Thursday, February 7, 2019

Urutkan Kejadian yang Dialami Oleh Ulu di Atas Dalam Tabel

Soal ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kelas VII pada halaman 207. Menentukan Rangkaian Peristiwa Uraikan isi fabel di atas menggunakan bahasamu sendiri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!



a. Urutkan kejadian yang dialami oleh Ulu di atas dalam tabel di:

Awalnya Ulu sedang berdiri di pinggir kolam. Hari itu langit sangat gelap dan hari seperti itulah yang Ulu sukai. Tidak lama kemudian, air mulai menetes perlahan-lahan dari angkasa. “Hujan telah tiba!” Ulu berteriak dengan girang. Ulu pun mulai bersenandung sambil melompat-lompat mengitari kolam.

Tiba-tiba Ia melihat semut yang kecil sedang berteduh di balik bunga matahari. “Wahai semut, hujan telah tiba jangan bersembunyi!” seru Ulu kepada semut. Semut hanya bisa menatap Ulu dengan kesal karena menyuruhnya berenang. Semut tidak dapat berenang karena ia berjalan.

Lalu Ulu berhenti di pinggir sungai dan berbicara kepada Ikan, " Nikmati saja air kolammu sebab kamu tidak akan dapat pernah merasakan rintikan hujan di badanmu!”  Ikan yang bersedih hati pun berenang meninggalkan Ulu ke sisi kolam yang lain.

Selanjutnya Ulu tiba di bawah pohon, ia melihat Burung sedang bertengger di dahan pohon dan membersihkan bulunya.  Ulu mengira Burung juga sama seperti Semut dan Ikan yang tidak dapat menikmati hujan.

Kemudian Burung meminta Ulu untuk naik pohon. Tentu saja Ulu tidak bisa. "Itulah yang kumaksud Ulu, kita masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Semut tidak bisa berenang sepertimu, tetapi ia bisa menyusup ke tempat-tempat kecil yang tidak dapat kau lewati. Ikan tidak dapat melompat-lompat sepertimu, tetapi ia bernapas di bawah air. Kamu tidak seharusnya menghina mereka!, " Kata burung

Akhirnya Ulu mulai menyadari bahwa tindakannya salah. Diam-diam Ulu berpikir bahwa tindakannya itu tidak benar. Ia seharusnya tidak menyombongkan kelebihan dan menghina teman-temannya.

b. Mengapa Ulu meremehkan teman-temannya ?
Jawab: Karena Ulu merasa memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh temannya. Ia merasa bisa hidup di dua alam, sementara teman-temannya tidak bisa sepertinya.

c. Ceritakan proses Ulu akhirnya menyadari kesalahannya!
Jawab: Ulu menyadari kesalahannya setelah ia bertemu dengan burung. Ketika melihat burung, ia mengira bahwa burung seperti kedua temannya yang tidak bisa menikmati hujan. Ternyata Ulu salah, burung bahkan bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Ulu, yaitu terbang. Burung dengan bijaksana menasehati Ulu agar tidak sombong dan meremehkan temannya. Setelah itu Ulu sadar bahwa tindakannya salah.

d. Daftarlah karakter manusia yang diibaratkan pada binatang dan karakter binatang asli pada fabel di atas!

Jawab: 

Ulu: Sombong, suka meremehkan orang lain.
Semut: Cepat merasa kesal
Ikan: Mudah terpengaruh hinaan
Burung: Bijaksana

Karakter binatang asli:
katak hijau: sering mengeluarkan suara khas.
Semut: sangat terampil bekerjasama
ikan: selalu berenang dan segera menyembunyikan diri ketika merasa ada bahaya
burung: suka berkicau dan terbang

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon