Minggu, 15 November 2020

Tugas Mandiri 5.2 Identifikasilah Bentuk Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Tempat Tinggal

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PPKn Kelas 9 Bab 5 kurikulum 2013 halaman 125. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas Mandiri 5.2

Identifikasilah bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalmu dengan melengkapi tabel di bawah ini!


Jawab:

1. Pasar tradisional, merupakan bentuk kegiatan dimana barang-barang yang diperdagangkan merupakan barang seperti ternak, hasil bumi dan lain-lain, juga terdapat proses jual beli yang dilakukan tawar-menawar. Ada beberapa pasar tradisional yang buka pada hari-hari tertentu.

2. Pasar modern, merupakan bentuk kegiatan ekonomi di mana bangunannya identik dengan bangunan gedung mewah dan nyaman. Barang yang dijual biasanya barang-barang modern. Di pasar modern tidak terdapat proses tawar-menawar di dalamnya.

3. Perbankan, merupakan bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan menghimpun dana dari masyarakat di bank melalui simpan dan pinjam.

4. Produksi pertanian, bentuk kegiatan ekonomi yang berdasarkan prinsip-prinsip pilihan diterapkan pada modal, tenaga kerja dan manajemen produksi atau industri pertanian.

5. Pengrajin, meruapakan bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan membuat suatu kerjajinan yang memiliki nilai keindahan yang tinggi.

6. Produksi peternakan, merupakan bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara  memelihara hewan dan mengambil hasilnya dengan  cara dijual ke konsumen.

7. Industri, merupakan bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah manjadi barang yang memilikinilai ekonomi yang tinggi.

Artikel Terkait