Wednesday, August 28, 2019

Coba Kamu Cari Informasi, Pemikiran Apa yang Disampaikan Presiden Soekarno melalui Konsepsi Presidennya

Soal dan jawaban dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 SMA/ SMK/ MA/ MAK kelas 12 halaman 60. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang berkaitan dengan konsepsi presiden Soekarno.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !


Soal

Coba kamu cari informasi, pemikiran apa yang disampaikan Presiden Soekarno melalui Konsepsi Presidennya?

Jawab:

Pemikiran presiden Soekarno tersebut disampaikan pada tanggal 21 Februari 1957 melalui pidato berjudul Menyelamatkan Republik Indonesia. Pidato ini disebut juga konsepsi Presiden Soekarno yang intinya adalah:

  1. Sistem Demokrasi Liberal akan diganti dengan Demokrasi terpimpin karena demokrasi semacam itu adalah bentuk impor dari Barat yang dianggap kurang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
  2. Akan Segera dibentuk Kabinet Gotong Royong yang menteri-menterinya terdiri atas anggota dari partai-partai besar, Partai Nasional Indonesia,Majelis Syuro Muslim Indonesia, Nadhlatul Ulama, dan Partai Komunis Indonesia.
  3. Pembentukan Dewan Nasional dengan para anggotanya terdiri atas golongan-golongan fungsional yang berasal dari masyarakat. Dewan Nasional ini bertugas memberikan nasihat kepada presiden, baik diminta atupun tidak.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon