Minggu, 14 April 2019

Kegiatan 1.7 Bahasa Indonesia Kelas 8 Bacalah Salah Satu Berita

Kegiatan 1.7 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ini terdapat dalam buku kurikulum 2013 pada halaman 17. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal. Adapun soal dan jawabannya terdapat dalam tulisan di bawah ini, silakan simak.



1. Bacalah salah satu berita yang tersaji pada bagian sebelumnya! Kamu dapat pula menggunakan berita lainnya.

2. Tunjukkanlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai berita tersebut dengan berdiskusi.

3. Gunakanlah format berikut sebagai laporannya.
Judul Berita : ….
Sumber : ….

Jawab: 

1. Teks berita pada bagian sebelumnya adalah teks di bawah ini.

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

 Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir
pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal. (Sumber: Kompas dengan beberapa penyesuaian)

3. Judul Berita : Antrean Truk Di Pelabuhan Merak Menjelang Lebaran
Sumber : Kompas

a. Kebakuan bahasa
Contoh:
Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

b. Kalimat langsung
tidak ada
c. Konjungsi bahwa
tidak ada
d. Konjungsi temporal/ kronologi
tidak ada
e. Keterangan waktu
Contoh:
- Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk
- Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.

f. Kata Kerja mental
tidak ada.

Artikel Terkait