Thursday, October 17, 2019

Tuliskan Ringkasan Urutan Langkah Membuat Batik Tulis pada Teks 1 dengan Bahasamu Sendiri

Loading...
Soal dan jawaban dari kegiatan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 bab 3 halaman 96. Peserta didik diminta membuat langkah teks prosedur membuat batik tulis dan mencuci tangan dengan bahasa sendiri.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Kegiatan
1) Tulislah ringkasan urutan langkah membuat batik tulis pada teks 1 dengan bahasamu sendiri
2) Tulislah ringkasan langkah mencuci tangan pada teks 2 dengan bahasamu sendiri !
3) Simpulkan saran apa saja yang dikemukakan penulis agar mencapai hasil maksimal dalam membuat batik tulis! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks
d) Simpulkan saran apa saja yang dikemukakaan penulis agar mencapai hasil maksimal daalam melakukan cuci tangan! Buktikan jawabanmu dengan kata/ kalimat pada teks!

Jawab

1) Urutan langkah membuat batik tulis dengan bahasa saya sendiri

Langkah-Langkah Pembuatan Batik Tulis
1. Peganglah kain mori/ Sutra dengan tangan kiri
2. Pada saat yang sama, gambarlah motif di atas kain tersebut dengan menggunakan pensil
3. Setelah motif berhasil digambar, anda harus meleteakkan kain pada gawangan dalam posisi melebar.
4. Gunakan wajan dengan api kecil untuk memanaskan malam/ lilin hingga mencair sempurna. Jagalah suhu kompor/ anglo agar tetap stabil dengan membiarkan api menyala kecil.
5. Gunakan canting untuk mengambil sedikit malam yang sudah cair. Agar tidak telalu panas, tiup-tiupkah sebentar lalu goreskan canting sesuai motif yang sudah digambar sebelumnya. Berhati-hatilah agar malam jangan samapai menetes di atas permukaan kain. Canting khusus pada bagian halus, atau kuas pada bagian berukuran besar. Proses ini memiliki tujuan agar pada saat pencelupan bahan/ kain ke dalam larutan pewarna bagian yang diberi lapisan malam tidak terkena pewarna.
6. Jika semua motif yang tidak akan diberi pewarna tertutup oleh malam/ lilin, lalu celupkan kainnya ke dalam larutan pewarna. Dengan cara ini, bagian yang tidak tertutup kain akan memiliki warna. Usahakan pencelupan dimulai dengan warna-warna muda, kemudian dilanjutkan dengan warna lebih tua atau gelap.
7. Kemudian jemurlah kain yang telah diwarnai sampai benar-benar kering.
8.Selanjutnya, lakukan proses pelorodan yaitu dengan cara mengerik lilin dengan pisau, lalu kain direbus bersama dengan air yang telah diberi soda abu. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan malam sehingga motif yang telah digambar menjadi terlihat jelas.
9. Setelah lilin berhasil dibersihkan, lakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan malam, pewarnaan kedua dan seterunys. Silakan ulangi langkah tersebut seperti proses sebelumnya sebanyak jumlah warna yang dikehendaki.
10. Jika semua proses pewarnaan sudah selesai, kain yang telah dibatik tadi dicelupkan ke campuran air dan sda ash agar warna yang menempel pada batik tidak luntur.
11. Rendam batik dalam ari dingin dan jemurlajh sebelum dapat digunakan dan dipakai.
12. Tentu tidak mudah jika anda baru melakukan pertama kali, namun jika ingin terampil anda harus mengulang berkali-kali dendan didampingi pembatik profesional.


2)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon