Jumat, 23 Agustus 2019

Tugas Mandiri 3.4 Pkn Kelas 11 Bacalah Berita di Bawah ini

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 3.4 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 3 halaman 93. Peserta didik diminta membaca berita tentang Kakao dan Nenek Minah.





Soal

Setelah kalian membaca wacana di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Bagaimana perasaan kalian setelah membaca wacana tersebut?
2. Menurut kalian, apa yang menyebabkan terjadinya kasus tersebut?
3. Menurut kalian, apakah vonis yang dijatuhkan hakim sudah memenuhi rasa keadilan
4. Pada saat ini, sering terjadi kasus yang serupa dengan yang dialami oleh Nenek Minah. Menurut kalian, apa langkah paling bijak yang harus dilakukan oleh aparat penegak hukum dalam mengatasi kasus tersebut?


Jawab:

Silakan tonton jawaban dalam video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di  bawah ini

1. Perasaan saya setelah membaca wacana tersebut adalah kasihan terhadap Nenek Minah yang mendapat menerima perlakuan tidak adil dari PT. RSA. Untungnya, hakim sudah bertindak benar dengan memvonis 1 bulan 15 hari dengan masa percobaan selama 3 bulan, sehingga Nenek Minah tidak perlu berada di penjara.

2. Penyebab dari terjadinya kasus tersebut kemungkinan PT. RSA merasa haknya dilanggar oleh nenek Minah. Mereka tidak rela aset PT RSA diambil tanpa pemberitahuan oleh orang lain. Dengan membawa Nenek Minah ke meja hijau, PT RSA hendak memberikan pelajaran kepada Nenek Minah dan siapa saja, bahwa semurah apapun harga sebuah benda, tidak selayaknya orang lain mengambilnya.

3. Sudah, vonis hakim sudah memenuhi rasa keadilan.
4. Aparat penegak hukum perlu mengedepankan pendekatan non formal,dengan pendekatan restorative justice yang merupakan suatu pendekatan yang lebih menitikberatkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri.

Artikel Terkait