Sabtu, 21 Maret 2020

Tulislah Surat Kepada Ibumu untuk Mengucapkan Terima Kasih

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 271 bagian a. Peserta didik diminta menulis surat berupa ucapan terima kasih.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

a) Tulislah surat kepada ibumu untuk mengucapkan terima kasih. Simpan dan berikan pada hari Ibu


Jawab.

Surakarta, 21 Maret 2020

Yang terhormat Ibu
di Semarang

Ibu, tanpa terasa waktu bergulir begitu cepat membawa banyak sekali perubahan dalam hidupku. Aku terkenang dengan masa kecilku sewaktu masih berusia kanak-kanak. Setiap hari, Ibu mencurahkan kasih sayang tanpa batas yang aku tahu aku tidak mungkin bisa membalasnya.

Waktu berusia sekolah dasar, setiap hari, Ibu membangunkanku kemudian memandikanku, setelah itu menyediakan sarapan. Semua itu ibu lakukan setiap hari. Aku juga mendengar cerita-cerita bagaimana masa kecilku dulu begitu bahagia. Setiap hari ibu memelukku, mendekapku, memberikan ASI dan segala bentuk kasih sayang yang begitu besar.

Kini aku sudah remaja, semua kenangan itu terlintas dan membuatku ingin menulis surat. Aku tahu berjuta ucapan terima kasih tidak akan mampu membalas semua yang ibu berikan. AKu hanya bisa berharap dan berusaha agar bisa menjadi anak yang berbakti kepada ibu.

Terima kasih atas semua kebaikan ibu....


Sembah sujudku


Adilla Putri Sejati.

Tulislah Surat Kepada Dinas Pendidikan Kota untuk Mengusulkan Suatu Perbaikan

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud  bab7 halaman 272 Kelas 7 SMP/ MTs. Peserta didik diminta membuat surat kepada dinas Pendidikan Kota.



Soal

b) Tulislah surat kepada Dinas Pendidikan Kota untuk mengusulkan suatu perbaikan berkaitan dengan pendidikan di kotamu! Tulis dalam bentuk email!

Jawab:

Surakarta, 7 Maret 2020

Nomor : 001/FAD/2020
Lampiran: -
Hal: Usulan Penerimaan Peserta Didik Baru

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan saya terhadap sistem penerimaan peserta didik baru selama ini, saya menganggap bahwa penerimaan peserta didik baru untuk berbagai tingkat baik SD, SMP maupun SMA cenderung tidak adil dan mengandung unsur diskriminasi terutama dalam hal kecerdasan. Pendididkan seharusnya memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap anak, baik yang terlihat kurang pintar maupun sebaliknya.

Atas dasar itu, saya menganjukan agar sistem zonasi yang menerima peserta didik baru berdasarkan lingkungan sekitar lebih diperketat dengan memberikan kuota lebih besar kepada calon peserta didik yang tinggal di sekitar sekolah. Hal tersebut harus dilaksanakan agar calon peserta didik bisa bersekolah di sekolah terdekat.

Demikian usulan saya, besar harapan saya, Bapak akan mengabulkan permohonan saya. Terima kasih


Hormat saya


Fadli Muhammad

Rencanakanlah Sebuah Surat Dinas yang Akan Kamu Tujukan Kepada Wakil Kepala Sekolah

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs bab 7 halaman 272 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang menulis surat dinas.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Latihan berpikir Kreatif menulis Surat Dinas
a) Rencanakanlah sebuah surat dinas yang akan kamu tujukan kepada wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dengan maskud meminta penambahan ekstrakurikuler sesuai dengan hobi kalian

Jawab:

No. : 002/OSIS-SMA1/2020
Lamp. : -
Hal : Permohonan Penambahan Ekstrakurikuler

Yth. Bapak Wakil Kepala
Bagian Kesiswaan
SMA Negeri 345 Semarang
di tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan rapat OSIS SMA Negeri 3 Semarang pada 23 Februari 2020 tentang kurangnya kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 345 Semarang dan demi kemajuan dunia pendidikan di SMA Negeri 345 Semarang, kami bermaksud mengajukan permohonan penambahan ekstrakurikuler di SMA Negeri 345 Semarang.

Penambahan ekstrakurikuler yang kami ajukan adalah Pencak silat, Pecinta alam dan KIR.

Demikian surat permohonan pengajuan kami sampaikan, atas terkabulnya harapan, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS


Raden Arya WIraraja
NIS 1567889

Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTS bab 8 halaman 277 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perbedaan unsur buku nonfiksi dan fiksi.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal
2. Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
Isilah tabel berikur

( Silakan lihat tabel pada buku kalian masing-masing0

Jawab

Unsur buku Nonfiksi:
1. Bagian cover buku
2. Rincian Subbab buku
3. Judul Subbab
4. Isi buku
5. Cara menyajikan isi buku
6. Bahasa yang digunakan
7. Sistematika

Jawab

1. Bagian cover buku
2. Rincian Subbab buku
3. Judul Subbab
4. Tokoh dan penokohan
5. Tema cerita
6. Bahasa yang digunakan

7. Penyajian alur cerita

Jumat, 20 Maret 2020

Latihan Berpikir Kritis Memahami Surat Dinas

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 253. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang surat dinas.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal 

Latihan berpikir Kritis Memahami Surat Dinas
a) Uraikanlah maksud isi surat dinas di atas !
b) Mengapa panitia merasa perlu menulis surat kepada wali murid?
c) Mengapa surat permohonan izin tersebut berbentuk surat dinas? bukan surat pribadai

Jawab
a) Maksud surat dinas
Surat 1: Berisi ucapan terima kasih dari Andi Laki Mappang, S.Pd. kepada Pimpinan Museum Hasanuddin atas sambutan dan layanan pihak Museum Hasanuddin Makassar kepada siswa SMPN 43 saat kegiatan karya wisata beberap minggu lalu.

Surat 2: Berisi permohonan izin dari Lede Kette atas ketidakhadiran anaknya Elfira Kette pada 25 November 2015 karena ada kepentingan keluarga.

b. Wali murid merasa perlu menulis surat kepada sekolah karena status anaknya adalah murid dari instansi resmi yakni sekolah

c. Permohonan izin tersebut memang surat resmi karena melibatkan instansi dan isi surat juga berkaitan dengan kegiatan resmi yakni pendidikan sekolah.

Latihan Berpikir Kritis Memahami Surat Pribadi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTS bab 7 halaman 252 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang surat pribadi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Latihan berpikir kritis memahami surat pribadi
a) Uraikanlah maksud isi surat 1 dan surat 2 di atas !
b) Mengapa Fiola mengirim surat kepada Ozi
c) Mengapa Diah mengirim surat?

Jawab

1. Isi surat 1: Fiola bermaksud menanyakan kabar Ozi yang kotanya sedang dilanda bencana asap. Fiola sangat khawatir sehingga ia ingin mampir ke rumah Ozi ketika mengikuti ayahnya yang bertugas menjadi penyuluh program desa bebas api di desa Ozi.
Isi surat 2: Berisi ungkapan kegegmbiraan DIah atas jasa-jasa Ibu Ratna yang telah banyak memberikan kebaikan kepada Diah berupa pemberian seragam sekolah dan ilmu yang bermanfaat.

b) Fiola mengirim surat kepada Ozi karena Fiola khawatir dengan keadaan Ozi
c) Diah mengirim surat kepada Ibu Ratna karena ingin menyampaikan kegembiraannya atas jasa-jasa Ibu Ratna

Diskusikan Apa Saja Unsur Pada Surat Dinas

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 249. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang unsur pada surat dinas.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

A. Diskusikan
1) Apa saja unsur pada surat dinas
2) Bagaimana ciri-ciri surat dinas dari segi bentuk ?
3) Bagaimana ciri surat dinas dari segi isi ?

B. Diskusikanlah hal-hal berikut untuk menyimpulkan ciri surat dinas !
a) Mengapa ada surat dinas selain surat pribadi sebagai alat korespondensi?
b) Siapa yang diperbolehkan menulis surat dinas?


Jawab

1) Unsur pada surat dinas antara lain:

a) Kop surat
b) Nomor surat
c) Tanggal surat
d) Lampiran
e) Perihal
f) Alamat surat
g) Salam pembuka
h) Isi surat
i) Paragraf penutup
j) Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat
k) Nama dan tanda tangan penulis surat

2) Ciri surat dinas dari segi bentuk:

- Memiliki kop surat yang diisi dengan nama instansi
- Terdapat nomor surat, lampiran, dan perihal mengenai inti atau tujuan surat
- Terdapat nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat

3) Ciri surat dinas dari segi isi: 

- Pilihan kata sapaan bersifat formal
- Ragam bahasa baku



 B. 1. Surat Dinas bisa menjadi sarana korespondensi bagi dinas/ instansi karena dalam surat dinas terdapat maksud dan tujuan pembuatan surat. Surat tersebut akan menjadi dasar atau referensi sebuah instansi untuk melakukan tindakan lainnya.

2. Surat dinas ditulis oleh suatu instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi atau lembaga resmi.

Kamis, 05 Maret 2020

Tugas Mandiri 6.2 Coba Kalian Lakukan Identifikasi Mengenai Bentuk Perilaku

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 6.2 dalam buku pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 halaman 191 bab 6. Peserta didik diminta mengidentifikasi bentuk perilaku wujud kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Tugas Mandiri 6.2
Coba kalian lakukan identifikasi mengenai bentuk perilaku yang dapat kalian tampilkan sebagai wujud kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan hasil identifikasi kalian dalam tabel di bawah ini .

(Silakan lihat tabel dalam buku PKN kelas 11 kurikulum 2013 halaman 191)

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tetap menggunakan bahasa daerah dengan benar
3. Berpakaian khas daerah misalnya batik
4. Tetap menjunjung tinggi adat istiadat daerah
5. Berupaya menulis sastra seperti puisi atau cerpen

Tugas Mandiri 6.1 Nah Setelah Kalian Membaca Uraian Materi Di Atas

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 6.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 186 bab 6. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang keunggulan negara kesatuan dan Negara Serikat.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 6.1

Nah setelah kalian membaca uraian materi di atas, coba kalian lakukan studi kepustakaan untuk mencari keunggulan bentuk negara kesatuan dibandingkan dengan bentuk negara lainnya seperti negara serikat. Tuliskan hasil kalian pada tabel di bawah ini.


(Tabel silakan lihat dalam buku Pkn Kelas 11 halaman 186)

Jawab:

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Keunggulan Negara Kesatuan:

1. Kekuasaan sangat sentralistik di Pemerintahan pusat sehingga rakyat mudah dikendalikan
2. Lebih mudah berkoordinasi antara lembaga pemerintah
3. Biaya kegiatan perekonomian lebih murah sehingga bisa  meningkatkan daya saing bangsa;
4. Biaya politik lebih murah
5. Pembuatan Undang-Undang dan peraturan lainnya lebih mudah dan murah.

Keunggulan Negara Serikat:

1. Proses perijinan tidak berbelit-belit
2. Tiap negara memiliki kemandirian tinggi
3. Kekayaan alam bisa dinikmati wilayah sekitar
4. Tidak memiliki ketergantungan dengan negara pusat
5. Demokrasi akan lebih terarah.

Rabu, 04 Maret 2020

Apa Saja Penyebab Timbulnya permasalahan di Daerah Perbatasan

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 6 halaman 182 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang daerah perbatasan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Nah, setelah membaca berita di atas diskusikanlah dengan teman sebangku pertanyaan-pertanyaan berikut

a. Apa saja penyebab timbuna permasalahan di daerah perbatasan ?
b. Mengapa pembangunan belum merata sampai ke daerah perbatasan?
c. Apakah permasalahan di daerah perbatasan ini dapat menimbulkan persoalan lainnya? jika ya, apa saja bentuk persoalan yang mungkin terjadi
d. Uraikan solusi yang kamu tawarkan kepada pemerintah untuk mengatasi permasalah di daerah perbatasan

Jawab:

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

a. Penyebab timbulnya permasalahan di perbatasan antara lain:
1. Kesenjangan sosial antara penduduk Indonesia dan penduduk warga negara tetangga
2. Kondisi infrastruktur antara wilayah perbatasan Indonesia dengan perbatasan negara tetangga
3. Penyelundupan narkoba
4. Penyelundupan senjata

b. Pembangunan belum merata sampai ke daerah perbatasan karena:
1. Kurangnya anggaran pembangunan di daerah perbatasan
2. Skala prioritas yang lebih mementigkan wilayah kota dibanding perbatasan
3. Kuragnya sumber daya manusia untuk membangun daerah perbatasan

c. Persoalan di daerah perbatasan memang bisa menimbulkan persoalan lainnya di antaranya
1. Kejahatan lintas negara seperti perdagangan manusia, narkoba dan lain-lain
2. Timbulnya separatisme
3. Berpindahnya warga negara Indonesia ke negara tetangga

d. Solusi yang ditawarkan kepada pemerintah antara lain:
1. Tingkatkan anggaran pembangunan di wilayah perbatasan
2. Tempatkan kantor-kantor strategis di wilayah perbatasan
3. Tempatkan aparat-aparat di wilayah perbatasan
4. Presiden atau pejabat daerah harus rajin berkunjung ke wilayah perbatasan