


Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Fakta:

1. Jumat, 30 Oktober 2015 Indonesia kembali kehilangan seniman dongeng paling berpengaruh dalam perkembangan seni, terutama di kalangan anak-anak era 80-an.
2. Pak Raden alias Syadi adalah seniman senior sekaligus pencipta kisah boneka kayu "Si Unyil". Sebuah film seri televisi Indonesia produksi PPFN
3. Si Unyil diilhami dari pertunjukan wayang atau boneka kayu anak-anak di Perancis.
4.  Guignol adalah tokoh boneka yang diciptakan pada 1808 oleh Laurent Mourguet, seorang marionnettiste (dalang perempuan)
5. Sampai saat ini GuUignol masih digunakan sebagai hiburan anak-anak melalui pertunjukan di teater Guignol.
6. Ketika stasiun RCTI dan TPI kembali menayangkan kisah si Unyil, respons anak-anak pun tidak sebagus ketika ditayangkan di TVRI.
7. Hiburan anak-anak sudah digantikan dengan film kartun anak yang lebih menarik seperti Doraemon, He-man, Sailormoon.
8. Kisah Unyil bukan hanya sekadar kisah ideologis dan politis.
9. Guignol juga menjadi instrumen politik pemerintahan Perancis.
10. Melalui Unyil, pemerintah jugam enyosialisasikan banyak program seperti Keluarga Berencana.

Opini:
1. Kisah Unyil sangat menghegemoni jagat hiburan anak-anak di eranya, ketika stasiun swasta belum bertaburan seperti sekarang.
2. Keragaman karakter sosial ini menunjukkan bagaimana kisah si Unyil ingin mengajarkan kepada anak-anak di dera itu untuk menghargai perbedaan.
3. Perbedaan kelas sosial adalah hal yang paling tampak dalam film ini, serta perbedaan suku bangsa.
4. Saat ini kita merindukan film-film sekelas Unyil yang mampu menghiasi dunia anak-anak era 2000-an dan sesudahnya.
5. Kejayaan dan keindahan masa anak-anak seolah telah usai ketika media televisi sudah tidak lagi menunjukkan keramahannya pada dunia anak.

Pendapat saya terhadap artikel tersebut:

Artikel berjudul Pak Raden dan Multikulturalistik merupakan artikel yang menarik. Ada fakta dan opini. Berisi tentang sosok sentral dalam sebuah film yang cukup populer pada era 80-an, Pak Raden, yang meninggal pada Jumat, 30 Oktober 2015. 

Film Unyil memang sangat terkenal pada tahun 80-an. Bagi anak-anak pada masa itu, tokoh Unyil, Pak Raden dan tokoh lainnya begitu akrab dikenal. Waktu itu tentu saja, Unyil hanyalah hiburan bagi generasi 80-an. Anak-anak bahkan mungkin orangtua mereka, tidak berfikir jauh bahwa ternyata ada unsur lain selain hiburan.

Artikel ini menyajikan apa yang mendasari lahirnya film tersebut, jenis karya seni, bahkan nilai-nilai yang coba disampaikan. Unyil adalah karakter boneka yang bernama Guignol. Unyil berfungsi sebagai penyampai sosialisasi dari pemerintah, Unyil adalah sarana menyampaikan nilai-nilai multikulturalisme.