Tuesday, September 24, 2019

Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas 10 Halaman 156 Jelaskan Bagaimana Peranan Sriwijaya

Kunci jawaban uji kompetensi Sejarah Indonesia kelas 10 bab 2 halaman 56  kurikulum 2013 terbitan kemendikbud edisi revisi 2017. Ada lima pertanyaan yang harus dijawab dengan benar oleh peserta didik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi hal. 128
1. Jelaskan bagaimana peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha!

2. Buatlah peta jaringan perdagangan pada masa Sriwijaya dan masa Majapahit!

3.  Komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada Kepulauan Indonesia? Bandingkan dengan perdagangan saat ini, komoditas apakah yang diminati dalam perdagangan Indonesia?

4. Carilah pelabuhan yang terdekat dengan kota yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu. Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang pelabuhan itu?

5.  Pada masa pembahasan ini kita telah membahas tentang peran laut pada masa Hindu-Buddha. Apa pendapatmu tentang peran laut pada saat ini bagi negara Indonesia ? Buatlah dalam bentuk esai sekitar 3-4 halaman.

Jawab: 

1. Baik kerajaan Sriwijaya maupun Kerajaan Majapahit, keduanya merupakan kerajaan besar yang memiliki pengaruh dalam berbagai bidang di nusantara pada masanya. Kerajaan yang disebut pertama merupakan kerajaan dengan agama Buddha sebagai agama kerajaan. Sementara kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha. Wilayah Kerajaan Sriwijaya mencakup pulau-pulau di nusantara dan pulau-pulau lain. Begitupun Kerajaan Majapahit. Dengan kebesarannya, kedua kerajaan telah menyatukan pulau-pulau di nusantara baik melalui agama, perdagangan, ekonomi dan politik.

2. Peta jaringan perdagangan Kerajaan Sriwijaya

Peta jaringan perdagangan majapahit



3. Komoditas penting yang menarik bagi kaum pedagang ialah rempah-rempah, seperti kayu manis, cengkih dan pala. Hal ini yang membuat kaum pedagang berdatangan ke pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kepulauan Indonesia. Sedangkan pada masa kini, komoditas yang menarik bagi para pedagang dari luar negeri untuk mendatangi pelabuhan di Indonesia ialah komoditas kelapa sawit yang ada dan dibududayakan di Pekanbaru, Riau. Selain kelapa sawit, yang menjadi komoditas penting bagi Indonesia ialah kakao.

4. Pelabuhan Tanjung Mas. Pelabuhan ini terletak di kota Semarang. Pelabuhan ini cukup ramai mengingat pelabuhan ini terhubung dengan pulau-pulau seperti Pulau Kkalimantan, Pulau Sumatera dan banyak juga kapal pesiar dari berbagai negara yang singgah di pelabuhan ini.

5. Peran laut bagi Negara Indonesia pada masa kini, antara lain:

*) Sarana Transportasi
Laut bagi bangsa Indonesia bukanlah sebagai pemisah melainkan sebagai pemersatu bangsa. Melalui jalur laut lah, bangsa Indonesia bertransportasi ke luar pulau. Melalui jalur laut juga, sebagian besar keperluan bangsa Indonesia diangkut. Oleh karena itu, laut benar-benar menjadi sarana transportasi bagi Negara Indonesia.

*) Sumber Pangan
Laut Indonesia juga berfungsi sebagai sumber pangan terutama protein hewani dalam bentuk ikan dan hasil laut lainnya. Bangsa Indonesia mampu mengekspor ikan dan hasil-hasil laut lainnya ke mancanegara. Indonesia juga berhasil dalam mengembangkan usaha perikanan, baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor.

*) Pertambangan
Laut juga termasuk wilayah pertambangan yang sangat potensional bagi bangsa Indonesia. Salah satu hasil tambang terpenting yang dihasilkan dari laut Indonesia ialah minyak bumi dan gas bumi yang sudah diekspor ke mancanegara.

*) Rekreasi dan Pariwisata
Sebagai sebuah negara tropis, panorama laut Indonesia sangat luar biasa indah dan dapat dijadikan pusat wisata bahari sehingga dapat menambah devisa negara. Contohnya saja Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara dan Wakatobi di Sulawesi Tengah.

*) Bahan Baku Obat-Obatan
Laut juga sangat terkenal dengan kekayaan alam nabati maupun hewani yang dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan obat-obatan herbal. Ekstrak dari berbagai jenis tumbuhan dan hewan itu sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, baik untuk mengobati maupun mencegah berbagai macam penyakit.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon