Thursday, September 10, 2020

Pada Gambar di Atas, Ada Bentuk yang Dibatasi oleh Kurva Lingkaran

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 14. Pertanyaannya cukup mudah, namun apabila mengalami kesulitan silakan bertanya pada orangtua masing-masing. Kunci jawaban di bawah ini hanya sebagai pelengkap.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Mencoba

Perhatikan kembali gambar rumah Edo berikut


Pada gambar di atas, ada bentuk yang dibatasi oleh kurva lingkaran. Umumnya, kita dapat menyebutnya sebagai bentuk lingkaran.

Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? ya

Coba kamu lingkari bentuk yang kamu temukan.



Apakah hasilmu dan temanmu sama? Mengapa?

Coba amati sekelilingmu! Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran?

Mengapa benda-benda tersebut berbentuk lingkaran?


Jawab : 
1. Piring 
Bentuknya lingkaran karena untuk kenyamanan manusia
jika bentuknya tidak lingkaran, tidak apa-apa.

2. Jam dinding
Bentuknya lingkaran agar jarum jam bisa berputar dengan baik
jika bentuknya bukan lingkaran, tidak masalah.

3. Roda sepeda
Bentuknya lingkaran agar roda bisa berputar dengan baik
Jika bentuknya bukan lingkaran, sepeda tidak akan bisa bergerak dengan baik

4. setir mobil
Bentuknya lingkaran agar sopir merasa nayaman
jika bentuknya bukan lingkaran, sopir tidak merasa nyaman

5. Tutup botol
Bentuknya lingkaran agar bisa menutup botol dengan sempurna
jika bentuknya bukan lingkaran, botol tidak tertutup dengan baik.

Sekarang, Carilah Contoh Hak Dalam Kehidupan Sehari-harimu!

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 halaman 13 Kurikulum 2013. Sebaiknya, peserta didik berusaha mengerjakan soal terlebih dahulu, baru setelah itu jika memang merasa kesulitan silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!


Jawab:

A. Hak Di Rumah :

1. Hak mendapat kasih sayang dari ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya.

2. Hak untuk menyampaikan pendapat

3. Hak untuk mempergunakan fasilitas di rumah

4. Hak untuk beribadah

5. Hak untuk menerima uang saku

6. Hak untuk makan dan minum


B. Hak di Sekolah

1. Hak untuk mendapat pelajaran

2. Hak untuk mendapat kesetaraan dalam pendidikan

3. Hak untuk berpendapat

4. Hak untuk mencalonkan diri menjadi ketua OSIS

5. Hak untuk menggunakan fasilitas sekolah

6. Hak untuk beribadah

7. Hak untuk merasa aman


C. Hak di Masyarakat

1. Hak untuk beribadah

2. Hak untuk menyampaikan pendapat

3. Hak untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa

4. Hak untuk menyelenggarakan hiburan

5. Hak untuk bekerja

6. Hak untuk memperoleh keadilan hukum

7. Hak untuk mendapatkan keamanan

Wednesday, September 9, 2020

Apakah Gambar-Gambar Berikut Menunjukkan Seseorang yang Telah Mendapatkan Haknya

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 halaman 12 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar-gambar berikut! Apakah gambar-gambar berikut menunjukkan seseorang yang telah mendapatkan haknya? Diskusikan dengan temanmu!

Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan? Sudah

Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk menyampaikan pendapat? Sudah



Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh hidup yang aman? belum
Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh kasih sayang? belum

Ayo Mengamati Amatilah Gambar Edo di Bawah ini

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 11 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Sebaiknya, peserta didik terlebih dahulu mengerjakan soal sebisanya dan sebaik-baiknya. Jika mengalami kesulitan sila melihat kunci jawaban di bawah ini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 

Soal

Ayo Mengamati

Amatilah Gambar kamar Edo berikut ini !


Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?

Lampu ruang, lampu belajar, tape recorder, dan kipas angin

Apa manfaat listrik untuk Edo

Listrik sangat bermanfaat bagi Edo untuk mempermudah proses belajar di rumah dengan membaca buku. Lampu untuk menerangi ruang, kipas angin untuk kenyamanan belajar dan tape recorder untuk sekadar mendengarkan musik.

Sekarang, amatilah sekitarmu! Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu temukan!

1. Menerangi ruang

2. Menyalakan televisi

3. Mendinginkan ruang

4. Memasak nasi

5. Menyalakan komputer

6. Mengalirkan air dari sumur ke bak mandi

Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman. Apakah manfaat listrik yang kalian rasakan sama? Mengapa?

Ya, hampir sama, listrik membantu mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Baik untuk belajar maupun berbagai kegiatan lain seperti memasak, menyalakan pompa air dan lain-lain.


Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu? 

Saat pemadaman listrik, apalagi malam hari, cukup membuat saya kaget dan berbagai kegiatan pun terhenti, karena ruangan menjadi gelap. 

Bersama Orang Tuamu, Amati Beragam Benda Elektronik di Rumah yang Menggunakan Energi Listrik

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 9 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Kerja sama dengan orangtua

Bersama orang tuamu, amati beragam benda elektronik di rumah yang menggunakan energi listrik berikut manfaat benda tersebut. 

Amati juga lampu-lampu yang ada di rumahmu. Apakah lampu-lampu tersebut menggunakan rangkaian seri? 

Lampu di rumah menggunakan rangkaian paralel.

Tuliskan pengamatanmu pada tabel berikut!


Nama Benda Elektronik

1. Lampu : Manfaatnya untuk menerangi ruangan

2. Seterika : Untuk merapikan pakaian

3. Pendingin Udara (AC) : Untuk mendinginkan udara di ruangan

4. Televisi : untuk menyaksikan hiburan

5. Telepon pintar: untuk berkomunikasi

6. Soundsistem: Mendengarkan suara/ musik

7. Kipas angin: menghilangkan rasa gerah.

Temukan Sebanyak Mungkin Pengaruh Listrik Dalam Kehidupan di Bidang Sosial dan Budaya di Lingkungan Tempat Tinggalmu!

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 7 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Kami menyarankan agar peserta didik mengerjakan soal sebisanya, jika memang mengalami kesulitan silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!

Temukan sebanyak mungkin pengaruh listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan tempat tinggalmu!  

Kamu dapat menggunakan tabel hasil diskusi kelompok, atau melakukan wawancara dengan guru, pegawai sekolah, dan petugas lainnya yang ada di sekolah.
Tuliskan dalam peta pikiran berikut:


Sebelum ada listrik:

1. Seterika Arang

2. Radio bertenaga baterai

3. Televisi bertenaga aki

4. Hanya sedikit keluarga yang memiliki televisi

5. Memasak nasi menggunakan api

6. Lampu berbahan bakar minyak

7. Jalan gelap

8. Kipas tradisional


Setelah ada Listrik:

1. Seterika listrik

2. Radio / audio listrik

3. Televisi listrik

4. Hampir tiap keluarga memiliki televisi

5. Memasak menggunakan magic com

6. Lampu listrik

7. Jalan menjadi terang.

9. Kipas elektronik, bahkan ada pendingin ruangan

Ayo Mengamati Perhatikan Bola Lampu yang Terdapat di Dalam Kelas

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 7. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Mengamati

Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!

Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

Sebelum ada Listrik:
1. Penerangan menggunakan lampu minyak
2. Menonton TV menggunakan aki
3. Menyeterika menggunakan arang

Setelah ada listrik
1. Penerangan menggunakan lampu listrik
2. Menonton TV menggunakan listrik
3. Menyeterika menggunakan listrik


Ayo Berdiskusi ! Bongkarlah Senter yang Kamu Miliki

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik bisa melakukan praktik sendiri di rumah, lalu mengerjakan sesuai dengan contoh.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Berdiskusi !

Bongkarlah Senter yang Kamu Miliki

Amati komponen-komponen yang terdapat pada senter, seperti berikut ini:


Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya!

- Nomor 1

Baterai: sebagai penyuplai listrik

- Nomor 2

Lampu: untuk memunculkan cahaya

- Nomor 3

Logam penghantar: untuk menghantarkan arus listrik dari baterai ke lampu

- Nomor 4

Saklar: alat menghubungkan dan memutus arus listrik dari baterai ke lampu, sehingga lampu pada senter bisa nyala atau pun mati


Jika komponen-komponen utama tersebut dirangkaikan untuk membuatnya kembali menyala, maka akan tampak seperti berikut.


Jika kepala senter dibongkar, kemudian dirangkaikan kembali hanya dengan menggunakan lampu, maka akan tampak seperti berikut.


Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti!


Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?

Lempengan logam di sini berperan sebagai konduktor.

Lampu akan menyala apabila lempengan logam lampu menghubungkan arus listrik yang keluar dari baterai menuju ke lampu.

Pada senter ini, lempengan logam memiliki saklar. 

Posisi lempengan logam dalam saklar ini harus saling bersentuhan supaya dapat mengalirkan arus listrik dari baterai ke lampu. 

2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut adalah kabel tembaga.

Rangkaian lampu rumah menggunakan kabel tembaga sebagai tempat aliran arus listrik. 

Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan!

Kamu dapat menggunakan informasi pada buku atau sumber lain untuk membantumu menemukan jawaban! 

Dari baterai, arus listrik mengalir melalui lempengan logam atau kabel menuju saklar. Ketika lempengan pada saklar terhubung, listrik akan langsung menuju lampu. Dari lampu, listrik akan kembali mengalir ke baterai.

Tuesday, September 8, 2020

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab Pertanyaan Berikut Berdasarkan Paragraf Pada teks Tersebut!

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 3 kurikulum 2013. Meskipun bisa melihat kunci jawaban di blog ini, sebaiknya peserta didik berusaha mengerjakan sendiri. Baru jika mengalami kesulitan, silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan

paragraf pada teks tersebut! 

• Paragraf 1 : Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?

Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik

• Paragraf 2: 

a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara

b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.

Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah.

• Paragraf 3:

a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?

Untuk dihubungkan ke berbagai peralatan elektronik di antaranya televisi, kipas angin, dan kulkas.

c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

Rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

•• Paragraf 4:

Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter.

•• Paragraf 5:

Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!

Ada, Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kita bisa menggunakan untuk kebutuhan kita, namun harus dengan bijaksana

Aktivitas 3.2 Coba Kalian Pelajari adakah perppu lainnya yang Telah DIjadikan Undang-Undang

 Kunci jawaban dari pertayaan dalam buku PPKN Kelas 8 SMP/ MTS kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 62. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Aktivitas 3.2

Coba kalian pelajari adakah Perppu lainnya yang telah dijadikan undang-undang, carilah dari berbagai sumber yang ada.

Jawab: 

1. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Perubahan Undang-undang nomor 17 tahun 2013 menjadi Undang-Undang  Nomor 16 Tahun 2017

2. Peraturan pemerintah pengganti undang-undang Perppu Nomor 1 tahun 2016 menjadi UU Nomor 17 tahun 2016

3. UU No. 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Perpu No. 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Menjadi UU.

4. 1/2005 Penangguhan Mulai Berlakunya UU No. 2/2004 tentang Penyelesaian

 Perselisihan Hubungan Industrial

5. 3/2005 Perubahan atas UU No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji

6. 1/2006 Perubahan Kedua atas UU No. 12 Tahun 2003 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

5.2/2006 Penangguhan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Pengadilan Perikanan Sebagaimana Dimaksud dalam Pasal 71 ayat (5) UU No. 31 Tahun 2004 tentang Perikanan