Wednesday, September 16, 2020

Sebutkan Keunggulan Buah Lokal Bila Dilihat dari Naskah Iklan Layanan Masyarakat di Atas

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 5 Tema 3 Subtema 3 pembelajaran 2 halaman 89 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Ayo Bermain Peran

Bacalah dengan saksama dan peragakanlah!

Siswa 1 : “Lihat apa yang kubawa!”

Siswa 2 : “Wah, buah apa itu? Mengapa warnanya ungu agak kemerahan?”

Siswa 1 : “Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”

Siswa 3 : “Oh, buah naga, ya? Aku juga suka membeli buah naga. Akan tetapi, aku membeli buah naga hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tidak memengaruhi manfaatnya?”

Siswa 2 : “Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”

Siswa 1 : “Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu ayah dan ibuku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.”

Sebutkan keunggulan buah lokal bila dilihat dari naskah iklan layanan masyarakat di atas.

Keunggulan buah lokal antara lain: 

1. Harga lebih murah

2. Lebih segar

3. Tidak menggunakan bahan pengawet

4. Jalur distribusi pendek.

5. Aman dikonsumsi

6. Membantu perekonomian petani lokal

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon