Jumat, 29 Desember 2017

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Habis, Harus Segera Ganti

Salah satu konsekuensi jika kita memiliki sebuah unit kendaraan bermotor seperti mobil di antaranya  harus mengetahui kondisi mobil dengan baik. Salah satu hal yang perlu dipahami dengan benar adalah pengetahuan tentang rem mobil.

Rem mobil merupakan bagian vital dari kendaraan yang wajib dipastikan kondisinya benar-benar baik dan bisa berfungsi optimal. Kampas rem sebagai bagian penting dari rem mobil harus benar-benar kita perhatikan kondisinya, masih ataukah sudah hampir habis.

Di bawah ini merupakan tanda-tanda bahwa kampas rem mobil sudah hampir habis sehingga perlu diganti.


baca juga : Cara Mendorong Mobil Mogok Karena Aki Tekor

1. Kedalaman Rem

Sebagai pemilik dan pemakai mobil, tentu bisa merasakan apabila muncul perubahan-perubahan saat menginjak rem. Jika pijakan rem mobil terasa sudah semakin dalam dan jauh dari biasanya, itu merupakan salah satu tanda kalau kampas rem mobil sudah aus dan berkurang.

2. Rem yang Bergetar

Ketika mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi, kemudian menginjak rem dan pedal anda terasa bergetar, maka itu bisa menjadi tanda kalau kampas rem anda sudah mulai habis.

Getaran terjadi umumnya karena kampas rem yang habis itu memiliki permukaan yang tidak rata sehingga saat mencengkram piringan cakram rem menjadi tidak sempurna dan efeknya menyebabkan getaran pada pedal. Kalau sudah makin parah getaran bisa mencapai ke stir mobil.

3. Muncul Suara Saat Pengereman

Ketika Anda melakukan pengereman kemudian timbul suara seperti gesekan logam, maka itu bisa jadi tanda kalau kampas rem mobil sudah habis. Kampas rem mobil yang habis, sudah pasti akan menyisakan bagian besinya saja. Gesekan dengan cakram rem (logam dan logam) menyebabkan suara muncul.

4. Minyak Rem

Anda bisa memeriksa minyak rem pada kap mobil Anda. Jika minyak rem turun (bukan karena kebocoran) maka ada kemungkinan kalau kampas rem Anda sudah mulai habis.

Jika Anda menemukan tanda-tanda seperti di atas, segeralah untuk membawa ke bengkel atau memeriksa kampas rem mobil sendiri kalau Anda memiliki keahlian. Periksa ketebalan dari kampas rem mobil, jika masih tebal Anda mungkin hanya perlu membersihkannya saja dari kotoran. Sebaliknya, jika kondisi cakram rem menipis, maka Anda perlu mengganti kampas rem mobil.

Selain di bengkel mobil, Anda juga bisa mendapatkan kampas rem mobil secara online salah satunya melalui situs jual beli online, Tokopedia. Tersedia berbagai jenis kampas rem untuk bermacam-macam tipe mobil mulai dari Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan hingga Mazda. Di Tokopedia, Anda juga bisa menemukan spare part dan perlengkapan otomotif lainnya seperti cover mobil, cover stri, kunci pengaman mobil hingga perlengkapan untuk motor.

Menurut data kekuatan usia pakai yang telah dianjurkan oleh pabrikan, rata-rata kampas rem mobil matic hanya bisa menempuh jarak hingga 35-40 ribu kilometer. Angka ini berbeda jauh dibanding kampas rem mobil manual yang bisa mencapai jarak 60-70 ribu kilometer.

sumber :
http://otomotif.liputan6.com/read/2825257/tanda-tanda-kampas-rem-mobil-habis-dan-harus-diganti
http://www.mobilku.org/2016/02/tips-membersihkan-rem-dengan-mudah-agar.html