Selasa, 19 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 162, 165

Soal dan jawaban dalam buku Kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 3 dan seterusnya halaman 162. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Amati gambar-gambar bunga di depan.  (Halaman 162)
Pilihlah salah satu bunga, lalu tuliskan ciri-ciri bunga tersebut!
Penjelasan meliputi bentuk, warna, dan ciri khas
lain yang bisa menggambarkan bunga tersebut.
Bunga Melati
Bunga melati berbentuk menyirip dan berhadapan.. Bunganya berwarna putih.  Mempunyai aroma khas dan wangi. Mempunyai tujuh mahkota yang berlapis lapis dan tidak mempunyai kelopak bunga.

Ayo Berlatih (Halaman 165)
Masih ingatkah kamu cara menyelesaikan soal pembagian?
Contoh:
Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil
panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani
akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masingmasing
memuat tangkai bunga sama banyak.
Proses di atas ditulis dalam bentuk pembagian
141 : 3 = ...
141 : 3 = .47 
Selesaikan soal di bawah ini sesuai contoh!
1. Siti memiliki 484 tangkai bunga anggrek. Siti ingin menyimpan dalam 4 buah vas bunga
dengan banyak tangkai bunya yang sama pada masing-masing vas. Berapa banyak tangkai
bunga anggrek pada setiap vas bunga?
484: 4 = 121

2.Pohon melati Lani berbunga sangat banyak. Lani memetik 224 bunga melati. Lalu, ia
menyimpannya dalam 4 buah tempat. Masing-masing tempat memuat bunga sama banyak.
Berapa banyak bunga melati pada setiap tempat?
224:4 =56

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Halaman 152,155, dan 159

Halo, apa kabar anak-anak kelas 3 SD? Saya harap kabar kalian selalu baik, selalu bersemangat dan bahagia. Pada tulisan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban soal-soal dalam buku Tema 1 subtema 4 dimulai dari halaman 152.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Cobalah menyelesaikan soal-soal berikut! (Halaman 152)
Kerjakan seperti contoh!
1. Sebuah perkebunan memberikan 126 bibit pohon mangga untuk Udin dan 5 orang temannya.
Pemilik perkebunan ingin memberikan bibit kepada 6 anak sama banyak. Berapa bibit pohon yang diterima oleh setiap anak?
126 : 6 = 21

2. Siti membagi 153 biji salak kepada tiga orang emannya. Setiap anak mendapat biji salak
sama banyak. Berapa banyak biji yang diterima setiap anak?
153 : 3 = 51

Pembelajaran 2
Ayo Menulis (Halaman 155)
Amati gambar berikut!
Gambar menunjukkan daur hidup tanaman semangka. Lengkapi bagan daur berikut dengan
gambar yang sesuai.





Tuliskan tahapan dalam daur hidup tanaman semangka menggunakan bahasamu sendiri!
Pertama, kita siapkan bibit semangka kemudian kita tebar di lubang di tanah yang telah disiapkan. Siram dengan air secukupnya. Beberapa hari kemudian, akan tumbuh tunas. Kemudian, daunnya mulai bertambah banyak. Setelah itu semangka akan mulai berbuah.

Halaman 159
Selain kerja sama, konsentrasi pemain juga sangat penting saat bermain lompat bambu. Jika tidak
berkonsentrasi, maka akan membahayakan seluruh pemain.
1. Apakah kamu bekerja sama dengan teman saat bermain lompat bambu?
Iya
2. Bagaimana cara kamu bekerja sama?
Menyamakan hitungan dengan teman yang memegang bambu kemudian berlatih
3. Apakah cara yang membuat kamu berhasil bermain lompat bambu?
Menghitung dengan seksama kapan harus lompat.
4. Apa yang membuatmu tidak berhasil dalam
bermain lompat bambu?
Gerakan terlalu cepat atau terlalu lambat

Senin, 18 Mei 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 Halaman 136,139, dan 140

Halo anak-anak SD Kelas 3, apa kabar kalian hari ini? saya harap kalian selalu sehat dan bahagia yaa. Baiklah, sekarang Bapak akan berbagi jawaban pembelajaran 6 subtema 3 tema 1 kelas 3 SD halaman 136, 139,140



Cobalah berlatih menyampaikan pesan! (Halaman 139)
Tuliskan saranmu jika teman atau tetanggamu melakukan hal berikut ini!

Kamu melihat seorang anak yang membuang sampah sembarangan. Saran yang akan kamu
sampaikan adalah 
Memberitahunya agar membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan penyakit dan bencana banjir.

Di sekitar depan rumah tetanggamu banyak sampah juga kaleng bekas berisi air hujan. Saran
yang akan kamu sampaikan adalah 
memberitahu dengan cara yang sangat sopan bahwa sampah tersebut bisa menjadi rumah nyamuk. Jika nyamuk menggigit, maka akan menyebabkan penyakit.


Ayo Berlatih (Halaman 140)
Banyak pasien dihitung dengan perkalian. 
Perhatikan perkalian 130 x 3 dengan cara bersusun
berikut ini.
1 3 0
_ 3 × pertama 2 × 0 = 0

berikutnya
1 3 0
_ 3 × kedua 3 × 3 = 9
9 0
terakhir
1 3 0
_ 3 × ketiga 3 × 1 = 3
3 9 0
Hasil perkalian adalah 390

Sebuah rumah sakit setiap hari dikunjungi 130 orang pasien. Dalam waktu 3 hari, berapa banyak
pasien yang mengunjungi rumah sakit?

130 
    3
----- x
390

Selesaikan soal-soal berikut ini!
1) 412
        3
 ------- x
   1236

2) 321
        4
 ------ x
   1284

3)  123
         2
   ------ x
       246

4) 222
        3
------- x
   666

Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 halaman 132, 133, dan 134

Halo anak-anak kelas 3 Sekolah Dasar, apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu baik yaa. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi jawaban dalam pembelajaran 5 subtema 3 tema 1 kelas 3 halaman 132, 133, dan seterusnya.

Ayo Menulis
Perhatikan kembali gambar daur hidup katak. Tuliskan penjelasanmu pada tempat yang sudah
disediakan. Manakah tahapan yang paling penting menurutmu? Apa alasannya?
Tahapan yang paling penting adalah telur. Selain bentuknya yang kecil, telur juga tidak dapat melakukan perlawanan, sangat mudah untuk dihancurkan atau dimangsa lawan. Oleh karena itu, jika telur terancam, maka perkembangan katak pun terancam.

Adakah hal lain yang ingin kamu ketahui tentang daur hidup katak?
Iya, saya ingin mengetahui bagaimana cara katak menjaga telur-telurnya

Mintalah bantuan guru dan orang tuamu untuk menjawabnya.

Ayo Berdiskusi  (Halaman 133)
Hari ini kamu sudah belajar tentang pertumbuhan kupu-kupu dan katak. Ada orang yang berani untuk
menyentuh kedua hewan tersebut. Ada juga orang yang tidak berani seperti pada gambar berikut ini.



Tuliskan saranmu agar temanmu dapat saling menghargai akan perbedaan keberanian!
Saran saya agar sesama teman dapat saling menghargai akan perbedaan keberanian adalah dengan memberitahu kepada teman-teman, tidak semua orang memiliki pengalaman dan mental yang sama. Untuk itu jangan saling mengejek.

Tuliskan saran untuk temanmu agar lebih berani untuk memegang hewan tersebut!
Saya akan memberi contoh dengan memegang katak di depan teman tersebut, kemudian mengatakan bahwa katak bukan hewan yang berbahaya.

Ayo Berlatih (Halaman 134)
Penyu juga berkembang biak dengan cara bertelur. Penyu termasuk hewan yang dilindungi. Salah
satu cara melindunginya adalah dengan membuat penangkaran penyu.
Sebuah penangkaran penyu memiliki 7 bak penyimpanan anak penyu. Setiap bak berisi 130
ekor anak penyu. 
Berapa banyak anak penyu semuanya?
Bagaimana kamu menyelesaikan soal yang ada
pada cerita tersebut?

Kerjakan pada tempat yang tersedia berikut ini.

7 bak anak penyu X 130 ekor
7 x 130 = 130 x 7 
130 = 100 + 30

100 x 7 = 700
30 x 7 =   210
---------------------- +
                910

Buatlah soal cerita untuk soal berikut ini! Lalu hitunglah hasilnya!
300
    4
----- x

Siti memelihara ikan dalam empat buah kolam keci. Setiap kolam berisi 300 ekor ikan. Berapa jumlah semua ikan Siti?

300 x 4 = 1200

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Halaman 125, 128, dan 129

Halo anak-anak kelas 3 SD, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam buku kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 mulai dari halaman 125. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini, dengan seksama.


Gambar di atas menunjukkan daur hidup kupukupu. Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu
menetas menjadi ulat. Ulat memakan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua mahluk hidup memiliki daur hidup. Betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Ceritakan setiap tahapan daur hidup kupu-kupu menggunakan kalimatmu sendiri.
Tahap pertama telur
Telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas menjadi ulat.

Tahap kedua ulat.
Ulat akan makan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar.

Tahap ketiga kepompong.
Kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu.




Tuliskan dua pertanyaan berdasarkan gambar kupu-kupu di samping.
1. Bagaimana cara kupu-kupu tumbuh?
2. Apakah kamu menyukai warna kupu-kupu?


Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pengalamanmu saat menirukan gerak daur hidup
kupu-kupu. (Halaman 128)
1. Manakah gerakan yang paling senang kamu
tirukan?
Posisi badan berdiri dan tangan terbuka. Kemudian bergerak seperti gerak
kupu-kupu, berlari sambil melompat-lompat. 

2. Manakah gerakan yang paling mudah kamu
tirukan?
Posisi badan merangkak.(gerak ulat )

3. Manakah gerak yang paling sulit kamu tirukan?
Posisi tidur terlentang sambil mendekap kaki dan badan. (gerak telur)

Amati gerakan yang dilakukan temanmu. Tuliskan saran yang baik untuk perbaikan temanmu
sebagai bentuk menghargai teman.
Beberapa teman terlihat tidak bersungguh-sungguh 

Amati gerakan yang dilakukan temanmu. Tuliskan saran yang baik untuk perbaikan temanmu
sebagai bentuk menghargai teman. (Halaman 129)

Beberapa teman terlihat kesulitan tidur telentang sambil mendekap kaki dan badan. Saya menyarankan agar bersungguh-sungguh mendekap kaki dan badan.

Sabtu, 16 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Halaman 118

Halo Assalamualaikum anak-anak SD Kelas 3, masih semangat belajar, kan? Harus ya, kalian harus selalu bersemangat agar tercapai cita-citanya. Pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dalam pembelajaran 3  subtema 3 tema 1 kelas 3 Pertumbuhan Hewan. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Menulis (Halaman 118)
Ada berbagai macam jenis ikan.
Cobalah mencari tahu jenis-jenis ikan!
Apakah semua ikan memiliki ciri-ciri yang sama?
Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya pada teman atau guru.
Kamu juga dapat mencari informasi dari buku yang ada di perpustakaan.
Kamu dapat mengerjakan tugas ini dengan cara berkelompok atau mandiri.

 No     Nama/ Jenis Ikan  Ciri-ciri
 1 Iklan Lele             memiliki kumis, sirip dan ekor
 2     Ikan mas memiliki sisik, sirip dan ekor
 3 Ikan cupang memiliki sisik, sirip dan ekor
 4 Ikan  nila         memiliki sisik, sirip dan ekor
 5 Ikan gurameh memiliki sisik, sirip dan ekor



Kerjakan soal berikut sesuai contoh! (Halaman 121)
1. Udin memiliki 3 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 320 ekor. Berapa banyak ikan hias Udin semuanya?



Jawaban: 
Ember Udin : 3 ekor ikan hias
Setiap ember berisi: 320 ekor

3 x 320 = 320 x 3
320 = 300+20

300 x 3 = 900
20 x 3 =     60
--------------- +
              960


2. Sebuah toko ikan hias memiliki 7 akuarium. Setiap akuarium berisi 110 ekor ikan koki. Berapa
banyak ikan koki semuanya?


Jawaban:
7 akuarium x 110 ekor anak koki
7 x 110 = 110 x 7

110= 100+10

100 x 7 = 700
10 x 7 =     70
-------------- +
              770

3. Siti pergi ke peternakan ikan mas. Ia melihat ikan mas dalam 5 ember. Setiap ember berisi
300 ekor ikan mas. Berapa banyak ikan mas semuanya?



Jawaban: 
5 ember x 300 ekor ikan mas=
5 x 300 = 300 x 5

300 x 5 = 1500



Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam!
Minta temanmu menjawab pertanyaanmu!
Soal

1. Peternakan Arman menghasilkan 50 ikan dalam satu minggu. Berapa jumlah ikan Arman dalam waktu 4 minggu ?

2. Aldo membeli 5 buah akuarium. Setiap akuarium berisi 30 ekor ikan. Berapa jumlah ikan Aldo?

Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 SD Pertumbuhan Hewan Halaman 109, 110, 111, 114

Halo anak-anak kelas 3 SD, pada kesempatan kali ini, mari kita mengerjakan pembelajaran 2 subtema 3 tema 1 Kelas 3 SD halaman 109. Ada beberapa soal yang harus kalian kerjakan.

Agar lebih jelas dan cepat, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! (Halaman 109)
1. Mengapa Siti merasa senang?
Karena kucing peliharaan Siti melahirkan 5 anak kucing yang lucu.
2. Bagaimana cara kucing berkembang biak?
Melahirkan
3. Berapa banyak anak kucing milik Siti?
Lima anak kucing
4. Ada berapa jenis warna anak kucing?
Tiga jenis 
5. Apakah kamu suka memelihara kucing?
Iya
6. Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah?
Punya
7. Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing?
konsumsi makanan dan minuman

Ayo Berdiskusi (Halaman 110)
Perhatikan kembali teks bacaan tentang kucing peliharaan Siti. 
Diskusikan bersama temanmu! Mengapa anak kucing milik Siti memiliki warna yang berbeda dari
induknya?

Laporan Hasil Diskusi
Anak kucing Siti memiliki warna yang berbeda dari induknya, karena warna anak kucing dipengaruhi oleh warna induk jantan dan betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi
juga warna induk jantan, dan campuran keduanya.

Ayo Menulis (Halaman 111)

Kucing merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kucing ditumbuhi rambut. Kucing bernapas dengan paru-paru. 
Amati di sekitar sekolahmu.
Adakah hewan yang memiliki kesamaan ciri-ciri dengan kucing?

Tuliskan!
1. Anjing
2. Kelinci
3. Kuda
4. Sapi

Ayo Berdiskusi (114)
Kamu melihat temanmu mengalami kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
Akan memberitahu bagaimana caranya bermain, kemudian memberi contoh.

Kamu melihat salah satu temanmu mengejek teman lain yang mengalami kesulitan saat
melompat. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
Bicara baik-baik dengan dengan teman pengejek agar jangan mengejek teman lain. Saya minta teman pengejek tersebut agar lebih menghargai perbedaan keahlian saat bermain. Setelah itu menghibur teman yang diejek.

Misalkan temanmu yang belum dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Bagaimana cara yang baik
dalam menyampaikan saran kepadanya?
Memberi waktu kepada teman tersebut agar memperhatikan terlebih dahulu. Setelah cukup, saya persilakan dia untuk ikut bermain.

Rabu, 13 Mei 2020

Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 SD Pertumbuhan Hewan Halaman 99

Soal dan jawaban dari pembelajaran 1 subtema 3 tema 1 kelas 3 SD Kurikulum 2013 pertumbuhan hewan. Kalian diminta untuk menjawab soal tentang pertumbuhan hewan halaman 99,

Agar lebih jelas, coba kalian perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Ayo Menulis (Halaman 99)
Berdasarkan bacaan di atas, dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang memiliki ciri-ciri
yang sama seperti ayam?

Dapat, hewan-hewan itu adalah bebek dan burung. Bebek berkembang biak dengan bertelur, ia juga memiliki bulu-bulu menutupi tubuhnya. Burung juga sama.

Tuliskan semua perubahan yang terjadi pada ayam sesuai dengan gambar di depan!
Awalnya dari telur, lalu dierami oleh induknya sekitar 21 hari. Lalu menetas menjadi anak ayam, dan akhirnya menjadi ayam dewasa.

Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ayam?
Hal yang mempengaruhi pertumbuhan ayam adalah makanan, minuman, dan suhu udara. Karena ayam tidak tahan hidup di cuaca yang dingin apalagi sering hujan.

Ayo Bercerita (Halaman 100)
Apakah kamu memelihara ayam atau hewan lainnya di rumah?
Iya, saya memelihara ayam. Aku dan ibu memelihara ayam. Kami memiliki 2 ekor induk ayam dan 20 anak ayam. Sebelumnya ada 25 ekor anak ayam, namun 5 ekor mati karena dimakan ular. Setiap pagi dan sore hari, kami memberi makan ayam-ayam tersebut. Pada waktu kecil, ayam memiliki warna yang hampir sama. Saya suka memegang  anak ayam karena lucu dan bulunya sangat lembut. Warnanya akan berubah saat beranjak dewasa.
Pernahkah kamu mengamati gambar hias bermotif hewan?
Pernah
Jika pernah, ceritakan ciri-cirinya di depan teman-teman!
Ciri-ciri gambar hias bermotif hewan adalah bentuknya seperti hewan misalnya ayam, bebek, burung, sapi dan lain-lain.

Ayo Berlatih (Halaman 106)
Selesaikan soal perkalian berikut sesuai contoh !
a. 110 x 4=
110 x 4 = 4 x 110
110 = 100 + 10
Kalikan masing-masing bilangan dengan 4
100 x4 = 400
10 x 4 = 40
           ------- +
             440

b. 330 × 3 = ...
330 X 3 = 3 X 330
330 = 300 + 30

300 X 3 = 900
30 X 3   =   90
               ------+
                 990

c. 220 × 4 = 
220 X 4 = 4 X 220
220 = 200 + 20

200 X 4 = 800
20 X 4   =   80
           ---------- +
                880

Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD halaman 93,95 dan 96

Halo anak-anak kelas 3 SD, bagaimana kabar kalian, masih tetap semangat kan? pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban pembelajaran 6 Subtema 2 tema 1 kelas 3 SD mulai halaman 93,95 dan 96

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Ayo Menulis (halaman 93)
Perhatikan gambar berikut ini!
Buatlah suatu cerita berdasarkan gambar tersebut!
Tuliskan ceritamu pada tempat yang tersedia!


Tidak terasa hari sudah malam, saatnya bagi Siti untuk bergegas tidur. Sebelum tidur, seperti biasa Siti mencuci kaki, tangan, gosok gigi dan berdoa. Setelah semua itu dilakukan, Siti segera tidur di kasur yang sudah dirapikan.

Bagaimana caramu berdoa? (halaman 95)
Ceritakan melalui tulisan!

Saya beragama Islam. Ada beragam cara berdoa dalam agama kami. Setiap kali melakukan sesuatu, saya membiasakan diri berdoa dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Cara lain yang kami lakukan adalah berdoa setelah salat wajib lima waktu atau salat sunah lainnya,yaitu dengan menengadahkan tangan.

Udin mempunyai kegiatan lain sebelum tidur. Ia selalu mengaji, belajar, dan mengerjakan pekerjaan
rumah. Apakah kamu melakukan hal yang sama dengan Udin?
Ayo, bantu Udin belajar mengerjakan latihan pengurangan!

Pasangkan soal dan jawabannya! (halaman 96)

5.176-4.328 ---->> 848
6.459 - 2.783 ----->> 3.676
8.324 - 5.786 ----> 2.538
8.240 - 2.970 ---> 4.270
6.130 - 2.580 ---> 3.550

Selasa, 12 Mei 2020

Pembelajaran 5 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 83,84,86,89, 92

Halo anak-anak kelas 3, kita tiba pada pembelajaran 5 subtema 2 tema 1 mulai halamam 83. Saya harap kalian tetap bersemangat belajar setiap hari, agar tercapai cita-cita kalian. Untuk terus bersemangat kalian harus makan-makanan bergizi, berolahraga dan rajin beribadah kepada Tuhan.

Agar lebih jelas tentang pembelajaran 5, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Ayo Menulis (Halaman 84)
Tuliskan pendapatmu mengenai beberapa hal berikut ini!
1. Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan?
Karena dengan menghargai perbedaan kita bisa hidup rukun tanpa ada yang tersinggung
2. Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun?
Kita bisa melakukan berbagai kegiatan tanpa ada gangguan dari orang lain, bahkan terkadang kita bisa menerima bantuan orang lain
3. Mengapa kita perlu bekerja sama?
Agar kita bisa meraih tujuan dengan cepat dan berhasil

Ayo Berdiskusi (Halaman 86)

Apakah kamu dan teman-teman selalu hidup rukun?
Iya
Apakah kamu dan teman-teman memiliki kesukaan olahraga?
Iya
Coba tanyakan olahraga kesukaan teman-temanmu.

 No Nama Teman Olahraga kesukaan    
 1     Iwan Lari
 2 Doni Bulu tangkis
 3 Yuli Tenis meja
 4 Roni Renang
 5 Edo Sepak bola

Apa olahraga kesukaanmu?
Sepak bola
Ceritakan olahraga kesukaanmu dan manfaatnya terhadap tubuhmu di depan teman-temanmu!
Olahraga kesukaanku adalah Sepak bola. Hampir setiap hari aku bermain sepakbola bersama teman-teman di lapangan sekolah. Dengan bermain sepakbola tubuh akan menjadi sehat karena otot kaki, tangan dan seluruh badan bergerak.

Kerjakan latihan berikut ini. (Halaman 89)
1)

2 3 5 6
1 2 4 3
--------  -
1 2 1 3

2)
3 4 1 8
3 1 0 2
--------  -
   3 1 6

3)
9 8 3 2
7 8 1 0
--------  -
2 0 2 2

Cobalah menyelesaikan soal pengurangan berikut ini. (Halaman 92)
1) 
5. 1 7 6
4. 3 2 8
----------  -
    8 4  8

2)
6. 4 5 9
2. 7 8 3
---------  -
3  6 7 6

3)
8. 3 2 4
5. 7 8 6
--------  -
2  5 3 8