Tuesday, September 3, 2019

Mengapa VOC Harus Mengusir Portugis dari Malaka, Apa Alasannya ?

Loading...
Kunci Jawaban dari pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 77. Pertanyaannya tentang VOC, Portugis, Malaka dan Aceh.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal !

Nah, mengapa VOC harus mengusir Portugis dari Malaka, apa alasannya? Bagaimana konflik antara VOC dengan Aceh? Dapatkah Aceh mengusir Belanda dari Malaka. Coba diskusikan bersama anggota kelompok. Kamu dapat membaca dari buku-buku sejarah yang ada.

Jawab

Pada tahun tahun itu, dunia perdagangan di nusantara sudah terkenal di dunia internasional. Tidak heran, banyak pedagang asing yang terlibat perdagangan di tanah air. Sayangnya, perdagangan saat itu berlangsung secara brutal. Beberapa negara bahkan memiliki armade perang dalam kapal dagang mereka. Negara yang paling kuat persenjataannyalah yang akan memenangkan perdagangan tersebut.

Tidak heran VOC Belanda harus mengusir Portugis dari Malaka karena dianggap mengganggu perdagangan VOC di wilayah tersebut. VOC ingin menguasai dan memonopili barang dagangan di wilayah tersebut demi untung yang sangat besar.

Pada masa pemerintahan Iskandar Muda mulai memutuskan dan menolak kehadiran VOC. Beliau tidak menyukai wilayahnya digunakan untuk perdagangan bangsa asing. Akhirnya Aceh berhasil mengusir VOC Belanda yang sewenang-wenang dari Malaka.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon