Minggu, 20 Oktober 2019

Buktikan Bahwa Kedua Teks 1 dan Teks 2 Mengandung Aspek Bahasa yang Menjadi CIri Teks Laporan

Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs terbitan kemendikbud kurikulum 2013 bab 4 halaman 131 tentang aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Buktikan bahwa kedua teks 1 dan 2 mengandung aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan hasil observasi !

Jawab:

Kedua teks memang mengandung aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan hasil observasi! dibuktikan dengan beberapa kata/ kalimat di bawah ini :

a. Hutan bakau disebut juga hutan mengrove
b. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai
c. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai.
d. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawawan perbatasan laut dan darat.
e. Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha.
f. Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah.
g. GUnsi museum uyang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.

Mendaftar Kalimat Klasifikasi

Soal dan jawaban dari tugas huruf c pada buku Bahasa Indonesia SMP / MTs kelas 7 bab 4 halaman 131 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kalimat klasifikasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

c) Mendaftar Kalimat Klasifikasi


Jawab:

Mendaftar kalimat klasifikasi pada teks hutan bakau:
- Hutan bakau memiliki ciri yang khas.
- Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat.

pada teks museum:
- Museum dibedakan berdasarkan koleksi dan kedudukannya.
- Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua jenis yaitu museum umum dan museum khusus.
- Berdasarkan kedudukannya, terdapat tiga jenis museum.
- Benda-benda yang dikoleksi di museum mencakup benda-benda dari berbagai disiplin ilmu.

Mendaftar Kalimat Definisi Judul/ Nomor Teks

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs halaman 131 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta untuk mendaftar kalimat definisi dalam teks 1 maupun teks 2.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

b) mendaftar kalimat definisi


Jawab:

Judul/ Teks : Hutan bakau Teks 1
Kalimat definisi pada teks:


  • Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai.
  • Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai.
  • Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut.


Judul/ teks: Museum (teks 2)

  • Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah.
  • Museum adalah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.
  • Fungsi museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.
  • Dengan demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.
  • Museum Umum adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu, dan teknologi.
  • Sementara Museum Khusus adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu, atau satu cabang teknologi.
  • Museum Nasional adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional.
  • Museum Provinsi adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah provinsi. 
  • Museum Lokal, museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah kabupaten atau kotamadya. (tanda hubung yang menunjukkan definisi pada kalimat ini  ada tanda koma)
  • Koleksi dari disiplin ilmu antropologi merupakan hasil budaya atau identitas suatu etnis.
  • Selain itu, benda koleksi juga merupakan peninggalan budaya sejak masa prasejarah sampai masuk pengaruh barat.
  • Heraldika adalah lambang, tanda jasa dan tanda pangkat resmi (cap atau stempel).
  • Koleksi keramonologi yaitu koleksi barang pecah belah yang terbuat dari tanah liat yang dibakar


Sabtu, 19 Oktober 2019

Isilah Tabel dengan Istilah yang Kamu Temukan pada Teks 1 dan 2

Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTS bab 4 halaman 130 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta menuliskan istilah-istilah yang ada pada teks 1 dan teks 2.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Isilah tabel dengan istilah yang kamu temukan pada teks 1 dan 2 !



Jawab:

Istilah pada Teks 1:

mangrove, ekosistem, garis pantai, habitat, payau,abrasi, intrusi, karbondioksida (CO2), bahan-bahan pencemar, biologi, biota,

Istilah pada Teks 2:
museum, cagar budaya, museum umum, museum khusus, seni, ilmu geologi, fosil, batuan, mineral, andesit, granit, rangka manusia, tengkorak, hewan, antropologi, etnis, prasejarah, heraldika, keramonologi.

Kamis, 17 Oktober 2019

Bacalah Hikayat Berikut ini Kemudian Tuliskan Alur Ceritanya (Rangkaian Peristiwanya) Secara Singkat

Kunci jawaban  dari pertanyaan nomor 2 dan nomor 3 dalam tugas Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 140 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Soal nomor 2 ini tentang alur cerita hikayat Bayan Budiman.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

2. Bacalah Hikayat Berikut ini kemudian tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya) secara singkat
3. Bandingkan alur cerpen dan hikayat tersebut

Jawab:

2. Alur Cerita Hikayat Si Miskin

Maka adalah seorang miskin laki bini berjalan mencari rizkinya berkeliling negara antah-berantah. Hatta, maka pada suatu hari baginda sedang ramai dihadapi oleh segala raja-raja, menteri, hulubalang, rakyat sekalian di penghadapannya. Maka dilemaprilah akan si miskin itu kena tubuhnya habis bengkak-bengka dan berdarah. Maka diusir oranglah akan si Miskin hingga sampailah ke tepi hutan. Maka haripun malamlah. Maka bagindapun berangkatlah masuk ke dalam istanaya itu. Maka segala raja-raja dan menteri, hulubalang rakyat sekalian itupun masing-masing pulang ke rumahnya.

Adapun akan si Miskin itu apabila malam iapun tidurlah di dalam hutan itu. Setelah siang hari maka ia pun pergi berjalan masuk ke dalam negeri mencari riskinya. Maka apabila sampailah dekat kepada kampung orang. Apabila orang yang empunya kampung itu akan melihat akan dia. Mak diusirlah dnegan kayu. Maka si Miskin itupun larilah. Ia lalu ke pasar. Mak apabila dilihat oleh orang pasar itu si Miskin datang, maka masing-masing pun datang ada yang melempari dengan batu, ada yang memalu dengan kayu. Maka si Miskin itupun larilah tungng langgang.

Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu


3. Jika kita bandingkan alur cerita antara cerpen dan hikayat, kita akan menemukan beberapa hal :
a. Pada cerpen, alur ceritanya tidak terlalu rapat, sebalknya pada hikayat si Miskin, kita akan menemukan rangkaian peristiwa yang digambarkan dengan sangat detail dan berurutan.

Bacalah Kembali Cerpen Tukang Pijat Keliling. Tuliskan Alur Ceritanya

Kunci jawaban dari Tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 140 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan tugas tentang alur cerita.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1

Petunjuk:
1. Bacalah kembali cerpen Tukang Pijat Keliling. Tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya0 secara singkat
2. Bacalah hikayat berikut ini kemudian tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya) secara singkat
3. Bandingkanlah alur cerpen dan hikayat tersebut

Jawab:

1. Alur cerita cerpen Tukang Pijat Keliling.
a. Tiba-tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh.
b. Setiap malam, dengan membawa minyak urut, dia menyusuri gang-gang di kampung guna menjemput pelanggan.
c. Dia akan berhenti ketika seseorang memanggilnya.
d. Bila hampir malam tandas, Darko kembali ke tempat pemakaman di ujung kampung.
e. Di keranda itulah Darko tidur, memimpikan apa saja.
f. Sudah berhari-hari dia tinggal di sana.
g. Seminggu kemudian orang-orang kampung gusar. Pak Lurah mengumumkan bahwa masjid kampung satu-satunya yang berada di jalan utama, akan segera dipindah ke permukiman berimpitan rumah-rumah warga.
h. Setelah merasa tak ada lagi sesuatu yang harus dikerjakan, Darko permisi. Berjalan kembali menapaki malam yang lengang.
i. Siang hari. Darko selalu duduk-duduk berlama-alama di celah gundukan-gundukan tanah yang berjajar.
j. Malamn itu diam-diam Pak Lurah memanggil Darko ke rumahnya.
k. Sesampainya di sana, kami tidak menjumpai Darko.

2. Alur Cerita Hikayat Si Miskin
3. Perbandingan dari alur cerita cerpen dan hikayat

Tugas Bandingkanlah Nilai yang Terkandung Dalam Kutipan Hikayat dan Cerpen Berikut

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 138 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang nilai yang terkandung dalam kutipan hikayat dan cerpen.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Tugas
Bandingkanlah nilai yang terkandung dalam kutian hikaayat dan cerpen berikut ini

Hikayat
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih,
hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan. Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu siapa
yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah.
Jikalau baginda pun mencari muslihat; ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.

Cerpen

“Memang ngapain sih Mas, ke Madura segala? Lama lagi!” “Diajak survei sama salah satu profesor dan kontraktor, untuk perencanaan bangunan besar di sana, Dik Manis! Sekalian penelitian skripsi Mas….”

Ah, soal bangunan dan penelitian skripsi. Lalu kenapa Mas Gagah bisa berubah jadi aneh gara-gara hal tersebut? Pikirku waktu itu.

“Mas ketemu kiai hebat di Madura,” cerita Mas Gagah antusias. “Namanya Kiai Ghufron! Subhanallah, orangnya sangat bersahaja, santri-santrinya luar biasa! Di sana Mas memakai waktu luang Mas untuk mengaji pada beliau. Dan tiba-tiba dunia jadi lebih benderang!” tambahnya penuh semangat. “Nanti kapan-kapan kita ke sana ya, Git.

Jawab:

Baik pada kutipan hikayat maupun kutipan cerpen, keduanya menampilkan teks yang mengandung nilai religi.

Pada kutipan hikayat, kita bisa membaca bahwa ada kisah tentang orang yang sejuak tujuh tahun ditiahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sementara pada kutipan cerpen, juga terjadi hal yang sama, yakni ketika tokoh yang bernama Mas Gagah memanfaatkan waktu di sela-sela perkerjaan dan penulisan skripsi untuk mengaji.

Tuliskan Ringkasan Urutan Langkah Membuat Batik Tulis pada Teks 1 dengan Bahasamu Sendiri

Soal dan jawaban dari kegiatan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 bab 3 halaman 96. Peserta didik diminta membuat langkah teks prosedur membuat batik tulis dan mencuci tangan dengan bahasa sendiri.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Kegiatan
1) Tulislah ringkasan urutan langkah membuat batik tulis pada teks 1 dengan bahasamu sendiri
2) Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan pada teks 2 dengan bahasamu sendiri !
3) Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam membuat batik tulis! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks
d) Simpulkan saran apa saja yang dikemukakaan penulis agar mencapai hasil maksimal daalam melakukan cuci tangan! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!

Jawab

1) Urutan langkah membuat batik tulis dengan bahasa saya sendiri

Langkah-Langkah Pembuatan Batik Tulis
1. Peganglah kain mori/ Sutra dengan tangan kiri
2. Pada saat yang sama, gambarlah motif di atas kain tersebut dengan menggunakan pensil
3. Setelah motif berhasil digambar, anda harus meleteakkan kain pada gawangan dalam posisi melebar.
4. Gunakan wajan dengan api kecil untuk memanaskan malam/ lilin hingga mencair sempurna. Jagalah suhu kompor/ anglo agar tetap stabil dengan membiarkan api menyala kecil.
5. Gunakan canting untuk mengambil sedikit malam yang sudah cair. Agar tidak telalu panas, tiup-tiupkah sebentar lalu goreskan canting sesuai motif yang sudah digambar sebelumnya. Berhati-hatilah agar malam jangan samapai menetes di atas permukaan kain. Canting khusus pada bagian halus, atau kuas pada bagian berukuran besar. Proses ini memiliki tujuan agar pada saat pencelupan bahan/ kain ke dalam larutan pewarna bagian yang diberi lapisan malam tidak terkena pewarna.
6. Jika semua motif yang tidak akan diberi pewarna tertutup oleh malam/ lilin, lalu celupkan kainnya ke dalam larutan pewarna. Dengan cara ini, bagian yang tidak tertutup kain akan memiliki warna. Usahakan pencelupan dimulai dengan warna-warna muda, kemudian dilanjutkan dengan warna lebih tua atau gelap.
7. Kemudian jemurlah kain yang telah diwarnai sampai benar-benar kering.
8.Selanjutnya, lakukan proses pelorodan yaitu dengan cara mengerik lilin dengan pisau, lalu kain direbus bersama dengan air yang telah diberi soda abu. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan malam sehingga motif yang telah digambar menjadi terlihat jelas.
9. Setelah lilin berhasil dibersihkan, lakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan malam, pewarnaan kedua dan seterunys. Silakan ulangi langkah tersebut seperti proses sebelumnya sebanyak jumlah warna yang dikehendaki.
10. Jika semua proses pewarnaan sudah selesai, kain yang telah dibatik tadi dicelupkan ke campuran air dan sda ash agar warna yang menempel pada batik tidak luntur.
11. Rendam batik dalam ari dingin dan jemurlajh sebelum dapat digunakan dan dipakai.
12. Tentu tidak mudah jika anda baru melakukan pertama kali, namun jika ingin terampil anda harus mengulang berkali-kali dendan didampingi pembatik profesional.


2)

Berpasanganlah untuk Mendiskusikan Perbedaan Ketiga Teks Prosedur Berdasarkan Perbedaan Topik

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 bab 3 halaman 90. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan teks prosedur.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Kegiatan

1) Berpasanganlah untuk mendiskusikan perbedaan ketiga teks prosedur berdasarkan perbedaan topik yang dijelaskan

2) Isikan jawabanmu pada tabel berikut!

3. Simpulkan jenis teks prosedur ditinjau dari hal yang dibicarakan

Jawab:

2. Teks 1 Cara Memainkan Angklung

Memandu orang cara menggunakan atau memainkan alat musik angklung.

Teks 2 Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia

Memandu orang cara membuat obat tradisional insomnia.

Teks 3 Cara Melakukan Gerakan Tari Tor Tor

Memandu orang cara melakukan sebuah kegiatan menari, yaitu Tari Tor Tor.

3. Dilihat dari hal yang dibicarakan, ketiga teks prosedur di atas maka,
Teks 1 termasuk dalam kategori untuk memandu menggunakan/ memainkan suatu alat
teks 2 termasuk untuk memandu cara membuat
teks 3 termasuk teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan (cara menari, cara melakukan senam)

Rabu, 16 Oktober 2019

Carilah Penggunaan Majas yang Sama dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijat Keliling

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia SMA/ SMK/ MA/ MAK kelas 10 Bab 4 halaman 137 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Tugas ini masih tentang hikayat dan cerpen.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Carilah penggunaan majas yang sama dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijit Keliling. Gunakan tabel berikut ini. Kamu boleh menambahkan kolom di bawahnya sesuai dengan kebutuhan. Kerjakan di buku tugasmu


2. Temukan penggunaan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu dan peritiwa dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijat Keliling di atas. Gunakan tabel berikut ini. Kamu boleh menambahkan kolom di bawahnya sesuai dengan kebutuhan.


Jawab:


1.  Penggunaan Majas yang sama dalam Hikayat Bayan Budiman dan Tukang Pijit Keliling
a. Jenis majas: Majas hiperbola
kutipan hikayat: Ia dipinangkan dengan anak saudagar yang kaya, amat elok parasnya, namanya bibi Zainab.
Kutipan cerpen: - Namun keramahannya yang mengalir menambah daya pikat tersendiri.
- Kami sempat menganggap dia adalah pengemis yang diutus kitab suci.
- Setiap hari kami harus menumpahkan tenaga di ladang.

b. Jenis majas: Majas perbandingan
Kutipan hikayat: Karena fitnah di dunia amat besar lagi tajam daripada senjata.
Kutipan cerpen: Kami melihat mata yang bagai selalu ingin memejam, hanya selapis putih yang terlihat

c. Majas retoris:
Kutipan hikayat: Apatah yang dicari oleh segala manusia di dunia ini selain martabat, kesabaran dan kekayaan
kutipan cerpen: Adakah Darko memang sudah mengetahui segala yang akan terjadi?

d. Jenis majas: Personifikasi
kutipan hikayat
kutipan cerpen: - Tentulah kehadiran Darko membuat kampung kami lebih menggeliat, makin bergairah.
-
e. Jenis majas: Majas simile
Kutipan hikayat:
kutipan cerpen: Kakinya bagai digerakkan tanah, dia begitu saja melangkah tanpa bantuan tongkat.

2. Penggunaan konjungsi yang menyatakan hubungan waktu


Kutipan Hikayat Bayan Budiman:
- Tak seberapa lama setelah ia berdoa kepada Tuhan, maka saudagar Mubarok pun beranaklah istrinya seorang anak laki-laki yang diberi nama Khojan Maimun.
Tak seberapa lama = konjungsi urutan waktu

- Setelah umurnya Khojan Maimun lima tahun, maka di serahkan oleh bapaknya mengaji kepada banyak guru sehingga sampai umur Khojan Maimun lima belas tahun.
Setelah = konjungsi urutan kejadian

-  Hatta beberapa lamanya Khojan Maimun beristri itu, ia membeli seekor burung bayan jantan.
Beberapa lamanya = konjungsi urutan waktu

- Maka beberapa di antara itu ia juga membeli seekor tiung betina, lalu di bawanya ke rumah dan ditaruhnya hampir sangkaran bayan juga.
Lalu = konjungsi urutan peristiwa

- Begitulah seterusnya sehingga Khoja Maimun pulang dari pelayarannya.
Seterusnya = konjungsi urutan peristiwa

Kutipan cerpen Tukang Pijat Keliling
- Kemudian kami ketahui, bila malam hampir tandas, Darko kembali ke tempat pemakaman di ujung kampung.
Kemudian = konjungsi urutan 

- Seminggu kemudian orang-orang kampung gusar.
Seminggu kemudian = konjungsi urutan waktu

- Dengan sikap yang tenang dia mulai mengusap telapak tangan Kurit, menatapnya dengan mata terpejam, kemudian berkata; Telapak tangan adalah pertemuan antara kesedihan dan kebahagiaan.
Kemudian = konjungsi urutan peristiwa

- Setelah merasa tak ada lagi sesuatu yang harus dikerjakan, Darko permisi.
Setelah = konjungsi urutan peristiwa

- Kini hampir setiap malam selalu saja ada yang membutuhkan jasanya.
Kini hampir setiap malam = konjungsi urutan waktu

- Tak lama jelang itu, Surtini si perawan tua menerima lamaran seorang duda dari kampung sebelah.
Tak lama jelang itu = konjungsi urutan waktu.