Minggu, 22 November 2020

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Kelas 11 Bab 6 Halaman 99

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 halaman 99. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Evaluasi

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b,c,d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat !

1.Perhatikan pernyataan berikut ini !

1. Berusaha dengan sungguh-sungguh agar tercapaicita-citanya

2. Suka mengikuti kompetisi yang dilakukan sekolah-sekolah lain

3. Menjalankan perintah Allah SWT,rasul dan pemimpin

4. Berlomba dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan

5. Disiplin dan selalu berseragam dengan lengkap setiap hari


Dari pernyataan di atas yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah 

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 2 dan 5

e. 3 dan 5


2. AKhir-akhir ini semangat berkompetisi sangat menurun di kalangan pelajar. Ini dibuktikan ketika diumumkan tentang peringkat kelas, justru sang juara menjadi cemoohan teman-temannya yang lain. Mereka menanggapinya dengan sinis bahwa si juara ini pelit orangnya, tidak mau bagi-bagi pada saat ujian.


Yang harus dilakukan oleh orang yang memahami isi Q.S Al-Maidah/5:48 adalah..

a. belajar dengan sungguh-sungguh agar ia menjadi juara kelas.

b. bekerja keras agar apa yang diinginkannya dapat tercapai

c. berkompetisi secara sehat, tidak curang dan tidak menyontek

d. berkolaborasi agar sama-sama mendapatkan nilai memuaskan

e. menaati semua atuan yang ada di sekolah dan kelas.


3. Ketika menemukan masalah, kemudian terjadi perselisihan karena masing-masing menganggap paling benar pendapatnya, yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut, kecuali..

a. menghormati perbedaan pendapat orang lain

b. berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut

c. mengembalikan permasalahan kepada al Quran dan hadits

d. melakukan terobosan baru dengan berijtihad

e. tidak perlu diselesaikan karena keduanya ingin menang


4. Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada Q.S an-Nisa/4:59 adalah..

a. mengikuti meskipun salah

b. memeranginya dengan cara yang keras

c. melakukan demo untuk menentangnya

d. menolaknya dengan cara yang halus

e. membiarkan dan masa bodoh saja


5. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1. Mempersaudarakan rakyatnya seperti saudara kandung

2. Senantiasa bersikap adil dan bijaksana serta berpola hidup sederhana

3. Bekerja keras dengan cara yang baik dan halal. 

4. Menyelesaikan tugas sampai tuntas

5. Kelompok-kelompok yang berbeda tidak perlu diperangi, tetapi didekati. 

Ungkapan di atas yang termasuk kategori etos kerja adalah...


a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 4 dan 5

e. 1 dan 5


B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat !

1. Mengapa manusia perlu aturan

2. Apa jadinya kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan?

3. Bagaimana pendapatmu jika ada pemimpin yang membuat kebijakan tetapi ia sendiri tidak menjalankan

4. Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi ?

5. Mengapa kita dianjurkan untuk saling menasihati antarsesama ?


Jawab:

Masih dalam proses pengerjaan oleh Tim

Evaluasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Bab 1 Halaman 275

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat..

1. Bekerja keras berarti berusaha atau berikhtiar secara sungguh-sungguh, dengan kata lain bekerja keras adalah bekerja dengan gigih dan sungguh-sungguh untuk mencapai suatu yang dicita-citakan merupakan sikap....

a. wajib dimiliki

b. seseorang pekerja

c. seorang peserta didik

d. seorang pegawai

e. Semua orang


2. Tanggungjawab itu bukan saja terhadap apa diperbuatnya akan tetapi melebar sampai...

a. semua akibat dan bekas-bekas dari perbuatan tersebut

b. Menimpa orang yang memberikan amanah

c. Menimpa keluarga

d. Menimpa teman kerja

e. menimpa masyarakat sekitarnya


3. Empat prinsip yang harus dimiliki seorang muslim dalam bekerja dan bertanggung jawab adalah seperti berikut, kecuali..

a. bekerja keras secara halal ( (thalaba ad dunya halalan)

b. bekerja demi menjag diri supaya tidak menajdi beban umat-umat terdahulu

c. bekerja demi mencukupi kebutuhan keluarga (sa'yan ala iyalihi)

d. bekerja untuk meringankan beban hidup tetangga ( ta'athufan ala jarihi)

e. Bekerja menafkahi keluarga


4. Orang yang bekerja keras adalah orang yang dapat memanfaatkan waktunya dengan baik dengan mengatur waktunya

a. Sebagian untuk bekerja, beribadah dan beristirahat

b. Sebagian untuk beribadah, bekerja dan berekreasi

c. Sepertiga waktu untuk ibadah, sepertiga waktu untuk mencari nafkah, dan sepertiga untuk beristirahat

d. Seperdelapan untuk ibadah, seperdelapan untuk bekerja dan seperdelapan untuk beristirahat

e. Seperempat untuk ibadah, seperempat untuk bekerja, seperempat untuk istirahat dan seperempat untuk rekreasi


5. Berikut ini yang tidak termasuk sikap perilaku orang yang bertanggung jawab adalah....

a. Melaksanakan amanah

b. Bekerja sesuai peraturan

c. Jujur dalam melaksanakan pekerjaannya

d. Melaksanakan kegiatan sesuai cita-citanya

e. Mengerjakan tugas sesuai tupoksinya (tugas pokok dan fungsinya)


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar.

1. Memahami makna bekerja keras akan menumbuhkan sikap...

2. Memahami makna tanggung jawab akan menumbuhkan sikap perilaku sehari-hari...

3. Keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab akan menghasilkan...

4. Contoh orang yang bekerja keras dan bertanggung jawab..

5. Tuntutan era global mendorong seorang muslim harus...


III. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar.

1. Jelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh umat Islam terhadap ayat-ayat al Quran dan hadits yang menjelaskan tentang kewajiban bekerja keras dan tanggung jawab dalam setiap aktivitas

2. Berdasarkan analisis kalian, jelaskan beberapa manfaat dari bekerja keras dan bertanggung jawab!

3. Nyamuk yang biasa terbang ternyata menjadi makanan cicak yang tidak dapat terbang. Coba kalian analisis maknanya di balik fakta tersebut !

4. Jelaskan karakteristik orang yang bekerja keras dan bertanggung jawab!

5. Jelaskan sikap dan perilaku umat Islam yang sejalan dengan ajaran Islam tentang kewajiban bekerja keras dan bertanggung jawab !


Jawab: 

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Evaluasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Bab 10 Halaman 255

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PAI dan budi pekerti Bab 9 Kelas 12 halaman 255 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat

1. Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah...

a. Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia

b. Bangsa Arab adalah kaum pedagang yang suka merantau

c. Tentara Islam yang kuat dan kerja sama yang baik

d. Dunia mengalami kekacauan politik dan peradaban

e. Romawi dan Persia mengalami kemunduran


2. Bangunan di bawah ini temasuk bangunan yang monumental dalam perkembangan peradaban Islam di India, yaitu...

a. Baitul maqdis

b. Masjid Aya Sophia

c. Masjid Nabawi

d. Baitul Hikmah

e. Taj Mahal


3. Universitas yang dianggap tertua di dunia, yang beridri pada tahun 972 adalah..

a. Oxford

b. Al-Azhar

c. Cambridge

d. Ummul Quro

e. Ummu Durman


4. Salah satu bukti peninggalan perdaban Islam di Spanyol adalah...

a. Tajmahal

b. Masjid Qiblatain

c. Istana Al Hambra

d. Masjid SUltan AHmet

e. Observatorium Maragha


5. Al Wanun Fi at Tibb adalah karya besar di bidang kedokteran yang ditulis oleh...

a. Al Kindi

b. Al Farabi

c. Ibnu Sina

d. Ibnu Rusyd

e. Ibnu Thufail


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat dan benar !

a. Seseorang yang makin banyak ilmunya harus semakin lurus hidupnya dan lebih.....

b. Seseorang yang memiliki etos tingggi dalam menggapai ilmu pengetahuan diwujudkan dalam setiap..

c. Mengambil pelajaran dan contonh (uswah) bagaimana caranya umat Islam dahulu mampu menjadi super power dunia, pusat beradaban dan ilmu pengetahuan, maka sebagai generasi muda Islam harus...

d. Tanggung Jawab yang tinggi untuk senantiasa memperjuangkan tercapainya kemuliaan Islam dan kaum muslimin, maka sebagai generasi umat Islam harus....

e. Mempertahankan kebiasaan lama yang baik yang dicontohkan oleh para ulama assalafus shalih dan para cendekiawan muslim, di antaranya adalah...


III. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan singkat dan benar

1. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Asia!

2. Jelaskan secara singkat perkembangan Islam di Eropa!

3. Sebutkan bukti fisik tentang kejayaan Islam di Turki!

4. Apa yang kalian ketahui tentang keberadaan umat Islam di Amerika!

5. Sebutkan salah satu ilmuwan yang memiliki banyak keahlian beserta bidang keahliannya!

6. Tuliskan biografi singkat salah seorang ilmuwan muslim yang kalian ingat!

7. Sebutkan nama salah seorang ilmuwan yang paling kalian kagumi dengan menjelaskan alasannya !

8. Jelaskan tiga faktor yang mempercepat perkembangnya dakwah Islam di Spanyol menurut analisis kalian?

9. Jelaskan tiga faktor penyebab kemunduran Islam di dunia mernurut analisis kalian !

10. Dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia adalah untuk menyebarkan rahmat bagi alam semesta, dengan menanamkan nilai-nilai Islam yang luhur. Berdasarkan informasi yang kalian dapatkan dari berbagai sumber, negara manakah yang menurut kalian paling Islami (karena menerapkan nilai-nilai Islam), Sebutkan salah satu contoh nyata dari pengamalan nilai Islami tersebut

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Bab 9 halaman 209

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas 12 bab 9 halaman 209 kurikulum 2013 SMA/SMK/MA/MAK. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat !

1. Menurut teori Mekah, Islam sudah masuk ke Indonesia pada abad ke-7, bukan abad 13 pernyataan di bawah ini merupakan buktinya, kecuali...

a. adanya makam Syekh Mukaidin di Baros tertanda tahun 674

b. Berita Marco Polo yang pernah singgah di Sumatra tahun 674

c. peranan bangsa Arab yang menyebarkan Islam sambil berdagang

d. berita Tiongkok tentang Raja Ta Cheh mengirim utusan ke Kalingga

e. ditemukannya makam Fatimah binti Maimun di Leran tertanda tahun 1082


2. Kegiatan di bawah ini yang tidak termasuk strategi penyebaran dakwah Islam di Indonesia adalah...

a. pernikahan

b. ajaran tasawuf

c. akulturasi budaya

d. peperangan

e. perdagangan


3. Munculnya beberapa kerajaan Islam di Indonesia, menunjukkan bahwa Islam begitu mudah diterima oleh masyarakat melalui pendekatan akulturasi budaya. Berikut ini yang bukan termasuk akulturasi budaya adalah...

a. ajaran Islam sangat lentur dan fleksibel memasuki tradisi lokal

b. ajaran Islam mempertimbangkan kondisi sosial masyarakat

c. ajaran Islam mewajibkan adanya integrasi ilmu sosial

d. pengaruh ajaran Islam sejalan dengan fitrah manusia

e. adat dapat dijadikan sebagai landasan agama


4. Syarif Hidayatullah adalah salah seorang wali yang berdakwah dan berkedudukan di....

a. Gresik, Jawa Timur

b. Cirebon, Jawa Barat

c. Ngampel, Jawa Timur

d. Demak, Jawa Tengah

e. Kudus, Jawa Tengah


5. Gerakan pembaharu Islam yang berfokus kepada pemberantasan syirik dan bid'ah adalah..

a. Thawalib

b. Jami'yat Khair

c. Al-Irsyad

d. Persatuan Ulama

e. Muhammadiyah


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !
1. Menghargai jasa para pahlawan muslim yang telah mengorbankan segalanya demi tersebarnya syiar Islam merupakan...

2. Memahami dan menganalisis sumber-sumber sejarah untuk mendapatkan informasi terkini dan valid mengenai sejarah Islam diperlukan...

3. Sikap dan perilau pada dai pada masa permulaan masuknya Islam di Indonesia perlu dicontoh oleh pada dai masa kini karena...

4. Sebagai seorang muslim, maka semua aktifitas dalam hidup (pernikahan, perdagangan, kesenian, dan lain-lain) harus dijadikan sebagai sarana dakwah karena...

5. Mengapa dai yang mukhlis (ikhlas) tanpa mengukur jerih payah dalam berdakwah dengan penghasilan dalam kehidupan yang serba materi merupakan...


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar

1. Mengapa terjadi perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya Islam ke Nusantara (Indonesia)

2. Apa yang kalian ketahui tentang perkambungan Baros di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Isla ke Indonesia?

3. Secara global kita menyatakan bawha agama Islam tersebar di Nusantara secara damai. Bagaimana kalian menjelaskan makna damai tersebut dalam kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan Islam, atau bahkan perang saudara karena berebut kekuasaan, seperti yang terjadi di kerajaan Demak? Uraikan jawaban kalian dengan menganalisis latar belakang kasus tersebut!

4. Agama Islam disebarkan melalui berbagai jalur/ metode. Jalur apa yang menurut kalian paling cocok digunakan dalam strategi dakwah dalam konteks abad digital seperti ini? Jelaskan alasan kalian?

5. Nilai keteladanan apa saja yang dapat kamu ambil dari para mubaligh pada masa awal datangnya Islam di nusantara?


Jawab:

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Sabtu, 21 November 2020

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Bab 8 Halaman 172

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan pilihan ganda dan essai dalam buku PAI dan Budi Pekerti Bab 8 halaman 172 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d, atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat.

1. Sebelum Islam datang, perempuan tidak menerima harta warisan sedikitpun dengan dalih tidak memiliki kontribusi dalam membela kehormatan keluarga. Setelah Islam datang, sebagai agama rahmatan lil alamin, memberikan waris pada perempuan, karena..

a. Ketentuan dari Allah SWT

b. belas kasihan kepada mereka

c. mereka berhak menerimanya

d. membela kehormatan mereka

e. menghargai jasa besar mereka


2. Tidak semua harta peninggalan dapat dibagi kepada ahli waris. Sebelum harta diwariskan, harus dibersihkan dulu dari

a. riba

b. riya

c. hutang

d. kotoran

e. ashabah


3. Menghitung warisan harus memahami apa yang disebut dengan furudhul muqaradah, yang artinya adalah..

a. hak-hak waris para pewaris

b. ketentuan pembagian harga warisan

c. peralihan benda waris pada ahli waris

d. bagian-bagian tertentu dari waris

e. ketentuan sebelum harta diwaris


4. Kelompok penerima warisan, ada yang digolongkan ke dalam dzawil furudh, ada juga yang dari ashabah, menurut bahasa ashabah berarti

a. terhalang

b. bertambah

c. harta yang rusak

d. kelebihan harta

e. sisa harta


5. Dekat tidaknya ahli waris, menentukan hak waris yang diperolah. Berikut ini ahli waris yang tidak pernah hilang hak warisnya adalah...

a. saudara laki-laki dan perempuan

b. anak laki-laki dan perempuan

c. cucu laki-laki dan perempuan

d. paman dan bibi

e. ayah dan ibu


6. Setiap ahli waris memiliki bagian yang berbeda tergantung dekat tidaknya dengan yang meninggal. Dah ahli waris yang mendapat bagian 2/3 adalah...

a. anak perempuan lebih dari satu

b. suami apabila tidak ada anak

c. cucu laki-laki lebih dari satu

d. saudara perempuan tunggal

e. anak perempuan tunggal


7. Kedekatan nasab, sangat memberi arti tentang bagian yang diterima. Salah satu ahli berikut ini yang termasuk ashabah binnafsi adalah....

a. istri

b. suami

c. anak perempuan

d. saudara laki-laki seibu

e. saudara laki-laki sekandung


8. Perhatikan Q.S. an-Nisa'/4:7 di bawah ini...

Terjemahan yang tepat untuk kalimat yang di atas adalah...

a. baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah ditetapkan

b. dari harta peninggalan ibu bapak dan kerabat-kerabatnya

c. dari harta peninggalan keluarga dan kerabatnya

d. dan bagi seorang wanita ada hak bagian (pula)

e. bagi orang laki-laki ada hak bagian.


9. Apabila kelompok ahli waris laki-laki semuanya masih ada, yang berhak mendapat bagian harta warisan adalah...

a. suami, anak laki-laki, anak perempuan dan cucu

b. anak laki-laki, anak permpuan, istri dan bapak

c. suami, anak laki-laki, dan anak perempuan

d. anak laki-laki, cucu laki-laki, dan bapak

e. suami, bapak dan anak laki-laki


10. Adanya hukum waris memberikan keadilan bagi kehidupan manusia. Pernyataan di bawah ini merupakan hikmah adanya hukum waris, kecuali.....

a. sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih bijaksana

b. menjalin persaudaraan berdasarkan hak dan kewajiban

c. menghindari perselisihan yang mungkin terjadi antar ahli waris

d. menghilangkan pilih kasih dari orangtua kepada anak-anaknya

e. melindungi hak anak-anak yang masih kecil atau dalam keadaan lemah.


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !

a. memahami konsep waris akan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap...

b. memahami konsep waris akan mendidik diri kita untuk..

c. Memahami konsep waris akan menumbuhkan perilaku mulia antara lain adalah..

d. kemashlahatan ummat adalah unsur utama menenetukan gugurnya hak seseorang, untuk mendapatkan harta warisan, yaitu...

e. Tuan X wafat, ahli warisnya ibu, bapak, 1 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Harta warisnya berupa sawah seluas 9600 m2, maka bagian masing-masing adalah...


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat !

1. Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum harta warisan dibagikan

2. Kapan harta warisan dapat dibagi menurut Q.S an Nisa/4:117 ?

3. Apakah perbedaan antara ashabah, bilgair dan maal gair serta berikan contohnya? Jelaskan

4. Langkah apa saja yang harus diperhatikan sebelum menghitung pembagian waris

5. Indonesia memakai beberapa hbukum waris. Kemukakan hukum waris menurut adat Indonesia ? Jelaskan

Evaluasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Bab 7 Halaman 144

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 144. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat !

1. Pernyataan di bawah ini merupakan fungsi dari sebuah pernikahan, kecuali

a. tempat berlangsungnya proses penanaman nilai

b. menjaga diri dari berbagai macam penyakit

c. penerus dari keberadaan eksistensi manusia

d. perlindungan bagi terjaganya akhlak

e. sebagai tempat mewujudkan kasih sayang


2. Seorang pemuda berusia 27 tahun, punya keinginan besar untuk menikah tetapi secara ekonomi kondisinya belum memadai, agar selamat dari perbuatan dosa, sebaiknya pemuda tersebut...

a. menikah dengan minta bantuan orangtua

b. menikah dengan mengadakan resepsi sederhana

c. menahan keinginannya karena dalam kondisi tidak wajib

d. tunda keinginan untuk menikah sampai cukup secara materi

e. banyak berpuasa untuk meredam nafsu sambil mengumpulkan materi.


3. Ibu Siti ketika emnikah dengan bapak Ahmad membawa seorang putri yang bernama Aisyah, ketika perkawinan mereka kandas di tengah jalan dan perceraian merupakan jalan terbaik. Seandainya bapak Ahmad ingin menikah kembali, maka terlarang baginya untuk menikahi Aisyah, karena Aisyah merupakan mahram dengan sebab....

a. keturunan

b. persusuan

c. pernikahan

d. pertalian agama

e. dimadu


4. Suami istri harus berusaha menciptakan suasana tentram dan damai dalam keluarga. Berikut ini yang tidak mendukung suasana tersebut adalah...

a. mengajak keluarga berwisata bersama

b. membiasakan ucapan yang santun dalam keluarga

c. menanamkan nilai-nilai keislaman pada keluarga

d. menyibukkan diri dengan salat sunah selama berada di rumah

e. menemani anak-anak mengerjakan PR atau tugas sekolah lainnya


5. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1) terhindar dari perbuatan maksiat

2) Untuk meneruskan kehidupan manusia

3) Pasangan yang didapat sesuai dengan perilaku

4)Terwujudnya ketentraman, kasih sayang dan cinta

5) Ikatan yang menyatukan seorang laki-laki dan wanita

6)Merupakan status simbol dalam kehidupan masyarakat

Melalui pernyataan tersebut, yang termasuk hikmah pernikahan adalah nomor...

a. 1), 2), dan 3)

b.1), 2) dan 4)

c. 2), 3) dan 4)

d.3), 5) dan 6)

e. 4), 5), dan 6)


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !

a. Memahami makna Q.S. Ar Rum/30:21 akan menumbuhkan rasa percaya terhadap...

b. Memahami tujuan akad nikah akan menumbuhkan sikap bertanggung jawab dalam...

c. Memahami hakikat pernikahan membuat diri kita lebih menjauhi pergaulan yang..

d. Hidup bebas tanpa nikah akan berakibat kepada...

e. Cara terbaik memilih pasangan hidup menurut Islam adalah...


III. Kerjakan soal-soal di bawah ini !

1. Jelaskan pengertian nikah menurut Islam

2. Sebutkan tujuan nikah !

3. Pernikahan dinyatakan sah apabila memenuhi 5 (lima) rukun nikah, sebutkan !

4. Bagaimanakah cara memilih jodoh (istri atau suami) menurut Islam !

5. Sebutkan 3 (tiga) macam kewajiban suami terhadap istri

6. Bagaimanakah pendapat kalian tentang hidup bebas tanpa nikah yang banyak terjadi di tengah masyarakat dalam hubungannya dengan hukum Islam!

7. Apakah yang dimaksud dengan mahram

8. Jelaskan macam-macam hukum nikah !

9. Jelaskan isi kandungan Q.S Adz zariyat/51:49

10. Tuliskan sighat ijab dan Qabul secara lengkap !


IV. Berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan pilihan kalian


Kamis, 19 November 2020

Latih Ulangan Akhir Bab 3 Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 72. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Latih Ulangan Akhir Bab

Jawablah beberapa pertanyaan dan tugas berikut !

1. Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata

2. Mengapa dibentuk pemerintahan militer di Sumatera, Jawa dan juga Indonesia bagian timur

3. Apa maksud program "Pan Asia" dan apa hubungannya dengan ajaran Hakko Icchiu

4. Mengapa dibentuk Putera dan apa tujuannya?

5. Mengapa dibentuk Barisan Pelopor, apa tujuannya?

6. Jelaskan yang dimaksud dengan Ekonomi Perang?

7. Pada zaman Jepang, keadaan pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan mengalami kemerosotan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba lakukan telaah kritis

8.Jelaskan dampak dari berbagai kebijakan JJepang terhadap kehidupan masyarakat

9. Jelaskan tentang perlawanan rakyat Papua terhadap kekejaman Jepang !

10. Nilai-nilai apa yang dapat kamu peroleh setelah belajar tentang sejarah pendudukan Jepang di Indonesia.


Jawab

Masih dalam Proses Pengerjaan Oleh Tim

Latih Uji Kompetensi Mengapa Jepang Menerapkan Kebijakan Ekonomi Perang

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 MA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 60. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Latih Uji Kompetensi

1. Mengapa Jepang menerapkan kebijakan Ekonomi Perang

2. Apakah kamu tahu yang dimaksud dengan seikeirei? Jelaskan!

3. Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga Romusha oleh pemerintah pendudukan Jepang.

4. Bandingkan tentang kebijakan di bidang pendidikan antara zaman pemerintahan kolonial Belanda dengan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia.

5. Jelaskan tentang dampak dari kebijakan Jepang yang sewenang-wenang! Pelajaran apa yang kamu peroleh dari belajar tentang dampak kebijakan itu dalam kehidupan sosial kemasyarakatan

Tugas Buatlah Karya Tulis tentang Kisah Sejarah dengan Tema: Jepang "Saudara Tua"

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 40. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas

Buatlah karya tulis tengan kisah sejarah dengan Tema: Jepang "Saudara Tua"

1. Kamu dapat mencari koran, majalah atau buku-buku yang mendukung untuk membuat karya tulis tersebut.

2. Dapat juga kamu mencari seorang narasumber yang mengalami hidup pada masa pendudukan Jepang di daerah sekitar tempat tinggalmu untuk diwawancarai.

3. Sebelum melakukan wawancara:

a. Buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan

b. Bawalah buku catatan atau alat perekam untuk merekam informasi saat berlangsungnya wawancara

c. Jangan lupa membawa kamera untuk melakukan pendokumentasian yang sekiranya kamu anggap penting.

d. Setelah wawancara, buatlah transkrip hasil wawancaramu!

e. Kemudian, buatlah laporan dalam bentuk esai sekitar 10 halaman !


Jawab

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Latih Uji Kompetensi Bagaimana Penilaianmu Tentang Organisasi Pergerakan di Indonesia

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 39. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal




Latih Uji Kompetensi

1. Bagaimana penilaianmu tentang organisasi pergerakan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? terdapat dua model strategi, ada yang bersifat kooperatif dengan Jepang, tetapi ada nonkooperatif atau gerakan bawah tanah. Jelaskan secara kritis !

2. Dalam pelaksanaan pemerintahan, wilayah Indonesia dibagi-bagi dari tingkat karesidenan sampai desa. Mengapa dan apa alasan Jepang?

3. Bagaimana penilaianmu berhasilkan taktik jepang untuk menguasai Indonesia dengan berbagai propaganda, "Jepang saudara tua", Pan Asia dengan "Gerakan Tiga A"?

4. Mengapa Jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi-organisasi militer dan semimiliter di Indonesia.

5. Bagaimana sifat pendudukan Jepang di Indonesia?

6. Bagaimana pandangan dan penilaianmu tentang sikap tokoh-tokoh Indonesia yang mau duduk sbagai pengurus dan anggota dari berbagai organisasi yang dibentuk Jepang? Apakah luntiur semangat nasionalismenya? Jelaskan !


Jawab:

Masih dalam Proses Pengerjaan oleh Tim