Minggu, 17 Februari 2019

Kegiatan 7.6 A Amatilah Kembali Teks yang Berkenaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Kegiatan 7.6 A ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs kurikulum 2013, tepatnya pada halaman 190. Pertanyaan dan jawaban dalam kegiatan tersebut terdapat pada tulisan di bawah ini.




1. Amatilah kembali teks yang berkenaan dangan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok

2.Buktikan aspek kebahasaanya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi!


3.Catatlah aspek-aspek kebahasannya itu ke dalam tabel berikut!

4.Kemudian, rumuskanlah simpulanmu tentang ciri teks tersebut berdasarkan aspek-aspek kebahasaannya itu!

Jawab:

ASPEK KEBAHASAAN

a. Bujukan, Ajakan
Hasil Pengamatan: Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya

Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.

Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.

 Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

b. Pendapat
Hasil Pengamatan: 

Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

Dapat dikatakan bahwa sumpah Pemuda yang dilandasi semangat persatuan itulah yang merupakan senjata ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.

Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah. 


Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing

c. Fakta
Hasil pengamatan:

Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober.


 Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda". 

Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

d. Kata Teknis
Hasil pengamatan:
1. persatuan
2. ikrar
3. hikmah
4. senjata
5. gedung
6. moda

e. Konjungsi kausalitas
Hasil pengamatan:

Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah
kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat. 

e. kata kerja mental
Hasil pengamatan:

 Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya

Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

f. Kata perujukan
Hasil pengamatan:

Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung

Simpulan

Berdasarkan semua instrumen pertanyaan di atas, teks sumpah pemuda memiliki banyak teks persuasif yang akan mampu memengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan sesuai yang diinginkan oleh penulis.

Artikel Terkait