Tuesday, February 11, 2020

Tugas Bacalah Teks Biografi George Saa, SI Jenius dari Papua

Loading...
Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK halaman 223 bab 7 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta membandingkan pola penyajian tiga biografi dalam buku tersebut.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Sekarang, marilah kita bandingkan pola penyajian ketiga biografi di atas dengan menggunakan tabel berikut ini !

Jawab:

Aspek: Alur cerita( semuanya beralur maju)

B.J. Habibie : Cerita diawali dengan identitas diri dan keluarganya, lalu perjalanan pendidikan, terutama pendidikannya di luar negeri. DI bagian pendidikan, banyak diulas bagaimana suka daukanya Habibie menyelesaikan pendididkan di luar negeri dengan biaya minim. Cerita dilanjutkan dengan karier Habibie sebagai teknokrat hingga politikus (sampai menjadi Preisden RI) lalu diakhiri dengan kehidupannya saat ini sepeninggal istrinya, Ainun Habibie.

George Saa: Cerita diawali dengan identitas diri dan keluarganya, tentang ayah ibu dan saudara-saudaranya, kemudian dilanjutkan cerita tentang perjalanan pendidikan George ke Jakarta lalu ke luar negeri.Cerita dilanjutkan dengan peristiwa di mana George menerima beasiswa untuk bersekolah di Amerika Serikat hingga akhirnya suskses bekerja di perusahaan internasional di bidang migas.

Ardian Syaf: Cerita bermula dari ketika Ardian Syaf lulus kuliah tahun 2004, lalu ketika ia bekerja sebagai tukang layout. Dilanjutkan dengan tahun 2005 ketika ia mulai melamar menjadi ilustrator di berbagai web. Kemudian ia menjadi ilustrator komik dari penerbit Dabel Brother, AS. Hingga akhirnya berhasil menjadi komikus dari DC Comics.

Sudut Pandang:
Bj. Habibie: Orang ketiga yang serba tahu
George Saa: Orang ketiga yang serba tahu
Ardian Syaf: Orang ketiga yang serba tahu

Gaya penulisan:
BJ. Habibie: deskriptif naratif
George Saa:  deskriptif naratif dikombinasikan dialog
Ardian Syaf: deskriptif naratif dikombinasikan dialog

fokus penceritaan:
B.J. Habibie: keberhasilan karier
George Saa: keberhasilan karier
Ardian Syaf:keberhasilan karier

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon