Selasa, 12 Mei 2020

Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 77-80

Halo..anak-anak kelas 3, masih semangat untuk belajar ? Baiklah, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 




Ayo Menulis ( Halaman 77)
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks yang kamu baca!

1. Apa yang sedang dilakukan oleh anak-anak SD Nusantara?
Bermain tarik tambang
2. Mengapa Edo mengaduh kesakitan?
Karena Edo terjatuh
3. Apa yang dilakukan teman-teman Edo saat Edo kesakitan?
Teman-teman membantu dan menghibur
4. Apakah kamu sarapan sebelum berangkat ke sekolah?
Iya
5. Jika kamu menjawab tidak, tuliskan alasannya!
Agar aku memiliki energi yang cukup untuk kegiatan sehari-hari
6. Jika kamu menjawab iya, tuliskan makanan yang kamu makan saat sarapan!
Nasi, mie dan tempe goreng
7. Apakah makananmu saat sarapan sudah termasuk makanan sehat dan bergizi?
Sebagian sudah

Ayo bercerita (Halaman 80)
Apa makanan kesukaanmu?
Nasi, tempe goreng, ikan bandeng, mie, sayur bayam
Apakah makanan kesukaanmu termasuk makanan
yang sehat dan bergizi?
Ada yang bergizi ada yang tidak
Ayo tulis dan ceritakan makanan kesukaanmu!
Setiap hari saya makan nasi. Saat pagi hari, siang dan malam hari. Lauk pauk yang saya suka adalah tempe goreng, ikan bandeng dan mie. Selain itu saya juga suka sayur bayam yang ditambah dengan sambal.

Senin, 11 Mei 2020

Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD

Soal dan jawaban dari Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Kelas 3 SD. Kalian diminta untuk mengerjakan beberapa soal tentang makanan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Menulis 
Amati gambar makanan berikut ini.
Beri tanda ( V) pada makanan yang sebaiknya dimakan setiap hari!
Beri tanda (x) pada makanan yang sebaiknya dimakan sesekali saja atau bahkan dihindari!
Tuliskan pula alasan pada tempat yang tersedia!

 3


Alasan: 
1) Buah-buah sebaiknya dimakan setiap hari karena mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari.
2) Permen sebaiknya sesekali disantap karena kandungan gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jika disantap setiap hari.
3) Es krim sebaiknya sesekali disantap karena kandungan gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jika disantap setiap hari.
4) Cokelat sebaiknya sesekali disantap karena kandungan gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jika disantap setiap hari.
5) Susu sebaiknya diminum setiap hari karena mengandung vitamin dan protein yang dibutuhkan tubuh setiap hari.
6) Lauk dan daging sebaiknya dimakan setiap hari karena mengandung protein yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Selesaikan soal di bawah ini dengan benar!
a. Pada musim panen dihasilkan 2 keranjang buah jambu. Keranjang pertama berisi 1.750 buah jambu. Keranjang kedua berisi 1.850 buah jambu.
Berapa jumlah buah jambu dalam dua keranjang tersebut?
1.750 + 1.850 = 3.600

b . Pak Komar ingin menjual buah semangka hasil panen dari perkebunannya. Kebun Pak Komar menghasilkan 2 truk semangka. Truk pertama
memuat 1.200 buah semangka. Truk kedua memuat 1.800 buah semangka. Berapa jumlah buah semangka hasil panen pak Komar?
1.200 + 1.800 = 3.000

Minggu, 10 Mei 2020

Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD

Halo, selamat belajar anak-anak, kali ini Bapak akan berbagi soal dan jawaban dari pembelajaran 2 subtema 2 Tema 1 kelas 3 SD, masih tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Ada beberapa pertanyaan yang harus kalian jawab.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Ayo Menulis (halaman 62)

Apakah kamu masih ingat dengan tugas mewawancara orang tua pada pertemuan sebelumnya?
Gunakan informasi yang sudah kamu peroleh untuk menulis cerita tentang perkembangan dirimu!

Perkembanganku

Saat ini, aku berumur 8 tahun. Aku dilahirkan Ibu di Puskesmas. Berat badanku saat dilahirkan 4 kg. Setelah lahir, Ibu segera memberikan ASI dan makanan tambahan yang lunak dan mudah dicerna. Saat masih bayi, aku hanya bisa berguling, tengkurap, kemudin mulai belajar merangkak dan merayap. Terkadang saya juga mengisap jempol. Gigi saya tumbuh pada usia sekitar 6 bulan. Lalu, aku mulai belajar berjalan pada usia 2 tahun.


Bagaimana perasaanmu setelah mendengar
informasi tentang perkembanganmu?
Aku merasa senang karena ayah dan ibu telah merawatku dengan baik

Apakah kamu juga mendapat informasi kapan kamu mulai bisa merangkak dan berjalan?
iya

Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!
Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi. Sikap yang akan kamu lakukan adalah. membantu mengambilkan benda
Kamu melihat temanmu yang kesulitan membawa barang bawaan. Sikap yang akan kamu lakukan adalah.jika aku merasa kuat, aku akan membantunya..
Kamu melihat temanmu yang kesulitan mengikuti gerakan tari. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...membenarkan kemudian memberi contoh

Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Halo anak-anak kelas 3, kali ini Bapak akan berbagai jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia halaman 52. Kalian harus menjawab beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar Udin berikut ini!
Apa kamu dapat menemukan perubahan yang dialami Udin berdasarkan gambar tersebut?


Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah tinggi, berat badan dan tingkah laku



Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah perubahan jenis makanan

Lakukan kegiatan wawancara kepada orang tua di rumah untuk mendapatkan informasi tersebut! (Halaman 53)
Tuliskan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.

1. Berapa umur saya?
2. Berapa berat badan saya saat lahir?
3. Apa makanan saya ketika masih bayi?
4. Apakah kebiasaan saya saat masih bayi?
5. Pada umur berapa gigi saya tumbuh?

Coba lakukan gerakan kuat dan lemah pada tangan sesuai perintah berikut ini! (Halaman 54)
1. Lakukan gerakan kuat seperti orang yang sedang mendorong meja.
2. Lakukan gerakan lemah seperti orang memegang kapas. 

Dapatkah kamu merasakan perbedaan dari kedua gerakan tersebut?
Dapat, untuk melakukan gerakan kuat, saya membutuhkan tenaga yang cukup besar dibanding memegang kapas.

Mari kita coba pelajari penjumlahan bilangan ribuan menggunakan teknik menyimpan untuk meningkatkan pemahaman. (halaman 58)
Kerjakan latihan berikut ini.


1) 6897
2) 5127
3) 8745

4) 4100

Cobalah menyelesaikan soal penjumlahan berikut ini!


1)     5673
2)     8149
3)    7592
4)    8618

Sabtu, 09 Mei 2020

Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 3 Sekolah Dasar

Halo selamat belajar anak-anak kelas 3, tetap semangat yaa! Kali ini Bapak akan berbagi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 3 Sekolah dasar halaman 45. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Menulis (halaman 45)
Amati gambar berikut! Kemudian, sebutkan ciri makhluk hidup berdasarkan gambar tersebut.
Tambahkan penjelasan mengenai sikap baik yang harus dilakukan berkaitan dengan gambar tersebut!


Contoh: Sebuah keluarga sedang makan bersama. Makhluk hidup perlu makanan. Makanan yang harus dipilih adalah makanan yang bersih dan sehat. Kita juga harus berdoa sebelum dan
sesudah makan. Berdoa dilakukan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.


Gambar di atas menunjukkan Siti sedang berolahraga bersama keluarga tercintanya. Mereka berolahraga karena manusia sebagai makhluk hidup harus bergerak. Mereka bergerak dengan cara berjalan, berlari atau melakukan gerakan-gerakan lain. Berolahraga membuat manusia sehat. Berolahraga dilakukan dengan memakai pakaian olahraga lengkap baju, celana dan sepatu. Selain itu berolahraga bersama keluarga juga membuat anggota keluarga semakin akrab dan bahagia.

Gambar di atas menunjukkan perilaku Beni ketika bereaksi terhadap panasnya cahaya matahari. Beni harus memicingkan matanya karena matanya silau ketika melihat matahari secara langsung. Ini menunjukkan bahwa manusia sebagai makhluk hidup, peka terhadap rangsang. Terlalu banyak cahaya ke mata bisa membuat mata silau dan bahkan sakit. Untuk itu, kita perlu menjaga mata agar selalu sehat.


Gambar di atas menunjukkan Keluarga besar Edo sedang berkumpul. Bertambahnya jumlah keluarga Edo menunjukkan bahwa manusia berkembang biak. Berkembang biak untuk menjaga
kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup.


Gambar keluarga Lani sedang menghirup udara di taman depan rumahnya. Gambar tersebut menunjukkan salah satu ciri-ciri makhluk hidup yaitu bernapas. Manusia membutuhkan udara yang bersih dan segar. Oleh karena itu, manusia harus menjaga lingkungan agar sehat.

Amati Gambar Ikan Berikut (halaman 48)
Selesaikan soal yang ada pada gambar ikan tersebut.
Warnai dengan warna merah bagian tubuh ikan
untuk hasil penjumlahan lebih dari 5.000.
Warnai dengan warna kuning bagian tubuh ikan
untuk hasil penjumlahan kurang dari 5.000.
Warnai dengan warna biru untuk hasil
penjumlahan sama dengan 1.000.

Jawab: 





Ayo Berlatih
Cobalah buat soal penjumlah dengan bahasamu sendiri!

1.  Edo berhasil menangkap 20 ekor ikan. Beni berhasil menangkap 6 ekor ikan. Berapa jumlah ikan Edo dan Beni
2.  Di Pasar Desi membeli 5 buah manggis,  Siti juga membeli buah manggis sebanyak 10 buah. Berapa jumlah buah manggis Siti dan Desi ?

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 3 SD

Soal dan jawaban dari Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 37-38, 39, 42-44. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal berdasarkan gambar yang ada. Ada empat gambar yang harus diubah dalam bentuk tulisan.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Perhatikan gambar berikut ini!


Bekerjalah dengan cara berkelompok! 
Buatlah cerita berdasarkan gambar di atas. Buatlah cerita pada tempat yang sudah disediakan di halaman berikutnya!
Ceritakan hasil kerja kelompokmu di depan kelompok yang lain!

Udin, Beni dan Edo sedang bermain bersama di luar rumah, mereka asyik bermain di tanah basah. Udin mengais tanah dengan ranting, Edo bahkan bermain-main cacing tanah. 
Setelah puas bermain, mereka mencuci tangan di kran air, kecuali Edo, ia langsng mengambil makanan di piring. Dengan lahap, ketiganya pun makan. Mereka terlihat gembira. Tanpa diduga, perut Edo mendadak sakit, hingga ia lemas dan berbading. Ia sakit karena lupa tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan. Untuk itu, kalian harus rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan.

Ayo Berdiskusi (halaman 39)
Perhatikan kembali gambar seri di depan!
Apa yang dilakukan salah satu teman Udin sehingga ia jatuh sakit?

Teman Udin yang sakit bernama Edo. Ia jatuh sakit karena tidak mencuci makan sebelum makan, padahal sebelumnya ia bermain tanah, bahkan memegang cacing tanah. Ketika ia makan, banyak sekali kuman dan kotoran yang ada di tangan Edo, bercampur dengan makanan yang dipegangnya. Kotoran dan kuman itu masuk ke perut Edo dan megakibatkan ia sakit.

Tuliskan kebiasaan yang kamu lakukan sebelum makan. Lalu, ceritakan di depan teman-temanmu! (halaman 41)
Sebelum makan, ibu mengajariku untuk mencuci tangan dengan sabun mandi. Setelah itu kami sekeluarga duduk di kursi masing-masing menghadap meja makan. Kami berdoa bersama, kemudian makan bersama-sama.

Bandingkan kebiasaanmu dengan kebiasaan temanmu. Adakah kebiasaan makan yang baik, tetapi belum kamu lakukan? Bagaimana kamu akan melakukannya?
Beberapa teman saya melakukan kegiatan yang hampir sama, perbedaannya, teman-teman saya membantu ibunya menyiapkan makanan di meja, namun saya belum melakukan hal tersebut. Semoga nanti bisa melakukan.

Ayo Berlatih (halaman 42-44)
Susu sapi adalah salah satu contoh makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa perusahan memproduksi susu sapi dalam bentuk kemasan
kotak siap saji agar mudah dikonsumsi. Berikut ini adalah jumlah susu kemasan kotak yang dapat dihasilkan oleh beberapa perusahaan.



Berdasarkan daftar tersebut, selesaikan beberapa persoalan berikut ini!
1. Manakah perusahaan yang menghasilkan susu kemasan kotak paling banyak setiap bulan?
Jawaban : Perusahaan C
2. Manakah perusahaan yang menghasilkan susu
kemasan kotak paling sedikit setiap bulan?
Jawaban Perusahaan A

Selesaikan soal-soal berikut ini!
1. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan B?
Jawaban : 1200 + 3000 = 4200 kotak susu
2. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan B dan E?
Jawaban : 3000 + 2200 = 5200 kotak susu
3. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan E?
Jawaban : 1200 + 2200 = 3400 kotak susu
4. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan B dan C?
Jawaban :  3000 +  4800 = 7800 kotak susu
5. Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahaan A dan C?
Jawaban : 1200 + 4800 = 6000 kotak susu

Jumat, 08 Mei 2020

Mengapa Permainan Kuda-Kudaan Dapat Membantu Memperkuat Tangan dan Kaki!

Halo, anak-anak kelas 3 SD, semoga kalian tetap rajin membaca buku dan rajin belajar setiap hari yaa. Pada kesempatan kali ini kita masih akan belajar tentang makhluk hidup dalam buku Kelas 3 Tema 1 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 34, dan 36. Bapak yakin kalian masih mengingat materi-materi sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
1. Mengapa permainan Kuda-Kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki!
2. Apa saja yang harus dilakukan agar dapat memenangkan perlombaan Kuda-Kudaan?

Jawab
1. Karena ketika kita pura-pura menjadi kuda, kedua tangan dan kaki kita akan menahan berat kita sendiri dan teman kita
2. Untuk memenangkan perloimbaan kuda-kudaan, kita harus bergerak secepat mungkin.

Soal
Tuliskan hal-hal yang akan kamu lakukan untuk menjaga agar tubuhmu tetap sehat dan kuat! (halaman 34)

Jawab
Makan teratur dengan makanan bergizi, dan rutin belajar dan berolahraga serta bersyukur kepada Tuhan atas karunia yang diberikan kepada kita.

Soal
Apakah ukuran tubuhmu bertambah tinggi dari kelas 1 sampai kelas 3 ini? (halaman 36)

Jawab
Iya

Soal
Bagaimana cara kamu mensyukuri proses pertumbuhan ini? (halaman 36)

Jawab: 
Dengan menggunakan tubuh dan pikiran untuk hal-hal yang baik seperti membantu orangtua, belajar giat dan berolahraga dengan teratur.

Urutkan Peternakan Berdasarkan Banyaknya Telur yang Dihasilkan per Bulan.

Kunci jawaban dari soal dalam buku Kurikulum 2013 kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 28. Kalian harus menjawab pertanyaan tentang Peternakan siapa yang paling banyak menghasilkan telur per bulan?

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Berikut ini adalah contoh daftar jumlah telur yang dihasilkan beberapa peternakan setiap bulan.


Peternakan siapa yang paling banyak menghasilkan telur per bulan? (halaman 28)
Peternakan siapa yang paling sedikit menghasilkan telur per bulan?

Urutkan peternakan berdasarkan banyaknya telur yang dihasilkan per bulan. Mulailah dari peternakan dengan hasil telur per bulan paling sedikit.
1. Peternakan ...
2. Peternakan ...
3. Peternakan ...
4. Peternakan ...
5. Peternakan ...\

Jawab: 

- Peternakan A
- Peternakan B

Urutan:
1. Peternakan B
2. Peternakan D
3. Peternakan E
4. Peternakan A
5. Peternakan C

Soal
Pasangkan nama dan lambang bilangan dengan cara menghubungkan titik dengan garis! (halaman 29)

Jawab


Soal

Cobalah menuliskan bilangan pada tabel nilai tempat. (halaman 30)
1. 4.750 dibaca ...
2. .....................dibaca delapan ribu empat ratus tujuh belas
3. ....... dibaca ......

Jawab
1. 
 Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
 4 7 5 0

2. 8417

Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
8417

3. 1000 dibaca Seribu

Kamis, 07 Mei 2020

Tuliskan Ciri-ciri Tersebut pada Tempat yang Tersedia!

Hallo Assalamualaikum anak-anak kelas 3, bagaimana kabar kalian? Semoga baik-baik saja. Seperti biasa, Bapak akan membagikan jawaban dari soal-soal dalam buku Kurikulum 2013. Kali ini soal yang akan kita bahas adalah soal dalam buku Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 halaman 23, 24 dan 27. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Tuliskan ciri-ciri tersebut pada tempat yang tersedia! (halaman 23)

 No     Ciri-Ciri Makhluk Hidup               Kegiatan Pada Gambar
 1     Tumbuhan Memerlukan  air     Ibu menyiram tanaman
 2     Hewan memerlukan makanan  Siti memberi makan ayam
 3 Hewan berkembang biak Ayam sedang bersama anak-anaknya
 4 Makhluk hidup bergerak Baik ayah, ibu dan Siti maupun ayam semua bergerak
 5     Makhluk hidup tumbuh baik ayah, ibu, dan SIti maupun ayam dan tanaman semua tumbuh
 6    Tumbuhan menerima rangsangTanaman meneriam rangsang dari air yang disiramkan Ibu
 7 Ayam memerlukan air terdapat tempat minum di kandang ayam.





Apakah persamaan dari kedua gambar tersebut? (halaman 24)
Tuliskan hasil pengamatanmu pada tempat yang tersedia!
Dalam gambar tersebut kita melihat ada keluara yang terdiri dari empat ayah, ibu dan dua anak. Gambar lain menunjukkan Seekor ayam dengan dua anaknya. Persamaan dari kedua gambar tersebut adalah baik manusia maupun hewan, mereka adalah makhluk hidup yang sedang makan bersama anak-anaknya.

Ceritakan juga gambar tersebut berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup yang telah kamu ketahui. (Halaman 24)
Pada gambar tersebut kita bisa menyaksikan Ayah ibu, dan kedua anaknya sedang makan. Begitu juga dengan ayam yang sedang makan bersama anaknya. Hal tersebut menunjukkan kepada kita bahwa makhluk hidup harus makan, selalu bergerak, berkembang biak dan tumbuh.

Apa simpulanmu tentang panjang pendek bunyi pada lagu “Anak Ayam”? (Halaman 27)
Lagu Anak Ayam memang menggunakan pola panjang pendek, namun pola pendek terdengar lebih banyak dibandingkan dengan pola panjang.

Bagaimana Cara Agar Kamu Dapat Menyelesaikan Kegiatan Berjalan dan Berlari dengan Cepat?

Halo anak-anak kelas 3, pada kesempatan kali ini saya masih akan berbagi jawaban dari Buku kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Siswa Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 18. Ada beberapa soal yang harus kita kerjakan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Bagaimana cara agar kamu dapat menyelesaikan kegiatan berjalan dan berlari dengan cepat? (Halaman 18)

1. Badan harus sehat
2. Persiapan awal dengan baik
3. Ambil nafas
4. Berlari sekencang-kencangnya

Apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk mensyukuri keragaman makhluk hidup?
1. Merawat tanaman dengan baik
2. Memelihara ayam
3. Bersikap sopan terhadap orang lain

Sikap manakah dari sikap bersyukur tersebut yang pernah kamu lakukan?
Tuliskan waktu, cara, serta alasan kamu melakukannya!
Lalu, ceritakan di depan teman-temanmu!

Saya membantu ibu menanam bunga di pot dan menanam pohon kelengkeng di belakang rumah. Selain itu, saya juga membantu ibu memelihara ayam. Setiap hari, saya juga selalu berusaha berbuat sopan kepada setiap orang.