Sunday, July 26, 2020

Bagaimana Penilaian Kamu tentang Proses Perjanjian antara Pabukuwana II yang Sedang Sakit

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 bab 2 halaman 97. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perjanjian antara Pakubuwana II dan VOC.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Bagaimana penilaian kamu tentang proses perjanjian antara Pakubuwana II yang sedang sakit keras dengan VOC tahun 1749 itu? Bagaimana penilaian kamu tentang isi perjanjian tersebut? Bagaimana perasan kamu selaku penerus generasi bangsa mengetahui bahwa bangsa kita sering kali menjadi korban kelicikan kaum penjajah? Kita semua dianggap rendah dan bodoh. Sebagai pelajar, apa yang sebaiknya harus kamu lakukan sekarang?

Jawab.

Penilaian saya tentang proses perjanjian antara Pakubuwana II yang sakit keras dengan VOC menunjukkan bahwa VOC sangat licik dengan memanfaatkan kelemahan lawan demi ambisi mereka.

Penilaian saya tentang isi perjanjian tersebut membuat saya sakit hati dan timbul rasa nasionalisme. Betapa liciknya kaum penjajah yang suka menipu, mengadu domba bangsa kita. Kita seenaknya dianggap bodoh. Untuk itu pada masa sekarang dan yang akan datang, tidak ada pilihan lain bagi kita untuk belajar keras menguasai berbagai keahlian agar tidak mudah ditipu bangsa asing.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon