Kamis, 11 Juli 2019

Bacalah Kembali Kedua Teks Di Atas Berjudul Cara Menghidupkan Komputer

Soal dan jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 12. Peserta didik diminta menentukan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Soal


Tugas

Bacalah kembali kedua teks di atas berjudul "Cara Menghidupkan Komputer" dan "Cara Mematikan Komputer" ! Manakah bagian bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umun dan tahapan tahapan melakukan suatu kegiatan.

Jawab:

Teks 1 Cara Menghidupkan Komputer

Pernyataan Umum:
Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer, kita harus mengikuti setiap prosedur.

Tahapan-tahapan:
1. Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.
2. Pastikan sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer.
3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

Teks 2 Cara Mematikan Komputer

Pernyataan Umum:
Setelah selesai digunakan, komputer haruslah dimatikan agar tidak menyala terus. Sama seperti prosedur menyalakan komputer, cara mematikan komputer juga memerlukan prosedur agar komputer tidak cepat mengalami kerusakan.

Tahapan-tahapan:
1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif.
2. Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Dekstop.
3. Klik menu “Turn Off Computer”.
4. Pada kotak dialog “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off”.
5. Diamkan beberapa saat hingga komputer padam.
6. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor.
7. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik.
8. Tutup dengan penutup.

Rabu, 10 Juli 2019

Tugas Berdasarkan Paparan Contoh Di Atas, Tentu Kamu Dapat Menjawab

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 11 SMA/ SMK halaman 11. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal di bawah ini.



Soal:

Berdasarkan paparan contoh di atas, tentu kamu dapat menjawab pertanyaan berikut !

1. Mengapa bagian atas dinamakan "penjelasan umum"
2. Apakah tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas ?
3. Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya ?
4. Dari isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu?
5. Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur ?
6. Berdasarkan isinya, apakah fungsi teks prosedur itu?
7. Kemukakan sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari koran atau majalah ?

Jawab:

Silakan tonton video ini



atau simak tulisan di bawah ini



1. Bagian atas disebut dengan penjelasan umum karena biasanya berisi tulisan tentang hal umum yang akan disampaikan oleh penulis teks prosedur.

2. Tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas
3. Perbedaan utama dari teks prosedur dengan jenis teks lainnya terletak pada penggunaan kata imperatif. Pada teks prosedur kata imperatif banyak digunakan, karena tujuannya adalah untuk mengajak pembaca mengikuti apa yang tertulis dalam teks prosedur.

4. Teks 1 menjelaskan bagaimana cara menyalakan komputer dengan benar. Teks 2 Menjelaskan bagaimana cara mematikan komputer dengan benar.

5.Karakteristik umum dari teks prosedur adalah adanya penjelasan umum dan tahapan-tahapan yang harus diikuti oleh pembaca.

6. Fungsi teks prosedur di atas memberikan petunjuk bagaimana cara menyalakan dan mematikan komputer dengan benar agar komputer bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak cepat rusak

7. Dari majalah Trubus 620 Juli 2021 




Tugas 1 Berdasarkan Penelaahanmu Terhadap Teks Prosedur Di Atas, Kerjakan Tugas

Soal dan jawaban tugas 1 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 halaman 15. Peserta didik diminta untuk mengerjakan pertanyaan yang terdapat dalam tabel. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Berdasarkan penelaahanmu terhadap teks prosedur di atas, kerjakan tugas-tugas berikut. Kamu bisa mengerjakannya pada buku kerjamu !

1. Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut ini
2. Dari isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu
3. Berdasarkan isinya, apakah fungsi teks prosedur itu?
4. Temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas!
5. Temukan enam konjungsi pada teks prosedur di atas
6. Temukan pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas
7. Berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut ?
8. Tuliskan kembali isi teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara singkat dan jelas

Jawab:
 SIlakan lihat video di bawah ini


atau lihat tulisan di bawah ini

1.
No.IsiKalimat Singkat
1.Pernyataan UmumBagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifikasi calon secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan calon.
2.Tahapan-Tahapana.      Harus berbicara dengan jelas
b.      Jangan berbicara terlalu cepat, atau lambat.
c.      Perhatikan pewawancara, agar dapat memberikan jawaban yang relevan.
d.      Jika perlu tanyakan kembali pertanyaan pewawancara agar jelas, tapi jangan terlalu sering
e.     Pastikan menjaga kontak mata dengan pewawancara
f.     Hindari bahasa tubuh yang yang berarti negatif
g.  Ceritakan kemampuan diri yang relevan dengan lowongan pekerjaan.

2. Teks tersebut menjelaskan tentang kiat-kiat bagi pelamar pekerjaan saat diwawancarai oleh pewawancara.

3. Fungsi teks tersebut memberi informasi kepada pewawancara agar bisa berhasil saat melamar pekerjaan dan ketika diwawancara.

4. Kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas antara lain:

- Usahakan (paragraf 2 kalimat 2)
     - Perhatikan (paragraf 3 kalimat 1)
     - Pastikan (paragraf 4 kalimat 3)
     - Hindari (paragraf 5 kalimat 1 dan paragraf 6 kalimat 1, 5)
     - Cobalah (paragraf 6 kalimat 2)
     - Ceritakanlah (paragraf 6 kalimat 4)
     - Jadilah (paragraf 7 kalimat 1)
     - Tunjukkan (paragraf 7 kalimat terakhir)
     - Gunakanlah (paragraf 8 kalimat 2)

5.  Konjungsi pada teks prosedur di atas antara lain:
    - Selain itu (paragraf 3, konjungsi antarkalimat)
    - Namun (paragraf 3, konjungsi antarkalimat)
    - Singkatnya, (paragraf 4, konjungsi antarkalimat)
    - Oleh karena itu (paragraf 4, konjungsi antarkalimat)
    - Pada saat berbicara (paragraf 5, konjungsi antarkalimat)
    - Selama wawancara berlangsung (paragraf 6, konjungsi antarkalimat)

6. Pernyataan persuasif adalah pernyataan yang diberikan untuk membujuk pembaca melakukan sesuatu.
    Pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas adalah :
    - Hindari uraian yang panjang lebar dan bertele-tele
    - Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri

7. Teks prosedur tersebut di atas cukup penting bagi siapa saja yang membutuhkan bekal untuk wawancara di sebuah instansi atau perusahaan. Dengan membaca teks prosedur di atas, pencari kerja akan memiliki informasi awal bagaimana teknik wawancara agar bisa diterima sesuai dengan lowongan yang dibutuhkan.

8. Jawaban nomor delapan, silakan tonton dalam video di atas.

Kegiatan 1 Menyimpulkan Sistematika dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Soal dan Jawaban Kegiatan 1 menyimpulkan sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan. Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 12 halaman 20-21.


Jawab:
Sila perhatikan dengan seksama video ini




atau baca soal dan jawaban di bawah ini


1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
Simpulan: Tempat dan tanggal pembuatan surat sudah benar yaitu diletakkan di bagian kanan atas.

2.Lampiran dan hal
Simpulan: Sudah ada aturan baku mengenai hal ini. Lampiran dan hal harus ditulis sebagaimana mestinya. Misalnya,
Lampiran: empat lembar
Hal: pemberitahuan

3. Alamat surat:
Simpulan: sudah benar. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa penulisan alamat surat tidak perlu menggunakan kata kepada.
4. Salam pembuka
Simpulan: biasanya diawali dengan kata yang sopan misalnya dengan hormat.
5. Alinea pembuka
Simpulan: Alinea pembuka berisi kata-kata yang disusun dengan sopan dan usahakan tidak menyinggung pembaca.
6. Isi
Simpulan: isi harus menjelaskan perihal perkenalan diri, maksud dan tujuan dari surat lamaran pekerjaan.
7. Penutup
Simpulan: berupa harapan dari penulis akan dikabulkannya surat lamaran
8. Tanda tangan dan nama terang
Simpulan: tanda tangan dan nama yang jelas.

Selasa, 09 Juli 2019

Kegiatan 1 Mengidentifikasi Sistematika dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Soal dan jawaban dari Kegiatan 1 Mengidentifikasi sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan. Kegiatan tersebut terdapat dalam buku bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Kelas 12 halaman 18. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel. Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal:

Baca dan Cermati surat lamaran pekerjaan di bawah ini!

Silakan buka buku bahasa Indonesia kalian halaman 18.


1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
2. Lampiran dan hal
3. Alamat surat
4. Salam pembuka
5. Alinea pembuka
6. Isi
7. Penutup
8. Salam penutup
9. Tanda tangan dan nama terang

Jawaban bisa kalian lihat melalui video di bawah ini :


atau pada tulisan di bawah ini 

Jawab.

1. Medan, 1 Maret 2013
2. Hal: Lamaran pekerjaan
3. Yth. Kepala Sekolah Islam Al-Ulum Terpadu Medan
4. Dengan hormat,
5. Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/ Ibu pimpin. Adapun data pribadi saya sebagai berikut:
6.
nama: Mesriana, S.Pd.
tempat/ tanggal lahir: Sidomulyo, 05 Desember 1989
agama: Islam
pendidikan terakhir: S-1 Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia
alamat: Jalan Pancing, Gang Pertama Nomor 48, Medan
nomor HP: 081396984240/ 085260684889

Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/ Ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

1. Fotokopi KTP 1 lembar
2. Pasfoto 3x4 sebanyak 1 lembar;
3. akta IV 1 lembar;
4. Ijazah 1 lembar;
5. Transkrip nilai 1 lembar;
6. Daftar riwayat hidup 1 lembar.

7. Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/ Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

8. Hormat saya,
9. ttd Mariana, S.Pd.

Kegiatan 1 Membandingkan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Soal dan Jawaban Kegiatan 1 Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 halaman 13-14. Peserta didik diminta untuk membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:

Catatlah hasil perbandingan unsur-unsur kebahasaan pada kedua surat lamaran pekerjaan tersebut ke dalam tabel berikut.

Jawab: 

Silakan Simak Video ini




Atau perhatikan tabel di bawah ini



NoUnsur-Unsur KebahasaanSurat Lamaran Pekerjaan 1Surat Lamaran Pekerjaan 2
1Bentuk surat yang standarSurat tersebut sudah mengacu pada bentuk surat yang standarSudah menggunakan bentuk yang standar
2.Bahasa yang baik dan benarBahasa yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman berbahasa yang baik dan benar.Belum menggunakan bahasa yang baik dan benar. Misalnya pada : Lampiran: 5 (lima) berkas. Angka 5 tidak perlu ditulis, cukup ditulis abjadnya saja. Alamat surat tertulis Yth. : Kepala Dinas... Seharusnya tidak perlu menggunakan tanda titik dua. Nama, Tempat Tinggal, Alamat, Ijazah,huruf awal pada tiap kata di atas seharusnya menggunakan huruf kecil.
3Menggunakan kata-kata yang sopanCukup sopanCukup sopan
4Kata pengantar jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaranSeperti yang kita lihat, kata pengantar yang digunakan benar-benar efektif dan efisien serta tidak berbelit-belit.Kata pengantar terlalu singkat.
5Penyampaian maksud surat pada isi suratMaksud yang disampaikan juga mudah dipahami oleh pembacaMaksud yang disampaikan juga mudah dipahami oleh pembaca
6Pemakaian tanda baca koma (,) pada bagian penutup suratPerhatikan penutup surat ( hormat saya,) Sudah menggunakan tanda baca koma (,)Belum menggunakan tanda baca koma
Komentar: Dari keduanya, surat lamaran 2 masih banyak yang perlu diperbaiki.




Senin, 08 Juli 2019

Tulislah Hasil Analisis Terhadap Unsur-unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Format Tabel Berikut

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 1 Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018 halaman 12. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel tentang unsur-unsur kebahasaan.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:

Tulislah hasil analisis terhadap unsur-unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan dalam format tabel berikut !

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini 




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Perhatikan surat lamaran pada halaman 11 lalu identifikasilah surat tersebut berdasarkan unsur-unsur kebahasaan.

NoUnsur-Unsur KebahasaanPenjelasan
1Bentuk surat yang standarSurat tersebut sudah mengacu pada bentuk surat yang standar
2.Bahasa yang baik dan benarBahasa yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman berbahasa yang baik dan benar.
3.Kata pengantar jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaranSeperti yang kita lihat, kata pengantar yang digunakan benar-benar efektif dan efisien serta tidak berbelit-belit.
4.Penyampaian maksud surat pada isi suratMaksud yang disampaikan juga mudah dipahami oleh pembaca
5Pemakaian tanda baca koma (,) pada bagian penutup suratPerhatikan penutup surat ( hormat saya,) Sudah menggunakan tanda baca koma (,)

Selasa, 02 Juli 2019

Mengidentifikasi Bahan Serat Alam Pada Produk Kerajinan

Soal dan Jawaban Lembar Kerja 1 (LK-1) Prakarya Kelas 7 SMP halaman 5 tentang identifikasi bahan serat alam pada produk kerajinan. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dalam tabel.

Agar lebih jelas, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.



1.       Serat eceng gondok:

Ciri – ciri: Serat eceng gondok kering dan kuat.
Bentuk: Serat eceng gondok berbentuk memanjang
Warna: Serat eceng gondok berwarna kecoklatan.
Tekstur: Serat eceng gondok bertekstur sedikit kasar.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat eceng gondoknya dianyam.

2. Serat kapas:
Ciri – ciri: Biji kapasnya kering dan agak keras, sedangkan serat kapanya kering dan agak kuat.
Bentuk: Serat kapas berbentuk menggumpal.
Warna: Serat kapas berwarna putih.
Tekstur: Serat kapas bertekstur lembut.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat kapas dimasukkan ke dalam sarung bantal.

3. Serat daun pandan:
Ciri – ciri: Serat daun pandan kering dan agak kuat.
Bentuk: Serat daun pandan berbentuk memanjang.
Warna: Serat daun pandan berwarna kecoklatan.
Tekstur: Serat daun pandan bertekstur sedikit kasar.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat daun pandannya dianyam.

4.       Serat pelepah pisang:
Ciri – ciri: Serat pelepah pisang kering dan agak kuat
Bentuk: Serat pelepah pisang berbentuk memanjang.
Warna: Serat pelepah pisang berwarna kecoklatan.
Tekstur: Serat pelepah pisang bertekstur sedikit kasar.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat pelepah pisangnya dianyam.

5.       Serat rami:
Ciri – ciri: Serat rami agak rapuh, kaku dan berkilau
Bentuk: Serat rami berbentuk benang jika sudah dirajut, agak keriting dan memanjang
Warna: Serat rami berwarna putih kecoklatan
Tekstur: Serat rami bertektur sedikit kasar
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu Serat rami diarajut menjadi benang kemudian dapat dirajut menjadi kain.


Serat alam dari hewan, seperti:

6.    Serat wol:

Ciri – ciri: Serat wol keriting dan agak kuat.
Bentuk: Serat wol berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat wol berwarna putih.
Tekstur: Serat wol bertekstur lembut.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat wolnya dipintal.


7.    Serat sutera:

Ciri – ciri: Serat suteranya berkilauan.
Bentuk: Serat sutera berbentuk seperti benang jika sudah dipintal.
Warna: Serat sutera berwarna putih.
Tekstur: Serat sutera bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat suteranya dipintal 

8.       Serat alpaca:
Ciri – ciri: Serat alpaca agak keriting dan kuat
Bentuk: Serat alpaca berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat alpaca berwarna putih, coklat, kekuning – kuningan dan berkilau
Tekstur: Serat alpaca bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat alpaca dipintal.


9.  Serat unta:
Ciri – ciri: Serat unta agak keriting dan kuat
Bentuk: Serat unta berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat unta berwarna putih, coklat, dan juga kekuning - kuningan
Tekstur: Serat unta bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat unta dipintal

10.   Serat kelinci:
Ciri – ciri: Serat kelinci agak keriting dan agak kuat
Bentuk: Serat kelinci berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat kelinci berwarna putih
Tekstur: Serat kelinci bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat kelinci dipintal


Ungkapan Perasaan: Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu luar biasa.

sumber: https://brainly.co.id/tugas/16524492

Senin, 01 Juli 2019

Jelaskanlah Karakteristik Wilayah Indonesia dan Potensinya Berdasarkan Peta yang Kalian Amati

Soal dan jawaban dari pertanyaan nomor 5 Aktivitas Individu dalam buku pelajaran IPS Kelas 7 halaman 16.
Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal: 

Jelaskanlah karakteristik wilayah Indonesia dan potensinya berdasarkan peta yang kalian amati.

Jawab:

Daratan/ Lahan
Karakteristik:
a. Sebagian besar tanah di Indonesia merupakan tanah yang subur
b. Masyarakat menjadikan lahan tersebut sebagai permukiman
c. Lahan tersebut juga digunakan untuk bercocok tanam, konservasi tanaman, dan hewan
d. DIpergunakan untuk berbagai kegiatan umum

Potensi yang dikembangkan: Pertanian

Lautan
Karakteristik: Memiliki ikan dengan beranekaragam jenis. Hal tersebut disebabkan karena letak geografisnya yang terletak di antara dua Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Untuk itulah, Indonesia disebut negara maritim.

Potensi yang dikembangkan: Perikanan

Tentukan Letak Astronomis Wilayah Indonesia dengan Menentukan Garis Lintang dan Garis Bujur dari batas wilayah Indonesia

Soal dan Jawaban Aktivitas Individu dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 SMP/ MTS terbitan kemendikbud halaman 16, Perhatikanlah peta Indonesia dan lakukanlah kegiatan berikut ini!. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang Peta Indonesia dan batas-batasnya.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:

1. Tentukan letak astronomis wilayah Indonesia dengan menentukan garis
lintang dan garis bujur dari batas wilayah Indonesia.
2. Tulislah batas-batas wilayah Indonesia pada tabel berikut ini.
Utara Selatan Barat Timur
Batas Daratan
Batas Lautan/Samudra
Batas Negara
3. Perhatikanlah benua dan samudra yang mengelilingi Indonesia.
4. Diskusikan dengan teman dan guru kalian apakah letak Indonesia strategis
atau tidak.
5. Jelaskanlah karakteristik wilayah Indonesia dan potensinya berdasarkan
peta yang kalian amati. Tulislah karakteristik dan potensi tersebut pada
tabel berikut.


Jawab :

1. Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.
2. Daratan
Utara : Malaysia di Pulau Kalimantan
Selatan : Timor Leste Di pulau timor
Barat : Tidak Ada
Timur : Papua Nugini Di Pulau Papua.

Lautan
Utara : Laut China Selatan
Selatan : Samudera Hindia
Barat : Samudera Hindia dan Laut Andaman
Timur Samudera Pasifik

Batas Negara
Utara : Malaysia Singapura
Selatan : Timor Leste, Australia
Barat : Laut Andaman (India)
Timut : Papua Nugini

4. Strategis
5. Jawabannya, silakan klik  karakteristik wilayah Indonesia dan potensinya berdasarkan
peta