Rabu, 30 Oktober 2019

Kegiatan 5.1 Jawablah Pertanyaan Berikut, Apa yang Dimaksud dengan Teks Eksplanasi



Kunci jawaban Kegiatan 5.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 130 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang definisi teks eksplanasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!

Soal

Kegiatan 5.1
A. Jawablah pertanyaan Berikut
1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi
2. Mengapa teks bertopik  "Sejarah Kabupaten Bandung" disebut teks eksplanasi

B. 1. Tuliskan sekurang-kurangnya tiga topik yang mungkin dikembangkan berkenaan dengan fenomena berikut


2. Rundingkanlah topik-topik yang telah kamu buat itu dengan  temanmu untuk ditanggapi dalam hal ketepatannya.


Jawab:

Sila tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

A. 1. Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

2. Sejarah Kabupaten Bandung disebut teks eksplanasi karena pada teks tersebut terdapat penjelasan tentang proses / sejarah perkembanganKabupaten Bandung. Teks tersebut menjelaskan peristiwa demi pseristia yang terjadi selama perkembangan Kabupaten Bandung, mulai dari berdirinya sampai pada periode-periode berikutnya.

B. Topik yang berkenaan dengan:
1. Alam: Proses terjadinya hujan, proses terjadinya banjir, proses kelahiran hewan, terjadinya gempa bumi
2. Sosial: dampak buruk pergaulan bebas, proses terbentuknya organisasi masyarakat, proses penyebab demonstrasi 1998.
3. Budaya: tahap menjadi penari, proses perkembangan bahasa, proses perkembangan tari-tarian

Selasa, 29 Oktober 2019

Selanjutnya Bacalah Kembali Teks Negosiasi Antara Pedagang dan Pembeli Serta Teks Terima Kasih Bu Mia

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK bab 5 halaman 157 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas tersebut, peserta didik diminta mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan teks negosiasi.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah. Untuk itu, jawaban di bawah ini anggap saja sebagai pelengkap atau tambahan referensi dari jawaban kalian.



Soal

Tugas
Selanjutnya bacalah kembali teks negosiasi antara pedagang dan pembeli serta teks Terima Kasih ibu Mia. Analisislah apakah kesepakatan yang dicapai memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:
1. Dilakukan dengan santun;
2. Tidak ada tekanan atau paksaan
3. Saling menguntungkan
4. Kesepakatannya bersifat praktis bisa diterapkan


Jawab :

1. Baik negosiasi antara pedagang dan pembeli maupun teks terima kasih Ibu Mia, keduanya dilakukan dengan santun. Dalam kedua teks tersebut tidak ada kata-kata yang menghina, merendahkan atau ungkapan kekesalan satu sama lain.

2. Kedua teks juga tidak terdapat adanya tekanan atau paksaan. Kata-kata yang disampaikan oleh pembeli ditanggapi dengan baik, begitupun kata-kata dari Lia kepada Bu Mia. Semuanya tidak bernada keras atau membentak.

3. Negosiasi yang terjadi dalam tiap-tiap teks, berlangsung dengan lancar, sehingga keduanya merasa tidak dirugikan. Misalnya pada teks pedagang dan pembeli, negosiasi menghasilkan kepuasan karena pedagang berhasil menjual dagangannya dan pembeli juga puas bisa memilih buah. Sementara itu, pada teks terima kasih Bu Mia, kita bisa melihat para siswa termasuk Lia yang karena terlalu lelah, sangat berat jika harus mengikuti ulangan. Beruntung Bu Mia dengan bijaksana, memberi kesempatan untuk memberi ulangan bulan depan.

4.Pada teks pedagang dan penjual, terjadi kesepakatan yang disetujui kedua partisipan. Begitu pula pada teks Terima Kasih Ibu Mia, kesepakatan tersebut disetujui dengan senang hati oleh anak-anak kelas X IPA dan Ibu Mia.

Tugas Bacalah Kembali Teks Minta HP dan Terima Kasih Bu Mia

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 Bab 5 halaman 155 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta  mengerjakan tugas berdasarkan teks tentang negosiasi.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas
Bacalah kembali teks Minta HP dan Terima Kasih Bu Mia di atas, kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini.
1. Bagaimana cara Rani meyakinkan Ayahnya agar ia dibelikan HP?
2. Apakah Rani bersikap sopan dan menghargai Ayahnya? Jelaskan alasanmu!
3. Alasan apa yang disampaikan Rani untuk meyakinkan Ayahnya?
4. Jelaskan cara Lia meyakinkan Bu Mia?
5. Adakah syarat yang disampaikan Bu Lia ketika mengabulkan permintaan Lia?
6. Apakah dalam kesepakatan yang diraih Rani dan Ayahnya sama-sama
untung? Begitu pun Lia dan Bu Mia? Jelaskan alasanmu!

Jawab:

1. Rani meyakinkan ayahnya dengan cara mengajukan bebrapa argumen antara lain:
a. Semua teman Rani punya HP. Mereka dapat dengan  mmudah menelepon orangtuanya saat terpaksa pulang telat.
b. Rani hampir menangis
c. Rani mengatakan bahwa dia iri sama teman-teman Rani yang dapat  dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, mengirim tugas, bahkan  berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah.
d.   Rani mengatakan bahwa guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim  tugas ke grup facebookatau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya  HPkan enak. Bisa buat diskusi barengteman-teman sekaligus dapat  mengakses internet melalui HP.”

2. Rani bersikap sopan terhadap ayahnya, dibuktikan dengan tidak adanya sikap maupun kata-kata yang bisa menyinggung ayahnya.

3. Rani mengatakan bahwa guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim  tugas ke grup facebookatau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya  HPkan enak. Bisa buat diskusi barengteman-teman sekaligus dapat  mengakses internet melalui HP.”

4.  Dengan menceritakan kondisi fisik Lia dan teman-temannya.
5.   Ada yaitu, tepat waktu saat masuk kelas, tertib, tidak gaduh, dan tidak mengganggu kelas lain.
6.  Ya, Rani dapat mempunyai HP baru dan ayahnya tidak perlu repot-repot menyuruh Rani belajar karena Rani sudah berjanji akan belajar dengan rajin. Sementara itu, Pada Teks Terimakasih Bu Mia, Lia untung karena ulangannya diundur dan dapat beristirahat terlebih dahulu dan Bu Mia tidak untung karena ulangannya terpaksa harus diundur.

Tugas Setelah Menyimak dan Mendiskusikan Isi Ketiga Teks Di Atas

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/MA/MAK bab 5 halaman 155 kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan lima soal masih tentang negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas !

Setelah menyimak dan mendiskusikan isi ketiga teks di atas, diskusikanlah hal-hal berikut ini.

1. Di antara ketiga teks tersebut, manakah yang termasuk ke dalam teks
negosiasi? Jelaskan alasanmu!
2. Apakah dalam teks tersebut terjadi proses pengajuan dan penawaran?
3. Siapakah partisipan yang menyampaikan pengajuan dan yang
mengajukan penawaran?
4. Apakah terjadi kesepakatan antarpartisipan?
5. Rumuskanlah ciri-ciri teks negosiasi dengan bahasamu sendiri.

Jawab: 

Silakan lihat dalam video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1.      Teks 1 dan 2 karena kedua teks tersebut memenuhi syarat teks negosiasi dan di dalamnya terdapat unsur-unsur pembangun teks negosiasi.
2.      Ya.
3.      Teks 1:
a.Yang mengajukan: penjual
b.Yang menawar: pembeli
Teks 2:
c.Yang mengajukan: Rani
d.Yang menawar: ayah
4.      Ya. terjadi kesepakatan di antara keduanya.
5.      Ada pihak yang mengajukan dan ada yang menawar, kemudian timbul kesepakatan diantara keduanya.

Senin, 28 Oktober 2019

Kegiatan 4.6 Fokuskan Pikiran atau Perasaanmu pada suatu gagasan, pengalaman Ataupun Permasalahan

Kunci jawaban dari kegiatan 4.6 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 117 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta untuk mengungkapkan perasaan menjadi sebuah puisi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini  !



Soal 

Kegiatan 4.6
1. Fokuskan pikiran atau perasaanmu pada suatu gagasan, pengalaman, ataupun permasalahan
2. Tuangkanlah hal-hal yang terlintas dalam pikiran itu. Pilihlah kata-kata yang tepat untuk mengungkapkannya.
3. Lakukanlah penyuntingan atas kata-kata yang telah kamu tuangkan itu dengan memperhatikan harmonisasi dan kepadatan maknanya.
4. Bacakanlah hasilnya di depan kelas.
5. Mintalah teman-teman untuk mengomentarinya berdasarkan aspek.
a. Keaslian gagasan/ perasaan
b. Variasi citraan: visual, aufitif, kinestetis
c. Keindahan kata-kata; dan
d. kepadatan makna


Jawab: 

Setelah memfokuskan pikiran atau perasaan saya terhadap suatu gagasan, saya akan menuliskan puisi hasil karya saya di bawah ini

Usai

Usailah sudah
cerita tentang rindu
yang pernah datang bertubi-tubi
menyelinap di dalam hati

Usailah sudah
cerita tentang gundah
yang terus menghantam dada ini
kala jauh darimu

Usailah sudah
rasa bahagia di dalam jiwa
saat menanti senja bersamamu

Usailah sudah
cerita tentang indahnya rintik hujan
di mana kita pernah melewatinya
berdua


Usailah sudah
cerita tentang rumah yang indah
penuh dengan bunga-bunga cinta
di mana kita berdua pernah ingin
tinggal di dalamnya
bersama
putra-putri kita

Usailah sudah semua itu kekasih
Usailah semua mimpi dan
harapanku
bersamamu

Tertutup sudah
lembaran buku cerita
kita berdua

selain itu, ada ratusan puisi karya saya yang bisa kalian baca melalui tautan Kumpulan Puisi Arif Rahmawan atau silakan berselancar melalui google dengan kata kunci Puisi Arif Rahmawan.

Apa yang Disampaikan Lia kepada Bu Mia, Bagaimana Cara Lia Meyakinkan Bu Mia

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/MAK bab 5 halaman 153-154 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Dalam tugas ini, peserta didik diharuskan menjawab soal berdasarkan teks berjudul Terima Kasih Bu Mia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Terima Kasih Bu Mia

Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.

Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang napasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul pada Dani.
“Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali.
“Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani.
“Baiklah, aku akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia.
“Beres. Kamu kan ketua kelas.”
Dengan santun, Lia menghadap Bu Mia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran.
“Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk.
“Iya. Ada apa?”
“Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf karena teman-teman belum selesai ganti baju. “
“Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia.
“Iya, Bu. Sekali lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.”
“Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.
“Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar.”
“Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.
“Makasih, Bu,” kata Lia.
“Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.00 WIB.”
“Iya, Bu. Makasih.”
Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia.

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.
1. Apa yang disampaikan Lia kepada Bu Mia?
2. Bagaimana cara Lia meyakinkan Bu Mia?
3. Bagaimana tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia?
4. Apakah Bu Lia mengabulkan permintaan Lia?
5. Adakah syarat yang ditetapkan Bu Mia?


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan jawaban di bawah ini

1. Yang disampaikan Lia kepada Bu Mia adalah Mia mewakili teman-teman sekelas meminta maaf kepada Bu Mia karena terlambat berganti pakaian dan meminta waktu 10 menit untuk berganti pakaian dan minum agar badan kembali segar.

2. Cara Lia meyakinkan Bu Mia adalah dengan berbicara dengan sopan dan meminta maaf atas keterlambatan setelah ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.

3. Tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia adalah beliau menanggapi dengan ramah, yaitu memberi anak-anak waktu untuk minum selama 15 menit dan mengundurkan waktu ulangan menjadi minggu depan.

4. Iya, Bu Mia mengabulkan permintaan Lia.

5. Ada. Syarat yang ditetapkan Bu Mia adalah harus tertib, tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain, serta masuk lagi ke kelas tepat pukul 09.00.

Teks 2 HP Baru, Apa yang Diajukan Rani Kepada Ayahnya

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/ MAK bab 5 halaman 152-153 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta memperhatikan teks pada halaman tersebut kemudian mengerjakan soal tentang negosiasi.

Agar kalian lebih memahami soal dan jawabannya, silakan perhatikan dengan seksama tulisan selanjutnya



Soal

Teks 2

HP Baru

Perihal HP barunya itu, sesungguhnya sudah lama Rani menginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta langsung pada Ayahnya, Rani pun minta bantuan ibunya. Namun, tetap saja usaha Rani gagal.
Minggu lalu, Rani benar-benar berusaha meyakinkan ayahnya betapa ia sangat membutuhkan HP.
“Yah ... Rani benar-benar perlu HP. Belikan ya Yah?” kata Rani pada ayahnya.
“Ayah belum punya cukup uang untuk membeli HP, Ran. Lagipula kan
sudah ada telepon rumah,” kata ayah sambil meletakkan koran ke atas meja.
“Tapi, Yah ... semua teman Rani punya HP. Mereka dapat dengan
mudah menelepon orangtuanya saat terpaksa pulang telat.”
“Lha kalau begitu kamu jangan pulang telat,” kata ayah lagi.
Rani hampir saja menangis.
“Tak hanya itu, Yah ... Rani iri sama teman-teman Rani yang dapat dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, mengirim tugas, bahkan berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah,” kata Rani dengan kalimat yang runtut dan jelas. Kalimat yang sudah beberapa  hari ia rancang untuk merayu Ayahnya.
Mendengar penjelasan Rani, Ayah melepas kacamatanya dan menatap Rani dengan lembut.
“Sebegitu pentingkah HP itu bagimu, Nak?”
Rani hampir saja melonjak kegirangan mendengar reaksi ayahnya.
“Iya, Yah. Apalagi guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim tugas ke grup facebook atau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya HP kan enak. Bisa buat diskusi bareng teman-teman sekaligus dapat mengakses internet melalui HP.”
“Hm ... Ayah akan membelikan HP untuk Rani, asal ....” ayah seakan sengaja menggoda Rani.
“Asal apa, Yah?” tanya Rani tak sabar.
“Asal Rani rajin belajar dan berjanji akan menggunakan HP itu untuk hal-hal yang positif.”
“Rani janji, Yah. Makasih ya Ayah,” janji Rani sambil memeluk Ayahnya.

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.
1. Apa yang diajukan Rani pada Ayahnya?
2. Apakah Ayah langsung mengabulkan permintaan Rani? Jelaskan alasannya!
3. Bagaimana cara Rani meyakinkan Ayahnya?
4. Bagaimana cara Ayah memenuhi permintaan Rani?
5. Apakah permintaan Rani dikabulkan oleh Ayahnya? Adakah syarat
yang harus dipenuhi Rani?

Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini





atau perhatikan jawaban dalam tulisan di bawah ini

1. Rani meminta Ayahnya sebuah HP baru
2. Tidak ! Awalnya Ayah menolak permintaan Rani karena di rumah sudah ada telepon dan Ayah juga belum memiliki uang yang cukup
3. Rani meyakinkan Ayahnya dengan cara:
a. Rani mempersiapkan kalimat-kalimat beberapa hari sebelum bernegosiasi minta HP
b. Dengan jelas dan runtut, Rani menyampaikan kalimat yang berupa alasan-alasan mengapa Rani harus memiliki HP, misalnya dengan adanya HP Rani akan lebih mudah mengerjakan tugas.
4. Ayah memenuhi permintaan Rani dengan cara mengajukan syarat yang harus dipenuhi Rani
5. Iya, syaratnya HP harus digunakan untuk hal-hal yang positif saja.

Kegiatan 1 Merumuskan Ciri Negosiasi

Kunci jawaban dari kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 151 terbitan kemendibud kurikulum 2013. Ini merupakan kegiatan dengan materi negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !





Soal

Kegiatan 1
Merumuskan Ciri Negosiasi

Untuk mengetahui apakah sebuah teks termasuk ke dalam negosiasi atau bukan, kamu harus mengetahui batasan teks negosiasi. Sekarang, kamu akan belajar mengenali teks yang termasuk teks negosiasi. Tutuplah bukumu dan mintalah temanmu secara berpasangan untuk memperagakan dialog berikut ini di depan kelas. Setiap selesai pembacaan satu teks, dikusikanlah pertanyaan- pertanyaan
yang disediakan pada setiap akhir teks.

Teks 1
Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini,Bang?”
Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
Pembeli : “Boleh kurang kan,bang?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon.”
Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
Pembeli : “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”
Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.”
Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”
Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya.

Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks.

1. Siapa pelaku dalam dialog tersebut?
2. Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
3. Bagaimana tanggapan penjualnya?
4. Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?
5. Bagaimana kesepakatan itu terjadi?

Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini



Atau perhatikan jawaban di bawah ini

1. Penjual dan Pembeli
2. Pembeli menginginkan harga murah, yaitu dua puluh ribu perkilo. Kalimat yang dipilih untuk menawar harga adalah dengan mengatakan bahwa sekarang sedang musim buah mangga.
3. Penjual menurunkan harga dari tiga puluh ribu rupiah menjadi dua puluh delapan ribu rupiah.
4. Terjadi kesepakatan
5. Kesepakatan itu terjadi setelah penjual menurunkan harga yang disetujui oleh pembeli dengan syarat pembeli diperbolehkan memilih buah sendiri.

Kegiatan 4.5 Jelaskan Tema dari Puisi "Hujan Bulan Juni" dan Gadis Peminta-minta"?



Kunci jawaban dari kegiatan 4.4. dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 112 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta menjelaskan tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" dan "Gadis Peminta-minta".

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Kegiatan 4.5
A. 1. Jelaskan tema dari puisi ”Hujan Bulan Juni” dan ”Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?
2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu? Jelaskanlah!

B. 1. Bacalah pula puisi berikut!
Sajak
oleh Sanusi Pane

Di mana harga karangan sajak,
Bukan dalam maksud isinya;
Dalam bentuk, kata nan rancak,
Dicari timbang dengan pilihnya
Tanya pertama keluar di hati,
Setelah sajak dibaca tamat,
Sehingga mana tersebut sakti,
Mengikat diri di dalam hikmat.
Rasa bujangga waktu menyusun,
Kata yang datang berduyun-duyun
Dari dalam, bukan nan dicari.
Harus kembali dalam pembaca,
Sebagai bayang di muka kaca.
Harus bergoncang hati nurani.


2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Puisi ”Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?
b. Apa arti sajak dalam puisi tersebut? Bagaimana amanat yang ingin
disampaikan penyair dalam puisi ”Sajak”?
d. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani
pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan
alasan-alasannya!
e. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam
puisinya itu? Jelaskan secara naratif!


Jawab

A.

1. Tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" adalah tentang Kebaikan dalam Kehidupan Manusia. Penulis menggunakan majas personifikasi untuk menggambarkan kebaikan

Tema dari puisi "Gadis Peminta-Minta" adalah kemanusiaan.

Karena keseluruhan isi puisi menggambarkan sisi kemanusiaan bahwa martabat gadis peminta-minta itu sama dengan martabat manusia lainnya. 

2. Yang menyamakan tema kedua puisi itu adalah ungkapan penggambaran suasana  batin penyair terhadap keadaan di sekitarnya.

Yang membedakan adalah puisi Hujan Bulan Juni menggambarkan kebaikan manusia dalam bentuk suasana alam ketika hujan yang turun di musim kemarau, sedangkan puisi Gadis Peminta-minta menggambarkan suatu keprihatinan dan simpati kepada lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Kegiatan 4.4 Berdasarkan Cara Pengungkapannya, Termasuk Ke dalam Jenis Puisi



Kunci jawaban dari Kegiatan 4.4 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 108 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Tugas ini masih berkaitan dengan puisi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Kegiatan 4.4.
1. Berdasarkan cara pengungkapannya, termasuk ke dalam jenis apakah puisi-puisi di bawah ini


2.Sajikanlah pendapat-pendapatmu itu ke dalam format laporan seperti berikut. Buatlah laoran dalam kertas manila, postit, dan kertas sejenis lainnya. Kerjakanlah bersama kelompokmu !
3. Pajang atau tempelkan laporan kelompokmu itu di papan tulis atau di dinding kelas dengan perekat yang tidak mengotorinya.
4. Mintalah kelompok lain untuk mengunjungi pajangan kelompokmu itu untuk memberikan tanggapan/ penilaian dengan membubuhkannya langsung
5. RUmuslanlah simpulan kelas tentang jenis-jenis dari ketiga puisi itu berdasarkan kesepahaman pendapat dari setiap kelompok

Jawab

1. Puisi 1
Jenis : Puisi Lirik yaitu elegi
Alasan : Karena pada puisi ini menceritakan kesedihan penyair mengenai peristiwa tadi pagi yang ia alami.

Puisi II
Jenis:  termasuk dalam Puisi Dekriptif yaitu Satire
ALasan: Karena pada puisi ini penyair mengungkapkan ketidakpuasannya atas diri sendiri dengan menggunakan kata-kata yang menyindir atau merendahkan diri.

Puisi III
Jenis: termasuk dalam jenis puisi Deskriptif, yaitu kritik sosial
Perhatikan larik berikut
Petani-petani yang miskin semakin tersingkir di sana
Nelayan-nelayan sakit, keracunan lautnya
Burung-burung satu per satu meledak di udara

Pada kutipan larik-larik tersebut, penyair mengungkapkan ketidaksenangan penyair pada peninjuan nuklir dengan menunjukkan ketidakberesan keadaan yang terjadi dengan uji coba nuklir.