Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Program Adiwiyata terbukti mencipatakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah terdidik melek terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan
Di bawah ini
Beli jeruk di kota Matesih
Sebagai bekal di perjalanan
Ruang kelas harus selalu bersih
Agar belajar terasa nyaman
Membawa cangkul pergi ke sawah
Jadi anak janganlah malas
Tanamlah pohon di lingkungan sekolah
Agar udara tak terasa panas
Ada rumput dimakan kerbau
Kalau monyet makannya pisanf
Jika tanaman tumbuh menghijau
Pasti hati menjadi tenang
Bunga melati bukanlah mawar
Apalagi bunga kamboja
Jaga kebersihan tugas pelajar
Agar sehatlah kita semua
Hiduplah sederhana jangan bermewah-mewah
Karna itu perbuatan riya
Bersihkanlah halaman sekolah
Tempat kita berolahraga
Jalan jalan ke salatiga
Kotanya dingin dan sangat sunyi
Buanglah sampah di tempatnya
Agar lingkungan selalu rapi
Jika ada seekor kera
Pastilah ia suka buah-buahan
Meskipun terlhat sederhana
Buang sampah janganlah sembarangan
Pohon kelapa pohonnya tinggi
Namun buahnya segarlah nian
Budayakanlah antri
Karena itu cermin orang beriman
Setiap hari kita belajar
Janganlah kita merasa suntu
Jika pepohonan tumbuh membesar
Suhu udara terasa sejuk
Ada ubi ada talas
Digoreng, lalu dimakan di sore hari
Lihatlah bersihnya ruangan kelas
Karna kita membersihkannya setiap hari
Program Adiwiyata terbukti mencipatakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah terdidik melek terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan
Di bawah ini
Beli jeruk di kota Matesih
Sebagai bekal di perjalanan
Ruang kelas harus selalu bersih
Agar belajar terasa nyaman
Membawa cangkul pergi ke sawah
Jadi anak janganlah malas
Tanamlah pohon di lingkungan sekolah
Agar udara tak terasa panas
Ada rumput dimakan kerbau
Kalau monyet makannya pisanf
Jika tanaman tumbuh menghijau
Pasti hati menjadi tenang
Bunga melati bukanlah mawar
Apalagi bunga kamboja
Jaga kebersihan tugas pelajar
Agar sehatlah kita semua
Hiduplah sederhana jangan bermewah-mewah
Karna itu perbuatan riya
Bersihkanlah halaman sekolah
Tempat kita berolahraga
Jalan jalan ke salatiga
Kotanya dingin dan sangat sunyi
Buanglah sampah di tempatnya
Agar lingkungan selalu rapi
Jika ada seekor kera
Pastilah ia suka buah-buahan
Meskipun terlhat sederhana
Buang sampah janganlah sembarangan
Pohon kelapa pohonnya tinggi
Namun buahnya segarlah nian
Budayakanlah antri
Karena itu cermin orang beriman
Setiap hari kita belajar
Janganlah kita merasa suntu
Jika pepohonan tumbuh membesar
Suhu udara terasa sejuk
Ada ubi ada talas
Digoreng, lalu dimakan di sore hari
Lihatlah bersihnya ruangan kelas
Karna kita membersihkannya setiap hari