Rabu, 18 November 2020

Uji Kompetensi Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK halaman 234 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik harus mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Jelaskan latar belakang berdirinya Kerajaan Demak

2. Bagaimana proses berdirinya kerajaan Mataram?

3. Gambarkan skema struktur birokrasi Pemerintahan Kerajaan mataram!

3. Diskusikan dan buat tulisan ringkas tentang kejatuhan kerajaan Banten ke tangan VOC (3-6) halaman !

5. Tuliskan biografi singkat Sultan Ageng Tirtayasa!

6. Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang Perjanjian Bongaya di Sulawesi!

7. Dari nana-nama kerajaan di Sulawesi, kamu pilih salah satu dan berikan penjelasan tentang singkat tentangkerajaan tersebut, misalnya kapan berdiri, siapa rajanya, pernahkah berperang melawan Belanda dan sebagainya.

8. Jelaskan proses Islamisasi di Maluku

9. Ceiritakan secara singkat tebtabg Sultan Baabullah

10. Ceritakan hubungan antara kerajaan Ternate dan dengan tokoh-tokoh Ulama dari Gresik

11. Buatlah peta dunia(kamu dapat memfotokopi pada atlas) kemudian gambarkan pelabuhan-pelabuhan yang pada masa Islam digunakan sebagai bandar-bandar -perdagangan dan berperan dalam penyebaran Islam di Indonesia

12. Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Nilai apa saja yang sekira dapat kamu amalkan.

Uji Kompetensi Buatlah Peta Sumatera, Kemudian Gambarkan Sebaran Letak Kerajaan-Kerajaan

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Buatlah peta Sumatera. Kemudian gambarkan sebaran letak kerajaan-kerajaan pada peta tersebut! Kerjakan dalam kelompok!

Jawab


1.kesultanan perlak

2.kesultanan samudra pasai

3.keultanan aceh

4.kesultananan lamuri

5.kesultanan pagaruyung

6.kesultanan indrapura

7.kesultanan siguntur


Uji Kompetensi Berdasarkan Berita Tome Pires Buatlah Peta Jalur Perdagangan

Soal dan jawaban dari uji kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 bab 3 halaman 183. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal
Uji Kompetensi

1. Berdasarkan berita Tome Pires, buatlah peta jalur perdagangan di bagian timur Kepulauan Indonesia !
2. Jelaskan dan buatlah peta jalur perdagangan alternatif setelah malaka jatuh ke tangan Portugis tahun 1511
3. Menurut kamu mengapa para pedagang waktu itu memilih jalur perairan atau laut?

Jawab


1. 

2. 
3. Karena saat itu jalur laut lebih aman dan cepat dibandingkan dengan jalur darat.

Minggu, 15 November 2020

Tugas Kelompok 5.2 Carilah Informasi Tentang Tokoh Bangsa/ Tokoh Masyarakat

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 9 Bab 5 halaman 142. Peserta didik diminta mengerjakan tugas kelompok dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Soal

Tugas 5.2

1. Carilah informasi tentang tokoh bangsa/tokoh masyarakat yang berperan sebagai mediator dalam penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender melalui koran, majalah, buku perpustakaan internet, atau melakukan wawancara dengan tokoh tersebut.

2. Buatlah laporan biografi perjalanan hidupnya dalam upaya menyelesaikan masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender.

3. Presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru.

Jawab :

1. Tokoh masyarakat yang berperan sebagai mediator dalam penyelesaian masalah sosal budaya, ekonomi, dan gender adalah bapak Haji Jusuf Kalla.

2. Beliau menyelesaikan konflik yang terjadi di Poso


Tugas Kelompok 5.1 Identifikasilah Faktor Penyebab dan Akibatnya dari Permasalahan

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 9 bab 5 halaman 136. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas Kelompok 5.1

Identifikasilah faktor penyebab dan akibatnya dari permasalahan dalam aspek sosial budaya, ekonomi, dan gender. Tuliskan dalam tabel berikut!



Jawab

1. Aspek: Sosial

Masalah: Menjamurnya Anak jalanan

Faktor penyebab: Lingkungan keluarga yang tidak disukai anak-anak

Akibat: Melarikan diri dari rumah dan menjadi anak jalanan


2. Aspek: Budaya

Masalah: Pergaulan bebas

Faktor penyebab: masuknya kebudayaan dari berbagai negara tanpa terkontrol

Akibat: Punahnya budaya dan identitas lokal, hilangnya sopan santun.


3. Aspek: Ekonomi

Masalah: Kemiskinan

Faktor penyebab: ketidakmampuan menghidupi diri sendiri, tidak memiliki pekerjaan

Akibat: Perbuatan kriminal, 


4. Aspek: Gender

Masalah: Perempuan masih dianggap lemah dan dipinggirkan

Faktor penyebab: Budaya masa lalu

Akibat: Perempuan kurang mendapat peran di masyarakat.

Tugas Mandiri 5.3 Identifikasilah Profesi Anggota Keluargamu

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PPKn Kelas 9 SMP/ MTs bab 5 halaman 127. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tabel 5.3

 Identifikasilah profesi anggota keluargamu, uraikanlah bagaimana tugas dan peran dari pekerjaan tersebut dalam tabel!


Jawab:

1. Pak Suroto

Hubungan Keluarga: Ayah

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Profesi: Guru SD

Tugas/ Peran: Mendidik peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter baik.


2. Ibu Nina Sukmawati

Hubungan Keluarga: Ibu

Jenis Kelamin: Perempuan

Profesi: Guru SD

Tugas/ Peran: Mendidik peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter baik 


3. Rajendra Putra Perkasa

Hubungan Keluarga: Kakak

Jenis Kelamin: Laki-laki

Profesi: Karyawan perbankan

Tugas/ Peran: melayani kebutuhan masyarakat terutama kebutuhan uang.

Tugas Mandiri 5.2 Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggal

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PPKn Kelas 9 Bab 5 kurikulum 2013 halaman 125. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas Mandiri 5.2

Identifikasilah bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalmu dengan melengkapi tabel di bawah ini!


Jawab:

1. Pasar tradisional, merupakan bentuk kegiatan dimana barang-barang yang diperdagangkan merupakan barang seperti ternak, hasil bumi dan lain-lain, juga terdapat proses jual beli yang dilakukan tawar-menawar. Ada beberapa pasar tradisional yang buka pada hari-hari tertentu.

2. Pasar modern, merupakan bentuk kegiatan ekonomi di mana bangunannya identik dengan bangunan gedung mewah dan nyaman. Barang yang dijual biasanya barang-barang modern. Di pasar modern tidak terdapat proses tawar-menawar di dalamnya.

3. Perbankan, merupakan bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan menghimpun dana dari masyarakat di bank melalui simpan dan pinjam.

4. Produksi pertanian, bentuk kegiatan ekonomi yang berdasarkan prinsip-prinsip pilihan diterapkan pada modal, tenaga kerja dan manajemen produksi atau industri pertanian.

5. Pengrajin, meruapakan bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan membuat suatu kerjajinan yang memiliki nilai keindahan yang tinggi.

6. Produksi peternakan, merupakan bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara  memelihara hewan dan mengambil hasilnya dengan  cara dijual ke konsumen.

7. Industri, merupakan bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah manjadi barang yang memilikinilai ekonomi yang tinggi.

Sabtu, 14 November 2020

Tugas Mandiri 5.1. Identifikasilah Keadaan Sosial Budaya yang Terdapat di Lingkungan

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PPKn Kelas 9 SMP/MTs bab 5 halaman 123 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas Mandiri 5.1.

Identifikasilah keadaan sosial budaya yang terdapat di lingkungan tempat tinggal kalian dengan melengkapi tabel di bawah ini!

Jawab:

Sila tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Mata Pencaharian : Petani, pedagang, buruh, karyawan swasta, pegawai negeri, wiraswasta

2. Jabatan/Kedudukan: Ketua RT, Ketua RW

3. Penganut Agama:  Islam, Kristen

4. Suku Bangsa: Jawa, Sumatera

5. Organisasi masyarakat: RT, RW, Posyandu

6. Adat istiadat : mauludan, megengan, sedekah bumi

Jumat, 13 November 2020

Uji Kompetensi 5.2 Jawablah Pertanyaan di Bawah ini Dengan Benar

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PPKn Kelas 7 SMP/ MTs bab 5 halaman 135. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi 5.2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apa pengertian gotong royong?

2. Apa arti penting kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan?

3. Apa saja sifat-sifat yang harus dihindari dalam melakukan kerja sama?

4. Tuliskan nama-nama lain gotong royong dalam berbagai daerah di Indonesia!

5. Mengapa sifat kerja sama telah lama berakar dalam budaya masyarakat Indonesia?


Jawab


Sila tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan.

2. Arti penting kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan :

a. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

b. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan.

c. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.

d. Menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat di selesaikan.

e. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja.


3. Sifat yang harus dihindari antara lain :

a. Sikap fanatik sempit, yaitu sifat yang merasa diri sendiri paling benar.

b. Sikap individualis, yaitu sifat yang lebih mendahulukan kepentingan sendiri.

c. Sikap eksklusivisme, yaitu sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama, dan bahasa daerah.

d. Sikap primordialisme, yaitu perasaan kesukuan yang berlebihan.


4. Nama lain gotong royong :

a. Gugur gunung (Jawa dan DIY)

b. Sambatan (Jawa )

c. Ngayah  (Bali)

d. Pawoda

e. Song Osong Lombung (Madura)


5. Karena pada masa lalu, masyarakat Indonesia sudah mengenal tradisi bekerja sama.

Kamis, 12 November 2020

Uji Kompetensi 5.1 Pkn Kelas 7 SMP

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 halaman 134. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Uji Kompetensi 5.1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apa pengertian kerja sama?

2. Mengapa manusia harus melakukan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya?

3. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan sekolah!

4. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan masyarakat!

5. Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan berbangsa dan bernegara!

Jawab:

1. Pengertian kerjasama menurut saya adalah merupakan bentuk kegiatan atau aktifitas yang dilakukan bersama-sama dengan tujuan yang sama pula.

2. Karena manusia tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya sendiri tanpa bantuan orang.

3. Contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan sekolah :

a. Kerja sama mengerjakan tugas kelompok dari guru
b. Kerja sama menjadi petugas pengibar bendera merah putih
c. Kerja sama membersihkan lingkungan sekolah.

4. Contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan masyarakat !

a. Kerja sama saat tetangga ada kegiatan misalnya upacara pernikahan
b. Kerja sama membangun jalan
c. Kerja sama menjaga keamanan (siskamling)

5. Contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan berbangsa dan bernegara
a. Mengikuti pemilu dentan tertib dan lancar
b. Membayar pajak
c. Menaati hukum yang berlaku di negara Indonesia.