Kamis, 01 Agustus 2019

Tugas 2 Buatlah Ringkasan Teks Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup di Atas

Soal dan jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 bab 2 halaman 62 buku kurikulum 2013 untuk SMA / MA/MAK/ SMK. Peserta didik diminta untuk membuat ringkasan teks.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini


Soal

Tugas 2
Buatlah ringkasan teks Upaya melestarikan Lingkungan Hidup di atas. Untuk memudahkan pekerjaanmu, temukan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks tersebut dengan mengisi tabel berikut ini. Kemudian susunlah ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan pokok tersebut.

Jawab

Jawaban ada dalam video di bawah ini

Atau dalam tulisan di bawah ini

Gagasan Pokok Paragraf 1: Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka.


Gagasan pokok Paragraf 2 : Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Gagasan pokok Paragraf 3: Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya.

Gagasan pokok Paragraf 4: Setiap peristiwa dan kejadian alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan hidup merupakan suatu pertanda bahwa manusia mesti sadar dan berubah.

Gagasan pokok Paragraf 5: Lalu, usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup tersebut hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja.


Gagasan pokok Paragraf 6 :Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan hidup adalah terjadinya pergeseran pemahaman manusia tentang alam.

Gagasan pokok Paragraf 7 : Banyak binatang yang seharusnya dilindungi justru menjadi korban perburuan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Gagasan pokok Paragraf 8 : Berdasarkan kenyatan demikian, diperlukan suatu perubahan konsep baru.

Ringkasan

Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka. Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya. Setiap peristiwa dan kejadian alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan hidup merupakan suatu pertanda bahwa manusia mesti sadar dan berubah. 

Lalu, usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup tersebut hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja. Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan hidup adalah terjadinya pergeseran pemahaman manusia tentang alam. Banyak binatang yang seharusnya dilindungi justru menjadi korban perburuan manusia yang tidak bertanggung jawab. Berdasarkan kenyatan demikian, diperlukan suatu perubahan konsep baru.

Temukan Pendapat dan Argumen yang Disampaikan Penulis dalam Eksposisi

Soal dan jawaban dari tugas 1 Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 10 Bab 2 SMA / SMK/MA/MAK halaman 61. Peserta didik diminta untuk mencari mana kalimat yang berupa Pendapat dan mana kalimat yang berupa argumen.

Agar lebih jelas silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Tugas 1

1. Temukan pendapat dan argumen yagn disampaikan penulis dalam eksposisi di atas dengan mengisi tabel berikut ini. Kamu dapat menambahkan kolom sesuai dengan kebutuhan.

Jawab:

jawaban ada dalam video di bawah ini:



atau simak tulisan di bawah ini:

Pendapat: Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu mengemuka.
Argumen: Kejadian demi kejadian yang dialami di dalam negeri telah memberi dampak yang sangat besar.

Pendapat: Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Argumen: Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam, dan menanamkan budaya pelestari

Pendapat: Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya. Lama kelamaan tangisan terhadap nasib itu terlupakan dan dianggap sebagai embusan angin yang berlalu.Bekas tangisan karena efek dari kerusakan lingkungan yang dialami hanya tinggal menjadi suatu memori untuk dikisahkan.

Argumen: Namun, perlu diingat bahwa tidaklah cukup jika manusia hanya sebatas menangisi nasibnya, tetapi pada kenyataannya tidak pernah sadar bahwa semua kejadian tersebut adalah hasil dari perilaku dan tindakan yang patut diperbaiki dan diubah.

Pendapat: Upaya rekonsiliasi menjadi suatu sumbangan positif yang perlu disadari.
Argumen: Tanpa sikap rekonsiliasi, kejadian-kejadian alam sebagai akibat kerusakan lingkungan hidup hanya akan menjadi langganan yang terus menerus dialami.

Pendapat: Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan hidup adalah terjadinya pergeseran pemahaman manusia tentang alam.
Argumen: Berbagai fakta kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di tanah ari adalah hasil dari suatu pergeseran pemehaman manusia tentang alam.

Selanjutnya Diskusikan dengan teman-temanmu Hal-Hal Berikut ini !

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk SMA / SMK / MA/ MAK halaman 57. Peserta didik diminta menjawab soal berdasarkan bacaan berjudul Pembangunan dan Bencana Lingkungan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !




Soal

Selanjutnya, diskusikanlah dengan teman-temanmu hal-hal berikut !

1. Apakah gagasan atau pendapat yang disampaikan penulis dalam teks tersebut
2. Argumen apa yang disampaikan oleh penulis untuk mendukung pendapatnya
3. Apakah rekomendasi yang disampaikan oleh penulis.


Jawab:

jawaban ada dalam video di bawah ini



atau dalam tulisan di bawah ini

1. Gagasan yang disampaikan oleh penulis: Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai asalah lingkungan yang serius.

2. Argumen yang disampaikan oleh penulis antara lain:
a. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta penginkatan polusi dan kemiskinan

b. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 h (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta)

c. Hal ini jgua diikuti oleh punahnya flora dan fauna

d. Pada tahun 2005 -2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi dan 13 bencana tsunami.


3. Rekomendasi yang disampaikan penulis adalah
a. Masalah lingkungan di atas  merupakan masalah serius yang harus segera diatasi.
b. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

Bacalah Kembali Teks Eksposisi Berjudul Pembangunan dan Bencana Lingkungan

Soal dan jawaban dari tugas Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 Bab 2 untuk SMA/SMK/MA/MAK halaman 59. Peserta didik diminta mendata 3 kalimat fakta dan tiga kalimat opini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Tugas !

Bacalah kembali teks eksposisi yang berjudul "pembangunan dan  bencana lingkungan". Kemudian, datalah 3 kalimat fakta dan tiga kalimat opini.





Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini




atau dalam artikel di bawah ini

Kalimat Fakta

1. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutang seluas 3.180.243 ha

2. Pada tahun 2005 - 2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami.

3. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.

Kalimat Opini

1. Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi kebutuhan manusia saat ini dan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.

2. Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi

3. Meskipun, tidak mungkin mengatasi keenam masalahu tama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

Sekarang Cobalah Lanjutkan Analisis Isi Pidato di Atas dengan Mengisi Tabel Berikut

Soal dan jawaban dari pertanyaan pada buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA/ MA/ MAK/ SMK halaman 56. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan mengisi tabel tentang Pidato Narkoba.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Pendapat yang Disampaikan:

Narkoba berbahaya bagi generasi muda

Argumen yang Disampaikan:

1. Jumlah penyalahguna narkoba sebanyak 7 juta orang, dan sebagian besar di antaranya adalah para pelajar SMP, SMA, bahkan SD.

2.  Efek kerusakan akibat narkoba ini tidak hanya  dalam skala kecil seperti keluarga, tetapi juga dalam skala besar.
3. Bahaya narkoba berdampak secara ekonomi dan juga pertahanan dan keamanan nasional.

Rabu, 31 Juli 2019

Sebelum Mendengarkan Pidato Berjudul Bahaya Narkoba Cermatilah Pertanyaan-Pertanyaan Umum

Soal dan jawaban dar Kegiatan 1 Bahasa Indonesia SMA / SMK / MA/ MAK Kelas 10 Bab 2 Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud halaman 53 - 54. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Bahaya Narkoba.

Agar lebih jelas,silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal:


1. Sebelum mendengarkan pidato berjudul Bahaya Narkoba cermatilah pertanyaan-pertanyaan umum berikut ini !

a. Masalah apa yg dibahas dalam pidato tersebut
b.Apa pendapat pembicara tentang bahaya narkoba
c. Bagaimana cara pembicara memperkuat pendapatnya
d. Argumen apa yg digunakan pembicara untuk menguatkan pendapatnya

Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini



atau silakan baca tulisan di bawah ini 
a. Masalah yang dibahas dalam pidato tersebut adalah tentang narkoba.
b. Pendapat pembicara tentang bahaya narkoba yaitu narkoba telah menjadi ancaman yang sangat mengerikan bagi generasi muda yang berarti juga menjadi ancaman bagi keberlangsungan bangsa Indonesia.
c. Cara pembicara memperkuat pendapatnya dengan memberikan argumen berupa fakta-fakta yang kuat dan alasan-alasan yang logis.

d. Argumen yang digunakan oleh pembicara untuk menguatkan pendapatnya antara lain
- Jumlah penyalahguna narkoba sebanyak tujuh juta orang, yang memprihatinkan sebagian besar di antaranya adalah para pelajar SMP, SMA, bahkan SD.
- Efek kerusakan akibat narkoba ini tidak hanya  dalam skala kecil seperti keluarga, tetapi juga dalam skala besar.
- Bahaya narkoba berdampak secara ekonomi dan juga pertahanan dan keamanan nasional.

Bacalah Kembali Teks Laporan Hasil Observasi Berjudul Sampah

Soal dan jawaban dari tugas Bahasa Indonesia kurikulum 2013 terbitan kemendikbud untuk SMA/SMK/MA/MAK halaman 43. Peserta didik diminta untuk mengerjakan dan menganalisis kebenaran kalimat definitifnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan dengan seksama soal dan jawaban tersebut di bawah ini.!



Soal

Tugas !

Bacalah kembali teks laporan hasio observasi berjudul sampah. Kemudian, kerjakan tugas-tugas berikut ini !

1. Analisislah kebenaran kalimat definitifnya. Apabila masih salah benahilah sehingga menjadi benar.
2. Benahilah penggunaan huruf kapital yang masih salah sehingga sesuai dengan Pedoman Ejaan



Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah dibumi ini akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh manusia maupun alam. Berdasarkan sifat dan bentuknya, sampah dibagi menjadi dua yaitu sampah Organik dan sampah Anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dan biasanya mudah membusuk. Contoh sampah organik adalah sisa makanan, sayuran, dan daun-daunan. Sampah ini dapat di olah menjadi kompos. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah Anorganik adalah plastik, kayu, kaca, dan kaleng.

Dewasa ini sampah semakin bertambah terutama di Kota-Kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Perlu disadari bahwa pelestarian lingkungan hidup bukanlah tanggung jawab Pemerintah saja, tetapi tanggung jawab kita semua.


Jawab: 

Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi ini akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh manusia maupun alam. Berdasarkan sifat dan bentuknya, sampah dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dan biasanya mudah membusuk. Contoh sampah organik adalah sisa makanan, sayuran, dan daun-daunan. Sampah ini dapat di olah menjadi kompos. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable. Contoh sampah anorganik adalah plastik, kayu, kaca, dan kaleng.

Dewasa ini sampah semakin bertambah terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Perlu disadari bahwa pelestarian lingkungan hidup bukanlah tanggung jawab Pemerintah saja, tetapi tanggung jawab kita semua.

Temukan 2 Contoh Kalimat Simpleks dalam Teks Di Atas

Soal dan jawaban dari Tugas 6 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK bab 1 halaman 40-42 tentang Taman Nasional Baluran. Peserta didik diminta mengerjakan sejumlah soal dengan benar.

Agar lebih jelas silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah membaca teks di atas, kerjakan latihan berikut sesuai dengan perintahnya

1. Temukan 2 contoh kalimat simpleks dalam teks di atas
2. Temukan 2 kalimat majemuk setara
3. Temukan 2 kalimat majemuk bertingkat
4. Presentasikan hasil kerjamu di depan kelas

Jawab :

1.  Contoh kalimat simpleks
a. Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa.
b. Satwa Banteng merupakan maskot/ ciri khas Taman Nasional Baluran

2. Contoh kalimat majemuk setara
a. Taman Nasional Baluran memiliki berbagai macam flora dan fauna serta ekosistem
b. Taman Nasional memiliki beragam manfaat berupa produk jasa lingkungan, seperti udara bersih dan pemandangan alam

3. Contoh kalimat majemuk bertingkat
a. Widoro bukol, mimba, dan pilang merupakan tumbuhan yang mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering (masih kelihatan hijau), walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mengering/
b. Diperlukan suatu bentuk kebijakan yang mampu mengatur pengalokasian sumber dala dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakt dengan tetap memerhatikan daya dukung lingkugnan dan aspek sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya.


Selasa, 30 Juli 2019

Identifikasilah Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsinya dari Kedua Bacaan Tersebut dan Menuliskannya

Soal dan jawaban Tugas 5 Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK Bab 1 Kurikulum 2013 halaman 38. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dengan cara menulis kembali kalimat-kalimat yang termasuk Definisi dan Kalimat Deskripsi.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:

Tugas 5

Kamu sudah mendapat materi tentang kalimat definisi dan deskripsi. Sekarang, bacalah kembali teks mengenai suku Badui dan D' Topeng Museum Angkut ! Identifikasilah kalimat definisi dan kalimat deskripsinya dari kedua bacaan tersebut dan menuliskannya ke dalam tabel dengan contoh berikut.

Jawab:

Teks Suku Badui

Kalimat Definisi:

- Orang Kanekes atau orang Baduy/ Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis SUnda di Wilayah Kabupaten Lebak, Banten.
- Badui Dalam belum mengenal budaya luar dan terletak di hutan pedalaman.
- Suku ini memiliki kepercayuaan yang dikenal Sunda Wiwitan.
- Hingga saat ini, suku Badui Dalam tidak mengenal budaya baca tulis.
- Badui Luar merupakan orang-orang yang telah keluar dari adat dan wilayah Badui Dalam.

Kalimat Deskripsi:
- Masyarakat Suku Badui di Banten termasuk salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar
- Mereka dikenal sanat taat mempertahankan adat istiadat dan warisan nenek moyangnya.
- Mereka dilarang menggunakan perangkat teknologi seperti HP dan TV.
- Kepercayaan ini memuja arwah nenek moyang yang pada selanjutnya kepercayaan mereka mendapat pengaruh dari Buddha dan Hindu.
- Pada dasarnya peraturan yang ada di Badui Luar dan Badui Dalam itu hampir sama, tetapi badui Luar lebih mengenal teknologi dibanding Badui Dalam.

Teks D Topeng Museum Angkur

Kalimat Definisi:

- D Topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa TImur.
- Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adlaah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno.
- Benda terakhir yang mengisi museum ini adalah barang kuno yang sampai saat ini masih dianggap bernilai seni tinggi atau bias disebut barang antik.
- Barang antik berbahan dasarkeramik di museum ini ada;ah guci-guci tua peninggalan salah satu dinasti di Tiongkok dan bantal yang digunakan untuk bangsawan Dinasti Yuan (TIongkok yang sudah meninggal)
- Barang antik yang berbahan dasar logam adalah Jinggaran Coin), mata uang kerajaan majapahit, koin VOC dan kursi antik asal Jawa Tengah.


Kalimet Deskripsi

- Keberadaan D' Topeng tidak dapat dipisahkan dengan museum Angkut.
- D'topeng tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik.
- Ada beragam jenis topeng di museum ini.
- Topeng yang berbahan kayu esbagian besar berasa; dari daerah Bali, jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta.
- Selain itu dipamerkan, benda-benda D Topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya.

Tugas 2 Analisislah Afiksasi yang Terjadi Pada Kata Berimbuhan di bawah Ini

Soal dan jawaban dari Tugas 2 Bahasa Indonesia Kelas 10 Bab 1 Kurikulum 2013 Kemendikbud SMA/SMK/MA/MAK halaman 36. Peserta didik diminta untuk menganalisi afiksasi yang terjadi pada kata berimbuhan yang ada dalam tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini

Soal



Tugas 2

Analisislah Afiksasi yang terjadi pada kata berimbuhan di bawah ini !

Jawab:



NoKata berimbuhanJenisImbuhanKata dasar
1PertunjukanNominape(R)+antunjuk
2menguasaiVerbaMe(ng)+kuasa+ (-i)kuasa
3berbedanominaber+beda
4bereproduksiverbaber+reproduksi
5dikenalverbadi+kenal
6membantuverbame(m)+bantu
7menjauhkanverbame(M)+kanjauh
8menunjukkanVerbame(N)+kantunjuk
9mengobatiVerbaMe(Ng)+iobat
10disaringVerbadi+saring
11bagiannomina+an bagi
12keunikannominake+anunik
13keadaannominake+anada
14makanannomina+anmakan
15penglihatannominape(Ng)+anlihat
16mengeluarkanverbame(Ng)+ankeluar
17pendengarannominape(N)+andengar
18penciumannominape(N)+ancium
19pemakanverbape+makan
20perdesaannominape(R)+andesa