Kamis, 02 April 2020

Tugas Mandiri 1.1. Setelah Membaca Uraian di Atas Coba Kalian Uraikan

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 1.1. dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pentingnya kekuasaan negara.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 1.1 
Setelah membaca uraian di atas, coba kalian uraikan dalam satu paragraf mengenai pentingnya kekuasaan negara. Informasikanlah pendapat kalian pada teman yang lainnya. Pentingnya kekuasaan negara

Jawab

Kekuasaan negara sangat penting dalam sebuah negara karena dengan kekuasaan tersebut penguasa/ pemerintah memiliki hak dan kewajiban sesuai dengan amanat Undang-Undang untuk melakukan berbagai hal demi tercapainya tujuan negara misalnya memakmurkan seluruh rakyat, menyediakan fasilitas primer seperti pangan, pendidikan dan transportasi bagi rakyat dan lain-lain.

Minggu, 29 Maret 2020

Tugas Jawablah Pertanyaan Berikut dengan Singkat Unsur-Unsur Drama Meliputi Apa Saja

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 8 halaman 245. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang drama.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Tugas
1. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat !
a. Unsur-unsur drama meliputi apa saja?
b. Adakah unsur yang berbeda pada drama dengan karya sastra yang lain, seperti novel?

2. Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya!
a. Perhatikanlah dengan baik teks drama di atas yang akan dibacakan/ diperankan oleh teman-teman kamu. Bersamaan dengan itu, catatlah hal-hal penting yang ada di dalamnya, terutama berkaitan dengan unsur-unsur intrinsiknya!
b.Secara berkelompok, diskusikanlah naskah drama di bawah ini berdasarkan aspek-aspek berikut:
a. latar
b. alur
c. penokohan
d. tema/ amanatnya

c. Sajikanlah pendapat kelompokmu itu di depan kelas untuk ditanggapi oleh kelompok lain!

Jawab:
1. a. Unsur-unsur drama meliputi:

  • Tema adalah ide pokok atau gagasan utama sebuah cerita drama
  • Alur yaitu jalan cerita dari sebuah pertunjukkan drama mulai babak pertama hingga babak terakhir
  • Tokoh drama atau pelaku drama terdiri dari tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama atau peran utama disebut primadona sedangkan peran pembantu disebut figuran
  • Watak adalah perilaku yang diperankan oleh tokoh drama. Watak protagonis adalah watak (periku) baik yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : penyabar, kasih sayang, santun, pemberani, pembela yang lemah, baik hati dan sebagainya. Sedangkan watak antagonis adalah watak (perilaku) jahat yang diperankan oleh tokoh drama, contohnya : sifat iri dan dengki, kejam, penindas dan sebagainya
  • Latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu dan situasi peristiwa dalam cerita   drama
  • Amanat drama adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada penonton. Amanat drama atau pesan disampaikan melalui peran para tokoh drama.
b. tidak ada

2. a. 

Jumat, 27 Maret 2020

Baca Kembali Puisi Aku Ingin, Doa dan Telah Kau Robek

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 8 halaman 251. Peserta didik diminta mengerjakan soal untuk mengidentifikasi makna dalam puisi.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Petunjuk
1. Baca kembali puisi "Aku Ingin", "Doa". dan "Telah Kau Robek Kain Biru pada Bendera Itu."
2. Identifikasilah makna (pesan) yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut
3. Sertakan larik puisi yang mendukung jawabanmu
4. Kerjakan di lembar tugas !
Jawab

1. Aku Ingin
-Makna:
Cinta seseorang kepada kekasihnya yang rela mengorbankan dirinya demi kekasihnya.

- Larik Puisi:
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu
AKu ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

2. Doa
-Makna: Seseorang yang ingin kembali ke jalan Tuhan setelah sekian lama meninggalkan perintah Tuhan.
-Larik Puisi:
Di Pintumu aku mengetuk.
Aku tidak bisa berpaling

3. Telah Kau Robek Kain Biru pada Bendera itu
-Makna:
 Semangat arek-arek suroboyo melawan penjahahan Belanda

-Larik Puisi:
hai bangsa pemabuk, pemilik
bendera merah putih biru
jika tak enyah dari negeriku, bambu runcing
akan menuding mengusirmu
jika tak juga enyah, kutawarkan semangat
dan darah kami muntah, biarkan tubuh kami
berdarah-darah, tapi kau harus
berserah, kau harus menyerah

Rabu, 25 Maret 2020

Kegiatan 3 Menemukan Makna Puisi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 8 halaman 250. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang menemukan makna puisi sajak anak muda karya WS Rendra.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 3
Menemukan Makna Puisi
Penggalan puisi Sajak Anak Muda, kamu pasti dapat menangkap maksud yang ingin disampaikan oleh W.S. Rendra. Amanat yang ingin disampaikan oleh penyair itulah yang dimaksud amanat. Tentu saja, pesan itu boleh lebih dari satu.

Berikut adalah contoh analisis makna puisi "Sajak Anak Muda". Diskusikanlah bersama guru dan teman-temanmu makna lain yang terdapat dalam puisi tersebut.

Jawab
Makna:
1. Pendidikan di Indonesia lebih banyak ditujukan pada hafalan teori, bukan pemahaman atas suatu konsep, bukan penguasaan konsep dan keterampilan.
2. Pendidikan di Indonesia terkesan eksklusif namun tidak mengajarkan tentang keadilan, politik dan dasar ilmu hukum.
3. Pendidikan tidak mampu membuat kita mampu menilai kebaikan orang lain karena tidak diajar ilmu filsafat dan ilmu logika.
4. Pendidikan hanya meniru dari pendidikan ala barat.

Larik Puisi:
1. Dasar pendidikan kita adalah kepatuhan. Bukan bertukar pikiran. Ilmu sekolah adalah ilmu hafalan dan bukan ilmu latihan menguraikan.
2. Kita adalah angkatan gagap yang diperanakkan oleh angkatan takabur. Kita kurang pendidikan resmi di dalam hal keadilan, karena tidak diajarkan berpolitik, dan tidak diajar dasar ilmu hukum.
3. Kita melihat kabur pribadi orang, karena tidak diajarkan kebatinan atau ilmu jiwa. Kita tidak mengerti uraian pikiran lurus, karena tidak diajar filsafat atau logika.
4. Pendidikan negeri ini berkiblat ke Barat. Di sana anak-anak memang disiapkan untuk menjadi alat dari industri. Dan industri mereka berjalan tanpa henti. Tetapi kita dipersiapkan menjadi alat apa?
Kita hanya menjadi alat birokrasi!

Tugas Bacalah Puisi-Puisi Berikut Ini

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 8 halaman 248. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang tema puisi Doa karya Chairil Anwar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Petunjuk
1. Bacalah puisi-puisi berikut ini
2. Tentukan tema puisi tersebut dengan menyertakan alasan-alasannya

Puisi 1
Doa

Karya: Chairil Anwar

Tuhanku

Dalam termangu
Aku masih menyebut nama-Mu
Biar susah sungguh
Mengingat Kau Penuh Seluruh
CayaMu panas suci
Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi

Tuhanku
aku hilang bentuk
Remuk
Tuhanku
AKu mengembar di negeri asing
Tuhanku
Di Pintu-Mu aku mengetuk
aku tidak bisa perpaling

Puisi 2

TELAH KAU ROBEK KAIN BIRU
PADA BENDERA ITU*
* pahlawan tak dikenal


ribuan orang bergerak sepanjang jalan
berteriak menuju hotel yamato tengah kota
kibar bendera merah-putih-biru itu
menggemuruhkan gelegak antipati pada hati
tanpa henti tanpa kompromi

ribuan orang bergerak sepanjang jalan
berteriak menuju hotel yamato tengah kota
ribuan orang memanjat hotel itu, dan kau
telah robek kain biru pada bendera itu
ribuan orang bersorak, gemuruh
“Merdeka negeriku!
Merdeka Indonesiaku”

ribuan orang bergerak sepanjang jalan
berteriak menuju hotel yamato tengah kota
sorak gemuruh mereka itu kian riuh
“Ini negaraku, negara tercinta
Satu Republik, Indonesia Raya!”

hai bangsa pemabuk, pemilik
bendera merah-putih-biru
jika tak enyah dari negeriku, bambu runcing
akan menuding mengusirmu!
jika tak juga enyah, kutawarkan semangat
dan darah kami muntah, biarkan tubuh kami
berdarah-darah, tapi kau harus
berserah. kau harus menyerah!

telah kau robek kain biru pada bendera itu
tinggal merah-putihnya, kian terasa indah
di mata, mata kita semua!
Merdeka! Merdeka! Merdeka!
Jayalah bangsaku, jayalah negeriku!
Jayalah Indonesiaku!

Jawab:

Puisi 1. Doa karya Chairil Anwar 
Tema : Kepasrahan diri dan permohonan ampun kepada Tuhan.
Alasan: Penulis berkali-kali menyebut nama Tuhan lalu menulis larik seperti: dalam termangu aku masih menyebut nama-Mu, Biar susah sungguh mengingat kau penuh seluruh. Kemudian juga dalam larik, Di Pintumu aku mengetuk aku tidak bisa berpaling.

Puisi 2. Telah Kau Robek Kain Biru pada Bendera Itu
Tema: Perjuangan, kepahlawanan menghadapi penjajahan
Alasan: Penulis menyebut Belanda atau penjajah sebagai bangsa pemabuk, pemilik bendera merah putih biru. Penulis juga menulis suasana perjuangan ketika terjadi perobekan bendera Belanda di hotel Yamato. Semangat perjuangan dihadirkan dalam larik-larik seperti: "Merdeka Negeriku" !, Merdeka Indonesia dan banyak lagi larik-larik heroisme lainnya.

Selasa, 24 Maret 2020

Tunjuklah Dua Orang Temanmu yang Bagus Membaca Puisi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 8 halaman 244. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pembacaan dan pemaknaaan puisi Sajak Anak Muda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas
Petunjuk
1. Tunjuklah dua orang temanmu yang bagus membaca puisi. Mintalah mereka membaca secara bergantian penggalan puisi.
2. Catatlah larik-larik yang membuat perasaanmu tersentuh
3. Jelaskan suasana, perasaan hatimu atau apa yang kamu rasakan setelah mendengarkan pembacaan puisi tersebut
4. Untuk memudahkanmu mengerjakan tugas ini, kamu boleh membaca kembali puisi ini setelah dibacakan temanmu

Jawab

2. Larik-larik yang membuat perasaan tersentuh.
- Kita melihat kabur pribadi orang
- karena tidak diajarkan kebatinan atau ilmu jiwa
- ilmu sekolah adalah ilmu hafalan
- dan bukan ilmu latihan menguraikan
- Ah di dalam kemabukan
- wajah berdarah
- akan terlihat sebagai bulan
- dan bila ad atirani merajalela
-ia diam tidak bicara
- daya hidup telah diganti oleh nafsu
- pencerahan telah diganti oleh pembatasan

3. Kata-kata yang ditulis oleh Rendra merupakan kata-kata yang terpilih. Pada saaat membaca berbagai larik-larik puisi di atas, perasaan saya memang tersentuh. Arti tersentuh bukan berarti saya larut dalam kesedihan justru sebaliknya saya merasa Rendra telah menghadirkan puisi yang menggambarkan dunia anak muda yang sangat meresahkan dan tidak berpihak pada keadilan dan kemanusiaan.

Minggu, 22 Maret 2020

Kegiatan 9.8 Secara Berdiskusi Buktikanlah Bahwa Frasa di Bawah ini Bersifat Ajektif

Soal dan jawaban dari kegiatan 9.8 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 9 halaman 245 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang frasa yang bersifat ajektif.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal di bawah ini !



Soal

Kegiatan 9.8
A. Secara berdiskusi, buktikanlah bahwa frasa di bawah ini bersifat ajektif !
1. Sunyi senyap
2. halus sekali
3. begitu kusam
4. tidak halus
5. sangat pandai
6. tidak lama
7. mudah sekali
8. putih bersih
9. hitam legam
10. panjang lebar

B. Tunjukkanlah frasa ajektif dalam paragraf berikut!
1. Acara lain yang sangat menarik adalah acara Dari Desa ke Desa. Dalam acara ini bisa menyaksikan wajah desa yang hijau, tenang, dan jauh dari hiruk pikuk. Perilaku orang-orang desa yang polos murni sepatutnya dicontoh oleh orang-orang kota. Kecantikan alam desa selalu menggugah rasa, ingin kita mengunjunginya. Sekaligus kita pun sangat bangga, betapa beragamnya tanah air tercinta ini. Memang benar acara ini semakin menebalkan rasa cinta dan bangga akan negeri sendiri.

2. Mereka tetap mempertahankan warna album yang berlirik puitis. ALbum yang digarap sejak Februari itu memang berbeda dengan album Padi sebelumnya yang penuh dinamika. Lagu "Seandainya Bisa Memilih" dan "Semua Tak Sama", misalnya, sangat membantu kemampuan vokal Fadli dalam menyesuaikan tempo musik yang berubah-ubah. Nuansa harpa dari Maya Hassan begitu memukau dan harmonis. Begitupun dengan paduan suara Ingimto Trisakti Choir, turut memperkaya kesan orchestra musik mereka.

Jawab:

Silakan tonton dalam video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

A. Semua frasa di bawah ini memang bersifat ajektif
1. Sunyi senyap
2. halus sekali
3. begitu kusam
4. tidak halus
5. sangat pandai
6. tidak lama
7. mudah sekali
8. putih bersih
9. hitam legam
10. panjang lebar

B. Frasa ajektif dalam teks antara lain.
1. -hijau, tenang, polos murni,
2. - penuh dinamika, begitu memukau dan harmonis

Kegiatan 9. 7. Bacalah Cerpen di Bawah ini Dengan Baik

Soal dan jawaban dari kegitan 9.7 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs bab 9 halaman 250 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang hal menarik dalam cerpen.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 9.7.
1. Bacalah cerpen di bawah ini dengan baik !
2. Catatlah hal-hal menarik dari cerpen di bawah ini, yakni berkenaan dengan unsur-unsur di bawah ini. Kerjakan bersama kelompokmu !

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

Hal menarik dari cerpen dalam buku bahasa Indonesia

a. Tema
Daya Tarik: Kejujuran seorang Anak.
b. Alur
Daya Tarik: Alur maju yang menimbulkan rasa penasaran.

c. Penokohan
Daya Tarik:
- Arya: Sebenarnya anak yang jujur namun takut dicap pengecut
- Dani: Curang, menghalalkan segala cara
- Ibu : Bijaksana
- Astri:
d.Setting
Daya Tarik :
Setting tempat: menggambarkan sebuah ruangan yang cukup menarik terutama ketika terdapat lampit kalimantan.
Setting waktu: Sore hari. Menimbulkan rasa penasaran.

e. Gaya Bahasa
Daya tarik: Gaya bahasa sangat menarik justru karena tidak terdapat majas tertentu karena sasaran pembaca adalah anak-anak.

Kegiatan 9.6 Buatlah Kalimat dengan Menggunakan Ungkapan-Ungkapan Berikut

Soal dan jawaban dari kegiatan 9.6 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs bab 9 halaman 246 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pembuatan kalimat.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal 

A. Buatlah kalimat dengan menggunakan ungkapan-ungkapan berikut !

1. Berat hati
2. berat sebelah
3. besar kepala
4. besar mulut
5. tangan kanan
6. kaki tangan
7. panjang tangan.
8. mata-mata
9. mata keranjang.
10. mata hati.

B. Secara berkelompok, carilah contoh ungkapan lain dalam sebuah buku fiksi (novel). Jelaskan makna dari ungkapan-ungkapan tersebut.

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

A.

1. Dengan berat hati, ayah mengizinkan Ridho pergi ke luar kota.
2. Keputusan Pak Manto memberikan warisan kepada Herman, dianggap berat sebelah.
3. Sejak menjadi juara kelas, Tanto merasa besar kepala.
4. Ranto tidak disukai teman-temannya karena besar mulut.
5. Willy merasa bangga menjadi tangan kanan pejabat baru itu.
6. Edo merasa diawasi kaki tangan Sutan yang tersebar di berbagai tempat.
7. Kebiasaan panjang tangan Dedi ternyata susah hilang.
8. Pekerjaan sebagai mata-mata, membuat Firman harus bisa menjalani berbagai profesi.
9. Tiap kali masuk kantor, Dilla cemas sebab atasannya terkenal mata keranjang.
10. Safiq dikenal teman-temannya sebagai orang dengan mata hati yang jernih.

B. Ungkapan dalam novel.
 Novel yang dipilih adalah novel Laskar Pelangi

1. ‘Ia adalah kambing hitam tempat tumpahan semua kesalahan. (halaman 349)
2. Komunitas ini selalu tipikal rendah hati dan pekerja keras. (halaman 32)
3. Pikiran ayahku melayang-layang ke pasar pagi atau ke keramba di tepian laut. (halaman 12)
4.  gadis kecil berkerundung itu memang keras kepala luar biasa. (halaman 19)

Arti:
1. kambing hitam: sasasran kesalahan
2. rendah hati: sederhana, selalu berbuat baik.
keras kepala: teguh pendirian
3. pikiran melayang-layang: selalu teringat sesuatu
4. keras kepala: teguh pendirian, susah diingatkan

Tulislah Surat Kepada Gurumu Simpan dan Berikan pada Hari Guru

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia bab 7 halaman 271 bagian b) Kelas 7 SMP/ MTS kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan membuat surat kepada guru masing-masing.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

b) Tulislah surat kepada gurumu. Simpan dan berikan pada Hari Guru! Berikan kejutan kepada guru-gurumu! Tulis dalam bentuk email


Jawab


Yogyakarta, 21 Maret 2020

Yth Bapak Arif

Di Semarang


Dengan hormat
Bapak Arif, pada saat bapak membuka surat dalam bentuk email ini, saya percaya bapak pasti bertanya-tanya, mengapa saya harus menulis surat. Saya menulis surat karena ingin mengungkapkan kebahagiaan dan kegembiraan saya karena memiliki guru yang begitu baik seperti bapak Arif.

Bapak Arif, saya tidak tahu apakah saya murid pertama yang menulis surat kepada bapak atau pernah ada murid lain yang juga menulis surat kepada Bapak Arif. Terlepas dari semua itu, saya hanya ingin mengucapkan terima kasih atas segala kebaikan Bapak Arif. Bapak Arif adalah guru teladan bagi kami.

Semoga Bapak selalu sehat. Amiin

Hormat saya


Arman Maulana