Jumat, 26 Mei 2017

Cara Mudah Generate Prefill Rapor Dapodik Versi 2017.c

Sebelum menggenerate prefil rapor dapodik, pastikan bapak ibuk telah menginstall updater Dapodik Versi 2017 c. Generate prefill rapor dapodik adalah langkah pertama yang harus bapak ibuk lakukan setelah menginstall dapodik versi 2017c di laptop. Prefill yang dimaksud bukanlah prefill dapodik melainkan hanya prefill rapor dapodik (jangan sampai keliru mengunduh). Langkah ini sangat penting dalam proses penginputan nilai. Untuk itu jangan sampai langkah ini terlewatkan.

Data prefill sangat diperlukan karena berfungsi untuk mengambil data rombel, anggota rombel, pembelajaran di semester sebelumnya, agar proses persiapan input nilai berjalan dengan baik.

Berikut ini merupakan cara untuk menggenerate prefill rapor dapodik.

1. Untuk mengunduh, silakan kunjungi link berikut ini dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan


2. Bapak Ibuk akan disuguhi menu dua link alternatif untuk unduh prefill rapornya. Pilih salah satu link yang tersedia untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.


3. Silakan pilih jenjang sesuai sekolah anda yang akan digunakan dan sesuai dengan aplikasi dapodik saat ini. Masukan username, password dan kode registrasi sesuai dengan account dapodiknya. Jika tidak bisa melakukan generate prefill silahkan laporkan ke dinas untuk masalah account yang betul. Setelah selesai proses generate maka akan muncul jendela download.

4.Setelah muncul jendela tampilan download silahkan klik tombol (download) untk mengunduh prefillnya. Tunggu proses unduh selesai dan pastikan ukuran unduhan prefill tersebut bukan ( 1 KB ), jika muncul ukuran yang unduh 1kb maka dipastikan unduhan gagal, silahkan unduh ulang prefillnya.


5. Pastikan sudah betul unduhan yang dilakukan prefill unduhan berextensi (.rpr), jika sudah betul maka akan masuk ke tahap selanjutnya, salin prefill nilai rapor yang sudah terunduh ke folder C:\prefill_dapodik.



6. Setelah di copy ke folder tersebut maka langkah selanjutnya login ke aplikasi dapodik, dan pilih menu pengaturan lalu akan terlihat fitur Data Prefill Rapor. klik prefill rapor dan lakukan konfirmasi di prefill rapor.


8. Muncul jendela konfirmasi data prefill rapor. Di jendela tersebut bapak/ibu akan konfirmasi account seperti awal akan unduh prefill. Masukan kode registarasi, username dan password. Setelah selesai klik tombol masukan data. Tunggu proses selesai sampai muncul pemberitahuan/informasi registrasi selesai.

9.Notifikasi tersebut menunjukkan bahwa proses konfirmasi data prefill rapor sudah selesai dilakukan. Selanjutnya, bapak ibuk harus melanjutkan pada langkah-langkah di bawah ini

1. Mengatur Akun Guru Mata Pelajaran/ Wali Kelas
2. Mengatur Mata Evaluasi


EmoticonEmoticon