Sabtu, 18 Januari 2020

Setelah kamu Membaca Teks Di Atas, Tulislah Mana yang Merupakan Paragraf Opini

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesai Kelas 12 SMA/ SMK /MA /MAK bab 5 halaman 150 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menentukan mana artikel yang termasuk paragraf opini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!

Soal



Setelah kamu membaca teks di atas, tulislah mana yang merupakan paragraf opini berdasarkan format tabel di bawah ini. Kamu bisa mengerjakannya di buku kerjamu.




Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan jawaban di bawah ini

Paragraf Opini Teks Pertama :

  1. Uji Coba ini memberikan akses bagi anak-anak berusia di bawha lima tahun untuk belajar bahasa asing lewat aplikasi, kata Birmingham. Senator Birmingham mengatakan minat untuk belajar bahasa Indonesia sebenarnya menurun di tingkat sekolah menengah atas di Australia, dalam beberapa tahun terakhir. (paragraf 3)

2. Senator Birmingham mengatakan, bila uji coba ini dianggap berhasil, aplikasi tersebut akan diberlakukan secara nasuional mulai tahun 2017. Ada juga rencana membuat apkikasi untuk pelajaran matematika dan sains.

3. ”Bila ada pertanda bahwa kita bisa memberikan dorongan kepada mereka sejak usia dini, itulah yang harus lebih banyak dilakukan,” kata Senator Birmingham.

4. Namun, pemerintah berharap, keadaan itu akan berubah.

5. Senator Birmingham mengatakan, bila uji coba lanjutan ini dianggap berhasil, aplikasi tersebut akan diberlakukan secara nasional mulai tahun 2017.

6. Ada juga rencana membuat aplikasi untuk pelajaran Matematika dan sains.

Paragraf Opini Teks kedua

1. Apakah mungkin ada kehidupan di angkasa luar?
2. Harapannya, hal itu juga bisa dilakukan di Mars. Jeruk zinnia ditamam dengan metode yang dibuat program. (teks 2)
3. Pihak Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) mengatakan, jeruk zinnia dipilih karena lebih sulit tumbuh ketimbang letucce.

Artikel Terkait