Senin, 18 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Halaman 125, 128, dan 129

Halo anak-anak kelas 3 SD, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam buku kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 3 mulai dari halaman 125. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini, dengan seksama.


Gambar di atas menunjukkan daur hidup kupukupu. Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu
menetas menjadi ulat. Ulat memakan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar. Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua mahluk hidup memiliki daur hidup. Betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Ceritakan setiap tahapan daur hidup kupu-kupu menggunakan kalimatmu sendiri.
Tahap pertama telur
Telur tersebut dalam beberapa hari akan menetas menjadi ulat.

Tahap kedua ulat.
Ulat akan makan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar.

Tahap ketiga kepompong.
Kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu.




Tuliskan dua pertanyaan berdasarkan gambar kupu-kupu di samping.
1. Bagaimana cara kupu-kupu tumbuh?
2. Apakah kamu menyukai warna kupu-kupu?


Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pengalamanmu saat menirukan gerak daur hidup
kupu-kupu. (Halaman 128)
1. Manakah gerakan yang paling senang kamu
tirukan?
Posisi badan berdiri dan tangan terbuka. Kemudian bergerak seperti gerak
kupu-kupu, berlari sambil melompat-lompat. 

2. Manakah gerakan yang paling mudah kamu
tirukan?
Posisi badan merangkak.(gerak ulat )

3. Manakah gerak yang paling sulit kamu tirukan?
Posisi tidur terlentang sambil mendekap kaki dan badan. (gerak telur)

Amati gerakan yang dilakukan temanmu. Tuliskan saran yang baik untuk perbaikan temanmu
sebagai bentuk menghargai teman.
Beberapa teman terlihat tidak bersungguh-sungguh 

Amati gerakan yang dilakukan temanmu. Tuliskan saran yang baik untuk perbaikan temanmu
sebagai bentuk menghargai teman. (Halaman 129)

Beberapa teman terlihat kesulitan tidur telentang sambil mendekap kaki dan badan. Saya menyarankan agar bersungguh-sungguh mendekap kaki dan badan.

Sabtu, 16 Mei 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Halaman 118

Halo Assalamualaikum anak-anak SD Kelas 3, masih semangat belajar, kan? Harus ya, kalian harus selalu bersemangat agar tercapai cita-citanya. Pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dalam pembelajaran 3  subtema 3 tema 1 kelas 3 Pertumbuhan Hewan. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Menulis (Halaman 118)
Ada berbagai macam jenis ikan.
Cobalah mencari tahu jenis-jenis ikan!
Apakah semua ikan memiliki ciri-ciri yang sama?
Carilah minimal 5 informasi dengan cara bertanya pada teman atau guru.
Kamu juga dapat mencari informasi dari buku yang ada di perpustakaan.
Kamu dapat mengerjakan tugas ini dengan cara berkelompok atau mandiri.

 No     Nama/ Jenis Ikan  Ciri-ciri
 1 Iklan Lele             memiliki kumis, sirip dan ekor
 2     Ikan mas memiliki sisik, sirip dan ekor
 3 Ikan cupang memiliki sisik, sirip dan ekor
 4 Ikan  nila         memiliki sisik, sirip dan ekor
 5 Ikan gurameh memiliki sisik, sirip dan ekor



Kerjakan soal berikut sesuai contoh! (Halaman 121)
1. Udin memiliki 3 ember berisi ikan hias. Setiap ember berisi 320 ekor. Berapa banyak ikan hias Udin semuanya?



Jawaban: 
Ember Udin : 3 ekor ikan hias
Setiap ember berisi: 320 ekor

3 x 320 = 320 x 3
320 = 300+20

300 x 3 = 900
20 x 3 =     60
--------------- +
              960


2. Sebuah toko ikan hias memiliki 7 akuarium. Setiap akuarium berisi 110 ekor ikan koki. Berapa
banyak ikan koki semuanya?


Jawaban:
7 akuarium x 110 ekor anak koki
7 x 110 = 110 x 7

110= 100+10

100 x 7 = 700
10 x 7 =     70
-------------- +
              770

3. Siti pergi ke peternakan ikan mas. Ia melihat ikan mas dalam 5 ember. Setiap ember berisi
300 ekor ikan mas. Berapa banyak ikan mas semuanya?



Jawaban: 
5 ember x 300 ekor ikan mas=
5 x 300 = 300 x 5

300 x 5 = 1500



Cobalah bersama kelompokmu membuat dua soal perkalian dengan bilangan enam!
Minta temanmu menjawab pertanyaanmu!
Soal

1. Peternakan Arman menghasilkan 50 ikan dalam satu minggu. Berapa jumlah ikan Arman dalam waktu 4 minggu ?

2. Aldo membeli 5 buah akuarium. Setiap akuarium berisi 30 ekor ikan. Berapa jumlah ikan Aldo?

Pembelajaran 2 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 SD Pertumbuhan Hewan Halaman 109, 110, 111, 114

Halo anak-anak kelas 3 SD, pada kesempatan kali ini, mari kita mengerjakan pembelajaran 2 subtema 3 tema 1 Kelas 3 SD halaman 109. Ada beberapa soal yang harus kalian kerjakan.

Agar lebih jelas dan cepat, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! (Halaman 109)
1. Mengapa Siti merasa senang?
Karena kucing peliharaan Siti melahirkan 5 anak kucing yang lucu.
2. Bagaimana cara kucing berkembang biak?
Melahirkan
3. Berapa banyak anak kucing milik Siti?
Lima anak kucing
4. Ada berapa jenis warna anak kucing?
Tiga jenis 
5. Apakah kamu suka memelihara kucing?
Iya
6. Apakah kamu memiliki hewan peliharaan di rumah?
Punya
7. Apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing?
konsumsi makanan dan minuman

Ayo Berdiskusi (Halaman 110)
Perhatikan kembali teks bacaan tentang kucing peliharaan Siti. 
Diskusikan bersama temanmu! Mengapa anak kucing milik Siti memiliki warna yang berbeda dari
induknya?

Laporan Hasil Diskusi
Anak kucing Siti memiliki warna yang berbeda dari induknya, karena warna anak kucing dipengaruhi oleh warna induk jantan dan betina. Jadi tidak hanya warna induk betina saja yang muncul, tapi
juga warna induk jantan, dan campuran keduanya.

Ayo Menulis (Halaman 111)

Kucing merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Kulit kucing ditumbuhi rambut. Kucing bernapas dengan paru-paru. 
Amati di sekitar sekolahmu.
Adakah hewan yang memiliki kesamaan ciri-ciri dengan kucing?

Tuliskan!
1. Anjing
2. Kelinci
3. Kuda
4. Sapi

Ayo Berdiskusi (114)
Kamu melihat temanmu mengalami kesulitan saat mengikuti permainan lompat tali. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
Akan memberitahu bagaimana caranya bermain, kemudian memberi contoh.

Kamu melihat salah satu temanmu mengejek teman lain yang mengalami kesulitan saat
melompat. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...
Bicara baik-baik dengan dengan teman pengejek agar jangan mengejek teman lain. Saya minta teman pengejek tersebut agar lebih menghargai perbedaan keahlian saat bermain. Setelah itu menghibur teman yang diejek.

Misalkan temanmu yang belum dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Bagaimana cara yang baik
dalam menyampaikan saran kepadanya?
Memberi waktu kepada teman tersebut agar memperhatikan terlebih dahulu. Setelah cukup, saya persilakan dia untuk ikut bermain.

Rabu, 13 Mei 2020

Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema 1 Kelas 3 SD Pertumbuhan Hewan Halaman 99

Soal dan jawaban dari pembelajaran 1 subtema 3 tema 1 kelas 3 SD Kurikulum 2013 pertumbuhan hewan. Kalian diminta untuk menjawab soal tentang pertumbuhan hewan halaman 99,

Agar lebih jelas, coba kalian perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Ayo Menulis (Halaman 99)
Berdasarkan bacaan di atas, dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang memiliki ciri-ciri
yang sama seperti ayam?

Dapat, hewan-hewan itu adalah bebek dan burung. Bebek berkembang biak dengan bertelur, ia juga memiliki bulu-bulu menutupi tubuhnya. Burung juga sama.

Tuliskan semua perubahan yang terjadi pada ayam sesuai dengan gambar di depan!
Awalnya dari telur, lalu dierami oleh induknya sekitar 21 hari. Lalu menetas menjadi anak ayam, dan akhirnya menjadi ayam dewasa.

Faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ayam?
Hal yang mempengaruhi pertumbuhan ayam adalah makanan, minuman, dan suhu udara. Karena ayam tidak tahan hidup di cuaca yang dingin apalagi sering hujan.

Ayo Bercerita (Halaman 100)
Apakah kamu memelihara ayam atau hewan lainnya di rumah?
Iya, saya memelihara ayam. Aku dan ibu memelihara ayam. Kami memiliki 2 ekor induk ayam dan 20 anak ayam. Sebelumnya ada 25 ekor anak ayam, namun 5 ekor mati karena dimakan ular. Setiap pagi dan sore hari, kami memberi makan ayam-ayam tersebut. Pada waktu kecil, ayam memiliki warna yang hampir sama. Saya suka memegang  anak ayam karena lucu dan bulunya sangat lembut. Warnanya akan berubah saat beranjak dewasa.
Pernahkah kamu mengamati gambar hias bermotif hewan?
Pernah
Jika pernah, ceritakan ciri-cirinya di depan teman-teman!
Ciri-ciri gambar hias bermotif hewan adalah bentuknya seperti hewan misalnya ayam, bebek, burung, sapi dan lain-lain.

Ayo Berlatih (Halaman 106)
Selesaikan soal perkalian berikut sesuai contoh !
a. 110 x 4=
110 x 4 = 4 x 110
110 = 100 + 10
Kalikan masing-masing bilangan dengan 4
100 x4 = 400
10 x 4 = 40
           ------- +
             440

b. 330 × 3 = ...
330 X 3 = 3 X 330
330 = 300 + 30

300 X 3 = 900
30 X 3   =   90
               ------+
                 990

c. 220 × 4 = 
220 X 4 = 4 X 220
220 = 200 + 20

200 X 4 = 800
20 X 4   =   80
           ---------- +
                880

Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD halaman 93,95 dan 96

Halo anak-anak kelas 3 SD, bagaimana kabar kalian, masih tetap semangat kan? pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban pembelajaran 6 Subtema 2 tema 1 kelas 3 SD mulai halaman 93,95 dan 96

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Ayo Menulis (halaman 93)
Perhatikan gambar berikut ini!
Buatlah suatu cerita berdasarkan gambar tersebut!
Tuliskan ceritamu pada tempat yang tersedia!


Tidak terasa hari sudah malam, saatnya bagi Siti untuk bergegas tidur. Sebelum tidur, seperti biasa Siti mencuci kaki, tangan, gosok gigi dan berdoa. Setelah semua itu dilakukan, Siti segera tidur di kasur yang sudah dirapikan.

Bagaimana caramu berdoa? (halaman 95)
Ceritakan melalui tulisan!

Saya beragama Islam. Ada beragam cara berdoa dalam agama kami. Setiap kali melakukan sesuatu, saya membiasakan diri berdoa dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Cara lain yang kami lakukan adalah berdoa setelah salat wajib lima waktu atau salat sunah lainnya,yaitu dengan menengadahkan tangan.

Udin mempunyai kegiatan lain sebelum tidur. Ia selalu mengaji, belajar, dan mengerjakan pekerjaan
rumah. Apakah kamu melakukan hal yang sama dengan Udin?
Ayo, bantu Udin belajar mengerjakan latihan pengurangan!

Pasangkan soal dan jawabannya! (halaman 96)

5.176-4.328 ---->> 848
6.459 - 2.783 ----->> 3.676
8.324 - 5.786 ----> 2.538
8.240 - 2.970 ---> 4.270
6.130 - 2.580 ---> 3.550

Selasa, 12 Mei 2020

Pembelajaran 5 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 83,84,86,89, 92

Halo anak-anak kelas 3, kita tiba pada pembelajaran 5 subtema 2 tema 1 mulai halamam 83. Saya harap kalian tetap bersemangat belajar setiap hari, agar tercapai cita-cita kalian. Untuk terus bersemangat kalian harus makan-makanan bergizi, berolahraga dan rajin beribadah kepada Tuhan.

Agar lebih jelas tentang pembelajaran 5, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Ayo Menulis (Halaman 84)
Tuliskan pendapatmu mengenai beberapa hal berikut ini!
1. Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan?
Karena dengan menghargai perbedaan kita bisa hidup rukun tanpa ada yang tersinggung
2. Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun?
Kita bisa melakukan berbagai kegiatan tanpa ada gangguan dari orang lain, bahkan terkadang kita bisa menerima bantuan orang lain
3. Mengapa kita perlu bekerja sama?
Agar kita bisa meraih tujuan dengan cepat dan berhasil

Ayo Berdiskusi (Halaman 86)

Apakah kamu dan teman-teman selalu hidup rukun?
Iya
Apakah kamu dan teman-teman memiliki kesukaan olahraga?
Iya
Coba tanyakan olahraga kesukaan teman-temanmu.

 No Nama Teman Olahraga kesukaan    
 1     Iwan Lari
 2 Doni Bulu tangkis
 3 Yuli Tenis meja
 4 Roni Renang
 5 Edo Sepak bola

Apa olahraga kesukaanmu?
Sepak bola
Ceritakan olahraga kesukaanmu dan manfaatnya terhadap tubuhmu di depan teman-temanmu!
Olahraga kesukaanku adalah Sepak bola. Hampir setiap hari aku bermain sepakbola bersama teman-teman di lapangan sekolah. Dengan bermain sepakbola tubuh akan menjadi sehat karena otot kaki, tangan dan seluruh badan bergerak.

Kerjakan latihan berikut ini. (Halaman 89)
1)

2 3 5 6
1 2 4 3
--------  -
1 2 1 3

2)
3 4 1 8
3 1 0 2
--------  -
   3 1 6

3)
9 8 3 2
7 8 1 0
--------  -
2 0 2 2

Cobalah menyelesaikan soal pengurangan berikut ini. (Halaman 92)
1) 
5. 1 7 6
4. 3 2 8
----------  -
    8 4  8

2)
6. 4 5 9
2. 7 8 3
---------  -
3  6 7 6

3)
8. 3 2 4
5. 7 8 6
--------  -
2  5 3 8

Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 77-80

Halo..anak-anak kelas 3, masih semangat untuk belajar ? Baiklah, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 




Ayo Menulis ( Halaman 77)
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks yang kamu baca!

1. Apa yang sedang dilakukan oleh anak-anak SD Nusantara?
Bermain tarik tambang
2. Mengapa Edo mengaduh kesakitan?
Karena Edo terjatuh
3. Apa yang dilakukan teman-teman Edo saat Edo kesakitan?
Teman-teman membantu dan menghibur
4. Apakah kamu sarapan sebelum berangkat ke sekolah?
Iya
5. Jika kamu menjawab tidak, tuliskan alasannya!
Agar aku memiliki energi yang cukup untuk kegiatan sehari-hari
6. Jika kamu menjawab iya, tuliskan makanan yang kamu makan saat sarapan!
Nasi, mie dan tempe goreng
7. Apakah makananmu saat sarapan sudah termasuk makanan sehat dan bergizi?
Sebagian sudah

Ayo bercerita (Halaman 80)
Apa makanan kesukaanmu?
Nasi, tempe goreng, ikan bandeng, mie, sayur bayam
Apakah makanan kesukaanmu termasuk makanan
yang sehat dan bergizi?
Ada yang bergizi ada yang tidak
Ayo tulis dan ceritakan makanan kesukaanmu!
Setiap hari saya makan nasi. Saat pagi hari, siang dan malam hari. Lauk pauk yang saya suka adalah tempe goreng, ikan bandeng dan mie. Selain itu saya juga suka sayur bayam yang ditambah dengan sambal.

Senin, 11 Mei 2020

Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD

Soal dan jawaban dari Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Kelas 3 SD. Kalian diminta untuk mengerjakan beberapa soal tentang makanan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Menulis 
Amati gambar makanan berikut ini.
Beri tanda ( V) pada makanan yang sebaiknya dimakan setiap hari!
Beri tanda (x) pada makanan yang sebaiknya dimakan sesekali saja atau bahkan dihindari!
Tuliskan pula alasan pada tempat yang tersedia!

 3


Alasan: 
1) Buah-buah sebaiknya dimakan setiap hari karena mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari.
2) Permen sebaiknya sesekali disantap karena kandungan gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jika disantap setiap hari.
3) Es krim sebaiknya sesekali disantap karena kandungan gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jika disantap setiap hari.
4) Cokelat sebaiknya sesekali disantap karena kandungan gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan jika disantap setiap hari.
5) Susu sebaiknya diminum setiap hari karena mengandung vitamin dan protein yang dibutuhkan tubuh setiap hari.
6) Lauk dan daging sebaiknya dimakan setiap hari karena mengandung protein yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Selesaikan soal di bawah ini dengan benar!
a. Pada musim panen dihasilkan 2 keranjang buah jambu. Keranjang pertama berisi 1.750 buah jambu. Keranjang kedua berisi 1.850 buah jambu.
Berapa jumlah buah jambu dalam dua keranjang tersebut?
1.750 + 1.850 = 3.600

b . Pak Komar ingin menjual buah semangka hasil panen dari perkebunannya. Kebun Pak Komar menghasilkan 2 truk semangka. Truk pertama
memuat 1.200 buah semangka. Truk kedua memuat 1.800 buah semangka. Berapa jumlah buah semangka hasil panen pak Komar?
1.200 + 1.800 = 3.000

Minggu, 10 Mei 2020

Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 SD

Halo, selamat belajar anak-anak, kali ini Bapak akan berbagi soal dan jawaban dari pembelajaran 2 subtema 2 Tema 1 kelas 3 SD, masih tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia. Ada beberapa pertanyaan yang harus kalian jawab.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Ayo Menulis (halaman 62)

Apakah kamu masih ingat dengan tugas mewawancara orang tua pada pertemuan sebelumnya?
Gunakan informasi yang sudah kamu peroleh untuk menulis cerita tentang perkembangan dirimu!

Perkembanganku

Saat ini, aku berumur 8 tahun. Aku dilahirkan Ibu di Puskesmas. Berat badanku saat dilahirkan 4 kg. Setelah lahir, Ibu segera memberikan ASI dan makanan tambahan yang lunak dan mudah dicerna. Saat masih bayi, aku hanya bisa berguling, tengkurap, kemudin mulai belajar merangkak dan merayap. Terkadang saya juga mengisap jempol. Gigi saya tumbuh pada usia sekitar 6 bulan. Lalu, aku mulai belajar berjalan pada usia 2 tahun.


Bagaimana perasaanmu setelah mendengar
informasi tentang perkembanganmu?
Aku merasa senang karena ayah dan ibu telah merawatku dengan baik

Apakah kamu juga mendapat informasi kapan kamu mulai bisa merangkak dan berjalan?
iya

Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!
Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi. Sikap yang akan kamu lakukan adalah. membantu mengambilkan benda
Kamu melihat temanmu yang kesulitan membawa barang bawaan. Sikap yang akan kamu lakukan adalah.jika aku merasa kuat, aku akan membantunya..
Kamu melihat temanmu yang kesulitan mengikuti gerakan tari. Sikap yang akan kamu lakukan adalah...membenarkan kemudian memberi contoh

Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 3 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Halo anak-anak kelas 3, kali ini Bapak akan berbagai jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia halaman 52. Kalian harus menjawab beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar Udin berikut ini!
Apa kamu dapat menemukan perubahan yang dialami Udin berdasarkan gambar tersebut?


Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah tinggi, berat badan dan tingkah laku



Perubahan yang dialami Udin sejak bayi sampai saat ini adalah perubahan jenis makanan

Lakukan kegiatan wawancara kepada orang tua di rumah untuk mendapatkan informasi tersebut! (Halaman 53)
Tuliskan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.

1. Berapa umur saya?
2. Berapa berat badan saya saat lahir?
3. Apa makanan saya ketika masih bayi?
4. Apakah kebiasaan saya saat masih bayi?
5. Pada umur berapa gigi saya tumbuh?

Coba lakukan gerakan kuat dan lemah pada tangan sesuai perintah berikut ini! (Halaman 54)
1. Lakukan gerakan kuat seperti orang yang sedang mendorong meja.
2. Lakukan gerakan lemah seperti orang memegang kapas. 

Dapatkah kamu merasakan perbedaan dari kedua gerakan tersebut?
Dapat, untuk melakukan gerakan kuat, saya membutuhkan tenaga yang cukup besar dibanding memegang kapas.

Mari kita coba pelajari penjumlahan bilangan ribuan menggunakan teknik menyimpan untuk meningkatkan pemahaman. (halaman 58)
Kerjakan latihan berikut ini.


1) 6897
2) 5127
3) 8745

4) 4100

Cobalah menyelesaikan soal penjumlahan berikut ini!


1)     5673
2)     8149
3)    7592
4)    8618