Kamis, 19 November 2020

Tugas Buatlah Karya Tulis tentang Kisah Sejarah dengan Tema: Jepang "Saudara Tua"

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 40. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas

Buatlah karya tulis tengan kisah sejarah dengan Tema: Jepang "Saudara Tua"

1. Kamu dapat mencari koran, majalah atau buku-buku yang mendukung untuk membuat karya tulis tersebut.

2. Dapat juga kamu mencari seorang narasumber yang mengalami hidup pada masa pendudukan Jepang di daerah sekitar tempat tinggalmu untuk diwawancarai.

3. Sebelum melakukan wawancara:

a. Buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan

b. Bawalah buku catatan atau alat perekam untuk merekam informasi saat berlangsungnya wawancara

c. Jangan lupa membawa kamera untuk melakukan pendokumentasian yang sekiranya kamu anggap penting.

d. Setelah wawancara, buatlah transkrip hasil wawancaramu!

e. Kemudian, buatlah laporan dalam bentuk esai sekitar 10 halaman !


Jawab

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Latih Uji Kompetensi Bagaimana Penilaianmu Tentang Organisasi Pergerakan di Indonesia

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 39. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal




Latih Uji Kompetensi

1. Bagaimana penilaianmu tentang organisasi pergerakan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? terdapat dua model strategi, ada yang bersifat kooperatif dengan Jepang, tetapi ada nonkooperatif atau gerakan bawah tanah. Jelaskan secara kritis !

2. Dalam pelaksanaan pemerintahan, wilayah Indonesia dibagi-bagi dari tingkat karesidenan sampai desa. Mengapa dan apa alasan Jepang?

3. Bagaimana penilaianmu berhasilkan taktik jepang untuk menguasai Indonesia dengan berbagai propaganda, "Jepang saudara tua", Pan Asia dengan "Gerakan Tiga A"?

4. Mengapa Jepang begitu semangat untuk membentuk organisasi-organisasi militer dan semimiliter di Indonesia.

5. Bagaimana sifat pendudukan Jepang di Indonesia?

6. Bagaimana pandangan dan penilaianmu tentang sikap tokoh-tokoh Indonesia yang mau duduk sbagai pengurus dan anggota dari berbagai organisasi yang dibentuk Jepang? Apakah luntiur semangat nasionalismenya? Jelaskan !


Jawab:

Masih dalam Proses Pengerjaan oleh Tim

Latih Uji Kompetensi Mengapa Kedatangan Jepang ke Indonesia itu Berjalan Cepat

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Semester 2 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Latih Uji Kompetensi

1. Jelaskan mengapa kedatangan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merat ke berbagai wilayah Indonesia

2. Mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang

3. Mengapa Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan: Sumatera, Jawa-Madura, dan Kawasan Indonesia Timur.

4. Mengapa pemerintah pendudukan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo, sedangkan lagu Indonesia mulai dilarang?

5. Pelajaran apa yang kamu peroleh setelah mempelajari sejarah kedatangan dan awal pemerintahan Jepang di Indonesia

Jawab.

Masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Latihan Ulangan Sejarah Indonesia kelas 10 halaman 256

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 256. Peserta didik harus mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini




Soal

Latihan Ulangan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !\

1. Uraikan secara ringkas periode proses evolusi bumi!

2. Untuk menggambarkan masa kehidupan manusia purba, lebih tepat menggunakan istilah pra-aksara dibandingkan prasejarah. Mengapa demikian?

3. Jelaskan alasan Sangiran disebut sebagai laboratorium situs manusia purba di Asia.

4. Jelaskan hubungan antara manusia yang sudah bertempat tinggal dengan adanya sistem kepercayaan

5. Bagaimana peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni bisa menyebar ke berbagai wilayah Indonesia

6. Jelaskan teori teori mengenai masuknya Hindu-Buddha di Kepulauan Indonesia

7. Mengapa Ratu Sima dari kerajaan kalingga dikenal sebagai pemimpin wanita yang tegas.

8. Mengapa kerajaan Sriwijaya dikatakan sebagai pusat pembelajaran agama Buddha Mahayana di seluruh Asia Tenggara

9. Muhammad Yamin menyebutkan Kerajaan Sriwijaya sebagai negara nasional pertama. Jelaskan mengapa demikian?

10. Jelaskan mengapa Airlangga memerintahkan Mpu Bharada untuk membagi kerajaannya menjadi Kediri dan Jenggala!

11. Jelaskan mengapa perdaganan lewat jalur perairan atau laut lebih populer dibandingkan perdagangan lewat jalur darat!

12. Jelaskan peran Sriwijaya dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha!

13. Sebutkan beberapa tokoh pengembang agama Islam di Indonesia!

14. Anthony H. Johns mengatakan bahwa proses Islamisasi dilakukan oleh para musafir dari Mekkah yang datang ke Kepulauan Indonesia. Jelaskan teori serupa yang dikemukakan oleh Hoesein Djajadiningrat!

15. Mengapa bahasa Melayu cepat berkembang di nusantara

16. Uraikan mengenai bentuk-bentuk akulturasi kebudayaan Islam dengan kebudayaan yang sudah ada di Nusantara

17. Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Jelaskan teori yang mengatakan proses Islamisasi di Paputa terutama yang dilakukan di pesisir barat!

18. Jelaskan bagaimana awal terjadi konflik kaum adat dengan kaum Padri di Sumatera Barat

19. Ceritakan hubungan antara kerajaan Ternate dan Tidore dengan tokoh-tokoh ulama Gresik

20. Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia.


Jawab

Mohon Menunggu, masih dalam proses pengerjaan oleh TIm


Uji Kompetensi Jelaskan Bagaimana Wayang Dapat Digunakan dalam Proses Islamisasi

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 Bab 3 halaman 249 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi

1. Jelaskan Bagaimana Wayang dapat digunakan dalam proses Islamisasi di Pulau Jawa

2. Diskusikan bagaimana proses akulturasi antara budaya lama dengan budaya Islam dapat berlangsung secara damai dan saling melengkapi? Uraikan jawaban kamu dan presentasikan

3. Coba kamu lakukan penelitian sederhana dengan melakukan wawancara atau pengamatan di lingkungan kamu tinggal atau sekitar sekolah, tuliskan hasil-hasil budaya yang berhubungan dengan akulturasi budaya Islam (tuliskan antaa 3-5 halaman)


Jawab:

Masih dalam Proses Pengerjaan oleh tim

Rabu, 18 November 2020

Uji Kompetensi Jelaskan Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Demak

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK halaman 234 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik harus mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Jelaskan latar belakang berdirinya Kerajaan Demak

2. Bagaimana proses berdirinya kerajaan Mataram?

3. Gambarkan skema struktur birokrasi Pemerintahan Kerajaan mataram!

3. Diskusikan dan buat tulisan ringkas tentang kejatuhan kerajaan Banten ke tangan VOC (3-6) halaman !

5. Tuliskan biografi singkat Sultan Ageng Tirtayasa!

6. Jelaskan apa makna dan pelajaran yang kita peroleh tentang Perjanjian Bongaya di Sulawesi!

7. Dari nana-nama kerajaan di Sulawesi, kamu pilih salah satu dan berikan penjelasan tentang singkat tentangkerajaan tersebut, misalnya kapan berdiri, siapa rajanya, pernahkah berperang melawan Belanda dan sebagainya.

8. Jelaskan proses Islamisasi di Maluku

9. Ceiritakan secara singkat tebtabg Sultan Baabullah

10. Ceritakan hubungan antara kerajaan Ternate dan dengan tokoh-tokoh Ulama dari Gresik

11. Buatlah peta dunia(kamu dapat memfotokopi pada atlas) kemudian gambarkan pelabuhan-pelabuhan yang pada masa Islam digunakan sebagai bandar-bandar -perdagangan dan berperan dalam penyebaran Islam di Indonesia

12. Rumuskan nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Nilai apa saja yang sekira dapat kamu amalkan.

Uji Kompetensi Buatlah Peta Sumatera, Kemudian Gambarkan Sebaran Letak Kerajaan-Kerajaan

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Buatlah peta Sumatera. Kemudian gambarkan sebaran letak kerajaan-kerajaan pada peta tersebut! Kerjakan dalam kelompok!

Jawab


1.kesultanan perlak

2.kesultanan samudra pasai

3.keultanan aceh

4.kesultananan lamuri

5.kesultanan pagaruyung

6.kesultanan indrapura

7.kesultanan siguntur


Uji Kompetensi Berdasarkan Berita Tome Pires Buatlah Peta Jalur Perdagangan

Soal dan jawaban dari uji kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 bab 3 halaman 183. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal
Uji Kompetensi

1. Berdasarkan berita Tome Pires, buatlah peta jalur perdagangan di bagian timur Kepulauan Indonesia !
2. Jelaskan dan buatlah peta jalur perdagangan alternatif setelah malaka jatuh ke tangan Portugis tahun 1511
3. Menurut kamu mengapa para pedagang waktu itu memilih jalur perairan atau laut?

Jawab


1. 

2. 
3. Karena saat itu jalur laut lebih aman dan cepat dibandingkan dengan jalur darat.

Minggu, 15 November 2020

Tugas Kelompok 5.2 Carilah Informasi Tentang Tokoh Bangsa/ Tokoh Masyarakat

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 9 Bab 5 halaman 142. Peserta didik diminta mengerjakan tugas kelompok dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Soal

Tugas 5.2

1. Carilah informasi tentang tokoh bangsa/tokoh masyarakat yang berperan sebagai mediator dalam penyelesaian masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender melalui koran, majalah, buku perpustakaan internet, atau melakukan wawancara dengan tokoh tersebut.

2. Buatlah laporan biografi perjalanan hidupnya dalam upaya menyelesaikan masalah sosial budaya, ekonomi, dan gender.

3. Presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru.

Jawab :

1. Tokoh masyarakat yang berperan sebagai mediator dalam penyelesaian masalah sosal budaya, ekonomi, dan gender adalah bapak Haji Jusuf Kalla.

2. Beliau menyelesaikan konflik yang terjadi di Poso


Tugas Kelompok 5.1 Identifikasilah Faktor Penyebab dan Akibatnya dari Permasalahan

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 9 bab 5 halaman 136. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas Kelompok 5.1

Identifikasilah faktor penyebab dan akibatnya dari permasalahan dalam aspek sosial budaya, ekonomi, dan gender. Tuliskan dalam tabel berikut!



Jawab

1. Aspek: Sosial

Masalah: Menjamurnya Anak jalanan

Faktor penyebab: Lingkungan keluarga yang tidak disukai anak-anak

Akibat: Melarikan diri dari rumah dan menjadi anak jalanan


2. Aspek: Budaya

Masalah: Pergaulan bebas

Faktor penyebab: masuknya kebudayaan dari berbagai negara tanpa terkontrol

Akibat: Punahnya budaya dan identitas lokal, hilangnya sopan santun.


3. Aspek: Ekonomi

Masalah: Kemiskinan

Faktor penyebab: ketidakmampuan menghidupi diri sendiri, tidak memiliki pekerjaan

Akibat: Perbuatan kriminal, 


4. Aspek: Gender

Masalah: Perempuan masih dianggap lemah dan dipinggirkan

Faktor penyebab: Budaya masa lalu

Akibat: Perempuan kurang mendapat peran di masyarakat.