Monday, March 18, 2019

Kegiatan 8.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Jelaskan Struktur Teks Drama Berikut

Loading...
Kegiatan 8.5 ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 halaman 214. Materi dalam pelajaran tersebut masih berkutat tentang drama. Pertanyaan dari kegiatan 8.5 tersebut yaitu sebagai berikut.



A. Jelaskan struktur teks drama berikut bersama kelompokmu. Tunjukkan bagian-bagiannya
secara sistematis, yang meliputi prolog, orientasi, komplikasi, resolusi, dan epilognya. Simpulkanlah tentang lengkap-tidaknya bagian- bagiannya itu!

Jawab: 

Prolog = Pagi-pagi, suasana di kelas IX SMP Sambo Indah cukup ramai. Bermacam-macam
tingkah kegiatan mereka. Ada yang mengobrol, ada yang membaca buku. Ada pula yang keluar masuk kelas.

Orientasi =
Siang hari. Anak-anak SMP Sambo Indah pulang sekolah, Inka mendatangi Arga.

Hari berikutnya, sewaktu istirahat pertama.

Di perjalanan, hari sudah siang. Inka dan Gendis berjalan kaki pulang
sekolah. Tiba-tiba di belakang mereka terdengar bunyi bel sepeda berdering-dering.

Komplikasi =

Inka : ”Arga, kenapa sih kamu selalu usil? Kenapa kamu selalu mengejek
aku? Memangnya kamu suka kalau diejek?” (cemberut)
Agra : (Tertawa-tawa) ”Aduh…maaf deh! Kamu marah ya, In?”
Inka : ”Iya dong. habis…kamu nakal. Kamu memang sengaja mengejek
aku kan, biar anak-anak sekelas menertawakan aku.”
Agra : ”Wah…jangan marah dong, aku kan cuma bercanda. Eh, katanya
marah itu bisa menghambat pertumbuhan gigi, nanti kamu
giginya dua terus, hahaha…”

Agra : (Duduk tidak jauh dari Gendis) ”Dis, nama kamu kok
bagus sih. mengeja nama Gendis itu gimana?”
Gendis : ”Apa sih, kamu mau mengganggu lagi, ya? Beraninya cuma
sama anak perempuan.”
Agra : ”Aku kan cuma bertanya, mengeja nama Gendis itu gimana.
Masak gitu aja marah.”
Gendis : ”Memangnya kenapa sih? (Curiga) Gendis ya mengejanya
G-E-N-D-I-S dong!”
Agra : ”Haaa…kamu itu gimana sih Dis. Udah SMP kok belum
bisa mengeja nama sendiri dengan benar. Gendis itu
mengejanya G-E-M-B-U-L. Itu kayak pamannya Bobo,
hahaha….”


Resolusi = (Bicara sendiri) ”Ternyata kalau aku nggak nakal, sahabatku
tambah banyak,” pikir Arga. ”Ternyata juga, punya banyak sahabat itu menyenangkan. Kalau mereka ulang tahun kan aku jadi sering ditraktir, hihihi….”

Epilog = Arga betul-betul menepati janjinya. Sejak kejadian itu, ia tak pernah mengganggu teman-temannya lagi. Arga pun jadi punya banyak sahabat, termasuk Inka dan Gendis. Mereka sering mengerjakan PR dan belajar bersama.


Kesimpulan: Struktur teks drama dalam drama di atas cukup lengkap.



Disclaimer= Jawaban di atas berdasarkan pengetahuan penulis. Untuk itu silakan diskusikan lebih lanjut dengan gurumu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon