Rabu, 24 Mei 2017

Cara Tercepat Import Nilai Rapor pada Dapodik 2017 c

Menginput nilai rapor ke dalam dapodik akan menjadi sangat melelahkan apabila tidak menggunakan fasilitas tombol Ekspor dan Impor, sampaikan jempol dua untuk programmer dapodik versi 2017c dan seluruh timnya . Untuk itu pada artikel kali ini saya akan membagi tutorial berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam menginput nilai rapor ke dalam dapodik dengan menggunakan tombol ekspor impor yang ada dalam dapodik.

Cara untuk ekspor dan impor sebenarnya sangat simpel dan cenderung mudah. Pada artikel kali ini akan saya bagi menjadi dua bab. Bab yang pertama tentang bagaimana cara mengekspor file excel kosong, sementara bab yang kedua tentang bagaimana cara mengimpor file excel hasil ekspor yang sudah diisi.

Akan tetapi, sebelum mengekspor dan impor,  bapak ibuk harus sudah melakukan tugas-tugas sebagai operator dengan melakukan beberapa tahap di bawah ini.

1. Sudah menginstall Dapodik versi 2017 c
2. Sudah menggenerate prefill dapodik
3. Bapak Ibuk harus sudah membuatkan akun pada PTK/ Guru yang mengajar di kelas/ Guru bidang studi.
4. Bapak ibu juga harus sudah mengisi mata pelajaran Evaluasi dan mengurutkannya


Tugas menginput nilai ini sebenarnya adalah tugas guru mata pelajaran/ wali kelas. Untuk pembagian tugas antara operator dan guru mata pelajaran/ wali kelas, bapak ibuk bisa baca terlebih dahulu artikel berjudul Peran dan Prosedur Pengisian nilai Rapor dan nilai US/ USBN pada Dapodik versi 2017 c

Namun, jika bapak ibuk sudah diberi wewenang oleh Kepala Sekolah untuk membantu guru yang bersangkutan dan bapak ibuk juga sudah melakukan keempat hal di atas, sekarang tinggal menginput nilai rapor ke dalam dapodik dengan menggunakan menu ekspor impor.

Cara Ekspor File Excel Nilai Rapor


Cara untuk mengekspor sangat mudah. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Silakan login ke dalam aplikasi dapodik, bisa melalui akun operator maupun akun PTK/ Guru Mapel/ Wali Kelas. Sesuai dengan petunjuk, lebih baik menggunakan akun PTK.


2. Setelah login, klik Menu  (1)Nilai -> (2)Rapor-> (3) Pilih tahun ajaran dan semester ganjil/ genap -> (4) kemudian pilih kelas-> (5) Klik dua kali pada salah satu mata pelajaran evaluasi. lihat gambar di bawah ini.




3. Pada sisi sebelah kanan (Nilai Rapor KTSP dst ), silakan klik (1)Ekspor dan Impor -> (2) Unduh Format Excel untuk Import.



4. Silakan cek pada folder downloads,




5. Setelah itu silakan buka dengan mirosoft excel, silakan isi KKM dan Nilai Rapor pada kolom yang sudah disediakan, berdasarkan nilai rapor yang sebelumnya sudah ditulis oleh Wali Kelas,




8. Proses ekspor sudah selesai


Cara Impor File Excel Nilai Rapor


Untuk langkah pertama hingga langkah ke-2 sama persis, sekarang tinggal melanjutkan ke langkah selanjutnya.
3. Pada sisi sebelah kanan (Nilai Rapor KTSP dst ), Silakan klik (1)Ekspor dan Impor -> (2) Impor dari Excel.

4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
5. Silakan pilih file yang ingin diimpor

6. Kemudian, silakan klik impor, hasilnya akan seperti ini




7.  Jika kolom KKM dan Nilai pada dapodik yang semula kosong sudah terisi, berarti proses upload/ impor nilai rapor sudah berhasil.


8. Untuk memastikannya, bapak ibuk bisa klik Unduh Rekapitulasi.


9. Proses Impor sudah selesai


Demikianlah tutorial singkat ,bagaimana cara ekspor impor file nilai rapor ke dalam aplikasi dapodik versi 2017 c. Mudah-mudahan bermanfaat.


EmoticonEmoticon