Wednesday, May 29, 2019

Uji Kompetensi 1.1 Pkn Kelas 7 Bab 1 Halaman 30

Loading...
Soal dan jawaban dari Uji Kompetensi 1.1 Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7 Bab 1 Halaman 30 Buku PKn Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta untuk menjawab soal. Ada lima pertanyaan yang harus dijawab.

Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Uji Kompetensi 1.1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1. Jelaskan pembentukan BPUPKI
2. Siapa sajakah anggota BPUPKI
3. Apa tugas BPUPKI
4. Bagaimana proses sidang resmi yang dilaksanakan BPUPKI
5. Bagaimana proses sidang tidak resmi yang dilaksanakan BPUPKI


Jawab:

1. Pembentukan BPUPKI bermula dari janji Jepang yang akan membentuk pantia persiapan kemerdekaan. Sebelumnya satu persatu daerah dikuasai Jepang kembali dikuasai Sekutu. Melihat itu, pada peringatan Pembangunan Djawa Baroe tanggal 1 Maret 1945, Jepang mengumumkan pembentukan Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) untuk menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan. Janji tersebut direalisasikan pada tanggal 29 April 1945, secara resmi BPUPKI dilantik oleh Jepang, dengan anggota berjumlah enam puluh dua orang yang terdiri dari tokoh-tokoh bangssa Indonesia dan tujuh orang perwakilan dari Jepang.

2. Anggota BPUPKI terdiri dari enam puluh dua orang yang terdiri dari tokoh-tokoh bangssa Indonesia dan tujuh orang perwakilan dari Jepang. Ketua BPUPKI adalah dr. K.R.T. Radjiman Wedyoningrat dengan dua wakil ketua Ichibangase Yosio dan R.P. Soeroso.

3. Tugas BPUPKI adalah menyelidiki usaha-usaha persiapan Kemerdekaan Indonesia. dan membuat rancangan Dasar negara, serta UU Dasar 1945

4. Proses sidang resmi pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 membahas tengang dasar negara. SIdang kedua berlangsung tanggal 10 sampai dengan 17 Juli 1945 dengan membahas rancangan Undang-Undang Dasar.

5. Proses sidang tidam resmi hanya dihadiri oleh tiga puluh delapan orang. Kegiatan ini berlangsung di masa reses antar sidang pertama dan sidang kedua, tunjuannya untuk membahas rancangan Pembukaan Undang-Udang Dasar 1945 yang dipimpin oleh anggota BPUPKI Ir. Sukarno. Sidang BPUPKI dilaksanakan di gedung Chuo Sangi In.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon