Rabu, 27 Maret 2019

Kegiatan 9.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 Buatlah Kalimat dengan Ungkapan

Kegiatan 9.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia bab 9 halaman 246 kurikulum 2013. Para peserta didik diminta untuk membuat kalimat dengan menggunakan ungkapan yang sudah ditentukan.




A. Buatlah kalimat dengan menggunakan ungkapan-ungkapan berikut!

1. berat hati
2. berat sebelah
3. besar kepala
4. besar mulut
5. tangan kanan
6. kaki tangan
7. panjang tangan
8. mata-mata
9. mata keranjang
10. mata hati

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 


1. Dengan berat hati saya katakan, mulai hari ini anda resmi saya bebastugaskan demi kebaikan anda sendiri.
2. Keputusan wasit pertandingan karate di GOR tersebut dianggap berat sebelah oleh pihak yang kalah
3. Mungkin karena dianggap besar kepala, tokoh masyarakat itu ditinggalkan pendukungnya
4. Politikus bertubuh gemuk itu memang terkenal besar mulut namun tidak memiliki hasil kerja yang bagus.
5. Anto menjadi tangan kanan direktur karena kecerdasan dan loyalitas pada perusahaan.
6. Selama mengintai tentara musuh, Ratno tidak boleh ditangkap oleh kaki tangan musuh.
7. Rinto memang terkenal sebagai anak yang panjang tangan sehingga dijauhi teman-temannya.
8. Kecerdasannya memetakan situasi membuat ia menjadi mata-mata andalan tentara negara tersebut.
9. Pak Hardi tidak diperbolehkan mengikuti Reuni oleh istrinya karena sifatnya yang mata keranjang.
10. Kebaikan Intan hanya bisa dilihat oleh mereka yang memiliki ketajaman mata hati.

Kegiatan 9.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Perhatikan Kembali Halaman Index

Kegiatan 9.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini terdapat dalam buku pelajaran kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ Mts tepatnya pada halaman 238. Untuk lebih jelasnya silakan baca lebih lanjut soalnya di bawah ini.




A. Perhatikan kembali halaman indeks tersebut dengan baik. Kemudian, carilah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Istilah drama digunakan dalam halaman berapa?
2. Kalau ingin mengetahui maksud dari topik kamu harus membuka
halaman berapa?
3. Istilah apa saja yang penggunaannya lebih banyak digunakan? Sebutkan
sekurang-kurangnya tiga istilah!
4. Pada halaman 199, kamu dapat menemukan istilah apa saja?
5. Ada banyak istilah kesastraan yang tercantum dalam halaman indeks
tersebut. Apa saja istilah tersebut dan pada halaman berapa dapat kamu
menjumpainya?

Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. 345-346
2. 210, 298, 299
3. informasi, istilah, kalimat
4. karangan, kesimpulan, tanggapan
5. bait—322, cerita pendek—343, 344, 347, dialog—321, 333, 431, novel—321, 322, 325, pantun—321,paragraf—235, puisi—320, 389


B. Bacalah sebuah buku yang berindeks. Berdasarkan indeks tersebut tentukanlah sepuluh kata atau istilah yang menurutmu penting untuk dipahami. Catatlah nomor halaman, arti, beserta informasi yang berkenaan dengan kata/istilah tersebut.

Judul Buku: 123 Ayat Tentang Seni
Penulis: Yapi Tambayong

1. Kata/ Istilah: Abstrak
Halaman: 121
Informasi yang disampaikan: pembenaran seni abstrak sudah dicetuskan lebih awal sebagai wacana filsafat......
Arti : tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad; 

2. Kata/ Istilah: Adam
Halaman: 12,13
Informasi yang disampaikan:
a. Di sebelah timur Eden pada kemudian hari menjadi tempat tinggal putra pertama adam.
b. Eden merupakan tempat tinggal putra adam.
Arti: nama manusia laki-laki pertama yang dijadikan oleh Tuhan

3.  Kata/ Istilah: Ambon
Halaman: 73
Informasi yang disampaikan: sekolah paling pertama yang didirikan di Ambon
Arti: Ibukota Provinsi Maluku

4. Kata/ Istilah: Analogi
Halaman: 70
Informasi yang disampaikan: "..analogi,trilogi, fraselogi di lain pihak.
Arti: persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan; kias

5. Kata/ Istilah: Animasi
Halaman: 242
Informasi yang disampaikan: ..Ini sudah diindonesiakan menjadi animasi.
Arti: acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak

6. Kata/ Istilah: Arab
Halaman: 44
Informasi yang disampaikan: Pada serapan kata bahasa Arab
Arti: Sebuah suku di timur tengah

7. Kata/ Istilah: Rhoma Irama
Halaman: 98
Informasi yang disampaikan: Ini dapat disimak pada lagu dangdut Rhoma Irama.
Arti: Penyanyi musik dangdut Indonesia

8. Kata/ Istilah: Babilonia
Halaman: 12,15
Informasi yang disampaikan:
a. Di mana lokasi Sumeria, Babilonia,
b. Nabi berasal dari kata bahasa Akad di Babilonia Utara.
Arti: negara kuno di Irak

9. Kata/ Istilah: Batak
Halaman: 40
Informasi yang disampaikan:..Berbeda dengan Batak
Arti : suku bangsa di daerah Sumatra Utara

10. Kata/ Istilah: Beatles
Halaman: 102
Informasi yang disampaikan: ...kemudian Beatles yang dikagumi karena kejeniuasannya.
Arti : Kelompok pemusik beraliran Rock dari Inggris.


Kegiatan 8.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 Cermatilah Kaidah atau Fitur-fitur kebahasaan

Kegiatan 8.6 ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 8 untuk SMP/ Mts Kurikulum 2013 pada halaman 220. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal sebagai berikut

1. Cermatilah kaidah atau fitur-fitur kebahasaan yang ada pada salah satu teks drama pada pelajaran sebelumnya.
2. Bersama empat orang teman, catatlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai teks drama tersebut!



Jawab :

Judul Drama: Menanti (halaman 210-211)

Kaidah Kebahasaan:

a. Kalimat langsung (Ada)
Keterangan/ Kutipan teks :
1. ”Sudah jam setengah delapan lewat. Ke mana perginya, Anhar?”
2. ”Ya, Kak...”
3. " Ke mana katanya, Anhar tadi?”
4. "Mau mancing ke tempat kita mendapat ikan besar dulu, Kak.”
5.  "”Kenapa kau bolehkan saja? Kalau ayah dan ibu tahu, tentu akan marah.”
6. dst.

b. Kata ganti (Ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. ”Itulah. Kakak takut ia kehujanan. Akan kususul ia ke sana.”
2. ”Kau tahu, kau tahu itu bahaya?”
3. "Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?”

c. Kata tidak baku (ada)
Keterangan/ kutipan teks: mancing

d. Kosakata percakapan (ada)
Keterangan/ kutipan teks :
1. ”Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?”
2. ”Aaah, Kak Amran. Jangan begitu ah.."
3.  ”Au, tolong, Kak!”


e. Konjungsi temporal (tidak ada)
Keterangan/ kutipan teks: -

f. Kata kerja (ada)
keterangan/ kutipan teks:
1. mancing
2. melihat
3. berdiri
4. berjalan
5. melompat
6. mengangkat
7. diam
8. mendengar
9. ditinggal
10. keluar

g. Kata sifat (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. marah
2. kesal
3. bingung
4. berani
5. kaget
6. ketakutan


h. Kalimat seru (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. "Au, tolong, Kak!”

i. Kalimat perintah (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1.  Ayo ke belakang sana

j. Kalimat tanya (ada)
Keterangan/ kutipan teks:
1. ”Kak, Kak...! Ada apa, Kak?”
2. ”Hah...suara apa itu?”
3. ”Ada yang jaga, Kak? 
4.  ”Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?” 
5. Siapa saja boleh mancing di situ, kan?”
6. Ke mana perginya, Anhar?”
7. Ke mana katanya, Anhar tadi?” 

Selasa, 26 Maret 2019

Kegiatan 9.1 A Bahasa Indonesia Kelas 8 Termasuk Jenis Teks Apakah

Kegiatan 9.1 terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 halaman 235. Peserta didik diminta mengerjakan soal yaitu sebagai berikut.



Kegiatan 9.1. A. Termasuk bagian dari jenis teks apakah cuplikan di bawah ini: fiksi atau nonfiksi? Kemukakanlah alasan-alasannya! Diskusikan masalah-masalah itu secara berkelompok!

1. Orang-orang yang kebetulan melewati jalan itu sepertinya selalu ingin berhenti. Mereka ingin mengetahui sesuatu yang telah terjadi di sana. Orang yang lalu lalang ingin langsung melihat keadaan ibu itu. Dia terlihat lemah.Badannya yang hanya rangka dan kulit ditutupi kaus berwarna hitam dan
celana cokelat yang lusuh. Bibirnya kering, pecah-pecah hampir terkelupas. Napasnya terengah-engah dan tampak payah. Lalu, seorang ibu datang memecahkan keriuhan suasana, membawa segelas air. Ibu itu membangunkan badannya sampai dia terduduk. Kemudian, air itu diberikan kepadanya.
Sesudah itu dia mengangguk dan mengucapkan terima kasih.

2. Begitulah Anya setiap harinya. Ia gemar belanja. Hal itu bermula ketika ia sering diejek temannya karena dibilang anak pingit. Setiap pulang sekolah, ia langsung pulang dan tak pernah kumpul-kumpul di warung bakso apalagi jalan-jalan ke pertokoan. Baru setelah Irene mentraktir Anya makan di sebuah pusat perbelanjaan, ia mulai tertarik. Seterusnya ia kecanduan. Akan tetapi, akhir-akhir ini, kegemarannya tersebut telah membuatnya begitu boros. Pernak-pernik maupun aksesoris-aksesoris yang sebenarnya tidak ia butuhkan, tetap diborong dengan alasan gengsi.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Teks Fiksi. Dengan alasan, teks tersebut kental dengan imajinasi penulis dalam menggambarkan situasi. Selain itu, teks tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai nonfiksi karena teks tersebut tidak mencantumkan data-data yang menjadi ciri khas teks nonfiksi.

2. Teks Fiksi. Dengan alasan yang kurang lebih sama, kita juga tidak bisa memasukkan teks tersebut ke dalam teks nonfiksi karena tidak memenuhi syarat 5W 1 H.

Senin, 18 Maret 2019

Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Jelaskan Struktur Teks Drama Berikut

Kegiatan 8.5 ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 halaman 214. Materi dalam pelajaran tersebut masih berkutat tentang drama. Pertanyaan dari kegiatan 8.5 tersebut yaitu sebagai berikut.



A. Jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu. Tunjukkan bagian-bagiannya
secara sistematis, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Simpulkanlah tentang lengkap-tidaknya bagian- bagiannya itu!

Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini



Prolog = Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam
tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi =
Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang
sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi =

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek
aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)
Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”
Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek
aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”
Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya
marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu
giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok
bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”
Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma
sama anak perempuan.”
Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.
Masak gitu aja marah.”
Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya
G-E-N-D-I-S dong!”
Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum
bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu
mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,
hahaha….”


Resolusi = (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku
tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog = Arga betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.


Kesimpulan: Struktur teks drama dalam drama di atas cukup lengkap.



Disclaimer= Jawaban di atas berdasarkan pengetahuan penulis. Untuk itu silakan diskusikan lebih lanjut dengan gurumu.

Sabtu, 16 Maret 2019

Kegiatan 8.4 Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

Kegiatan 8.4 Bahasa Iindonesia  ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 halaman 210. Silakan simak soal dan jawabnya di bawah ini.



A.
1. Bacalah teks drama di bawah ini!

(Panggung menggambarkan ruang depan. Di kanan, jendela kaca tertutup. Sebelah belakang, ada pintu menuju ruang dalam. Ada beberapa gambar tua dan jam dinding, sebuah meja dan beberapa kursi. Pukul setengah delapan malam. Di luar angin kencang bertiup dan sekali-kali terlihat cahaya kilat). (Amran gelisah dan mondar-mandir, sekali-kali melihat jam).
Amran : (Bicara sendiri)
”Sudah jam setengah delapan lewat. Ke mana perginya, Anhar?”
(melihat ke pintu dalam).
Gunadi : (Masih di dalam)
”Ya, Kak...” (keluar menemui Amran).
Amran : (Duduk)
”Ke mana katanya, Anhar tadi?”
Gunadi : ”Mau mancing ke tempat kita mendapat ikan besar dulu, Kak.”
Amran : ”Kenapa kau bolehkan saja? Kalau ayah dan ibu tahu, tentu akan
marah.”

(Berdiri dan berjalan pelan) ”Kau tahu, kau tahu itu bahaya?”
Gunadi : ”Bahaya apa, Kak?”
Amran : (Berdiri di jendela)
”Tempat itu ada penunggunya.”
Gunadi : ”Ada yang jaga, Kak? Itu kan kali biasa, masa ada yang
memilikinya. Siapa saja boleh mancing di situ, kan?”
Amran : (Kesal)
”Ah, kamu. Ada, ada setannya, tahu?”
Gunadi : (Ketakutan)
”Aaah, Kak Amran. Jangan begitu ah.... Saya takut.”
(Gunadi melihat ke kiri dan kanan).
(Di luar kilat memancar terang. Kemudian, petir menggelegar).
Gunadi : (Terkejut dan melompat)
”Au, tolong, Kak!”
Amran : (Ke dekat adiknya)
”Ada apa, Gun?”
Gunadi : ”Tidak apa-apa kak, saya hanya kaget saja. Tapi....(ragu-ragu)
apakah Anhar tidak apa-apa, Kak?”
Amran : ”Itulah. Kakak takut ia kehujanan. Akan kususul ia ke sana.”
Gunadi : ”Jangan, kak. Saya takut tinggal sendiri di rumah.”
Amran : ”Ayolah ikut, kita kunci saja rumah.”
Gunadi : ”Tapi kak....tapi jalan ke sana gelap, saya tidak berani ikut.”
Amran : (Kesal dan bingung)
”Habis bagaimana? Ditinggal tidak berani, diajak juga takut.
Anhar kan harus dicari!”
(Diam dan mendengar sesuatu). ”Hah...suara apa itu?”

Gunadi : (Mendekap Amran)
”Kak, Kak...! Ada apa, Kak?”
(Pintu depan terbuka. Anhar berdiri memegang kail dan ikan kecil-kecil).
Anhar : (mengangkat ikannya)
”Lihat, Kak. Lihat banyak, ya....”
Amran : (Tersenyum tapi agak kesal)
”Kamu anak nakal. Ayo ke belakang sana. Membuat orang
bingung.”

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Bercerita tentang apakah drama ”Menanti”?
b. Bagaimana sikap Amran begitu mengetahui Anhar belum pulang?
c. Ke manakah perginya Anhar?
d. Apa yang dilakukan Anhar ketika ia pergi?
e. Bagaimana sikap Amran dan Gunadi ketika Anhar pulang?

Jawab:

Silakan tonton di bawah ini





atau perhatikan tulisan di bawah ini


a. Kekhawatiran seorang kakak terhadap adiknya yang tidak segera pulang.
b. Gelisah
c. Ke tempat pemancingan di mana Gunadi dan Amran mendapat ikan besar.
d. Memancing ikan
e. Tersenyum tapi agak kesal.

Kamis, 28 Februari 2019

Kegiatan 8.2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Bacalah Kembali Contoh Teks Drama

Kegiatan 8.2 ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 8 SMP halaman 207. Peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berdasarkan teks yang terdapat pada halaman 200 - 202.




1. Bacalah kembali contoh teks drama di atas!
2. Bersama 4–6 orang teman, diskusikankah unsur-unsur pembangun
drama tersebut!
3. Simpulkan pula unsur-unsur teks tersebut berdasarkan daya tariknya!
4. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu dalam format sebagai berikut.

Jawab : 

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Unsur-unsur
a. Tema: Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan.
b. Amanat: Jika mencintai seseorang, kita harus menerima kelebihan dan kekurangannya.
c. Alur: Pemuda pengembara datang ke kerajaan dan menemui Pangeran yang sedang melamun di taman istana -  Teo (pengembara) menanyakan kepada pangeran mengapa pangeran bingun mencari istri -  Pangeran mengatakan ia belum menemukan wanita yang sempurna - Pengembara menunjukkan kepada pangeran bahwa nelayan, petani dan nelayan memiliki istri masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan - Akhirnya pangeran bersedia menikah dengan orang yang dicintainya dengna kelebihan dan kekurangannya.

d. Penokohan :
Tokoh utama: Pangeran dan Teo/ Putri Rosa/ pengembara
Tokoh pembantu : nelayan dan istri, petani dan istri, dan pelayan dan istri

e. Dialog:  Ada wawancaraa antar tokoh.

f. Latar:
Latar tempat : di istana, pantai, rumah nelayan, rumah petani.

g. Bahasa: bahasa Indonesia yang diterjemahkan dari bahasa asing.

h. Kesimpulan: pendapat pribadi bisa berubah jika ada penyampaian pendapat dengan menunjukkan fakta-fakta yang dilakukan oleh orang lain.

Minggu, 17 Februari 2019

Kegiatan 8.1 Bahasa Indonesia Kelas 8 tentang Drama

Kegiatan ini terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas 8 untuk SMP/ MTs kurikulum 2013 pada halaman 204. Silakan disimak.



A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan drama?

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Jawab: Suatu teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.

2. Bagaimana ciri-ciri umum drama?
Jawab: 
(1) Berupa cerita.
(2) Berbentuk dialog.
(3) Bertujuan untuk dipentaskan.
3. Samakah drama dengan sandiwara?
Jawab: sama
4. Jelaskanlah maksud dari tonil!
Jawab: Istilah tonil berasal dari bahasa Belanda toneel, yang artinya ’pertunjukan’. Istilah ini populer pada masa penjajahan Belanda.
5. Artikan pula istilah-istilah berikut: lenong, ludruk, ketoprak, pantomim, teater!
Jawab: 
Lenong: Pertunjukan sandiwara dengan iringan gambang kromong (di Jakarta)
Ludruk: kesenian rakyat Jawa Timur berbentuk sandiwara yang dipertontonkan dengan menari dan menyanyi.
Ketoprak: Sandiwara tradisional Jawa, biasanya memainkan cerita lama dengan iringan musik gamelan, disertai tari-tarian dan tembang.
Pantomim:  Pertunjukan drama tanpa kata-kata yang dimainkan dengan gerak dan ekspresi wajah (biasanya diiringi musik)
Teater:  pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi



Kegiatan 7.7 Baca Kembali Kedua Teks di Bawah Ini

Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 kurikulum 2013 halaman 193. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh para peserta didik.




Baca kembali kedua teks di bawah ini. Tindakan apa yang diharapkan penulis masing-masing cuplikan teks tersebut dari pembacanya? Adakah fakta/ pendapat di dalamnya yang memperkuat bujukan itu?

1. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

2. Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak. Banyak protes yang ditujukan kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak. Protes sebagian besar dilakukan oleh ibuibu. Mereka menyatakan bahwa Shincan mempunyai kelakuan negatif yang
tenyata banyak diikuti oleh anak-anak. Tokoh Shincan memang mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.

Jawab:

Teks 1

- Harapan Penulis: Penulis berusaha mengajak pembaca untuk menghentikan kebiasaan merokok.
- Fakta/ pendapat yang disajikan.
a. Fakta: 

- Di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar.
- Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka.

b. Pendapat:
- Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.
- Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka.

Teks 2

-Harapan penulis: Penulis mengharapkan agar anak-anak berhenti mengagumi dan mencontoh tokoh Shincan
- Fakta/ pendapat yang disajikan
a. Fakta:
Banyak protes yang ditujukan kepadanya (Shincan) melalui surat pembaca di berbagai media cetak.
- Tokoh Shincan memang mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.

b. Pendapat: 
Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak.

Kegiatan 7.6 A Amatilah Kembali Teks yang Berkenaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Kegiatan 7.6 A ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs kurikulum 2013, tepatnya pada halaman 190. Pertanyaan dan jawaban dalam kegiatan tersebut terdapat pada tulisan di bawah ini.




1. Amatilah kembali teks yang berkenaan dangan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok

2.Buktikan aspek kebahasaanya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi!


3.Catatlah aspek-aspek kebahasannya itu ke dalam tabel berikut!

4.Kemudian, rumuskanlah simpulanmu tentang ciri teks tersebut berdasarkan aspek-aspek kebahasaannya itu!

Jawab:

ASPEK KEBAHASAAN

a. Bujukan, Ajakan
Hasil Pengamatan: Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya

Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.

Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.

 Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

b. Pendapat
Hasil Pengamatan: 

Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

Dapat dikatakan bahwa sumpah Pemuda yang dilandasi semangat persatuan itulah yang merupakan senjata ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.

Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah. 


Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing

c. Fakta
Hasil pengamatan:

Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober.


 Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda". 

Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

d. Kata Teknis
Hasil pengamatan:
1. persatuan
2. ikrar
3. hikmah
4. senjata
5. gedung
6. moda

e. Konjungsi kausalitas
Hasil pengamatan:

Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah
kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat. 

e. kata kerja mental
Hasil pengamatan:

 Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya

Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

f. Kata perujukan
Hasil pengamatan:

Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung

Simpulan

Berdasarkan semua instrumen pertanyaan di atas, teks sumpah pemuda memiliki banyak teks persuasif yang akan mampu memengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan sesuai yang diinginkan oleh penulis.