Selasa, 13 Agustus 2019

Berkelompoklah dan Diskusikanlah Struktur Teks Tentang Sikap Berbahasa Para Siswa

Soal dan jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 11 SMA/ SMK/MA/ MAK bab 2 halaman 94. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal di bawah ini tentang Tesis, rangkaian argumen dan penegasannya.



Soal:

Tugas

1.
 a. Berkelompoklah dan diskusikanlah struktur teks tentang sikap berbahasa para siswa
b. Jelaskanlah bagian yang merupakan tesis, rangkaian argumen, dan penegasannya.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau baca tulisan di bawah ini

a. Tesis
Isi teks: Saudara-saudara yang baik hati, sauatu ketika saya melihat beberapa orang siswa asyik berjalan di depan kelas dengan langkahnya yang cukup membuat orang di sekitarnya merasa bising. Terdengar percakapan di antara mereka yang kira-kira begini,"Punya gua kemarin hilan." Terdengar pula sahutan salah seorang mereka,"Lho, kalau punya gua, sama elu kemanain?"
Tak menyangka, salah seorang siswa di samping saya juga memperhatikan percakapan mereka. Ia kemudian nyeletuk,"Gua apa" Gua Selarong atau Gua Jepang?"
Beberapa siswa yang mendengarnya tertawa kecil. Di antara meeka ada yang berbisik, "Serasa di Terminal Kampung Rambutan, ye..?"

(Paragraf 1 -3)

Penjelasan: Penulis artikel menyusun pendahuluan dengan berdasarkan pengalaman pribadi yang ia peroleh dari peristiwa yang terjadi sebelumnya.
b. Rangkaian Argumen

Isi teks: Peristiwa tersebut menggambarkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut. Kelompok pertama adalah mereka yang kurang memikiki kepedulian terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar., Hal itu tanmpak pada ragam bahasa yang mereka gunakan yang menurut sindiran kelompok kedua sebagai ragam bahasa Kampung rambutan. Bahasanya orang-orang Betawi.

dst
(Paragraf 4 -11)

Penjelasan: Rangkaian argumen disusun dengan baik oleh penulis. Ia memaparkan fakta dan contoh-contoh yang memperkuat argumennya tentang lemahnya kebiasaan berbahasa siswa. Selain itu ia juga memaparkan penyebab mengapa para siswa cenderung enggan berbahasa baku dan benar.  Yakni pada paragraf 8, Ragam bahasa Indonesia ragam baku mereka anggap kurang asyik dibandingkan dengan bahasa gaul, lebih-lebih dengan bahasa asing, baik itu dalam pergaulan ataupun ketika mereka sudah masuk dunia kerja.

c.Penegasan (kembali)
Isi teks: Hadirin yang berbahagia, kalangan terpelajar dengan julukan hebatnya sebagai tulang punggung negara, harapan masa depan bangsa seharusnya tidak larut dengan kebiasaan seperti itu. Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.

dst
paragraf (12 - 15)

Penjelasan: Para bagian akhir artikel yakni bagian penjelasan, penulis menyampaikan saran agar para siswa menjadi kelompok tersendiri yang menguasai kecerdasan berbahasa yang lebih baik dibanding mereka yang tidak sekolah.

Senin, 12 Agustus 2019

Kegiatan 2 Menyimpulkan Struktur Isi Struktur Berikut sesuai Isi Cerpen Pohon Keramat

Soal dan jawaban dari kegiatan 2 Menyimpulkan struktur dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 9 Bab 3 halaman 75. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang berkaitan dengan stuktur cerpen.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 2 Menyimpulkan Struktur

Isi struktur berikut sesuai isi cerpen "Pohon Keramat"

Jawab:

Orientasi: paragraf 1-3
Rangkaian Peristiwa: paragraf 4 - 13
Komplikasi: 14 - 31
Resolusi: 32

Kegiatan 3 Pertanyaan dan Telaah Struktur dan Isi Cerpen Pohon Keramat

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3 dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 8 SMP/ MTs terbitan kemendikbud halaman 76. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang struktur dan isi cerpen pohon keramat.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 3 pertanyaan telaah struktur dan isi Cerpen

1. Bagaimana pendapatmu dengan alur (plot) cerpen "Pohon Keramat". mudah diikuti atau aliran cerita tersendat-sendat? mengapa?
2. Cerpen pohon keramat memberi pelajaran yang serius. Dapatkah kamu menangkap pesan itu ?
3. Apa yang dimaksud dengan ucapan tokoh kakek berikut: "Semakin banyak kebutuhan hidup, dan semakin banyak orang yang merasa pintar. Akan tetapi, orang-orang pintar itu tidak tahu tentang kebijaksanaan. Mereka tidak sadar bahwa sebagian besar manusia yang ada di dunia ini adalah yang ada di bawah standar kepintaran. Kisah Mbah Jayaksati masih diperlukan untuk melindungi Gunung Beser.

Jawab:

1. Alur plot cerpen pohon keramat memang mudah diikuti karena terdapat orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi dan resolusi tersusun dengan runtut.
2. Betul sekali cerpen keramat memberi pelajaran bagi kita semua bahwa sangat penting menjaga keseimbangan alam. Apabila keseimbangan alam goyah karena pembangunan yang tidak memperhitungkan keseimbangan, terjadilah bencana alam seperti kekeringan pada waktu kemarau dan banjir pada waktu musim penghujan.
3. Ucapan tokoh kakek bisa kita artikan bahwa kepandaian tanpa disertai kebijakan hati nurani terhadap alam, hanya akan melahirkan kerusakan.

Setelah Kamu Membaca Cerpen Pohon Keramat, Simpulkan Unsur Cerpen

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 8 SMP/ Mts terbitan kemendikbud halaman 60- 62.


Agar lebih jelas, sila perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Setelah kamu membaca cerpen "Pohon keramat", simpulkan unsur cerpen dengan mengisi kotak yang disediakan.

Jawab:

Unsur: Latar tempat
Simpulan dan bukti: Gunung Beser
Kutipan cerpen: Di sebelah barat kampung ada gunung yang tidak begitu besar. Disebut gunung barangkali tidak tepat karena areanya terlalu kecil. Lebih tepatnya disebut bukit, Tapi penduduk kanpung, sejak dulu sampai sekarang, menyebutnya dengan Gunung Beser.


Unsur: Latar waktu:
Simpulan dan bukti: Saat pendudukan Belanda
Kutipan cerpen: Saat pendudukan Belanda, di kampung saya ada seorang tokoh yang melawan Belanda dan berjuang sendirian tanpa pasukan. Orang tersebut bernama Jayasakti. Tentu saja tokoh ini menjadi incaran Belanda untuk ditangkap an dipenjarakan. Jayasakti lari dari kampung Ke Gunung Beser dan bersembunyi agar Belanda tidak emnimpakan kemarahan kepada masyarakat kampungnya.

Unsur: Latar sudut pandang penceritaan
Simpulan dan bukti: Saya
Kutipan cerpen: Saat pendudukan Belanda, di kampung saya ada seorang tokoh yang melawan Belanda dan berjuang sendirian tanpa pasukan.

Unsur: Karakter (tokoh)
Simpulan dan bukti: Saya, Kakek, Mbah Jayasakti, Kang Hasim
Kutipan cerpen:
- Orang tersebut bernama Jayasakti,
- Sejak saya ingat, cerita yang diketahui seluruh penduduk kampung yang juga meliputi kharisma Gunung Beser.
- Mereka menghormati perjuangan yang pernah dilakukan Mbah Jayasakti
- Sejak umur 5 tahun saya sering tidur bersama kakek.
- Kakek awalnya mengajar, tapi akhrnya diteruskan oleh Kang Hasim.

Unsur: Alur/plot/struktur
SImpulan dan bukti: Orientasi, Rangkaian peristiwa, komplikasi dan Resolusi
Kutipan cerpen:
Orientasi: paragraf 1 - 3
Rangkaian peristiwa: 4-13
komplikasi: 14- 31
resolusi: 32

Tugas Lengkapilah Kalimat-Kalimat Majemuk di Bawah Ini dengan Kata Penghubung

Soal dan jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ MA/ SMK/ MAK Bab 2 halaman 91. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas tentang kalimat majemuk.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal !
Tugas 1
1. Lengkapilah kalimat-kalimat majemuk di bawah ini dengan kata penghubung yang tepat ?
a. Kak Agus memberi minuman pada seorang kakek....sedang duduk di bawah pohon rambutan itu.
b. Mereka memperkirakan....... hari ini akan hujan dengan sangat lebat.
c. Dia mengatakan tidak punya uang...saya tahu bahwa dia itu baru gajian.
d. Minggu depan ibu ingin berwisata ke Jakarta...kami ingin ke Yogyakarta.
e. Bu Marini akan memberi tahu suaminya...meneleponnya nanti malam.


2. Berdiskusilah dalam kelompok ! Temukanlah contoh-contoh kalimat majemuk dalam salah satu teks ceramah di atas. Jelaskan pula jenis dari kalimat-kalimat majemuk tersebut

Jawab

Silakan tonton video ini




Atau silakan baca tulisan di bawah ini

1. a. yang
b. bahwa
c. padahal
d. sedangkan
e. dengan

2.  Topik ceramah
Keterampilan berbahasa

Contoh kalimat Kalimat Majemuk bertingkat:
a. Suatu ketika saya melihat beberapa orang siswa asyik berjalan di depan sebuah kelas dengan langkahnya yang cukup membuat orang di sekitarnya merasa bising.
Jenis kalimat: kalimat majemuk hubungan cara

b. Peristiwa tersebut menggambarkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut.
Jenis kalimat: kalimat majemuk hubungan penjelasan. Kalimat majemuk hubungan atributif

c. Hal ini tampak pada ragam bahasa yang mereka gunakan yang menurut sindiran siswa kelompok kedua sebagai ragam bahasa Kampung Rambutan.
Jenis kalimat: Kalimat majemuk hubungan atributif

d. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia sendiri di mata mereka.
jenis kalimat: kalimat majemuk hubungan akibat

e. Kelompok pertama adalah mereka yang kurang memikiki kepedulian terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar.
jenis kalimat: kaliamt majemuk hubungan atributif.

Tugas Kerjakanlah Latihan Berikut Sesuai dengan Instruksinya, Tandailah Bagian Penting dari Teks

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 3 halaman 85. Peserta didik diminta untuk mengerjakan latihan tentang bagian-bagian penting dalam sebuah teks.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Tugas
1. Kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan instruksinya !
a. Bacalah teks di bawah ini dengan baik.
b. Secara berkelompok, tandailah bagian-bagian penting dari teks tersebut
c. Buatlah simpulan tentang isi teks itu secara berurutan !

Jawab:

Silakan lihat video jawaban di bawah ini



atau perhatikan jawaban di bawah ini

b. Bagian penting tiap paragraf dari teks tersebut antara lain

1.  "Punya gua kemarin hilang". "Lho, kalau punya gua, sama elu kemanain?
2. "Gua apa: Gua Selaraong atau Gua Jepang"
3.  "Serasa di Terminal Kampung rambutan"
4. Ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut.
5. Kelompok siswa kedua memiliki sikap kritis terhadap kaidah penggunaan bahasa temannya.
6. Sekolah saya itu masih memiliki kelompok siswa yang pedulu terhadap penggunaan bahasa Indoensia yang baik dan benar.
7. Kekurangwibawaan Bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka.
8. Ragam bahasa Indonesia ragam baku mereka anggap kurang asyik dibandingkan dengan bahasa gaul.
9. Dalam kehidupan masyarakat umum pun, kinerja bahasa Indonesia memang menunjukkan kondisi yang semakin tidak menggembirakan.
10. Pejabat tersebut tampaknya merasa dirinya lebih hebat dengan menggunakan kata content daripada kata isi.
11.Penggunaan bahasa yang acak-acakan juga banyak dipelopori oleh kalangan pebisnis.
12. Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.
13. Intensitas para siswa dalam memahami literatur-literatur ilmiah sesungguhnya merupakan sarana efektif dalam mengakrabi ragam bahasa baku.
14. Ragam bahasa elu-gue, oh-yes,..oh no yang bisa jadi akan lebih banyak mewarnai.

c. simpulan

Di lingkungan sekolah, jika diperhatikan dengan seksama ada dua kelompok siswa yang berbeda dalam hal ragam bahasa. Kelompok pertama, berbahasa dengan benar sesuai PUEBI. Kelompok kedua, berbahasa sesuai selera, yang berarti tidak sesuai kaidah PUEBI. Mirisnya, kelompok kedua lebih banyak dibanding kelompok pertama. Hal ini bisa terjadi karena rendahnya kepedulian para tokoh bangsa terhadap kedisiplinan berbahasa. Banyak dari mereka muncul di media dengan menggunakan bahasa yang kadang keminggris dan sebagainya. Untuk itu, cara agar para pelajar bisa berbahasa dengan benar adalah dengan membiasakan mereka membaca literatur-literatur ilmiah.

Manakah Informasi yang Berkaitan dengan Masalah Bahasa

Soal dan jawaban dari tugas Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 3 halaman 82. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel berdasarkan perintah yang sudah ditetapkan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Manakah Informasi yang berkaitan dengan masalah bahasa ? Kembangkan jawabanmu pada buku kerjamu.

a. Kesantunan itu penting untuk diperhatikan dalam berbagai kesempatan
b. Setiap budaya memiliki pola berinteraksi yang cenderung berbeda-beda
c. Dalam ekspresi seseorang itu terdapat banyak pesan yang harus kita perhatikan
d. Terjadi salah pengertian antara mereka sehingga sering terjadi pertengkaran
e. Seminar itu akan dipublikasikan hasilnya di media massa nasional

2. Berdasarkan fungsinya, termasuk jenis manakah informasi di bawah ini: edukatif (E), persuasif (P), atau rekreatif (R)
a. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi
b. Kebahagiaan itu datangnya bukan dari orang lain, tetapi dari diri sendiri
c. Perjalanan ke kota itu sungguh mengesankan manakal diiringi rintik-rintik hujan yang menggoda
d. Sudah hampir sepuluh tahun peristiwa itu berlalu, tetapi pesan-pesannya tetap teringat sampai sekarang
e. Hendaknya ktia tidak melupakan kebaikan-kebaikannya meskipun sesekali ia pernah mengecewakan kita itu memang sudah biasa dan wajar

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau simak tulisan di bawah ini 

1.
a. Ya, karena salah satu kesantunan adalah kesantunan berkata-kata atau berbahasa dengan baik.
b. Ya, karena interaksi antar budaya juga melibatkan penggunaan bahasa.
c. Ya, karena ekspresi disertai dengan bahasa akan membuat komunikasi lebih efektif.
d. Ya, Karena mungkin saja salah pengertian tersebut disebabkan karena kesalahan penggunaan kata-kata atau bahasa
e. Ya, karena seminar yang baik biasanya menggunakan bahasa yang juga baik

2.
a. Edukatif (E)
b.Persuasif (P)
c. Rekreatif (R)
d. Edukatif (E)
e.Persuasif (P)

Jawablah Tugas dengan Benar dan Jelas Apa Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah

Soal dan jawaban dari Tugas Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 3 halaman 78. Peserta didik diminta untuk menjawab soal-soal tentang ceramah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
1. Jawablah dengan benar dan jelas !
a. Apa manfaat jika kamu mendengarkan ceramah
b. Apa manfaat jika kamu menyajikan ceramah
c. Kapan dan di mana saja kesempatan mendengarkan ceramah itu dapat kita ikuti
d. Bagaimana persamaan antara ceramah dengan pidato serta khotbah ?
e. Informasi/ pengetahuan apa saja yang kamu peroleh dari teks ceramah di atas?


Jawab

Silakan lihat video di bawah ini




atau baca tulisan di bawah ini 

1.a Manfaat mendengarkan ceramah antara lain:
      - Kita akan menerima informasi baru yang berupa informasi tentang agama, pengetahuan, berita terkini yang akan menambah pengetahuan kita terhadap sesuatu.
    - Kita bisa melihat bagaimana sosok penceramah itu menyampaikan ceramahnya. Mungkin kita bisa meniru gayanya, jika memang sesuai dengan diri kita

 b. Manfaat jika kita menyajikan ceramah antara lain:
    - Kita bisa mengungkapkan pikiran dan gagasan kita secara utuh kepada banyak orang
    - Kita bisa belajar untuk tampil percaya diri di depan umum
    - Bisa kita jadikan sarana untuk mendapat pahala

c. Kesempatan mendengarkan ceramah bisa kita ikuti :
   - Ketika kuliah subuh
   - Ketika salat Jumat
   - DI media daring seperti youtube
   - Di sekolah

d. Persamaan antara ceramah, pidato dan khotbah:
 - Sama sama disampaikan di hadapan khalayak umum
 - Disampaikan secara lisan
 - Bertujuan untuk memengaruhi khalayak

Perbedaan:
- Khutbah: Tema yang disampaikan adalah tentang keagamaan,
 Ceramah: topik pembicaraannya bersifat pengetahuan ataupun keagamaan namun tidak di khususkan untuk agama tertentu terdapat interaksi tanya jawab antara sang pembicara dengan sang pendengar, biasanya di lakukan di tempat ibadah, di kampus, di sekolah dan sebagainya.
- Pidato: Tema pembicaraannya bersifat umum,tidak terdapat interaksi antara sang pembicara dengan sang pendengar di tunjukan untuk semua kalangan (kalangan umum), dilakukan pada acara tertentu dan tempat tertentu pula.

e.Informasi/pengetahuaan apa yang terdapat pada ceramah di atas adalah kurangnya etika dan sopan santun terhadap anak zaman sekarang,ini di sebabkan karena pergaulan bebas, dan didikan orang tua kepada anaknya yang tidak baik. 

Kegiatan 1 Mengidentifikasi Struktur Cerpen Pohon Keramat

Soal dan jawaban dari kegiatan 1 Mengidentifikasi Struktur cerpen pohon keramat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 9 SMP/ MTs halaman 63. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal !
Beri Keterangan isi setiap paragraf dari cepen pohon keramat untuk mendapatkan gambaran alur cerita

Jawab:

Isi cerpen paragraf 1. 

Tentang: Lokasi Gunung Beser.

Isi cerpen paragraf 2. 

Tentang: Angker/ Keramatnya Gunung Beser

Isi cerpen paragraf 3. 

Tentang: Sejarah kesaktian tokoh bernama Jayasakti

Isi cerpen paragraf 4. 

Tentang: Penduduk sangat takut masuk ke Gunung Beser

Isi cerpen paragraf 5. 

Tentang: Kharisma Gunung Beser

Isi cerpen paragraf 6. 

Tentang: Kenangan tokoh Saya ketika berumur 5 tahun tentang Gunung Beser.

Isi cerpen paragraf 7. 

Tentang: Tokoh Saya yang suka menguntit kakek mengontro air sawah

Isi cerpen paragraf 8. 

Tentang: Gunung Beser dilihat dari pematang sawah.

Isi cerpen paragraf 9

Tentang: Gunung Beser memberikan air yang melimpah.

Isi cerpen paragraf 10. 

Tentang: Belum pernah adaa berita para petani berkelahi karena berebut air

Isi cerpen paragraf 11. 

Tentang: Para petani berburu tikus atau berang-berang.

Isi cerpen paragraf 12. 

Tentang: Petani yang punya sawah luas akan mengadakan syukuran

Isi cerpen paragraf 13. 

Tentang: Bagi anak-anak, Sawah adalah tempat yang paking banyak memberi kenangan.

Isi cerpen paragraf 14. 

Tentang: Jalan-jalan ke pasar seminggu sekali bersama kakek.

Isi cerpen paragraf 15. 

Tentang: Kakek adalah orang yang sangat dihormati di kampung.

Isi cerpen paragraf 16. 

Tentang: Kakek sering diminta mengobati orang-orang yang sakit.

Isi cerpen paragraf 17. 

Tentang: Kedamaian kampung mulai terusik ketika jalan besar yang menghubungkan kecamatan dan kabupaten diperbesar dan diaspal.

Isi cerpen paragraf 18. 

Tentang: Kegiatan warga kampung setelah berkenalan dengan dunia luar.

Isi cerpen paragraf 19. 

Tentang: Perubahan kehidupan di kampung ketika Saya meningkat remaja.

Isi cerpen paragraf 20. 

Tentang: Dampak perubahan zaman, perselisihan antarpenduduk mulai terasa.

Isi cerpen paragraf 21. 

Tentang: Pendapat para penggerak kampung dan orang kampung untuk kemajuan desa

Isi cerpen paragraf 22. 

Tentang: GUnung Beser dau memberikan apa yang dipunyai, jadi mereka tidak perlu takut.

Isi cerpen paragraf 23. 

Tentang: Semakin banyak penduduk yang mendukung pembukaan Gunung Beser

Isi cerpen paragraf 24. 

Tentang: Akhirnya Kakek menyetujui pembukaan sebagian Gunung Beser.

Isi cerpen paragraf 25. 

Tentang: Dengan pasrah, Kakek terpaksa menyetujui pembukaan Gunung Beser

Isi cerpen paragraf 26. 

Tentang: Tokoh Saya kurang mengerti dengan apa yang dikatakan Kakek

Isi cerpen paragraf 27. 

Tentang: Menurut Kakek, Gunung Beser akan murka apabila dibuka


Isi cerpen paragraf 28. 

Tentang: Pembukaan kaki Gunung Beser akan dilakukan secara gotong royong.

Isi cerpen paragraf 29. 

Tentang: Para penggerak pembangunan mendapatkan pujian.

Isi cerpen paragraf 30. 
Tentang: Kakek meninggal.

Isi cerpen paragraf 31
Tentang: Kepercayaan terhadap keramat Gunung Beser mulai luntur, penduduk mulai berani menebang dan mengolah pohon lebih banyak lagi.

Isi cerpen paragraf 32. 
Tentang: Kemajuan dan perubahan di desa di lereng Gunung Beser.

Isi cerpen paragraf 33

Tentang: Masyarakat mulai akrab dengan bencana kekeringan dan bencana banjir

Isi cerpen paragraf 34 

Tentang: Bencana El Nino menyebabkan kekeringan dan banjir

Isi cerpen paragraf 35

Tentang: Pohon keramat sebenarnya memang harus dihargai, dihormati dan dipelihara

Pertanyaan Identifikasi Apakah Judul Cerpen Menarik Orang Untuk Membacanya

Soal dan jawaban dari Pertanyaan Identifikasi dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 9 bab 3 terbitan kemendikbud halaman 60. Peserta didik diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Pertanyaan Identifikasi
1. Apakah judul cerpen menarik orang untuk membacanya?
2. APakah judul cerpen mencerminkan isi cerpen ?
3. Pada akhirnya, apakah yang dimaksud dengan "keramat" yang ingin disampaikan dalam cerpen itu?
4. Penceritaan cerpen atau sudut pandang (point of view) cerpen ini diceritakan berdasarkan teknik apa ?
5. Ceritakan kembali siapa tokoh-tokoh dalam cerpen "Pohon Keramat"

Jawab:

1. Iya, menarik untuk membacanya
2. Tidak
3. Apa yang dimaksud dengan keramat sesungguhnya tidak berkaitan dengan hal-hal yang gaib melainkan berkaitan dengan upaya perlindungan alam dengan cara "mencegah" masyarakat agar tidak merusak alam. Apa yang dimaksud dengan keramat adalah pepohonan yang berfungsi sebagai penjaga keseimbangan alam, dan gunung yang menyimpan mata air.
4. Sudut pandang orang pertama.
5. Tokoh-tokoh dalam cerpen "Pohon Keramat” antara lain :

  1. Saya (tokoh utama)
  2. Kakek, 
  3. Kang Hasim (guru mengaji Saya)
  4. Mbah Jayasakti (yang menjadi nenek moyang di Gunung Beser).