Sabtu, 21 November 2020

Evaluasi PAI dan Budi Pekerti Bab 8 Halaman 172

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan pilihan ganda dan essai dalam buku PAI dan Budi Pekerti Bab 8 halaman 172 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d, atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat.

1. Sebelum Islam datang, perempuan tidak menerima harta warisan sedikitpun dengan dalih tidak memiliki kontribusi dalam membela kehormatan keluarga. Setelah Islam datang, sebagai agama rahmatan lil alamin, memberikan waris pada perempuan, karena..

a. Ketentuan dari Allah SWT

b. belas kasihan kepada mereka

c. mereka berhak menerimanya

d. membela kehormatan mereka

e. menghargai jasa besar mereka


2. Tidak semua harta peninggalan dapat dibagi kepada ahli waris. Sebelum harta diwariskan, harus dibersihkan dulu dari

a. riba

b. riya

c. hutang

d. kotoran

e. ashabah


3. Menghitung warisan harus memahami apa yang disebut dengan furudhul muqaradah, yang artinya adalah..

a. hak-hak waris para pewaris

b. ketentuan pembagian harga warisan

c. peralihan benda waris pada ahli waris

d. bagian-bagian tertentu dari waris

e. ketentuan sebelum harta diwaris


4. Kelompok penerima warisan, ada yang digolongkan ke dalam dzawil furudh, ada juga yang dari ashabah, menurut bahasa ashabah berarti

a. terhalang

b. bertambah

c. harta yang rusak

d. kelebihan harta

e. sisa harta


5. Dekat tidaknya ahli waris, menentukan hak waris yang diperolah. Berikut ini ahli waris yang tidak pernah hilang hak warisnya adalah...

a. saudara laki-laki dan perempuan

b. anak laki-laki dan perempuan

c. cucu laki-laki dan perempuan

d. paman dan bibi

e. ayah dan ibu


6. Setiap ahli waris memiliki bagian yang berbeda tergantung dekat tidaknya dengan yang meninggal. Dah ahli waris yang mendapat bagian 2/3 adalah...

a. anak perempuan lebih dari satu

b. suami apabila tidak ada anak

c. cucu laki-laki lebih dari satu

d. saudara perempuan tunggal

e. anak perempuan tunggal


7. Kedekatan nasab, sangat memberi arti tentang bagian yang diterima. Salah satu ahli berikut ini yang termasuk ashabah binnafsi adalah....

a. istri

b. suami

c. anak perempuan

d. saudara laki-laki seibu

e. saudara laki-laki sekandung


8. Perhatikan Q.S. an-Nisa'/4:7 di bawah ini...

Terjemahan yang tepat untuk kalimat yang di atas adalah...

a. baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah ditetapkan

b. dari harta peninggalan ibu bapak dan kerabat-kerabatnya

c. dari harta peninggalan keluarga dan kerabatnya

d. dan bagi seorang wanita ada hak bagian (pula)

e. bagi orang laki-laki ada hak bagian.


9. Apabila kelompok ahli waris laki-laki semuanya masih ada, yang berhak mendapat bagian harta warisan adalah...

a. suami, anak laki-laki, anak perempuan dan cucu

b. anak laki-laki, anak permpuan, istri dan bapak

c. suami, anak laki-laki, dan anak perempuan

d. anak laki-laki, cucu laki-laki, dan bapak

e. suami, bapak dan anak laki-laki


10. Adanya hukum waris memberikan keadilan bagi kehidupan manusia. Pernyataan di bawah ini merupakan hikmah adanya hukum waris, kecuali.....

a. sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih bijaksana

b. menjalin persaudaraan berdasarkan hak dan kewajiban

c. menghindari perselisihan yang mungkin terjadi antar ahli waris

d. menghilangkan pilih kasih dari orangtua kepada anak-anaknya

e. melindungi hak anak-anak yang masih kecil atau dalam keadaan lemah.


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !

a. memahami konsep waris akan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap...

b. memahami konsep waris akan mendidik diri kita untuk..

c. Memahami konsep waris akan menumbuhkan perilaku mulia antara lain adalah..

d. kemashlahatan ummat adalah unsur utama menenetukan gugurnya hak seseorang, untuk mendapatkan harta warisan, yaitu...

e. Tuan X wafat, ahli warisnya ibu, bapak, 1 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Harta warisnya berupa sawah seluas 9600 m2, maka bagian masing-masing adalah...


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar dan tepat !

1. Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum harta warisan dibagikan

2. Kapan harta warisan dapat dibagi menurut Q.S an Nisa/4:117 ?

3. Apakah perbedaan antara ashabah, bilgair dan maal gair serta berikan contohnya? Jelaskan

4. Langkah apa saja yang harus diperhatikan sebelum menghitung pembagian waris

5. Indonesia memakai beberapa hbukum waris. Kemukakan hukum waris menurut adat Indonesia ? Jelaskan

Evaluasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Bab 7 Halaman 144

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku PAI dan Budi Pekerti Kelas 12 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 144. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat !

1. Pernyataan di bawah ini merupakan fungsi dari sebuah pernikahan, kecuali

a. tempat berlangsungnya proses penanaman nilai

b. menjaga diri dari berbagai macam penyakit

c. penerus dari keberadaan eksistensi manusia

d. perlindungan bagi terjaganya akhlak

e. sebagai tempat mewujudkan kasih sayang


2. Seorang pemuda berusia 27 tahun, punya keinginan besar untuk menikah tetapi secara ekonomi kondisinya belum memadai, agar selamat dari perbuatan dosa, sebaiknya pemuda tersebut...

a. menikah dengan minta bantuan orangtua

b. menikah dengan mengadakan resepsi sederhana

c. menahan keinginannya karena dalam kondisi tidak wajib

d. tunda keinginan untuk menikah sampai cukup secara materi

e. banyak berpuasa untuk meredam nafsu sambil mengumpulkan materi.


3. Ibu Siti ketika emnikah dengan bapak Ahmad membawa seorang putri yang bernama Aisyah, ketika perkawinan mereka kandas di tengah jalan dan perceraian merupakan jalan terbaik. Seandainya bapak Ahmad ingin menikah kembali, maka terlarang baginya untuk menikahi Aisyah, karena Aisyah merupakan mahram dengan sebab....

a. keturunan

b. persusuan

c. pernikahan

d. pertalian agama

e. dimadu


4. Suami istri harus berusaha menciptakan suasana tentram dan damai dalam keluarga. Berikut ini yang tidak mendukung suasana tersebut adalah...

a. mengajak keluarga berwisata bersama

b. membiasakan ucapan yang santun dalam keluarga

c. menanamkan nilai-nilai keislaman pada keluarga

d. menyibukkan diri dengan salat sunah selama berada di rumah

e. menemani anak-anak mengerjakan PR atau tugas sekolah lainnya


5. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1) terhindar dari perbuatan maksiat

2) Untuk meneruskan kehidupan manusia

3) Pasangan yang didapat sesuai dengan perilaku

4)Terwujudnya ketentraman, kasih sayang dan cinta

5) Ikatan yang menyatukan seorang laki-laki dan wanita

6)Merupakan status simbol dalam kehidupan masyarakat

Melalui pernyataan tersebut, yang termasuk hikmah pernikahan adalah nomor...

a. 1), 2), dan 3)

b.1), 2) dan 4)

c. 2), 3) dan 4)

d.3), 5) dan 6)

e. 4), 5), dan 6)


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar !

a. Memahami makna Q.S. Ar Rum/30:21 akan menumbuhkan rasa percaya terhadap...

b. Memahami tujuan akad nikah akan menumbuhkan sikap bertanggung jawab dalam...

c. Memahami hakikat pernikahan membuat diri kita lebih menjauhi pergaulan yang..

d. Hidup bebas tanpa nikah akan berakibat kepada...

e. Cara terbaik memilih pasangan hidup menurut Islam adalah...


III. Kerjakan soal-soal di bawah ini !

1. Jelaskan pengertian nikah menurut Islam

2. Sebutkan tujuan nikah !

3. Pernikahan dinyatakan sah apabila memenuhi 5 (lima) rukun nikah, sebutkan !

4. Bagaimanakah cara memilih jodoh (istri atau suami) menurut Islam !

5. Sebutkan 3 (tiga) macam kewajiban suami terhadap istri

6. Bagaimanakah pendapat kalian tentang hidup bebas tanpa nikah yang banyak terjadi di tengah masyarakat dalam hubungannya dengan hukum Islam!

7. Apakah yang dimaksud dengan mahram

8. Jelaskan macam-macam hukum nikah !

9. Jelaskan isi kandungan Q.S Adz zariyat/51:49

10. Tuliskan sighat ijab dan Qabul secara lengkap !


IV. Berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan pilihan kalian


Kamis, 19 November 2020

Latih Ulangan Akhir Bab 3 Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 72. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Latih Ulangan Akhir Bab

Jawablah beberapa pertanyaan dan tugas berikut !

1. Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata

2. Mengapa dibentuk pemerintahan militer di Sumatera, Jawa dan juga Indonesia bagian timur

3. Apa maksud program "Pan Asia" dan apa hubungannya dengan ajaran Hakko Icchiu

4. Mengapa dibentuk Putera dan apa tujuannya?

5. Mengapa dibentuk Barisan Pelopor, apa tujuannya?

6. Jelaskan yang dimaksud dengan Ekonomi Perang?

7. Pada zaman Jepang, keadaan pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan mengalami kemerosotan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba lakukan telaah kritis

8.Jelaskan dampak dari berbagai kebijakan JJepang terhadap kehidupan masyarakat

9. Jelaskan tentang perlawanan rakyat Papua terhadap kekejaman Jepang !

10. Nilai-nilai apa yang dapat kamu peroleh setelah belajar tentang sejarah pendudukan Jepang di Indonesia.


Jawab

Masih dalam Proses Pengerjaan Oleh Tim

Latih Uji Kompetensi Mengapa Jepang Menerapkan Kebijakan Ekonomi Perang

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 MA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 60. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Latih Uji Kompetensi

1. Mengapa Jepang menerapkan kebijakan Ekonomi Perang

2. Apakah kamu tahu yang dimaksud dengan seikeirei? Jelaskan!

3. Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga Romusha oleh pemerintah pendudukan Jepang.

4. Bandingkan tentang kebijakan di bidang pendidikan antara zaman pemerintahan kolonial Belanda dengan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia.

5. Jelaskan tentang dampak dari kebijakan Jepang yang sewenang-wenang! Pelajaran apa yang kamu peroleh dari belajar tentang dampak kebijakan itu dalam kehidupan sosial kemasyarakatan

Tugas Buatlah Karya Tulis tentang Kisah Sejarah dengan Tema: Jepang "Saudara Tua"

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 40. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas

Buatlah karya tulis tengan kisah sejarah dengan Tema: Jepang "Saudara Tua"

1. Kamu dapat mencari koran, majalah atau buku-buku yang mendukung untuk membuat karya tulis tersebut.

2. Dapat juga kamu mencari seorang narasumber yang mengalami hidup pada masa pendudukan Jepang di daerah sekitar tempat tinggalmu untuk diwawancarai.

3. Sebelum melakukan wawancara:

a. Buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan

b. Bawalah buku catatan atau alat perekam untuk merekam informasi saat berlangsungnya wawancara

c. Jangan lupa membawa kamera untuk melakukan pendokumentasian yang sekiranya kamu anggap penting.

d. Setelah wawancara, buatlah transkrip hasil wawancaramu!

e. Kemudian, buatlah laporan dalam bentuk esai sekitar 10 halaman !


Jawab

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Latih Uji Kompetensi Bagaimana Penilaianmu Tentang Organisasi Pergerakan di Indonesia

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 39. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal




Latih Uji Kompetensi

1. Bagaimana penilaianmu tentang organisasi pergerakan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? terdapat dua model strategi, ada yang bersifat kooperatif dengan Jepang, tetapi ada nonkooperatif atau gerakan bawah tanah. Jelaskan secara kritis !

2. Dalam pelaksanaan pemerintahan, wilayah Indonesia dibagi-bagi dari tingkat karesidenan sampai desa. Mengapa dan apa alasan Jepang?

3. Bagaimana penilaianmu berhasilkan taktik jepang untuk menguasai Indonesia dengan berbagai propaganda, "Jepang saudara tua", Pan Asia dengan "Gerakan Tiga A"?

4. Mengapa Jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi-organisasi militer dan semimiliter di Indonesia.

5. Bagaimana sifat pendudukan Jepang di Indonesia?

6. Bagaimana pandangan dan penilaianmu tentang sikap tokoh-tokoh Indonesia yang mau duduk sbagai pengurus dan anggota dari berbagai organisasi yang dibentuk Jepang? Apakah luntiur semangat nasionalismenya? Jelaskan !


Jawab:

Masih dalam Proses Pengerjaan oleh Tim

Latih Uji Kompetensi Mengapa Kedatangan Jepang ke Indonesia itu Berjalan Cepat

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Semester 2 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Latih Uji Kompetensi

1. Jelaskan mengapa kedatangan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merat ke berbagai wilayah Indonesia

2. Mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang

3. Mengapa Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan: Sumatera, Jawa-Madura, dan Kawasan Indonesia Timur.

4. Mengapa pemerintah pendudukan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo, sedangkan lagu Indonesia mulai dilarang?

5. Pelajaran apa yang kamu peroleh setelah mempelajari sejarah kedatangan dan awal pemerintahan Jepang di Indonesia

Jawab.

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Latihan Ulangan Sejarah Indonesia kelas 10 halaman 256

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 256. Peserta didik harus mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Latihan Ulangan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !\

1. Uraikan secara ringkas periode proses evolusi bumi!

2. Untuk menggambarkan masa kehidupan manusia purba, lebih tepat menggunakan istilah pra-aksara dibandingkan prasejarah. Mengapa demikian?

3. Jelaskan alasan Sangiran disebut sebagai laboratorium situs manusia purba di Asia.

4. Jelaskan hubungan antara manusia yang sudah bertempat tinggal dengan adanya sistem kepercayaan

5. Bagaimana peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni bisa menyebar ke berbagai wilayah Indonesia

6. Jelaskan teori teori mengenai masuknya Hindu-Buddha di Kepulauan Indonesia

7. Mengapa Ratu Sima dari kerajaan kalingga dikenal sebagai pemimpin wanita yang tegas.

8. Mengapa kerajaan Sriwijaya dikatakan sebagai pusat pembelajaran agama Buddha Mahayana di seluruh Asia Tenggara

9. Muhammad Yamin menyebutkan Kerajaan Sriwijaya sebagai negara nasional pertama. Jelaskan mengapa demikian?

10. Jelaskan mengapa Airlangga memerintahkan Mpu Bharada untuk membagi kerajaannya menjadi Kediri dan Jenggala!

11. Jelaskan mengapa perdaganan lewat jalur perairan atau laut lebih populer dibandingkan perdagangan lewat jalur darat!

12. Jelaskan peran Sriwijaya dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha!

13. Sebutkan beberapa tokoh pengembang agama Islam di Indonesia!

14. Anthony H. Johns mengatakan bahwa proses Islamisasi dilakukan oleh para musafir dari Mekkah yang datang ke Kepulauan Indonesia. Jelaskan teori serupa yang dikemukakan oleh Hoesein Djajadiningrat!

15. Mengapa bahasa Melayu cepat berkembang di nusantara

16. Uraikan mengenai bentuk-bentuk akulturasi kebudayaan Islam dengan kebudayaan yang sudah ada di Nusantara

17. Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Jelaskan teori yang mengatakan proses Islamisasi di Paputa terutama yang dilakukan di pesisir barat!

18. Jelaskan bagaimana awal terjadi konflik kaum adat dengan kaum Padri di Sumatera Barat

19. Ceritakan hubungan antara kerajaan Ternate dan Tidore dengan tokoh-tokoh ulama Gresik

20. Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia.


Jawab

Mohon Menunggu, masih dalam proses pengerjaan oleh TIm


Uji Kompetensi Jelaskan Bagaimana Wayang Dapat Digunakan dalam Proses Islamisasi

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 Bab 3 halaman 249 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi

1. Jelaskan Bagaimana Wayang dapat digunakan dalam proses Islamisasi di Pulau Jawa

2. Diskusikan bagaimana proses akulturasi antara budaya lama dengan budaya Islam dapat berlangsung secara damai dan saling melengkapi? Uraikan jawaban kamu dan presentasikan

3. Coba kamu lakukan penelitian sederhana dengan melakukan wawancara atau pengamatan di lingkungan kamu tinggal atau sekitar sekolah, tuliskan hasil-hasil budaya yang berhubungan dengan akulturasi budaya Islam (tuliskan antaa 3-5 halaman)


Jawab:

Masih dalam Proses Pengerjaan oleh tim

Rabu, 18 November 2020

Uji Kompetensi Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK halaman 234 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik harus mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Jelaskan latar belakang berdirinya Kerajaan Demak

2. Bagaimana proses berdirinya kerajaan Mataram?

3. Gambarkan skema struktur birokrasi Pemerintahan Kerajaan mataram!

3. Diskusikan dan buat tulisan ringkas tentang kejatuhan kerajaan Banten ke tangan VOC (3-6) halaman !

5. Tuliskan biografi singkat Sultan Ageng Tirtayasa!

6. Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang Perjanjian Bongaya di Sulawesi!

7. Dari nana-nama kerajaan di Sulawesi, kamu pilih salah satu dan berikan penjelasan tentang singkat tentangkerajaan tersebut, misalnya kapan berdiri, siapa rajanya, pernahkah berperang melawan Belanda dan sebagainya.

8. Jelaskan proses Islamisasi di Maluku

9. Ceiritakan secara singkat tebtabg Sultan Baabullah

10. Ceritakan hubungan antara kerajaan Ternate dan dengan tokoh-tokoh Ulama dari Gresik

11. Buatlah peta dunia(kamu dapat memfotokopi pada atlas) kemudian gambarkan pelabuhan-pelabuhan yang pada masa Islam digunakan sebagai bandar-bandar -perdagangan dan berperan dalam penyebaran Islam di Indonesia

12. Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Nilai apa saja yang sekira dapat kamu amalkan.