Tuesday, February 5, 2019

Kegiatan 7.4 Bahasa Indonesia Kelas 8 Bacalah Kembali Teks Sumpah Pemuda

Loading...
Kegiatan 7.4 Bahasa Indonesia Kelas 8 tentang tugas Bacalah Kembali Teks Sumpah Pemuda dan beberapa soal lain.terdapat dalam buku kurikulum 2013 SMP/ MTs Bahasa Indonesia halaman 184.



Soal

A.

1.Bacalah kembali teks yang bertopik perlunya peringatan hari Sumpah Pemuda pada pelajaran sebelumnya.

2.  Jawablah soal-soal berikut !

a. Apa fakta penting yang dinyatakan dalam paragraf pertama?
b. Apa pendapat penting yang dinyatakan dalam paragraf kedua?
c. Tunjukkan pula pendapat penting yang ada pada paragraf ketiga!
d. Adakah pendapat/ fakta penting pada paragraf keempat dan kelimanya?
e. Dalam paragraf keenam ada pernyataan seperti berikut, "Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat". Apakah pernyataan itu bisa dikatakan sebagai pendapat penting? Jelaskan alasan-alasannya!

B. 1. Secara berkelompok, rumuskan simpulan untuk teks bertopik tentang perlunya peringatan Hari Sumpah Pemuda!
2. Rumuskan simpulan itu berdasarkan langkah-langkah yang telah kita pelajari sebelumnya!

Jawab: 

A. 

1. Silakan baca kembali teks Perlunya Peringatan Hari Sumpah Pemuda.
2.
a. Fakta penting paragraf pertama adalah Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".

b. Pendapat penting paragraf kedua adalah Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

c. Pendapat penting yang ada pada paragraf ketiga adalah Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Ada. Paragraf Keempat: Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.
Paragraf kelima: Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

e. Bisa, dengan alasan:
1. Pendapat tersebut berdasarkan fakta
2. Pendapat yang berdasarkan fakta bisa memengaruhi pembaca.

B. Fakta/ pendapat penting

1. Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".

2. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

3.  Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
4. Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.
5. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

Simpulan :

Sumpah pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober merupakan suatu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda. Para pemuda harus bisa mengambil hikmah terpenting yaitu semangat persatuan. Hasil dari semangat tersebut adalah  lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan atau pencernaan dalam menekuni kepentingan pribadi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon