Tuesday, September 3, 2019

Tugas 3 Bacalah Hikayat Berikut dengan Seksama

Loading...
Kunci Jawaban tugas 3 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK terbitan Kemendikbud bab 4 halaman 116-118. Peserta didik diminta membaca hikayat kemudian mengidentifikasinya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas 3
Petunjuk:
1. Bacalah hikayat berikut dengan seksama
2. Identifikasikanlah pokok-pokok isi hikayat tersebut
3. Susunlah sinopsis berdasarkan pokok isi hikayatnya

Jawab:

1. SIlakan baca teks pada buku kalian masing-masing.

2. Pokok isi tiap paragraf

Paragraf 1. Sang Raja yang memiliki sepuluh putri cantik namun sangat manja dan nakal karena sang Raja terlalu sibuk dengan kepemimpinannya
.
paragraf 2.. Ada sepuluh putri cantik yang diberi nama sesuai warna dan terkenal manja, namun ada satu putri yang tidak manja yang bernama Putri Kuning

Paragraf 3. Raja hendak pergi jauh kemudian putri-putrinya meminta oleh-oleh hadiah yang mahal-mahal. Akan tetapi Putri Kuning hanya meminta agar ayahnya bisa pulang dengan selamat.

paragraf 4: selama ayahnya pergi, kesembilan putri raja semakin nakal dan malas. sebaliknya, putri kuning rajin merawat taman di istana.

paragraf 5: putri kunang di ledek sebagai pembantu oleh kakak kakaknya.

paragraf 6: ketika ayahnya pulang, putri kuning mendapat hadiah yang paling indah berupa kalung batu hijau.

paragraf 7: Putri hijau, sang kakak, menuduh putri kuning mengambil kalung batu hijau miliknya.

paragraf 8: kesembilan kakaknya merebut kalung batu hijau dari tangan putri kuning. tidak hanya itu, mereka juga memukul kepala putri kuning hingga meninggal.

3. Sinopsis berdasarkan pokok isi hikayatnya.

Sang Raja yang memiliki sepuluh putri cantik namun sangat manja dan nakal karena sang Raja terlalu sibuk dengan kepemimpinannya.  Ada sepuluh putri cantik yang diberi nama sesuai warna dan terkenal manja, namun ada satu putri yang tidak manja yang bernama Putri Kuning. Raja hendak pergi jauh kemudian putri-putrinya meminta oleh-oleh hadiah yang mahal-mahal. Akan tetapi Putri Kuning hanya meminta agar ayahnya bisa pulang dengan selamat.

Selama ayahnya pergi, kesembilan putri raja semakin nakal dan malas. sebaliknya, putri kuning rajin merawat taman di istana.. Putri Kuning dilledek sebagai pembantu oleh kakak kakaknya. Ketika ayahnya pulang, putri kuning mendapat hadiah yang paling indah berupa kalung batu hijau. Putri hijau, sang kakak, menuduh putri kuning mengambil kalung batu hijau miliknya. Kesembilan kakaknya merebut kalung batu hijau dari tangan putri kuning. tidak hanya itu, mereka juga memukul kepala putri kuning hingga meninggal.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon