Wednesday, March 25, 2020

Kegiatan 3 Menemukan Makna Puisi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 8 halaman 250. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang menemukan makna puisi sajak anak muda karya WS Rendra.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 3
Menemukan Makna Puisi
Penggalan puisi Sajak Anak Muda, kamu pasti dapat menangkap maksud yang ingin disampaikan oleh W.S. Rendra. Amanat yang ingin disampaikan oleh penyair itulah yang dimaksud amanat. Tentu saja, pesan itu boleh lebih dari satu.

Berikut adalah contoh analisis makna puisi "Sajak Anak Muda". Diskusikanlah bersama guru dan teman-temanmu makna lain yang terdapat dalam puisi tersebut.

Jawab
Makna:
1. Pendidikan di Indonesia lebih banyak ditujukan pada hafalan teori, bukan pemahaman atas suatu konsep, bukan penguasaan konsep dan keterampilan.
2. Pendidikan di Indonesia terkesan eksklusif namun tidak mengajarkan tentang keadilan, politik dan dasar ilmu hukum.
3. Pendidikan tidak mampu membuat kita mampu menilai kebaikan orang lain karena tidak diajar ilmu filsafat dan ilmu logika.
4. Pendidikan hanya meniru dari pendidikan ala barat.

Larik Puisi:
1. Dasar pendidikan kita adalah kepatuhan. Bukan bertukar pikiran. Ilmu sekolah adalah ilmu hafalan dan bukan ilmu latihan menguraikan.
2. Kita adalah angkatan gagap yang diperanakkan oleh angkatan takabur. Kita kurang pendidikan resmi di dalam hal keadilan, karena tidak diajarkan berpolitik, dan tidak diajar dasar ilmu hukum.
3. Kita melihat kabur pribadi orang, karena tidak diajarkan kebatinan atau ilmu jiwa. Kita tidak mengerti uraian pikiran lurus, karena tidak diajar filsafat atau logika.
4. Pendidikan negeri ini berkiblat ke Barat. Di sana anak-anak memang disiapkan untuk menjadi alat dari industri. Dan industri mereka berjalan tanpa henti. Tetapi kita dipersiapkan menjadi alat apa?
Kita hanya menjadi alat birokrasi!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon