Jumat, 20 September 2019

Tugas Mandiri 3.1 Coba Kalian Tuliskan peranan Organisasi atau Kelompok

Kunci jawaban dari tugas mandiri 3.1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 kelas 10 bab 3 halaman 80. Dalam tugas ini terdapat kolom yang harus diisi dengan benar tentang Kewenangan lembaga-lembaga negara menurut UUD Negara Republik Indonesia khususnya tentang organisasi infrastruktur dan contoh peranannya.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 3.1
Coba kalian tuliskan peranan organisasi atau kelompok yuang menjadi kekuatan infrastruktur politik dalam sistem politik di Indonesia.

Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini



atau silakan baca tulisan di bawah ini

Tabel 3.1
Peranan Organisasi Infrastruktur

1. Partai Politik
contoh peranan:

a. Sebagai sarana, peserta dan penegak  demokrasi
b. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi pemimpin misalnya Presiden, gubernur, bupati, anggota dpr dan lain-lain
c. Melakukan pendidikan politik


2. Kelompok kepentingan
contoh peranan:
a. LSM seperi Komnas HAM berperan dalam penegakan HAM di Indonesia
b. LSM seperti YLKI melindungi konsumen di Indonesia
c. KPAI berperan dalam perlindungan anak
d. KPI berperan dalam mengontrol siaran

3. Kelompok penekan

Contoh peranan:

a. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengritik kebijakan sekolah negeri yang memiliki kebijakan cenderung merugikan masyarakat miskin.

b.Organisasi Lingkungan Hidup yang aktif mengkampanyekan pemeliharaan lingkungan dan
mengkritisi kebijakan pemerintah yang kurang ramah lingkungan.

c. Melontarkan kritikan-kritikan untuk para pelaku politik lain dengan tujuan membuat perpolitikan maju. 

d. Memengaruhi atau bahkan membentuk kebijaksanaan pemerintah melalui cara-cara persuasi, propaganda, atau cara lain yang lebih efektif.

4. Media komunikasi politik
contoh peranan:
a. Memberikan berita berimbang tentang politik di Indonesia.
b. Menyiarkan diskusi politik agar disaksikan secara langsung oleh masyarakat
c. Memberikan ruang kepada masyarkat untuk menyampaikan kritik maupun pujian terhadap pemerintah.

Kamis, 19 September 2019

Uji Kompetensi Bab 3 Pkn Kelas 10 Halaman 98

Kunci jawaban dari uji kompetensi dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 10 SMP/ MTs bab 3 halaman 98. Uji kompetensi ini terdiri dari lima soal tentang Kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi Bab 3

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat

1.  Sistem politik dapat diartikan sebagai keseluruhan kegiatan politik di dalam negara atau masyarakat, kegiatan tersebut berupa proses alokasi nilai-nilai dasar kepada masyarakat. Jelaskan pengertian sistem politik menurut para ahli !

2. Pada dasarnya organisasi-organisasi yang tidak termasuk dalam birokrasi pemerintahan merupakan kekuatan infrastruktur politik. Jelaskan apa yang dimaksud dengan partai politik, kelompok kepentingan, kelompok penekan, dan media komunikasi politik

3. Sesungguhnya, kedudukan presiden dalam sistem pemerintahan presidensial sangat kuat, namun dalam Pasal &B (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah dijelaskan tentang proses pemberhentian presiden. Uraikan proses pemberhentian presiden menurut pasal 7B (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

4. Pada praktiknya, tatakelola pemerintahan yang baik merupakan bentuk pengelolaan negara dan masyarakat yang bersandar pada stakeholder. Sebutkan 5 (lima) ciri dan karakteristik tata kelola pemerintahan yang baik !

5. Partisipasi politik dapat terwujud dalam bentuk perilaku anggota masyarakat yang berlandaskan pada nilai dan norma yang berlaku. Jelaskan bentuk perilaku dan partisipasi politik yang dapat kita lakukan sebagai warga negara !


Jawab:

Silakan lihat video jawaban di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Sistem politik menurut para ahli :
a. David Easton, menyatakan bahwa sistem politik merupakan seperangkat interaksi yang diabstraksi dari seluruh perilaku sosial, melalui nilai-nilai yang dialokasikan secara otoritatis kepada masyarakat.
b.Robert A. Dahl menyimpulkan bahwa sistem politik mencakup dua hal yaitu pola yang tetap dari hubungan antarmanusia, kemudian melibatkan sesuatu yang luas tentang kekuasaan, atuan dan kewenangan.
c. Jack C. Plano mengartikan sistem politik sebagai pola hubungan masyarakat yang dibentuk berdasarkan keputusan-keputusan yang sah dan dilaksanakan dalam lingkungan masyarakat tersebut.
d. Rusdi Kantaprawira, berpendapat bahwa sistem politik merupakan berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur dan fungsi yang bekerja dalam suatu unit dan kesatuan yang berupa negara atau masyarakat.

2.Partai Politik, yaitu organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok Warga Negara Indonesia seara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa dan negara melalui pemilihan umum.

Kelompok kepentingan: yaitu kelompok yang memiliki kepentingan terhadap kebijakan politik negara. Kelompok ini bisa menghimpun atau mengeluarkan dana dan tenaganya untuk melaksanakan tindakan politik yang biasanya berada di luar tugas partai politik.

Kelompok penekan yaitu kelompok yang bertujuan mengupayakan aau memperjuangan keputusan politik yang berupa undang-undang atau kebijakan publik yang dikeluarkan pemerintah sesuai dengan kepentingan dan keinginan kelompok mereka.

Media komunikasi politik yaitu sarana atau alat komunikasi politik dalam proses penyampaian informasi dan pendapat politik secara tidak langsung, baik terhadap pemerintah maupun masyarakat pada umumnya.

3. Pasal 7B (1) UUD NRI 1945

Usul Pemberhentian Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat hanya dengan terlebih dahulu mengajukan permintaan kepada Mahkamah Konstitusi untuk memeriksa, mengadili, dan memutus pendapat Dewan Perwakilan Rakyat bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela; dan/atau pendapat bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden.

4. Menurut Laode Ida (2002), tatakelola pemerintahan yang baik memiliki sejumlah ciri dan karakteristik sebagai berikut.
a. Terwujudnya interaksi yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, terutama bekerja sama dalam pengaturan kehidupan sosial politik dan sosio-ekonomi.
b. Komunikasi, adanya jaringan multisistem (pemerintah, swasta, dan masyarakat) yang melakukan sinergi untuk menghasilkan output yang berkualitas.
c. Proses penguatan diri sendiri (self enforcing process), ada upaya untuk mendirikan pemerintah (self governing) dalam mengatasi kekacauan dalam kondisi lingkungan dan dinamika masyarakat yang tinggi.
d. Keseimbangan kekuatan (balance of force), dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development), ketiga elemen yang ada menciptakan dinamika, kesatuan dalam kompleksitas, harmoni, dan kerja sama.
e. Independensi, yakni menciptakan saling ketergantungan yang dinamis antara pemerintah, swasta, dan masyarakat melalui koordinasi dan fasilitasi.

5. Berikut adalah contoh partisipasi dan perilaku politik yang sesuai dengan
nilai dan norma yang berlaku.
a. Di Lingkungan Sekolah
Setiap siswa dapat menampilkan pola perilaku politik yang mencerminkan pelaksanaan demokrasi langsung melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut.
1) Pemilihan ketua kelas, ketua OSIS dan ketua organisasi ekstrakurikuler seperti Pramuka, Pecinta Alam, PMR, Paskibra dan sebagainya.
2) Pembuatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga OSIS atau organisasi ekstrakurikuler yang diikuti.
3) Forum-forum diskusi atau musyawarah yang diselenggarakan di sekolah.

b. Di Lingkungan Masyarakat
Perilaku politik yang merupakan cerminan dari demokrasi langsung
dapat ditampilkan warga masyarakat melalui beberapa kegiatan sebagai
berikut.
1) Forum warga.
2) Pemilihan ketua RT, RW, kepala desa, ketua organisasi masyarakat dan sebagainya.
3) Pembuatan peraturan yang berupa anggaran dasar dan anggaran rumah tangga bagi organisasi masyarakat, koperasi, RT-RW, LMD dan sebagainya.

c. Di Lingkungan Negara
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perilaku politik yang dapat kita tampilkan secara langsung di antaranya adalah sebagai berikut.
1) Pemilihan umum untuk memilih anggota legislatif dan presiden.
2) Pemilihan kepala daerah secara langsung (Pilkada).
3) Aksi demonstrasi yang tertib, damai dan santun.

Tabel 3.2 Pengesahan UUD 1945 Aktivitas 3.2 Pkn Kelas 7

Kunci jawaban dari aktivitas 3.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 7 bab 3 halaman 71. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel sesuai dengan pertanyaan yang ada.

Saya percaya, sebagai murid yang rajin belajar dan rajin membaca buku, kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan benar. Akan tetapi jika kalian membutuhkan referensi jawaban, kalian bisa membaca jawaban di bawah ini.




Soal

Aktivitas 3.2

Setelah kalian mempelajari proses pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, coba kalian catat informasi yang diperoleh dalam tabel berikut. Kalian dapat menambahkan pengetahuan sebanyak mungkin yang diperoleh saat proses mengumpulkan informasi dari sumber belajar.

Jawab

1. Hasil Sidang PPKI

Uraian
Hasil Sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945, diantaranya :
a.       Mengesahkan UUD 1945.
b.      Menetapkan Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.
c.       Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).
2 Sistematika UUD 1945
Uraian Sistematika UUD 1945, yaitu :
a.       Batang Tubuh UUD 1945 terdiri atas 16 Bab, 37 Pasal, 4 pasal Aturan Peralihan dan 2 Ayat Aturan Tambahan.
b.      Penjelasan UUD 1945 terdiri atas Penjelasan Umum dan Penjelasan Pasal Demi Pasal.
3 Perubahan Naskah Piagam Jakarta dan Rancangan UUD oleh PPKI
Uraian : 4 (Empat) perubahan yang disepakati oleh PPKI, di antaranya :
a.       Kata Mukadimah diganti dengan kata Pembukaan.
b.      Sila Pertama, yaitu ketuhanan dengan “kewajiban menjalankaan syariat Islam bagi pemeluk – pemeluknya”, diganti dengan rumusan “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

c.       Perubahan Pasal 6 UUD yang berbunyi “Presiden ialah orang Indonesia asli yang beragama Islam”, menjadi “Presiden ialah orang Indonesia Asli”.

Tabel 3.1 Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kunci jawaban dari aktivitas 3.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 7 bab 3 halaman 67. Peserta didik diminta mengisi tabel sesuai dengan perintah yang sudah ditetapkan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Aktivitas 3.1
Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber lain tentang perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tulislah informasi yang diperoleh ke dalam tabel berikut


Jawab:

Tabel 3.1 Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1. Pembahasan sidang tanggal 13 Juli 1945
Uraian: Panitia perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. yang kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno pada hari berikutnya, dimana Soekrano membacakan hasil rapat sebelumnya dalam forum BPUPKI. ada tiga poin yang disebutkan Soekarno kala itu, yakni pernyataan indonesia merdeka, pembukaan UUD, dan batang tubuh UUD.

2. Pembahasan sidang tanggal 14 Juli 1945
Uraian: sidang pleno BPUPKI menerima laporan panitia Perancang Undang-Undang Dasar, yang dibacakan oleh ketua panitianya sendiri, Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut membahas mengenai rancangan Undang-Undang Dasar yang di dalamnya tercantum tiga masalah pokok yaitu :
1.      Pernyataan tentang Indonesia Merdeka
2.      Pembukaan Undang-Undang Dasar
3.      Batang tubuh Undang-Undang Dasar yang kemudian dinamakan sebagai "Undang-Undang Dasar 1945", yang isinya meliputi :
·         Wilayah negara Indonesia adalah sama dengan bekas wilayah Hindia Belanda dahulu, ditambah dengan Malaya, Borneo Utara (sekarang adalah wilayah Sabahdan wilayah Serawak di negara Malaysia, serta wilayah negara Brunei Darussalam), Papua, Timor-Portugis (sekarang adalah wilayah negara Timor Leste), dan pulau-pulau di sekitarnya,
·         Bentuk negara Indonesia adalah Negara Kesatuan,
·         Bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik,
·         Bendera nasional Indonesia adalah Sang Saka Merah Putih,
·         Bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia.
3. Pembahasan sidang tanggal 15 Juli 1945
Uraian: sidang pada tanggal 15 Juli 1945 melanjutkan acara “Pembahasan Rancangan Undang- Undang Dasar”. Setelah Ketua Perancang Undang-Undang Dasar, Soekarno memberikan penjelasan naskah yang dihasilkan dan mendapatkan tanggapan dari Moh. Hatta, lebih lanjut Soepomo, sebagai Panitia Kecil Perancang Undang-
Undang Dasar, diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan terhadap naskah Undang-Undang Dasar
4. Pembahasan sidang tanggal 16 Juli 1945
Uraian : Penerimaan naskah Rancangan Undang-Undang Dasar

Rabu, 18 September 2019

Uji Kompetensi Bab 2 Pkn Kelas 10 Halaman 74 Kurikulum 2013

Kunci jawaban dari uji kompetensi bab 2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 kurikulum 2013 halaman 74. Bab ini membahas tentang Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Agar lebih jelas silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini




Soal

1. Negara kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 25 A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang wilayah negara Indonesia !

2. Batas wilayah pada dasarnya menunjukkan luas yang dimiliki oleh wilayah tersebut. Bentuk dari batas wilayah ada yang dibatasi oleh sungai, laut, hutan atau juga hanya berupa tugu perbatasan. Berdasarkan hal tersebut uraikan batas-batas negara Indonesia baik di wilayah daratan maupun lautan yang berbatasan dengan negara tetangga RI !

3. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa negara mempunyai hak penguasaan atas kekayaan alam Indonesia. Bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara Indonesia.

4. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang beragama. Kehidupan beragama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan seluruh masyarakat Indonesia. Jelaskan makna kemerdekaan beragama bagi masyarakat Indonesia.

5. Pertahanan dan keamanan negara Indonesia pada dasarnya merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, jelaskan sistem pertahanan dan keamanan yang dikembangkan oleh Negara Indonesia.


Jawab:

1. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan oleh undang-undang. Adanya ketentuan ini dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dimaksudkan untuk mengukuhkan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. a. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah utara
berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian timur), tepatnya disebelah utara Pulau Kalimantan. Malaysia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan wilayah darat Indonesia. Wilayah laut Indonesia sebelah utara berbatasan langsung dengan laut lima negara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.
b. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah barat
berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan perairan negara India. Tidak ada negara yang berbatasan langsung dengan wilayah darat Indonesia disebelah barat. Walaupun secara geografis daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India, tetapi keduanya memiliki batas-batas wilayah yang terletak dititik-titik tertentu disekitar Samudera Hindia dan Laut Andaman. Dua pulau yang menandai perbatasan Indonesia-India adalah Pulau Ronde di Aceh dan Pulau Nicobar di India.
c. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah timur
berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik. Indonesia dan Papua Nugini telah menyepakati hubungan bilateral antarkedua negara tentang batas-batas wilayah, tidak hanya wilayah darat melainkan juga wilayah laut. Wilayah Indonesia sebelah timur, yaitu Provinsi Papua berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat, yaitu Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).
d. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah selatan
Indonesia sebelah selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia.

3. Menurut Pasal 33 ayat (2) dan (3) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa:
(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

4. Setiap manusia bebas memilih, melaksanakan ajaran agama menurut keyakinan dan kepercayaannya, dan dalam hal ini tidak boleh dipaksa oleh siapapun, baik itu oleh pemerintah, pejabat agama, masyarakat, maupun orang tua sendiri.

5. Pasal 30 ayat (1) sampai (5) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa:
(1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

(2) Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui system pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Indonesia Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.

(3) Tentara Nasional Indonesia terdiri atas AD, AL dan AU sebagai alat negara bertugas mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara.

(4) Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.

(5) Susunan dan kedudukan Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, hubungan kewenangan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia di dalam menjalankan tugasnya, syarat-syarat keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan dan keamanan diatur dengan undang-undang.

Evaluasi Pendidikan Agama Islam Bab 3 Kelas 12 halaman 57 ( Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis

Kunci Jawaban dari Evaluasi Bab 3 dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 kelas 12 tentang menghidupkan nurani dengan berpikir kritis. Peserta didik diminta mengerjakan soal evaluasi dengan benar.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



EVALUASI 
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, d dan e atau yang dianggap jawaban yang paling tepat !


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai
jawaban yang paling tepat!

1. Pada lafal wahh tilafi terdapat hukum bacaan Mad . . . .


a. Tabi’i
b. ‘Iwad
c. Wajib Muttasil
d. Jaiz Munfasil
e. ‘arid Lissukun

2. Perhatikan potongan ayat berikut

wahh tilafill laiyli wannahari

 Potongan ayat di atas artinya . . . .

a. penciptaan langit dan bumi
b. tanda-tanda kebesaran Allah Swt.
c. dan pergantian siang dan malam
d. orang-orang yang mengingat Allah Swt.
e. dalam keadaan berdiri dan duduk

3. Arti  “ulil albab” ialah . . . .

a. umat Islam
b. orang yang dewasa
c. umat-umat terdahulu
d. generasi muda Islam
e. orang yang berakal sehat

4. Sikap yang tepat terhadap ayat al-Qur'an adalah . . . .

a. membacanya setiap malam Jumat dengan khusyuk
b. membaca dengan tartil dan suara yang bagus
c. membacanya dengan fasih di hadapan guru
d. membaca dan mengkajinya bersama orang yang ahli
e. membacanya setiap saat untuk mendapatkan kelancaran usaha

5. Berikut ini tidak termasuk sikap seorang ulil alb±b yang tercantum dalam
Q.S. ali 'Imran/3:191 yaitu ialah . . . .

a. Merenungkan ciptaan Allah Swt.
b. Menghafalkan ayat-ayat tertentu
c. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan duduk
d. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berdiri
e. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berbaring

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat! 

1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat islam terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang fenomena alam!

Jawab :menghafal ayat ayat al qur’an,menjaga semua ciptaan allah dengan baik
2. Berdasarkan analisismu, jelaskan beberapa manfaat diciptakannya semut!

Jawab :Saling bertegur sapa ketika bertemu. Kebiasaan semut yang berhenti sejenak ketika saling bertemu itu dapat dijadikan pelajaran bahwa memberikan salam kepada siapapun yang berpapasan dengan kita.Kebiasaan semut yang berjalan pada jalur yang teratur. disini kita dapat memetik pelajaran agar kita selalu berjalan pada jalan yang telah ditentukan yaitu jalan kebenaran sebagai jalur hidup kitaSemut mengajarkan kita untuk selalu berbagi. Kita sering melihat jika ada satu ekor semut menemukan makanan, maka tidak lama kemudian segerombolan semut akan datang untuk mendekati makanan itu,hal ini memberikan kita pelajaran untuk selalu saling berbagi dengan sesama
3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Jelaskan makna di balik fakta tersebut!

Jawab :makna yang terkandung dari pernyataan di atas adalah semua makluk hidup itu saling tergantunan tidak bisa hidup sendiri
4. Jelaskan karakterristik orang yang cerdas dalam pandangan rasullah saw!

Jawab :orang cerdas adalah orang yang pandanganya jauh ke depan,menembus dinding duniawi,orang yang mampu mengintrospeksi dirinya dan suka beramal untuk kehidupanya

5. Jelaskan sikap dan perilaku umat islam yang sejalan dengan pola piker kritis dan cerdas!

Jawab :sikap cerdas jua tahu bahwa kematian bisa dating kapan saja tanpa di duga oleh karena itu ia akan selalu bersegera melakukan kebaikan (amal saleh) tanpa menunda.

Evaluasi Pendidikan Agama Islam Kelas 12 Bab 2 halaman 37-39

Kunci Jawaban Evaluasi dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 kelas 12 Bab 2 halaman 37 - 40  tentang Meyakini Qadā Dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja. Dalam evaluasi ini ada banyak soal yang harus dikerjakan dengan benar oleh peserta didik. Akan tetapi, selama kalian serius belajar, saya yakin kalian bisa mengerjakan.

Untuk itu, apabila di bawah ini terdapat jawaban dari soal-soal tersebut, anggap saja sebagai pelengkap jawaban kalian.



EVALUASI 

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c, d atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat.

1. Perhatikanlah Q.S. al-Furqan/25:2 di bawah ini !

    وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا
Makna yang terkandung dalam ayat tersebut diatas adalah bahwa Allah SWT. yang sudah menciptakan segala sesuatu, dan Allah juga yang sudah menentukan.....

a. ukuran-ukurannya
b. panjang pendeknya
c. posisi-posisinya
d. besar kecilnya
e. baik buruknya


2. Akhlak yang diajarkan agama islam dalam memahami Qada' dan Qadar adalah....

a. setiap keburukan kesalahan manusia dan kebaikan adalah anugerah-nya
b. berbuat baiklah, sebagaimana Anda ingin diperlakukan dengan baik
c. keteladanan merupakan kunci keberhasilan pergaulan sesama
d. sibukkanlah mencari kekurangan yang ada dalam diri
e. kesuksesan dunia menentukan kesuksesan akhirat


3. Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah .....

a. hidup yang benar, beriman atau kafir, sukses atau gagal, sedih atau gembira
b. karier yang bagus, rumah tangga yang sejahtera, anak-anak yang salih
c. kaya dan miskin, cerdas dan bodoh, sehat dan sakit, sejahtera dan sengsara
d. saat kematian datang, kelahiran, jenis kelamin, siapa oragtua kita 
e. harapan serta cita-cita, harta, jabatan, ilham, dan ilmu pengetahuan


4. Tidak semua doa yang dipanjatkan dkabulkan oleh Allah Swt. Pernyataan di bawah ini kemungkinan belum dikabulkannya doa tersebut, kecuali .....

a. saatnya belum tepat
b. sebagai tabungan di akhirat
c. ditangguhkan sampai di akhirat
d. tidak baik hasilnya
e. sebagai hukuman 


5. Perhatikanlah pernyataan berikut ini
     1. Penuh optimis dalam menjalani hidup
     2. Senantiasa berorientasi kepada prestie
     3. Tidak memiliki harga diri dalam bergaul
     4. Pandai memanfaatkan kesempatan dalam hidup
     5. Memiliki etos kerja yang tinggi dalam beraktivitas
     6. Tidak mudah putus asa bila menghadapi kegagalan
Pernyataan diatas yang tidak termasuk hikmah beriman kepada Qada' dan Qadar adalah nomor ......

a. 1,2 dan 4
b. 2,3 dan 5
c. 2,3 dan 4
d. 1,4 dan 6
e. 1,5 dan 6


II. Isilah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar.

a.     Segala sesuatu yang sudah ditetapkan allah swt. Atas manusia mudah ditentukan sejak zaman azali
b.     Ketetapan dan ketentuan allah swt. Atas manusia sudah tertulis di al Qur’an dan hadis
c.      Ketentuan dan ketetapan allah swt. Yang baru merupakan ketetapan belum  terlaksanakan disebut Takdir Mubram
d.     Suatu ketentuan allah swt. Yang akan diberlakukan kepada makhluk-nya, setelah terlahir ke dunia disebut Takdir mua’llaq
e.      Yang dimaksud dengan sunnatullah hukum-hukum Allah Swt
f.       Tanda-Tanda kebesaran allah swt. Yang terhampar di alam raya disebut Qauliyah dan kauniyah
g.     Permohonan atas segala sesuatu yang diinginkan manusia terhadap allah swt. Disebut Do’a
h.     Kematian merupakan contoh dari takdir Mubram



III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

1.   Jelaskan hubungan antara takdir,ikhtiar,doa dan tawakal!
         Jawab : hubungan antara,ikhtiar,doa dan tawakal merupakan makna dari beriman    kepada Qada dan Qadar

2.   Sebutkan alasan mengapa manusia diwajibkan ikhtiar!
        Jawab: karena jika manusia ingin memperoleh apa yang di inginkan maka ia harus berusaha bersungguh sungguh dan sepenuh hati untuk memperolehnya

3.   Uraikan mengapa rasulullah saw.dan sahabat utama beliau tidak pernah mempersoalkan takdir!
      Jawab:karena takdir sudah ada yang menentukanya yaitu allah swt.

4.    Sebutkan 5 macam anugrah allah Swt.yang telah di berikan manusia sebagia bekal agar tidak salah dalam menempuh kehidupanya.
Jawab: al-Qur’an dan hadis,rasul rasul-nya,qada dan qadar

5.    Salinlah,terjemahan dan jelaskan kandungan isi dari Q.San Najam/43:39-42?
Jawab: dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya,dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya),kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna
         Isi kandungannya adalah kita sebagai manusia di wajibkan untuk berikhtiar.

6.   Mengapa manusia harus bertawakal
         Jawab: karena segala sesuatu yang kita lakukan dan hasilnya hanya allah Swt yang menentukan.

7.  Jelaskan manfaat berdoa bagi orang beriman !
Jawab:doa memberikan energy dalam menjalani ikhtiar karena allah Swt

8.   Sebutkan fungsi beriman kepada Qada dan Qadar!

Jawab:untuk memperkuat ke imanan kepada allah Swt.

9.   Mengapa tidak semua doa yang dipanjatkan selalu dikabulkan allah Swt.!
Jawab: karena orang yang berdoa tidak bersungguh sunguh maka allah tidak akan mengabulakn doa nya begitu juga sebaliknya bila dalam berdoa bersungguh sungguh maka doa nya akan di kabulkan.

10.   Kapan waktu yang tepat untuk memnajatkan doa pada allah Swt.
Jawab:sesudah sholat

Uji Kompetensi 3.2 Pkn Kelas 7 Halaman 81

Kunci jawaban dari uji kompetensi 3.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 3 halaman 81. Uji kompetensi ini merupakan uji terakhir bab 3 tentang Perumusan dan Pengersahan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Jika kalian rajin membaca buku, saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah karena semua soal sudah ada dalam materi. Akan tetapi, jika kalian sudah menjawab namun masih membutuhkan referensi jawaban, silakan lihat lebih lanjut jawaban dari uji kompetensi tersebut.




Soal

UJI KOMPETENSI 3.2.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !.
1.      Apa hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ?..
2.      Bagaimana Sistematika UUD Tahun 1945 sebelum perubahan ?
3.      Apa hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945 ?
4.      Bagaimana sistem pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ?


Jawab :

1. Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
a.       Mengesahkan UUD 1945.
b.      Menetapkan Ir. Soekarno sebagai Presiden RI dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden RI.
c.       Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.

2. Sistematika UUD 1945 sebelum dilakukan perubahan, yaitu :
a.       Pembukaan, terdiri dari 4 Alinea.
b.      Batang Tubuh, terdiri dari 16 Bab, 37 Pasal, 4 Pasal aturan Peralihan dan 2 ayat Aturan Tambahan.
c.       Penjelasan, yaitu penjelasan umum dan penjelasan pasal demi pasal.

3. Hubungan Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD 1945 adalah Pembukaan UUD 1945 yang disahkan dan dilakukan perubahan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945 awalnya merupakan naskah Piagam Jakarta yang telah  disahkan dalam sidang kedua BPUPKI.

4. Sistem Pemerintahan menurut UUD 1945 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah sistem Pemerintahan Presidensil.

Uji Kompetensi 3.1 Pkn Bab 2 Kelas 7 Halaman 81

Kunci jawaban dari Uji Kompetensi 3.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 kelas 7 SMP/ MTs terbitan kemendikbud. Para peserta didik diharuskan mengerjakan empat soal dengan benar.

Jika kalian rajin belajar dan membaca materi yang terdapat dalam bab 3 ini, kemungkinan besar kalian bisa mengerjakan dengan mudah. Untuk itu, jika dalam artikel ini terdapat jawaban dari soal tersebut, anggap saja jawaban tersebut hanya sebagai referensi kalian dalam belajar.



Soal

1.      Apa saja tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI ?
2.      Bagaimana keanggotaan Panitia Perancang UUD ?
3.      Apa hubungan antara Panitia Perancang Undang – Undang Dasar dengan Panitia Kecil Perancang Undang – Undang Dasar ?
4.      Apakah isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI sesuai dengan tanggal sidang ?


Jawab

1. Tiga panitia kecil yang dibentuk dalam sidang kedua BPUPKI, adalah :
a.       Panitia perancang Undang – Undang Dasar, ketuanya Ir. Soekarno.
b.      Panitia perancang Keuangan dan Perekonomian, ketuanya Mohammad Hatta.
c.       Panitia perancang Pembela Tanah Air, ketuanya Abikusno Tjokrosoejoso.

2. Panitia perancang UUD membentuk panitia kecil yang diketuai oleh Soepomo dan panitia penghalus bahasa yang terdiri dari Djajaningrat, Salim dan Soepomo.

3. Hubungannya adalah Panitia Kecil Perancang UUD yang dibentuk oleh Panitia Perancang UUD melakukan pembahasan rancangan batang tubuh UUD dan melaporkan kembali hasil pekerjaannya kepada ketua Panitia Perancang UUD yaitu Ir. Soekarno.

4. Isi materi pembahasan sidang kedua BPUPKI, adalah :
a.       Pada tanggal 11 Juli 1945, membentuk Tiga Panitia Kecil, yaitu Panitia Perancang UUD, Panitia Perancang Keuangan dan Perekonomian, Panitia Perancang Pembelaan Tanah Air.
b.      Tanggal 14 Juli 1945, Panitia Perancang UUD melaporkan hasi pembahasannya.
c.       Tanggal 15 Juli 1945, anggota BPUPKI membahas Rancangan UUD dari hasil Panitia Perancang UUD.
d.      Tanggal 16 Juli 1945, naskah UUD diterima oleh seluruh anggota BPUPKI.

Uji Kompetensi 2.2 Pkn Kelas 7 bab 2 Halaman 61

Kunci jawaban tugas Uji Kompetensi 2.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 kelas 7 SMP/ MTs. Dalam uji kompetensi ini terdapat beberapa soal yang harus dikerjakan dengan baik oleh para peserta didik.

Saya yakin sebagai peserta didik, kalian bisa mengerjakan soal-soal uji kompetensi dengan mudah. Meskipun begitu, jika kalian membutuhkan referensi jawaban, silakan lihat pada artikel ini.



Soal

Uji Kompetensi 2.2

1.      Jelaskan 3 (tiga) manfaat mentaati norma bagi diri sendiri !.
2.      Jelaskan 3 (tiga) akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat !.
3.      Apa pengertian keadilan ?.
4.      Apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan ?
5.      Sebutkan 2 (dua) contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di sekolah !

Jawab:

1. Tiga manfaat mentaati norma bagi diri sendiri.
a. Bisa terhindar dari perselisihan dengan orang lain
b. BIsa menjalani kehidupan sehari-hari dengan tenang dan aman
c. Terhindar dari perilaku menyimpang

2. Tiga akibat pelanggaran terhadap norma bagi masyarakat.
a. Akan sering terjadi perselisihan di antara individu
b. Kehidupan bermasyarakat menjadi tidak tenang
c. Kemungkinan bisa terjadi permasalahan yang lebih serius misalnya tindak kriminal

3.Keadilan adalah suatu peristiwa di mana sesuatu diletakkan sesuai dengan hak dan kewajibannya.

4. Arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan, diantaranya :
a.  Pedoman dalam bertingkah laku.
b.  Menjaga kerukunan anggota masyarakat.
c.  Sistem pengendalian sosial.

5. Dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan sekolah.
a. Berperilaku sopan dan berbuat baik kepada sesama warga sekolah, guru, karyawan dan teman-teman
b. Rajin belajar
c. Tidak berisik ketika menerima pelajaran di sekolah, kecuali memang ketika ada forum diskusi